in

10 Cara Mengusir Hantu yang Ada di Rumah

Pixabay

Cara mengusir hantu yang ada di rumah – Roh atau Hantu adalah ilusi dalam imajinasi kita yang sebenarnya membuat orang tidak mungkin melihat hal-hal supranatural. Pengertian hantu secara umum berbeda-beda untuk setiap agama, peradaban atau adat.

Dalam banyak budaya, hantu tidak didefinisikan sebagai zat yang baik dan buruk. Nama setan, iblis, genderuwo, dan lain-lain paling sering digunakan untuk menyebut roh jahat. Sedangkan roh baik yang dipercaya memiliki kemampuan menolong orang diberi berbagai nama seperti Datuk, Te Cu Kong (penguasa bumi, dalam agama Khonghucu), dan lain-lain.

Kepercayaan akan adanya kehidupan setelah kematian dan arwah orang mati telah ada sejak orang menganut kepercayaan animisme atau pemujaan terhadap arwah leluhur, sebelum orang mengenal kitab suci. Beberapa ritual agama, penguburan, roh jahat, dan ritual spiritual lainnya dirancang khusus untuk menenangkan orang mati.

Hantu sendiri umumnya dideskripsikan sebagai suatu zat yang seperti manusia, walaupun terdapat pula kisah mengenai hantu. Mereka diyakini menghuni tempat, objek atau orang tertentu yang terkait dengan mereka pada saat mereka masih hidup.

beli sekarang

Buku ini berisi tentang kisah-kisah hantu yang ada di Nusantara atau Indonesia. Jika kalian penasaran bagaimana kisah dari setiap hantu yang ada, kalian bisa membeli buku ini di Gramedia.

Dengan adanya hantu yang menghuni beberapa tempat, terutama rumah tentunya kita akan merasa terganggu jika mereka memiliki sifat yang jahat. Oleh karena itu perlu diadakan pengusiran hantu jika kalian merasa terganggu dengan keberadaan mereka.

Pada kesempatan kali ini, Gramedia akan mengulas artikel tentang cara mengusir hantu yang ada di rumah. Tentunya cara-cara berdasarkan mitos pada zaman dahulu yang sampai saat ini banyak dipercayai. Berikut adalah cara mengusir hantu yang ada di rumah.

1. Menggunakan Sapu Lidi

Sodo Lanang atau biasa disebut sapu lidi adalah benda yang membantu kita menyapu taman, ternyata juga dipercaya dapat mengusir roh halus atau setan yang mengganggu rumah. Ada dua cara untuk melakukannya.

Yang pertama menyapu tempat-tempat yang diduga dihuni makhluk halus, seperti kamar mandi atau kamar tidur, dengan sapu, dan yang kedua dengan meletakkan sapu di sudut atas ruangan.

Tetapi, dikatakan bahwa tidak hanya sapu yang dapat digunakan untuk mengusir roh atau setan, tetapi hanya sapu yang pegangannya berasal dari pohon palem yang hanya satu batangnya saja yang tumbang. Karena tongkat tersebut dipercaya memiliki aura magis.

2. Memelihara dan Menanam Telur Angsa

Konon angsa atau banyak binatang dalam bahasa Jawa (Tengah) bisa menjaga rumah kita dari hantu. Nyanyian angsa yang nyaring dan melengking, konon ditakuti oleh yang tak kasat mata.

Kami belum menemukan penjelasan yang tepat, namun konon suara burung berleher rata ini sangat tidak enak bagi hantu atau setan, sehingga mereka tidak betah berada di rumah yang ia huni.

Selain suara, telur angsa yang sehat dan belum menetas juga dipercaya dapat digunakan sebagai penjaga untuk rumah. Hal ini dilakukan dengan menanam telur di halaman belakang rumah. Disarankan untuk memilih pekarangan atau tanah di depan rumah, namun tetap pada pagar. Jangan lupa sertakan bunga mawar dan melati.

3. Menabur Garam

Hantu tidak akan bisa mengejar jika kita menaburkan garam kasar di sekitar rumah. Garam kasar adalah garam yang belum diolah yaitu masih berupa kristal berukuran besar. Kalian bisa menemukan garam ini di pasar tradisional. Meski terlihat sepele, garam kasar ternyata merupakan benda yang ditakuti oleh hantu.

4. Tulang Babi

Dipercaya bahwa tulang babi juga dapat menghindari sihir dan santet serta membersihkan rumah dari gangguan hantu. Rahasianya adalah menanam tulang babi mentah di keempat sudut rumah, sebaiknya di kebun.

Keempat tulang yang ditanam ini tidak bertahan selamanya dan perlu diganti setiap 5 tahun atau sampai rumah dan penghuninya merasa aman dari gangguan makhluk gaib. Selain tulang, ekor babi dapat digunakan untuk tujuan serupa. Bedanya, ekor babi tidak ditanam, dibungkus kain putih dan ditaruh di atap rumah.

5. Gunting dan Benda Tajam Lain

Gunting dan benda tajam lainnya dapat membantu mengusir keberadaan Kuntilanak di beberapa tempat, bahkan di luar ruangan. Sosok yang sama dengan wanita berambut panjang dan berbaju panjang itu diyakini dapat diusir dengan benda tajam seperti gunting dan pisau. Tidak hanya itu, cermin dapat mengusir kehadirannya, dan diyakini bahwa dua benda dapat membuatnya takut karena trauma masa lalunya ketika dia terbunuh.

6. Cermin

Hal yang satu ini ampuh untuk mengusir karakter hantu yang biasanya memiliki sifat iseng dan cenderung mencuri uang, yaitu Tuyul. Tuyul biasanya digunakan oleh orang-orang gila harta untuk mencuri uang atau harta benda dari mana saja.

Di sisi lain, Tuyul sangat suka melihat diri mereka sendiri di cermin, sehingga meletakan cermin menyebabkan Tuyul terus-menerus berhenti di depan cermin dan melupakan tugasnya.

7. Air Mineral Kemasan

Cara ini sangat unik dan jarang terdengar oleh orang awam. Ternyata air mineral kemasan juga bisa menangkal kehadiran hantu.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Hantu yang biasanya mengganggu adalah yang terkutuk dan tinggal di rumah kalian. Caranya adalah dengan meletakkan air minum kemasan di sudut ruangan atau rumah. Jangan lupa untuk membuka tutupnya. Jika air telah menjadi keruh, tandanya hantu tersebut telah tertangkap.

8. Daun Kelor

Tumbuhan ini merupakan salah satu cara menghilangkan genderuwo, makhluk yang tinggi, berukuran sangat besar, dan berwarna hitam. Dengan adanya daun kelor, mereka akan takut. Pasalnya, daun yang sering digunakan untuk pengobatan akan menyebabkan Genderuwo mencium bau yang tidak sedap yang membuatnya pergi.

Dijamin makhluk besar dan menakutkan itu tidak akan berani mendekati lokasi yang ada daun kelor lagi. Selanjutnya cara menghilangkan daun kelor untuk kuntilanak yang menempel di badan dengan cara mandi di air yang di rendam daun kelor.

9. Bambu Kuning

Bagi yang belum tahu, bambu kuning juga bisa menghalau hantu masuk ke dalam rumah, sehingga tak heran jika banyak orang yang membudidayakan tanaman ini hingga saat ini. Tumbuhan ini dipercaya dapat menangkal segala macam makhluk halus seperti pocong, kuntilanak, wewe gombel, dan sejenisnya.

10. Kucing dan Ikan Asin

Kuntilanak tidak menyukai bau ikan asin dan kucing, dengan memiliki dua hal itu, dipercaya bisa mengusir kuntilanak dari rumah. Jadi sebenarnya, kuntilanak tidak suka mencium bau ikan asin yang digoreng dan kucing salah satu binatang yang tidak disukai oleh kuntilanak.

Dengan kalian memiliki kucing dan meletakan ikan asin di sekitar rumah, maka jika di rumah kalian ada hantu yang mengganggu mereka akan pergi meninggalkan rumah kalian.

Grameds, demikianlah artikel mengenai cara mengusir hantu yang ada di rumah. Sebagian orang mungkin tidak tahu bagaimana cara mengusir hantu jika rumahnya terkesan tidak nyaman dan diganggu oleh makhluk halus. Jika kalian mengalami hal tersebut, kalian bisa membuktikan dengan cara yang telah dituliskan di atas.

Jika kalian ingin membeli buku mengenai hantu, horror, dan supranatural atau pun buku lain, kalian bisa membelinya di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku yang bisa kalian dapatkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Dari Pekanbaru ke kota Bandung, hanya satu tujuan Renata. Kuliah di sebuah Universitas untuk menuntut ilmu dan menggapai cita. Kakak satu-satunya, Radit, memilih sebuah rumah kos yang letaknya terjangkau dari kampusnya.

Bangunan kos terlihat baik-baik saja. Tidak ada kesan menakutkan. Tetapi ternyata itu salah. Renata merasakan keanehan yang tidak disangka. Suasana begitu menakutkan terlebih ketika malam menurunkan gelapnya. Ada sesuatu di sana. Ia terlalu sulit menghindar. Ternyata, kos itu bukan kos seperti pada umumnya. Mau tahu kisah selanjutnya? Dapatkan e-book ini di Gramedia.

BACA JUGA:

  1. Cara Menghapus Akun Google dari Laptop dan Ponsel Tanpa Ribet 
  2. 10 Manfaat Komputer dan Cara Memaksimalkan Penggunaan Komputer 
  3. 15 Tips Memilih Laptop, Ini yang Perlu Diperhatikan 
  4. Apa itu Proxy? Jenis, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan 
  5. Apa itu VPN? Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq