in

Cara Membeli barang Di Amazon Sebagai Marketplace Terbesar Dunia!

Sumber: Prosple.com

Cara Membeli Barang di Amazon – Dewasa ini, Amazon beroperasi di seluruh dunia di 19 negara. “Lahir” sejak 1995, marketplace ini sangat layak untuk kita ketahui lebih dalam, apalagi terkait cara menggunakannya bagi pembeli dari Indonesia.

Apa yang istimewa? Bahasa apa yang digunakan di sana? Temukan informasi tentang cara membeli barang di Amazon lewat artikel Gramedia ini!

Sejak pertama kali ada pada 1995 di Amerika Serikat, Amazon punya 328,2 juta populasi dan platformnya menggunakan bahasa Inggris.

Diluncurkan pada tahun 1995, sejak itu Amazon berkembang menjadi platform online besar. Namun, bukan hanya pasar terbesar dari semua pasar, juga pasar yang paling kompetitif. Hal ini sempurna untuk penjual dari AS yang memulai di Amazon atau penjual dari negara lain yang ingin menjangkau audiens yang lebih besar.

Rahasia Sukses Affiliate Marketing di Amazon

https://www.gramedia.com/products/rahasia-sukses-affiliate-marketing-di-amazon?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rahasia-sukses-affiliate-marketing-di-amazon?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Pertanyaan yang Berkaitan dengan Amazon dan Indonesia

cara membeli barang di amazon
Sumber: Amazon.com

Seperti yang sudah dijelaskan di bagian awal kalau Amazon merupakan marketplace yang berasal dari luar negeri, sehingga terkadang memunculkan beberapa pertanyaan yang terkait Amazon dan Indonesia. Berikut adalah pertanyaan umum terkait Amazon dan Indonesia!

1. Bisakah membeli produk di Amazon dan mengirimkannya ke Indonesia?

Ya, tentu saja. Banyak orang takut paket mereka akan dihentikan oleh bea cukai Indonesia atau hilang dalam pengiriman, tetapi tidak ada alasan selama kita mengikuti langkah-langkah sederhana cara membeli barang di Amazon ini:

Pertama, setelah membuat akun Amazon, Grameds harus memastikan bahwa kita memiliki alamat Indonesia yang tepat terdaftar. Dengan demikian, kita hanya akan diperlihatkan produk yang dapat dikirim Amazon ke Indonesia, bukan seluruh katalog Amazon.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Kedua, saat memesan produk dan sebelum membayar, Grameds harus memilih opsi Pengiriman AmazonGlobal:

Opsi ini lebih aman karena Amazon menjamin produk kita akan sampai di alamat rumah di Indonesia. Jika tidak, mereka memiliki kebijakan pengembalian dana 100 persen, bagian dari “Program Pengiriman AmazonGlobal”. Pengiriman akan dilakukan melalui jasa kurir seperti UPS, DHL atau FedEx, dan kita akan dapat melacaknya secara online sepanjang jalan. Mereka juga memiliki bantuan 24/7 dan cepat bereaksi jika ada masalah.

Opsi pengiriman Internasional standar sedikit lebih murah, tetapi kita harus menggunakannya hanya untuk barang dengan harga kurang dari USD 100 karena tidak dikenakan biaya impor apa pun.

Dengan opsi ini, pengiriman akan dilakukan melalui jasa pos biasa (Pos Indonesia) dan akan memakan waktu lebih lama untuk produk sampai ke tanah air. Grameds bahkan mungkin harus berurusan dengan bea cukai sendiri.

2. Apa itu program pengiriman AmazonGlobal dan bagaimana cara kerjanya?

AmazonGlobal adalah upaya Amazon untuk bersaing dengan pesaing E-commerce lokal. Pada dasarnya, perusahaan akan menangani bea cukai atas nama kita, dan menjamin bahwa kita akan menerima pesanan di alamat Indonesia.

Untuk melakukannya, mereka akan menagih kita perkiraan “Import Fees Deposit” yang akan digunakan untuk membayar bea cukai Indonesia untuk hak mengimpor produk yang dipesan.
Misalnya, pada sebuah Air Purifier, Import Fees Deposit adalah USD 48,98. Air Purifier adalah produk berat, maka biaya pengiriman mahal. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebaiknya hindari memesan barang semacam ini.

Setelah produk tiba di Indonesia, Amazon akan menyesuaikan jumlah ini. Mereka akan mengembalikan uang kita jika biaya impor (biaya bea) sebenarnya lebih rendah dari deposit yang kita berikan.

Jika tidak mungkin melewati bea cukai, Grameds akan mendapatkan pengembalian dana penuh.

3. Barang Amazon apa saja yang dapat dikirim ke Indonesia?

Dengan menggunakan dua opsi, Grameds dapat berbelanja di Amazon USA atau Amazon UK ke Indonesia.

Lini produk Amazon yang tersedia di situs webnya mencakup semua jenis media (buku, DVD, CD musik, kaset video, dan perangkat lunak), pakaian, produk bayi, elektronik konsumen, produk kecantikan, makanan gourmet, bahan makanan, barang-barang kesehatan dan perawatan pribadi, industri & perlengkapan ilmiah, barang-barang dapur, perhiasan, jam tangan, barang-barang rumput dan taman, alat-alat musik, barang-barang olahraga, peralatan, barang-barang otomotif, bahkan mainan.

4. Produk seperti apa yang harus kita hindari untuk dibeli di Amazon untuk Indonesia?

Ada beberapa produk yang sebaiknya Grameds hindari untuk dibeli di Amazon di Indonesia:
Barang yang sangat dibutuhkan, kita akan menerima sebagian besar produk dalam waktu 10-15 hari, tetapi mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Ada juga kemungkinan (kecil) juga bahwa bea cukai akan menolak produk (dalam hal ini, kita akan mendapatkan pengembalian uang).

  • Produk yang berat, misalnya TV atau sepeda. Oleh sebab kita harus membayar biaya pengiriman antara USD 2 dan USD 3 per pon, biaya pengiriman barang-barang tersebut mungkin akan berlipat ganda atau tiga kali lipat harganya. Cobalah membeli langsung di Indonesia saja, bahkan hindari juga marketplace lokal jika memungkinkan.
  • Obat resep, vitamin, suplemen makanan, jika tidak dijual di Indonesia, kemungkinan tidak memiliki izin impor yang sesuai dan akan diblokir oleh bea cukai. Namun, Grameds dapat mengambil risiko dengan paket kecil dan murah terlebih dahulu.
  • Barang elektronik mahal yang mudah dibawa di bagasi, misalnya laptop, barang tersebut akan dikenakan biaya impor yang mahal, biasanya antara 30% persen sampai 50 persen dari harga awal. Sebaliknya, kami menyarankan Grameds untuk membelinya di Singapura atau di Malaysia, mendapatkan pengembalian PPN, lalu membawanya kembali ke Indonesia. Pastikan juga untuk mengeluarkannya dari kotaknya saat melewati bea cukai Indonesia.
  • CD dan DVD, beberapa orang mengatakan bahwa barang-barang ini dapat diblokir oleh bea cukai, tergantung pada agen yang bertanggung jawab. Ini mungkin karena kekhawatiran akan konten atau sensor yang tidak pantas.arang-barang yang dilarang masuk ke Indonesia, seperti uang logam, buku/majalah dalam bahasa Indonesia, sarung, batik, baju bekas, dan lain sebagainya.

5. Ke negara apa saja Amazon mengirim barang?

Amazon Global adalah portal internasional Amazon, sehingga Grameds dapat berbelanja di mana pun kita berada di dunia. Namun terkadang, produk yang kita inginkan mungkin tidak tersedia di Indonesia.

Meskipun demikian, pengiriman Amazon ke Indonesia masih dimungkinkan jika Grameds mendaftar ke perusahaan pengiriman seperti MyUS.

Dengan begitu, Grameds dapat mengirimkan produk Amazon secara internasional ke negara atau wilayah mana pun di dunia, termasuk:

Australia, Austria, Belgia, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hong Kong, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Kuwait, Malaysia, Belanda, Norwegia, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, Uni Emirat Arab, Inggris Raya (Inggris/Inggris/UK), Afrika, Asia, Karibia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Timur Tengah, dan Eropa.

6. Apakah Amazon Prime berfungsi di Indonesia?

Amazon Prime memberi penggunanya banyak manfaat, seperti pengiriman pesanan 1-2 hari serta streaming video dan musik. Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 200 juta anggota Amazon Prime!
Mulai Oktober 2021, Grameds bisa mendapatkan keanggotaan Prime jika tinggal di negara-negara berikut:

Austria, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Luksemburg, Meksiko, Belanda, Polandia, Arab Saudi, Singapura, Spanyol, Swedia, Turki, Inggris, dan AS. Sayangnya, Indonesia tak termasuk.

Jeff Bezos: Cara Kaya Ala Pendiri Amazon

https://www.gramedia.com/products/jeff-bezos-cara-kaya-ala-pendiri-amazon?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jeff-bezos-cara-kaya-ala-pendiri-amazon?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Membeli Barang di Amazon

cara membeli barang di amazon
Sumber: Nbcnews

1. Masuk ke akun Amazon

Langkah pertama cara membeli barang di Amazon, buka www.amazon.com di browser web Grameds dan masuk. Untuk melakukannya, gerakkan mouse ke “Sign in” dan klik. Kemudian, klik di kotak yang disorot di tangkapan layar kanan di bawah dan ketik alamat email dan kata sandi akun kita masing-masing. Terakhir, klik Masuk.

2. Cari Melalui Departemen

Katakanlah pemanggang roti Grameds baru saja rusak, dan kini kita sedang mencari yang baru. Mari kita mulai dengan menggerakkan mouse ke Departments, lalu Home, Garden, and Tools, lalu mengklik Kitchen and Dining.

3. Temukan Kategori Tertentu

Sekarang, mari klik Ovens and Toasters, lalu klik Toasters, hanya untuk mempersempit ruang pencarian.

4. Lihat dan Pilih Item

Grameds sekarang akan melihat daftar pemanggang roti yang tersedia untuk dijual.
Di sisi kiri layar, kita akan melihat serangkaian opsi yang dapat diklik untuk lebih mempersempit pencarian. Misalnya, Grameds dapat mencari produk:

  • Dalam warna tertentu
  • Dari perusahaan atau merek tertentu
  • Berdasarkan seberapa baik telah ditinjau oleh pelanggan Amazon
  • Dalam kisaran harga tertentu
  • Berdasarkan orang yang menjualnya

Informasi produk itu sendiri akan ditunjukkan kepada kita, antara lain:

  • Seperti apa produknya, dan jika ada variasi yang bisa kita lihat
  • Apa nama produk
  • Harganya saat kita membelinya (dan jika menghemat dari harga eceran)
  • Kapan kita bisa menantikan, atau berapa banyak stok yang tersisa
  • Apa yang dikatakan pelanggan lain tentang produk

Ketika Grameds menemukan produk yang disukai, klik saja pada namanya.

5. Tambahkan Item ke Keranjang

Di sini, kita akan melihat beberapa informasi lebih detail tentang produk yang dipilih. Jika telah memutuskan bahwa itulah barang yang Grameds inginkan, klik menu tarik-turun bertanda “QTY” untuk memilih berapa banyak produk yang kita inginkan. Kemudian klik Add to Cart.

6. Lanjutkan ke Pembayaran Amazon

Jika hanya itu saja barang yang ingin Grameds beli, klik Proceed to Checkout .

7. Masukkan Alamat Pengiriman

Kita sekarang harus memilih alamat tujuan pengiriman. Grameds harus membuat alamat baru jika belum memilikinya.

Klik di setiap kotak atau menu tarik-turun di bawah “Enter A New Shipping Address” dan ketik atau pilih:

  • Nama lengkap
  • Alamat jalan
  • Alamat unit (jika Grameds tinggal di apartemen, kondominium, dan lainnya.)
  • Kota tempat tinggal
  • Negara bagian, provinsi, atau wilayah tempat tinggal kita.
  • Kode surat Grameds (tidak harus berupa kode USZIP)
  • Negara tempat tinggal
  • Nomor telepon

Ada opsi tambahan di bawah “Optional Delivery Preferences“, di mana kita dapat:

  • Pilih apakah Grameds bersedia atau tidak untuk menerima paket yang dikirimkan pada akhir pekan.
  • Berikan Amazon kode akses ke kompleks apartemen atau komunitas yang terjaga keamanannya (jika kita diizinkan) sehingga petugas pengiriman bisa masuk.
  • Pilih apakah alamat tujuan pengiriman barang kita sama dengan alamat tujuan pengiriman tagihan.

Ketika kita telah memasukkan semua informasi, klik Lanjutkan untuk melanjutkan.

8. Lihat dan Konfirmasi Ringkasan Pesanan

Di sebelah kiri, Grameds akan melihat ringkasan pesanan. Di sebelah kanan, kita akan diminta untuk memilih jenis pengiriman yang diinginkan (jika ada). Klik tombol di sebelah jenis yang diinginkan. Biasanya, semakin cepat kecepatan pengiriman, semakin banyak biaya yang kita keluarkan. Setelah selesai, klik Continue.

9. Pilih Metode Pembayaran

Sekarang, kita harus memilih metode pembayaran untuk pembelian.

Untuk keperluan tutorial ini, kami akan berasumsi bahwa Grameds ingin membayar dengan menggunakan kartu kredit. Untuk menambahkan kartu kredit baru, lakukan langkah berikut:
Gulir ke bawah ke bagian yang bertuliskan “Credit or Debit Cards”.

  • Klik di kotak yang bertuliskan “Name on Card” dan ketik nama Grameds seperti yang tertera di kartu kredit Anda.
  • Klik di kotak yang bertuliskan “Card Number” dan ketik nomor kartu kredit Grameds (tanpa spasi).
  • Klik dua menu tarik-turun berlabel “Expiration Date” untuk memilih bulan dan tahun kedaluwarsa kartu kredit Anda.
  • Klik Add Your Card untuk menambahkan kartu kredit ini sebagai opsi pembayaran.

Setelah selesai, kartu kredit ini akan otomatis dipilih sebagai opsi pembayaran, jadi kita tinggal mengklik Continue.

10.Konfirmasi dan Lakukan Pemesanan

Di layar berikutnya, kita dapat meninjau pesanan dan membuat perubahan terakhir, termasuk jenis pengiriman yang kita inginkan. Jika Grameds senang dengan apa yang akan dipesan, segera klik Place Your Order.

Setelah itu, Grameds akan menerima tanda terima konfirmasi melalui email. Sekarang yang tersisa untuk dilakukan adalah menunggu barang kita tiba!

Begitulah cara kita menggunakan Amazon untuk memesan sesuatu! Jika ingin mempelajari cara mencari barang dengan lebih baik untuk membuat pengalaman berbelanja kita lebih efisien, pastikan untuk membaca tutorial langkah demi langkah lainnya. Jika Grameds tertarik untuk mempelajari jalan pintas menghindari biaya pengiriman yang terlalu mahal, ada pula artikel umum tentang cara mendapatkan pengiriman gratis dengan Amazon.

Pengalaman Berbelanja Lewat Amazon di Indonesia

Banyak orang yang telah membeli banyak barang di Amazon selama bertahun-tahun (buku, mainan, pembersih udara, masker polusi, dan lainnya), dan mengirimkannya ke Indonesia, di Jakarta atau Bali, tanpa kesulitan. Meskipun demikian, kami tahu cukup banyak yang masih belum percaya diri menggunakan situs web ini.

Sayang sekali, karena masih banyak produk yang sulit ditemukan di Indonesia, apalagi jika Grameds tinggal di kota-kota kecil. Amazon juga memiliki harga yang kompetitif (khususnya di halaman ” Today’s Deal”) dan jauh lebih aman untuk digunakan daripada alternatif lokal seperti Lazada atau Tokopedia.

Marketplace Paling Banyak Dikunjungi

Menurut Similarweb, amazon.com menduduki peringkat nomor 1 sebagai situs web terpopuler dalam kategori Marketplace pada September 2022. Rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di situs web ini adalah 7 menit, dan mereka melihat rata-rata 8,85 halaman per kunjungan.

Dengan membagi jumlah total tampilan situs web dan total pengunjung, halaman per kunjungan hadir sebagai metrik keterlibatan populer. Rasio pentalan untuk amazon.com adalah 34,30 persen, artinya 34,30 persen pengunjung meninggalkan situs web setelah melihat hanya satu halaman.

ebay.com dan amazon.co.jp berada di urutan ke-2 dan ke-3 dalam daftar. Dalam hal keterlibatan pengguna, ebay.com memiliki durasi kunjungan rata-rata 6 menit, rata-rata halaman per kunjungan 6,89, dan rasio pentalan 36,91 persen. Demikian pula, durasi kunjungan rata-rata amazon.co.jp adalah 7 menit, rata-rata halaman per kunjungan adalah 7,81, dan rasio pentalannya adalah 37,12 persen.

Amazon.com

https://www.gramedia.com/products/conf-amazon-com?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-amazon-com?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Menyenangkan, bukan, mengetahui terkait marketplace terbesar di dunia seperti Amazon dan cara membeli barang di amazon? Kamu bisa mendapatkan berbagai insight lain dari Amazon lewat buku-buku yang bisa didapatkan di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Baca juga terkait cara membeli barang di Amazon:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy