Marketing

10 Strategi SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Produk di Situs Web

Strategi SEO
Written by ziaggi

Strategi SEO – Halo, Sobat Grameds, bagaimana cara meningkatkan konversi penjualan menggunakan Strategi pemasaran SEO? Temukan jawabannya di bawah ini. Konversi atau conversion rate adalah istilah pemasaran digital yang berarti mencapai tujuan melalui kampanye pemasaran.

Saat Anda berada di sebuah situs web, hasilnya pengunjung situs web tidak hanya mengunjunginya tetapi juga melakukan tindakan yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda yaitu membeli produk Anda.

Tindakan setiap pengunjung sangat berbeda dan bervariasi dari setiap situs web. Mulai dari melakukan transaksi atau membeli produk, mendaftar sebagai member, berlangganan newsletter, download software, dll.

Saat ini, perusahaan yang mengadopsi strategi digital terus berkembang pesat. Salah satu caranya adalah dengan membuat website untuk mempromosikan produk. Tetapi untuk menjadi sukses, Anda tidak dapat melakukannya secara kebetulan. Anda membutuhkan strategi SEO yang tepat.

SEO atau Search Engine Optimization adalah pengoptimalan mesin pencari untuk memungkinkan halaman web Anda muncul di halaman pertama pencarian Google. Nah berikut ini beberapa informasi tentang pengertian SEO dan beberapa panduan strategi SEO untuk Sobat Grameds yang perlu diketahui.

Memahami Istilah SEO

Strategi SEO

Sumber: Accurate Online

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi pemasaran digital yang bertujuan untuk membuat peringkat situs web atau blog Anda di bagian atas hasil pencarian Google untuk kata kunci pilihan Anda. Hal ini untuk memudahkan pengguna mesin pencari Google menemukan artikel Anda. Optimasi SEO sendiri sangat bergantung pada mesin pencari.

Tujuan utama SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan atau pengunjung melalui keyword yang tertarget. Salah satu indikator terpenting keberhasilan pemasaran SEO adalah posisi situs web atau blog yang lebih tinggi untuk keyword tertentu di search engine.

Semakin tinggi peringkat sebuah website atau blog di search engine dengan keyword tertentu, maka semakin banyak visitor atau pengunjung yang akan mengunjungi website atau blog tersebut.

Sayangnya, ada banyak cara menggunakan strategi SEO yang salah dapat meningkatkan bisnis Anda karena Anda tidak memahami algoritma Google. Jika ini terus berlanjut, bisnis Anda tidak akan ditemukan di mesin pencari. Misalnya, jika produk perusahaan “toko bunga” ingin muncul di hasil pencarian utama saat orang mencari kata “toko bunga” di mesin pencari (seperti Google, Yahoo atau Bing), perusahaan harus memaksimalkan pencariannya dalam memaksimalkan strategi SEO.

Masalahnya adalah posisi teratas yang menunjukkan hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) terbatas hanya ada sekitar 10 situs web yang mendapat peringkat tinggi di hasil mesin pencari yang dipercaya dan selain membangun brand yang lebih dikenal di mata pengguna search engine juga dapat meningkatkan trafik pengunjung.

Pada saat yang sama, setiap pemilik perusahaan ingin bisnisnya berada di urutan teratas hasil pencarian. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memahami pentingnya SEO dan bagaimana SEO bekerja dengan pengoptimalan situs web yang baik.

Jenis Keyword SEO Untuk Meningkatkan Konversi Penjualan

Ada banyak jenis keyword atau kata kunci yang bisa digunakan untuk meningkatkan konversi penjualan diantaranya:

1. Branded Terms

Branded terms adalah kata kunci yang memiliki merek tertentu. Pengguna biasanya mencari web untuk merek tertentu dalam kata kunci. Istilah produk adalah kata kunci yang menyebutkan nama produk. Biasanya, penggunaan kata kunci tersebut dikaitkan dengan merek tertentu.

Strategi SEO

2. Competitor Terms

Competitor Terms adalah keyword yang dimaksudkan untuk membandingkan suatu merek dengan merek lain. Pada umumnya jenis kata kunci tersebut digunakan oleh pengguna internet yang ingin membeli produk tertentu, namun ingin membandingkan kelebihan dan kekurangan produk tersebut dengan produk merek lain.

3. Substitute Product Terms

Substitute Product Terms merupakan salah satu keyword yang biasa digunakan untuk mencari informasi produk lain sebagai penggantinya. Keyword semacam itu biasanya digunakan untuk mencari produk alternatif yang kualitasnya tidak jauh berbeda.

4. Complementary Product Terms

Complementary Product Terms adalah keyword yang menyebutkan produk tetapi secara tidak langsung terkait dengan produk yang Anda jual. Misalnya, Anda menjual furnitur, termasuk meja komputer. Jika pengguna web mencari informasi tentang perlengkapan komputer, kemungkinan besar penjualan komputer Anda cukup bagus.

5. Audience Terms

Keyword yang mengandung banyak istilah yang dapat dicari orang di web. Karena jenis keyword ini cukup sulit dan membutuhkan lebih banyak usaha untuk menguntungkan. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan mengembangkan banyak kata kunci yang sesuai dengan produk yang dijual. Dengan cara ini, pengunjung dari kategori keyword tersebut dapat dikonversi menjadi pembeli.

Cara Kerja SEO

Ada lima poin utama dalam pengoperasian SEO, yaitu:

1. Crawling

Crawling dari mesin pencari dilakukan untuk mengumpulkan informasi yang berbeda dari setiap halaman situs web atau blog. Selain algoritma, mesin pencari Google juga memiliki robot pengindeks (crawling) atau spider.

2. Indexing

Indexing dilakukan untuk mengindeks semua informasi dari setiap halaman atau halaman situs web dan kemudian menyimpannya di database mesin pencari.

3. Processing

Processing adalah tindakan orang memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari. Kemudian Google melakukan pengolahan dan membandingkan kata kunci yang diberikan pengguna internet dari masing-masing website yang tersimpan di database.

4. Calculating Relevancy

Calculating Relevancy adalah cara selanjutnya, karena setelah orang mengetikkan kata kunci yang diinginkan, mesin pencari akan melihat situs mana yang paling relevan. Dari setiap halaman yang sudah terindeks oleh crawler tentunya.

Strategi SEO

5. Retrieving Result

Retrieving Result adalah hasil yang paling relevan dari kata kunci yang dimasukkan. Anda harus mengetahui hal ini karena hasilnya akan muncul di layar dengan situs yang paling relevan untuk kata kunci tersebut.

Mendapatkan peringkat yang baik agar bisa tampil secara organik di halaman pertama Google bukanlah hal yang mudah karena tidak hanya perlu mengetahui algoritma Google saja. Anda juga sering perlu membuat konten dengan prinsip SEO yang baik. Jika Anda telah menerapkan teknik SEO yang baik, halaman web Anda seharusnya dapat muncul di hasil pencarian Google.

Langkah-Langkah Strategi SEO 

Sumber: Sirclo

Berikut adalah 10 teknik pemasaran SEO yang dapat Anda terapkan secara langsung untuk meningkatkan traffic, jumlah pengunjung, dan tingkat konversi situs web Anda.

1. Audit Kerangka Website

Audit kerangka website harus fokus untuk mendapatkan traffic dan konversi yang tinggi. Secara umum, audit adalah penelaahan sistematis yang mencakup konsep, hasil, atau pertimbangan finansial yang digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan yang cerdas.

Dalam dunia pemasaran SEO, audit adalah teknik untuk memantau pertumbuhan bisnis Anda, yang dapat digunakan untuk menarik dan mempertahankan konsumen atau klien. Jadi, Anda benar-benar harus dapat memeriksa kinerja situs web Anda secara keseluruhan. Kemudian, berdasarkan analisis Anda, tetapkan tujuan baru dan terapkan. Ini adalah bagaimana pendapatan perusahaan Anda bertumbuh pesat.

2. Data Research via End User Value

Tujuan Anda adalah melipatgandakan traffic situs web Anda di antara situs web pesaing Anda. Anda perlu menentukan konten apa yang sesuai untuk tujuan Anda.

Intinya adalah Anda harus mengetahui terlebih dahulu informasi yang relevan dengan minat prospek Anda. Untuk membuat konten, yang terpenting adalah melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah tools yang dapat membantu Anda dalam riset kata kunci, yaitu Google Adwords.

3. Membuat dan Mengoptimalkan Landing Page

Sebuah landing page yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan penjualan dan konversi Anda. Membuat landing page untuk keperluan bisnis juga membuka kemungkinan mendapatkan trafik yang banyak. Namun sayangnya, banyak marketer yang belum sepenuhnya memahami pentingnya landing page.

Melalui landing page membantu Anda membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon pelanggan. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat landing page dengan desain berkualitas yang memuat tema-tema populer. Jika Anda sudah memiliki landing page, coba perhatikan apakah landing page Anda memiliki pasar SEO yang bagus atau tidak.

4. Memperbarui Keyword yang Digunakan

Strategi SEO Berikutnya untuk mendatangkan lebih banyak calon pelanggan ke situs web Anda, Anda perlu mengetahui keyword apa yang paling sering digunakan dan dicari oleh calon pelanggan Anda.

Menggunakan keyword adalah salah satu strategi SEO yang membantu marketing agar  situs web Anda berada di bagian atas hasil pencarian. Pentingnya update atau riset keyword dalam SEO marketing agar mesin pencari selalu mengupdate website Anda. Anda dapat menggunakan Google Trends sebagai referensi untuk menentukan keyword yang akan digunakan dalam postingan blog dan deskripsi produk Anda.

5. Isi Title Tags dan Meta Description

Kesalahan umum yang dilakukan pembuat konten dalam blog situs lain adalah melewatkan tag judul dan menyertakan deskripsi meta yang bagus dan unik. Selain kata kunci populer saat ini dan pengoptimalan mesin telusur, blog yang tepat dibuat dengan menentukan tag judul dan deskripsi meta. Hal ini harus dilakukan agar blog Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Tag judul adalah judul yang kemudian muncul di halaman pencarian di situs web seperti Google.

Strategi SEO

6. Hindari Penggunaan Internal Link yang Salah

Internal link adalah bagian penting dalam menerapkan strategi SEO untuk meningkatkan kinerja situs web e-commerce Anda. Internal link adalah tautan yang tertanam dalam konten blog yang dapat dihubungkan oleh pembaca untuk melihat referensi dan sumber atau untuk membantu membaca artikel yang Anda tulis.

Kesalahan umum adalah menempatkan internal link yang tidak ada hubungannya dengan kata-kata yang digunakan. Ditambah dengan penyalahgunaan kata kunci untuk membuat mesin pencari tidak terbaca.

7. Hindari Melakukan Keyword Stuffing

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menerapkan strategi SEO adalah keyword stuffing.

Keyword stuffing berarti terlalu sering menulis keyword atau terlalu banyak keyword di artikel blog. Hal ini menyebabkan mesin pencari seperti Google menganggap artikel blog tersebut sebagai spam.

Tindakan ini sangat berbahaya karena Google dapat memblokir konten Anda, yang akan mencegah blog dan situs web Anda ditemukan di halaman pencarian. Anda hanya perlu menggunakan beberapa kata kunci yang diulang sebanyak 3-4 kali di badan artikel.

8. Tidak Melakukan Analisis Pada Konten yang Telah Ditampilkan

Sekarang setelah Anda memahami cara membuat blog dengan menerapkan semua strategi SEO, masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar situs web Anda berada di peringkat teratas mesin pencari yang menganalisis konten yang Anda buat.

Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti Google Analytics. Dengan Google Analytics Anda dapat melacak berapa banyak pengunjung yang datang ke situs web Anda dan menganalisis berapa lama pengunjung berada di situs web Anda. Setelah itu, Anda dapat menganalisis keefektifan konten dan artikel blog Anda. Anda dapat melihat jumlah tampilan halaman untuk setiap artikel yang Anda buat. Anda juga dapat melihat dari mana pembaca Anda berasal.

9. Gunakan Internal Link yang Kuat

Strategi SEO selanjutnya adalah menggunakan internal link yang kuat. Apa itu internal link? internal link atau inbound link adalah tautan yang membawa pengguna ke artikel atau halaman lain di situs web.

Apa saja contoh internal link? Lihat artikel ini untuk contoh, kata “Baca juga artikel terkait” itulah yang membawa Anda ke artikel lain di blog ini. Internal link memastikan pembaca betah untuk waktu yang lama karena mereka mendapatkan rekomendasi artikel unik tambahan. Selain itu, internal link juga bisa diletakkan di belakang kata atau frasa dalam artikel yang menjadi keyword untuk artikel lain dalam blog yang sama.

10. Backlink, Backlink, dan Backlink

Strategi SEO ini masih berhubungan dengan link yaitu backlink. Backlink sendiri adalah tautan yang ditambahkan ke konten blog untuk menghubungkan pembaca ke situs web lain. Lihat artikel ini untuk contoh backlink. Pada isi artikel ini ada terdapat beberapa gambar rekomendasi buku atau produk dari Gramedia. Gambar-gambar ini berisi backlink yang mengarahkan Anda ke situs Gramedia.com. Mesin pencari seperti Google menggunakan kualitas dan kuantitas backlink sebagai sinyal peringkat.

Strategi SEO

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam SEO

Selain cara kerja dan langkah-langkah strategi SEO, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Kompetisi

Semakin banyak (jumlah) perusahaan yang ingin peringkat di halaman pertama, semakin tinggi persaingannya. Seiring bertambahnya jumlah pencari (Anda bisa research menggunakan keyword planner) persaingan cenderung semakin ketat. Saat persaingan semakin ketat, strategi SEO menjadi semakin kompleks (membutuhkan keahlian yang lebih tinggi dan biaya yang lebih tinggi).

2. Website

Situs web memainkan peran penting dalam SEO. Saat Anda membuat situs web, Anda perlu membuat situs web yang Search Engine Friendly (SEF). Kami sangat memperhatikan setiap klien kami karena kami memahami betapa pentingnya website mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Selain Search Engine Friendly, Anda juga perlu membuat situs web yang user friendly. User-friendly adalah situasi dimana kita pengguna dapat menggunakan website dengan mudah dan nyaman. Salah satu indikator usability adalah kecepatan loading sebuah website. Pengunjung situs web umumnya lebih menyukai halaman web yang dimuat dengan cepat. Kecepatan website memang penting, namun website yang bisa menarik pengunjung dengan traffic yang baik juga harus memperhatikan beberapa aspek.

Misalnya, website harus dikembangkan sesuai dengan tujuan website tersebut. Misalnya, website pendidikan harus memiliki daftar isi berupa konten artikel pendidikan yang bersifat mendidik bagi pengunjungnya. Berbeda dengan website yang bertujuan melakukan pemasaran online untuk produknya, karena artikel dan konten yang dibuat harus sesuai dengan tujuan utama penjualan produk.

Untuk meningkatkan kualitas website, perlu diketahui terlebih dahulu tujuan dan manfaat yang akan diterima oleh pengguna website. Ini berlaku untuk konten, artikel, dan informasi yang dapat diakses pengguna.

3. Strategi SEO

Banyak yang mengatakan mereka mengerti bagaimana menerapkan strategi SEO ke situs web bisnis. Tetapi Anda harus tahu bahwa banyak yang menggunakan cara ilegal dan tidak pantas untuk mencapai tujuan mereka.

Mereka yang menyalahgunakan konsep SEO menggunakan strategi ilegal ini, disebut juga Black-Hat SEO, untuk menjadikan situs web mereka teratas. Namun, teknik SEO ini tidak disarankan, karena tidak berdasarkan algoritma yang digunakan dan berdampak buruk di belakang.

Anda harus menggunakan teknik optimasi White-Hat SEO. Teknik White-Hat SEO ini merupakan teknik organik yang mengikuti algoritma Google dan dapat membuat website Anda berada di halaman pertama Google dalam waktu yang cukup lama.

Penutup

Demikian ulasan mengenai 10 Strategi SEO untuk meningkatkan penjualan produk di Situs Web. Buat Grameds yang mau memahami tentang strategi SEO lainnya, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga artikel terkait:

Memahami Pengertian SEO Beserta Sejarah, Teknik, dan Cara Kerjanya

Apa Itu SEO, SEM dan SMM? Strategi Digital Marketing Masa Kini

6 Strategi Digital Marketing Ampuh Yang Bisa Kamu Coba!

Strategi Diferensiasi: Pengertian, Aspek, dan Jenisnya!

Memahami Strategi Pengembangan Produk Dan Tahapannya



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien