in

Cara Membuat Poster dan Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Poster!

Sumber: Pixabay

Cara Membuat Poster – Poster adalah suatu karya seni ataupun desain grafis yang kemudian berupa komposisi gambar serta huruf di atas kertas dengan ukuran besar. Penerapannya bisa dengan cara ditempel di dinding ataupun pada permukaan datar lainnya dengan tujuan mencari perhatian mata sekuat mungkin.

Oleh karena itu, biasanya poster dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Poster dapat menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi serta dekorasi. Selain itu dapat pula berupa salinan karya seni terkenal. Cat poster biasa juga disebut cat plakat karena memiliki sifat yang pekat, sifatnya datar dan cocok digunakan untuk menggambar dekoratif.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang poster, maka kamu bisa simak artikel ini, Grameds.

Pengertian Poster

Poster adalah salah satu media berbentuk desain grafis yang didalamnya terdapat kata serta gambar pada kertas berukuran besar yang berisi informasi iklan atau hanya pemberitahuan kepada banyak orang yang ditempel di tempat umum agar dilihat dan dibaca banyak orang.

Selain itu, biasanya tujuan dari dibuatnya poster yaitu untuk memberikan informasi yang mengajak menghimbau menyuruh banyak orang untuk melakukan sesuatu sesuai apa yang tertera pada isi poster tersebut. Poster sendiri biasanya lebih mengutamakan gambar ataupun desain yang disertai dengan warna serta kata-kata yang atraktif, singkat, dan jelas.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

cara membuat poster
Sumber: Pixabay

Berikut di bawah ini adalah beberapa pengertian poster menurut para ahli, di antaranya adalah:

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI)

Makna poster menurut KBBI adalah plakat yang dipasang pada tempat-tempat umum yang berisikan sebuah pengumuman ataupun iklan.

Anton M. Moeliono

Menurut Anton M. Moeliono, poster merupakan suatu karya seni atau desain grafis yang memuat berbagai komposisi gambar serta huruf diatas kertas yang berukuran besar.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Poster kemudian dapat juga didefinisikan sebagai kombinasi visual serta rancangan yang kuat, dengan warna, serta pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang, meski cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

Wikipedia

Poster sebagai sebagai sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf serta angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar.

Sabri (dalam Musfiq On, 2012:85)

Menurut Sabri, poster merupakan penggambaran yang ditunjukkan sebagai pemberitahuan, peringatan, juga penggugah selera yang biasanya berisikan gambar-gambar.

Sri Anitah, 2008:12

Sri Anitah mengatakan bahwa poster merupakan suatu gambar yang mengkombinasikan unsur-unsur visual seperti diantaranya garis, gambar dan kata-kata yang bermaksud menarik perhatian dan mengkomunikasikan pesan secara singkat.

Zanu

Zanu menyatakan bahwa poster disebut juga sebagai gambar yang kemudian dirancang semenarik mungkin dengan sedemikian rupa menggunakan sedikit kata-kata serta dicetak dan di tempel pada tempat-tempat tertentu.

Jenis-Jenis Poster

cara membuat poster
Sumber: Pixabay

Poster itu sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis poster.

Poster Propaganda

Poster propaganda adalah poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi juga semangat kepada masyarakat umum. Biasanya, agar tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lain sebagainya, dapat dikatakan juga poster ini ada dan digunakan untuk mempengaruhi orang lain.

Poster Kampanye

Poster kampanye adalah poster yang biasanya sering muncul di saat masa-masa pilkada maupun pemilu, tujuan poster ini adalah meraih simpati masyarakat dengan sebanyak mungkin agar masyarakat memilihnya saat pemilu tiba.

Poster Afirmasi

Poster afirmasi adalah poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi pada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi. Selain itu, poster ini juga bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, misalnya saja pada poster perusahaan yang mencari pekerja, poster mengenai orang hilang dan sebagainya.

Poster Film

Poster film adalah poster yang bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang kemudian akan ditayangkan dengan maksud agar masyarakat tertarik menontonnya.

Poster Komik

Poster komik adalah poster yang bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau pada banyak orang.

Poster Riset

Poster riset adalah poster yang bertujuan untuk menginformasikan berbagai kegiatan penelitian “riset” kepada orang banyak, biasanya poster jenis ini kemudian sering ditemui di sekolah.

Poster Komersial

Poster komersial adalah poster yang bertujuan untuk mempromosikan produk juga jasa yang dijual oleh suatu perusahaan, poster jenis ini kemudian sering disebut sebagai poster niaga.

Poster Kelas

Poster kelas adalah poster yang secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta motivasi kepada siswa, sering sekali poster ini kemudian dapat kita lihat di kelas-kelas yang ada di sekolah.

Manfaat Membuat Poster

Adapun beberapa manfaat membuat poster, antara lain:

Dapat Menggerakkan Khalayak Ramai

Manfaat pertama dari membuat poster adalah dapat menggerakkan khalayak ramai. Dibuatnya poster ini kemudian akan disebarkan kepada masyarakat umum. Oleh sebab itu, informasi yang ada pada poster akan dilihat oleh banyak orang.

Bahkan, dengan informasi yang memiliki unsur persuasif, maka akan ada banyak orang yang tergerak untuk melakukan hal tersebut. Misalnya, ada poster tentang mencegah penularan penyakit, maka banyak orang akan yang berusaha melakukan hal tersebut.

Memberikan Informasi Kepada Banyak Orang

Dengan dibuatnya poster, maka akan ada banyak orang yang mengetahui tentang informasi yang diberikan oleh pembuat poster. Dalam hal ini, informasi yang diberikan sangatlah beragam, seperti informasi tentang pencegahan penyakit, adanya acara besar, dan masih banyak lagi.

Sebagai Media Iklan

Sudah menjadi hal yang umum bahwa poster bisa bermanfaat sebagai media iklan. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan dibuatnya poster, maka orang banyak bisa mengetahui informasi dari suatu produk atau bahkan informasi tentang adanya promo.

Cara Membuat Poster

Dikarenakan bisnis poster ini terus mengalami kemajuan, sehingga ada banyak orang yang membuka jasa pembuatan poster, apakah kamu salah satunya? Bagi kamu yang ingin berkecimpung di dunia bisnis poster ini tentunya harus mengetahui cara membuat poster terlebih dahulu.

Namun, terkadang ada beberapa orang yang belum terbiasa atau bahkan belum mengetahui cara membuat poster. Jangan khawatir karena pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara membuat poster. Jadi, simak pembahasan ini, Grameds.

Membuat Poster yang Menarik

Sebagai cara membuat poster yang banyak dilirik tentunya haruslah menarik dari kata-katanya juga ilustrasinya. Jadi, kamu harus menjadi kreatif dengan memiliki banyak ide serta pandangan yang luas. Berikut di bawah ini adalah cara dalam membuat poster yang menarik:

  1. Tentukan dulu topik dan tujuan poster itu dibuat.
  2. Kemudian, tetapkan pesan yang harus disampaikan di dalam poster ke masyarakat.
  3. Rangkai kata-kata yang singkat, padat, jelas serta menarik atau bahkan mudah untuk diingat seperti slogan.
  4. Susun kalimat ajakan yang kemudian memiliki daya sugesti ataupun bujukan, sehingga bisa mempengaruhi setiap yang membacanya.
  5. Ilustrasi ataupun gambar yang menarik kemudian dapat digunakan untuk menarik minat para pembacanya.
  6. Memanfaatkan berbagai media yang kemudian sesuai dengan kebutuhan, seperti kain, papan, seng atau dapat juga memanfaatkan berbagai bahan lainnya.

Membuat Poster Menggunakan Photoshop

1. Buat Lembar Kerja Baru

Pertama-tama adalah kamu harus membuat lembar kerja baru terlebih dahulu. Setelah membuka lembar kerja baru, maka kamu akan lebih mudah untuk menentukan bentuk poster. Selain itu, sesuaikan bentuk poster dengan jenis poster yang akan dibuat.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu memerhatikan fitur-fitur yang ada di Photoshop. Hal ini perlu dilakukan agar poster bisa dibuat dengan maksimal. Untuk membuka lembar kerja baru, kamu bisa klik File, kemudian pilih menu View. Selain itu, bisa juga dengan cara klik tekan CTRL+N.

2. Tentukan Ukuran Poster

Ukuran poster itu sendiri bisa dibilang sangatlah beragam. Oleh sebab itu, setelah membuat lembar kerja baru, maka langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran poster yang akan digunakan. Kamu bisa memiliki berbagai macam ukuran, seperti A4, A3, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan ukuran Width dan Hight. Hal ini perlu dilakukan agar poster yang dihasilkan bisa terlihat lebih menarik dan pesannya mudah diterima orang banyak.

3. Tentukan Gambar Ilustrasi dan Warna Background

Langkah ketiga dari membuat poster di Photoshop adalah tentukan gambar ilustrasi dan juga warna background. Hal ini perlu dilakukan agar poster yang dihasilkan bisa sesuai dengan konteksnya, sehingga pesan atau informasinya pun bisa diterima dengan baik.

Gambar ilustrasi ini, sebaiknya sudah ditentukan dengan baik dan sudah dibicarakan dengan pihak yang bersangkutan. Dengan pemilihan ilustrasi yang baik, maka kemungkinan besar orang yang melihat poster akan tergerak untuk melakukan informasi yang ada di dalam poster.

Warna background harus disesuaikan juga dengan ilustrasi poster itu sendiri. Jadi, jangan salah memilih warna background.

4. Masukkan Tulisan

Setelah menentukan gambar dan warna background, maka cara selanjutnya membuat poster di Photoshop adalah masukkan tulisan. Tulisan yang dibuat haruslah semenarik mungkin. Hal ini perlu dilakukan agar informasi yang bisa diterima oleh banyak orang. Bukan hanya diterima saja, tetapi orang yang membacanya juga ikut tergerak untuk melakukan informasi pada poster.

5. Simpan Poster

Setelah semua langkah di atas dilakukan, maka langkah terakhir dari membuat poster di Photoshop adalah simpan poster yang sudah jadi. Dengan menyimpan poster, maka poster tidak akan hilang atau terhapus. Langkahnya, kamu bisa klik File, kemudian klik Save As, beri nama file, dan klik save. silahkan pilih

Aplikasi Membuat Poster yang Bisa Digunakan

Canva

Aplikasi yang satu ini sudah banyak digunakan oleh pengguna ponsel android. Hal ini dikarenakan aplikasi ini dapat digunakan tanpa berbayar. Meskipun demikian untuk dapat mengakses berbagai fitur yang ada maka kamu diminta untuk melakukan upgrade premium. Dengan aplikasi ini maka kamu dapat mengaplikasikan hasilnya di berbagai media sosial yang ada. Untuk cara membuat poster di Canva sendiri cukup mudah dengan berbagai fitur yang juga sangat mudah untuk dipahami.

Adobe Spark

Aplikasi ini telah banyak digunakan oleh mereka yang memang hobi desain serta membuat video. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu cara membuat poster sendiri, tak hanya itu kamu juga dapat mengconvertnya menjadi video dengan mudah.

Posterlabs

Aplikasi ini kemudian menyediakan penggunanya template desain yang dapat dikustomisasi. Hasilnya juga dapat secara langsung diaplikasikan di berbagai media sosial. Akan tetapi aplikasi ini cukup membuat para penggunanya kesulitan karena tidak dapat mengedit teks yang sudah dibuat.

Crello

Aplikasi ini cukup mirip dengan Adobe Spark sehingga cukup mudah dioperasikan oleh penggunanya. Tak hanya poster yang bisa dibuat dengan crello tapi juga video sehingga kamu dapat dengan bebas mengekspresikan kreasimu dalam membuat poster.

Penutup

Demikian pembahasan tentang pengertian hingga cara membuat poster. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk Grameds.

Jika kamu ingin mencari buku-buku tentang desain grafis, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan
Sumber: Dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Langkah Membuat Poster

Tinjauan Desain Grafis

cara membuat poster

https://www.gramedia.com/products/tinjauan-desain-grafis-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Desain Komunikasi Visual atau desain grafis ada di sekitar kita. Bila kita melihat di meja kerja, terdapat desain kalender, logo komputer, kemasan tinta printer, ataupun sekedar noktah kecil dari logo di pulpen atau pensil kita. Ketika melihat sebuah majalah atau surat kabar, kita melihat logo, sampul muka dengan ilustrasi yang dirancang dengan menarik. Di antara halaman-halaman media cetak itu terpampang berbagai jenis iklan, termasuk iklan layanan masyarakat yang mengajak kita melawan korupsi yang menggurita di negeri kita. Di dapur kita juga dikelilingi oleh kemasan-kemasan makanan serta bumbu dapur yang dirancang secara saksama untuk menarik perhatian. Sementara di ruang tengah televisi kita menayangkan logo stasiun TV yang meliuk dinamis, sebagai penanda pergantian acara TV.

Tipografi dalam Desain Grafis

cara membuat poster

https://www.gramedia.com/products/tipografi-dalam-desain-grafis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku Tipografi dalam Desain Grafis mengulas pengetahuan tentang huruf dan olah huruf yang merupakan komponen penting dalam desain grafis (desain komunikasi visual). Sejak 2001, buku Tipografi dalam Desain Grafis telah digunakan oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia sebagai buku referensi untuk mata perkuliahan Tipografi bagi para pengajar dan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual. Tipografi dalam Desain Grafis-Edisi Diperbarui disusun dengan menghadirkan nilai tambah dalam berbagai pendalaman materi, termasuk evolusi terbentuknya huruf Latin, dan sejarah tipografi dalam seni rupa dan desain yang mengulas perihal keterkaitannya dengan seni rupa dan arsitektur, budaya, kekuasaan, hingga penyebaran agama. Selain itu, buku ini juga membahas landasan desain tipografi yang mengedepankan kaidah kaidah persepsi visual yang bersumber dari teori Gestalt. Beberapa kuis dan latihan tipografi yang sistematis juga dihadirkan untuk memperkaya nilai manfaat dari buku ini.

Desain Grafis Dengan Canva untuk Pemula

cara membuat poster

https://www.gramedia.com/products/desain-grafis-dengan-canva-untuk-pemula?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Desain grafis itu penting! Tetapi tidak semua orang bisa mendesain. Sampai kemudian, muncullah Canva, sebuah aplikasi website dan smartphone gratis yang bisa membantu kamu membuat desain secara cepat, mudah, dan murah. Buku ini dapat membantu kamu membuat desain menarik dalam waktu singkat memakai Canva. Materi yang dibahas meliputi:

  • Mengenal Canva dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk membantu pembuatan desain yang bagus.
  • Memanfaatkan foto, elements, stiker, audio, dan video gratis untuk mempercantik desain.
  • Penggunaan efek dan filter-filter pada Canva.
  • Mengunggah file dari komputer atau Instagram.
  • Menambahkan Google Maps, Emoji, QR Code, dan banyak lagi.
  • Membuat slide presentasi yang kaya akan fitur, animasi, dan menarik untuk dilihat.
  • Membuat konten untuk IGTV dan TikTok memakai Canva.
  • Contoh-contoh pembuatan desain seperti kalender, Instagram post, logo UMKM, resume atau curriculum vitae, charts untuk keperluan infographic, dan lainnya.
  • dan lain-lain.

Sudah kebelet ingin menjadi desainer grafis yang canggih? Baca buku ini! (Thinkjubilee.com).

Dasar Desain Grafis untuk SMK/MAK Kelas X

https://www.gramedia.com/products/dasar-desain-grafis-untuk-smkmak-kelas-x?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dasar-desain-grafis-untuk-smkmak-kelas-x?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku “Dasar Desain Grafis” untuk SMK/MAK Kelas X ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 KI & KD Spektrum terbaru. Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21, menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi belajar (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (students centered). Buku ini disajikan sedemikian sehingga mudah dipahami dan diterapkan pada program keahlian.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi