Marketing

Pengertian SEM: Keunggulan dan Cara Menggunakannya

Pengertian SEM
Written by Ananda

Pengertian SEM – Search Engine Marketing dikenal juga dengan singkatannya sebagai SEM. Optimasi yang disebut dengan pemasaran mesin pencari dalam bahasa Indonesia ini bisa berarti berbagai hal yang berbeda, tergantung pada siapa pertanyaan itu diajukan.

Umumnya, SEM merujuk pada kampanye iklan penelusuran berbayar seperti Google Ads. Namun begitu, SEM juga bisa digunakan terkait semua tindakan pemasaran yang terjadi di dalam search engine terlepas dari berbayar atau tidaknya teknologi ini.

Grameds, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian SEM, kelebihan dan kekurangan. sampai konsep dasarnya agar kamu bisa mulai belajar di dunia search engine marketing ini.

Apa Itu SEM?

Sebenarnya, pendefinisian SEM dan unsur-unsurnya dengan tepat bisa saja terasa rumit karena banyaknya definisi yang berbeda. Kembali lagi, tergantung pada siapa Grameds bertanya.

Salah satu definisi SEM ialah berkaitan dengan seperangkat alat, teknik, sampai strategi yang bisa membantu pengoptimalan visibilitas situs dan halaman web lewat mesin pencari. Secara singkat, SEM bertujuan untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di mesin pencari seperti Google dan situs serupa lain.

Hasil dari Mesin Pencarian Google

Secara umum, halaman pencarian Google dan situs lainnya menunjukkan dua jenis hasil:

1. Hasil organik

Mesin penelusuran menggunakan algoritma yang memberi tahu kita situs web terbaik untuk merespons kueri tertentu demi mengetahui hasil mana yang akan ditampilkan di halaman hasil penelusuran.

Relevansi (konten web) dan otoritas (tautan dari halaman lain) mendasari algoritma Google. Dalam hal ini, Search Engine Optimization atau SEO dikenal sebagai kumpulan teknik dan alat yang dipakai untuk memposisikan daftar organik.

2. Hasil berbayar

Tak sama seperti hasil organik. pengiklan harus membayar untuk setiap klik dalam hasil berbayar. Grameds harus menggunakan solusi periklanan mesin pencari untuk mendapatkan traffic dengan membeli iklan di mesin pencari seperti Google Ads. Sistem seperti ini dikenal pula sebagai PPC atau pay-per-click (bayar per klik) juga CPC atau cost-per-click (biaya per klik).

Dalam SEM, tercakup teknik SEO dan iklan mesin pencari. Namun, sebagian besar marketer memakai SEM untuk secara eksklusif merujuk ke iklan mesin pencari, alias menggunakan hasil berbayar.

Nah, agar tak kebingungan, kita akan memakai SEM untuk merujuk pada iklan mesin pencari dan iklan berbayar dalam penjelasan di artikel ini, Grameds.

Konsepnya SEM

SEM termasuk topik yang sangat luas dan punya banyak “cabang” yang berbeda untuk kita jelajahi.

1. SEO dan SEM

Keduanya sangat penting dalam strategi pemasaran daring, tetapi juga adalah dua singkatan yang banyak menyebabkan kebingungan. Sekiranya, mana strategi yang paling baik untuk merek kita dan bagaimana caranya untuk memanfaatkan keduanya demi meningkatkan traffic dan konversi ke pembelian?

2. SEM Positioning

SEM positioning merupakan metode berbayar yang dipakai untuk mendapat posisi teratas di mesin pencari dengan cepat.

3. SEM Campaign

Bisa disebut pula sebagai kampanye SEM, ini mewakili semua strategi periklanan yang bisa menghasilkan iklan di mesin pencari, termasuk Google. Campaign bisa mencakup berbagai grup iklan dan keyword yang berbeda demi meningkatkan posisi.

4. SEM di Google

Google Ads mempunyai bentuk SEM yang paling populer. Mulai dari yang paling umum sampai paling akurat, membuat kampanye SEM dilakukan di Google dan terdapat berbagai cara, opsi, dan struktur iklan yang berbeda untuk beriklan di sana.

Pengertian SEM

Kenapa Pakai SEM?

Pengertian SEM

Dewaweb

Strategi pemasaran digital kita perlu SEM karena berbagai macam alasan. Berikut adalah beberapa manfaat dari menggunakan Search Engine Marketing ini untuk merek kita.

Halaman kita memerlukan traffic berkualitas yang bisa dibawa oleh SEM. Salah satu dasar dari setiap strategi pemasaran digital tentunya adalah untuk menarik pengguna yang tepat ke situs kita. Dalam hal ini, SEM sangatlah efektif untuk menarik perhatian pengguna dan menghasilkan klik dengan kemungkinan filter berdasarkan kata-kata yang mereka cari.

Dengan demikian, dipastikan bahwa traffic kita terdiri atas orang-orang yang memang punya potensi tertarik dengan merek kita.

SEM juga bisa membuat perusahaan atau merek kita dikenal, bahkan di seluruh dunia. Pasalnya, menempatkan diri di kolom teratas hasil pencarian Google ialah cara yang sangat bagus untuk memperoleh visibilitas merek kita. Pengguna pun kemungkinan akan mengaitkan situs kita dengan kebutuhan mereka jika kita berada di kolom teratas, meski mereka tak selalu mengklik halaman itu.

Google Ads juga menawarkan berbagai cara untuk mengukur konversi. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa iklan kita akan benar-benar efektif dan bisa menghasilkan konversi.

Dengan anggaran yang sekecil-kecilnya, solusi iklan di mesin pencari juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anggaran kita setiap saat. Strategi ini cocok untuk usaha kecil dan menengah karena tak memerlukan investasi awal yang besar. Tak ada batas untuk merek yang sedang Grameds kembangkan!

Terakhir, kita pun tak cuma akan bisa menempatkan iklan di mesin pencari, tetapi solusi SEM di Google Ads juga bisa dimanfaatkan terkait data dan parameter yang tersedia untuk menempatkan iklan kontekstual di situs web lainnya! Jadi, kemungkinan personalisasinya sangat tinggi.

Sebagai contoh, kita bisa menargetkan pengguna yang sudah mengunjungi situs web kita, tertarik pada jenis produk A, berasal dari kota tertentu, dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi alat yang ampuh untuk mengembangkan merek jika dikombinasikan dengan kampanye iklan di mesin pencari.

Keunggulan dari Menggunakan SEM

Pengertian SEM

KemenkopUKM

Berikut ini beberapa keunggulan dari penggunaan SEM.

1. Sangat terukur

alat tertentu seperti Google Ads bisa memberi kita laporan yang sangat rinci terkait evolusi kampanye, sehingga kita akan dapat selalu tahu tentang apa yang terjadi dengan iklan yang kita buat. Tak cuma itu, kita juga bisa memanfaatkan integrasi dengan Google Analytics untuk mengontrol segalanya dengan sempurna.

2. Pemantauan secara real-time

Kita dimungkinkan untuk melihat berbagai hal yang terjadi setiap saat dengan antarmuka analitik. Kita juga bisa mengoreksi arah jika tak mendapatkan hasil yang diharapkan.

3. Pay-per-click

Kita hanya akan membayar jika mendapatkan hasil dengan metode ini. Jadi, kita bisa mengontrol anggaran harian maksimum yang dipunyai. Bisa dipastikan, kampanye iklan kita akan menguntungkan dengan cara ini.

4. Kecepatan

Iklan mesin pencari memungkinkan kita untuk mencapai hasil skala besar dengan relatif cepat, jika dibandingkan dengan teknik lain seperti SEO atau content marketing.

5. Bisa dijangkau semua orang

Solusi yang satu ini berfungsi dengan baik bagi perusahaan besar maupun UKM karena investasi anggaran yang bisa diatur. Kita semua bersaing dalam kondisi yang sama untuk menggapai posisi pertama di halaman hasil pencarian.

6. Segmentasi

Hal positif yang akhirnya kita peroleh dari alat ini ialah kemungkinan segmentasinya yang luar biasa. Kita akan menjangkau publik yang tertarik pada kita secara aktif dengan fokus pada keyword. Tak cuma itu, kita juga bisa memfilternya berdasarkan faktor lain, seperti bahasa, lokasi, sampai perilaku.

Pengertian SEM

Kekurangan dari SEM

Berikut ini beberapa kekurangan dari penggunaan SEM

1. Biaya jangka panjangnya lebih tinggi

SEM hanya berfungsi jika kita membayar. Meskipun kita bisa mengoptimalkan kampanye dan mengurangi biaya per klik, kita tetap harus membayar setiap kunjungan yang kita peroleh.

2. Tingkat persaingan tinggi

Kepopuleran SEM telah membuatnya diminati oleh banyak perusahaan yang bersaing untuk memposisikan diri pada keyword yang sama. Adanya persaingan ini bisa membuat biaya jadi meningkat dan kita terkadang sulit mendapatkan return of investment atau ROI yang baik.

3. Cukup mengganggu

SEM melibatkan ruang pengguna dan mengisinya dengan konten yang tak sepenuhnya mereka cari alias butuhkan. Ini berbeda dengan solusi lainnya. Bahkan, terkadang pengguna yang kita targetkan justru menggunakan pemblokir iklan dan mungkin tak akan pernah melihat iklan kita.

Riset Keyword SEM

Saat merencanakan kampanye SEM, riset keyword atau keyword harus selalu menjadi salah satu langkah pertama. Kita dapat mengatakan bahwa keyword seperti “batu bata” dari mana seluruh akun SEM, iklan, dan bahkan halaman arahan akan disusun.

Untuk melakukan riset keyword untuk kampanye SEM, perhatikan langkah-langkah berikut:

1. Analisis Produk atau Layanan

Keyword harus selalu relevan dengan produk atau layanan yang Grameds tawarkan. Oleh karena itu, langkah pertama adalah menyusun daftar antara dua dan sepuluh gagasan utama yang merangkum layanan atau produk yang ditawarkan. Selain mempelajari penawaran kita sendiri, kita juga dapat melihat situs pesaing lainnya, lo.

2. Alat Riset Keyword

Ada banyak platform perencanaan keyword di pasaran, seperti SemRush dan Google Keyword Planner. Jika Grameds memasukkan ide dasar yang telah ditentukan di bagian sebelumnya, alat ini akan memberi kita daftar keyword terkait. Untuk memfilter hasil, Grameds dapat mengelompokkan menurut lokasi dan bahasa.

Hal yang bagus tentang alat ini adalah mereka dapat memberi kita banyak saran yang tidak akan pernah terpikirkan. Tentu saja, ada kalanya mereka menawarkan saran yang tidak sesuai dengan pencarian asli, dan ini membawa kita ke langkah berikutnya.

3. Memfilter dan Memilih Keyword

Dengan menggunakan keyword sebagai titik awal, Grameds harus memfilter secara manual untuk membuang kata yang tidak relevan, mengelompokkan keyword terkait, dan memilih keyword yang memiliki jumlah penelusuran tertinggi dan persaingan terendah (yaitu tidak banyak pengiklan yang menawar kata yang sama).

Itu saja! Kita sekarang memiliki daftar keyword yang pasti untuk mengoptimalkan kampanye SEM. Untuk mendapatkan hasil terbaik, keyword ini harus ada di halaman arahan dan di iklan kita.

Langkah Kembangkan SEM Campaign

Strategi dan perencanaan sangat penting untuk menjamin hasil kampanye SEM kita . Mari kita lihat apa yang diperlukan untuk meluncurkan kampanye yang sukses!

1. Riset Keyword

keyword adalah fondasi dasar di mana seluruh strategi SEM disusun. Untuk melakukan studi keyword yang lengkap, Grameds harus memberi perhatian khusus pada:

  • Produk dan layanan yang ditawarkan
  • Bagaimana kinerja pesaing dan bagaimana kita diposisikan relatif terhadap itu
  • Kepribadian pembeli
  • Mencari keyword generik menggunakan alat khusus
  • “Menyisir” dan membersihkan daftar keyword

2. Pembuatan Kampanye

Telah tiba waktunya untuk menempatkan seluruh strategi SEM kita pada tempatnya. Ini adalah beberapa aspek utama yang harus ditetapkan untuk meluncurkan kampanye di Google Ads atau alat lainnya:

  • Anggaran dan tawaran maksimum.
  • Grup iklan, kecuali Grameds menjual produk atau layanan yang sangat spesifik, Grameds akan memiliki grup keyword terkait yang berbeda. Idenya adalah untuk menyusun keyword dalam grup iklan tertentu untuk mencapai hasil terbaik.
  • Merancang dan mengoptimalkan halaman arahan: Idealnya, kita harus memiliki halaman arahan untuk setiap produk atau layanan dan untuk setiap target.
  • Pembuatan iklan. Saat menyiapkan kampanye, sebaiknya siapkan materi iklan yang berbeda sehingga Grameds dapat membandingkan hasilnya satu sama lain.

3. Pengukuran dan Pengoptimalan

Pekerjaan tidak berakhir setelah meluncurkan kampanye. Pasalnya, SEM didasarkan pada optimasi berkelanjutan. Oleh karena itu, kita harus memantau hasil kampanye secara berkala agar dapat menukar keyword, materi iklan, dan aspek kampanye lainnya.

Untuk memastikan Grameds tidak melewatkan apa pun, kita dapat mengatur peringatan untuk aspek penting dari akun dan menentukan jadwal tinjauan tertentu.

Mesin SEM Paling Populer

Ketika kita memikirkan mesin pencari, biasanya hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah Google. Namun, kenyataannya ada platform SEM lain yang juga dapat memberi kita hasil yang baik. Ini adalah tiga solusi utama untuk iklan mesin pencari.

1. Google Ads

Google Ads adalah salah satu mesin pencari utama. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakannya:

  • Keyword: Keyword adalah sekumpulan istilah yang dimasukkan oleh pengguna di mesin pencari. Ini bisa berupa satu kata, beberapa kata, atau bahkan seluruh frasa, misalnya: “beli dumbel untuk latihan di rumah”. Keyword memungkinkan Google mengetahui iklan mana yang relevan bagi pengguna tertentu pada waktu tertentu.
  • Jenis pencocokan: Jenis pencocokan menentukan sejauh mana istilah yang dimasukkan oleh pengguna di mesin pencari cocok dengan keyword. Di Google Ads, dari yang terluas hingga yang paling ketat, kita akan menemukan: pencocokan luas, pencocokan frasa, dan pencocokan persis. Grameds juga dapat mengatur kecocokan negatif (pencarian yang kita TIDAK ingin iklan kita ditampilkan).
  • Iklan: Iklan yang ditampilkan di mesin pencari Google terutama didasarkan pada iklan teks yang terdiri dari judul, URL yang terlihat, deskripsi, dan ekstensi.
  • CPC: Harga yang akan kita bayar untuk setiap klik pada iklan, yang pada akhirnya bergantung pada tingkat kualitas dan tawaran yang ditetapkan.

2. Microsoft Advertising atau Bing Ads

Bing Ads (atau Microsoft Advertising) adalah alternatif yang sangat solid untuk Google Ads, karena menjangkau audiens potensial yang relevan (hampir 10 persen dari pangsa pasar) dan memiliki opsi penargetan dan konfigurasi yang sangat baik.

Secara umum, ini adalah alat yang sangat mirip dengan Google Ads, tetapi ada beberapa perbedaan yang harus Grameds ketahui:

  • Pencocokan keyword negatif lebih ketat (kita hanya dapat menempatkan keyword negatif dengan pencocokan frasa).
  • Bing menetapkan jumlah minimum untuk tawaran maksimum.
  • Opsi lokasi Bing memungkinkan kita menentukan radius di dalam kota atau kode pos.
  • Kita dapat menjadwalkan iklan untuk tampil dalam peningkatan 15 menit sepanjang hari, atau hanya muncul pada waktu tertentu.
  • Bing memiliki ekstensi khusus gambar dan khusus stok.
  • Kita dapat mengatur zona waktu yang berbeda dalam satu kampanye.
  • Filter laporan berdasarkan mitra penelusuran dan buang yang tidak Grameds minati.

3. Yahoo

Yahoo Advertising atau Yahoo Ads adalah solusi periklanan Yahoo, yang memungkinkan kita menjangkau pengguna yang melakukan pencarian di mesin pencari ini.

  • Search Ads: Format SEM paling klasik, yang menampilkan iklan di mesin telusur saat pengguna memasukkan keyword
  • Display Ads: Iklan ini ditempatkan di bagian atas, bawah, samping situs web, atau di tengah konten dan dapat digunakan untuk pemasaran ulang.
  • Sponsored Ads dalam berbagai format: Gambar, carousel, dan iklan video asli.
  • Mail Ads: Iklan ini terintegrasi dalam kotak masuk dan melalui spanduk.

Pengertian SEM

Itulah penjelasan terkait pengertian SEM, kelebihan dan kekurangan, langkah penggunaan, sampai mesin SEM yang paling populer. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat sekaligus menambah wawasan kamu.

Kunjungi situs Gramedia.com untuk lebih banyak artikel menarik dan buku-buku berkualitas! #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. Apa Itu SEO, SEM, dan SMM? Strategi Digital Marketing Masa Kini
  2. Pengertian Digital Marketing dan 7 Kelebihannya
  3. Pengertian Digital Marketing: Jenis, Manfaat, dan Kelebihannya
  4. Lead dalam Digital Marketing: Pengertian hingga Cara Jitu Dapatkan Lead
  5. Daftar Buku Social Media Marketing 2022 di Gramedia


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien