Pendidikan Penelitian Sejarah

Ensiklopedia : Pengertian, Sejarah,Tujuan, Manfaat, dan Rekomendasinya!

Ensiklopedia adalah
Written by M. Hardi

Ensiklopedia adalah – Kehidupan yang kita jalani ini tidak akan bisa dilepaskan dari ilmu pengetahuan. Namun, terkadang ada beberapa orang belum mengetahui ilmu pengetahuan berisi tentang informasi apa saja, sehingga sulit untuk memahami informasi tersebut dan wawasan tentang berbagai hal juga berkurang. Ilmu pengetahuan yang ada di sekitar ini terdiri dari berbagai macam bidang, seperti alam, teknologi, hewan, tumbuhan, dan masih banyak lagi.

Informasi dalam ilmu pengetahuan ini bukan hanya dapat menambahkan wawasan terhadap seseorang saja, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang terhadap suatu bidang. Untuk mendalami sebuah ilmu pengetahuan bisa dilakukan dengan beragam cara, seperti melalui buku melalui media online atau bahkan menonton sebuah acara yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Selain itu, ilmu pengetahuan ini bisa diperoleh dari pendidikan formal atau pendidikan non formal. Dari manapun mendapatkan ilmu pengetahuan tak akan menjadi masalah karena akan meningkatkan wawasan seseorang. Bahkan, lebih baik lagi kalau ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh dapat disampaikan kepada orang lain, sehingga semakin banyak orang yang terbuka wawasannya terhadap ilmu pengetahuan.

Hal seperti itu dapat kita lihat pada seorang guru yang dengan ikhlas dan sungguh-sungguh mengajarkan dan mendidik para siswanya agar kelak nanti bisa menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. Lalu, apakah kamu tertarik untuk menjadi guru?

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa mempelajari dan memahami ilmu pengetahuan tak akan memberikan kerugian dan bahkan memberikan banyak sekali manfaat, baik untuk diri sendiri atau untuk orang lain. Jadi, mulai saat ini jangan pernah ragu untuk mendalami suatu ilmu pengetahuan dan juga memberikannya kepada orang lain.

Bagi seseorang mungkin sulit untuk mengetahui ilmu pengetahuan dari suatu bidang. Jika untuk mengetahui saja sudah sulit apalagi untuk memahami ilmu pengetahuan dari suatu bidang. Maka dari itu, di dunia ilmu pengetahuan ada suatu istilah yang dikenal dengan sebutan ensiklopedia.

Dengan adanya ensiklopedia, maka seseorang dapat lebih mudah dalam memahami ilmu pengetahuan dari suatu bidang. Saat ini, sudah ada berbagai macam ensiklopedia, seperti ensiklopedia hewan, tumbuhan, dan sebagainya.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan ensiklopedia? Kamu bisa temukan jawabannya pada artikel ini. Selain itu, artikel ini akan membahas juga tujuan ensiklopedia dan manfaat ensiklopedia. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya Grameds.

Pengertian Ensiklopedia

Kata “ensiklopedia” diambil dari bahasa Yunani, yaitu egkyklios paideia (ἐγύοςπαία) yang berarti sebuah lingkaran atau pengajaran yang lengkap. Ensiklopedia (/enciklopédia/) adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu.

Ensiklopedia tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan. Pada umumnya, tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.

Hal ini senada dengan pengertiannya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ensiklopedia adalah karya rujukan yang berisi keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang ilmu pengetahuan, biasanya disusun menurut abjad.

Seringkali ensiklopedia dicampur dengan kamus. Hal ini karena pada awalnya, ensiklopedia berkembang dari kamus. Perbedaan utama antara kamus dan ensiklopedia adalah sebuah kamus hanya memberikan definisi setiap entri atau lema yang dilihat dari sudut pandang linguistik atau hanya memberikan kata-kata sinonim saja.

Sementara itu, sebuah ensiklopedia memberikan penjelasan secara lebih mendalam dari yang kita cari. Sebuah ensiklopedia mencoba menjelaskan setiap artikel sebagai sebuah fenomena.

Jadi, kamus adalah daftar kata-kata yang dijelaskan dengan kata-kata lainnya. Sedangkan sebuah ensiklopedia adalah sebuah daftar hal-hal yang kadang kala dilengkapi dengan gambar untuk menjelaskan suatu hal.

Sejarah Ensiklopedia di Indonesia

Ensiklopedia adalah

Sumber: Pixabay

1. Era Klasik

Ensiklopedia tertua di Indonesia berasal dari pulau Jawa, yaitu dari budaya Jawa-Hindu dan ditulis dalam bahasa Jawa Kuna. Ensiklopedia ini disebut Cantaka Parwa dan berisi segala macam ilmu pengetahun dan cerita-cerita mitologi dan wiracarita. Kemungkinan besar kitab Cantaka Parwa ini ditulis pada abad ke-9 Masehi.

Selain Cantaka Parwa, kitab Candra Kirana yang kurang lebih berasal dari masa yang sama, sehingga suka disebut sebagai ensiklopedia juga. Namun, Canda Kirana sebenarnya lebih menampakkan ciri-ciri khas kamus daripada ensiklopedia.

Lalu, pada masa pasca Hindu atau masa Islam Jawa, antara abad ke-16 sampai abad ke-18, muncul karya-karya sastra yang sebenarnya bukan dimaksudkan sebagai ensiklopedia, tetapi bersifat ensiklopedis. Kitab-kitab yang dimaksud ini adalah Serat Centhini dan Serat Cabolang.

Kitab-kitab itu berisikan tentang cerita siswa yang mengembara dan belajar dimana-mana. Di setiap tempat di mana ia singgah, di situ ia belajar hal baru. Kitab-kitab ini tebalnya bisa sampai berjilid-jilid, sehingga pada mulanya memang diperkirakan memang kumpulan karya-karya mengenai segala macam ilmu pengetahuan yang dirangkai menjadi satu.

Kemudian, pada pertengahan abad ke-19, sang pujangga Surakarta; Ranggawarsita menulis sebuah karya sastra yang disebutnya Pustaka Raja Purwa (“Kitab Raja Kuna”). Kitabnya ini yang sangat digemari oleh khalayak ramai kala itu, dan memuat segala macam cerita tentang sejarah raja-raja kuna dan lain hal.

Cerita-cerita ditulis secara kronologis oleh Rangga Warsita. Bahkan, setelah Rangga Warsita tidak melanjutkan kitab ini, kemudian kitab ini dilanjutkan oleh para penggemarnya.

Pada tahun 1898, sebuah karya bersifat ensiklopedis ditulis di Surakarta oleh ki Padmasusastra (Wira Pustaka). Karyanya ini sudah bersifat modern, karena semua bahan-bahan yang dibahas dan dimuat dalam bukunya disusun menurut abjad. Saat ini, naskah tersebut tersimpan di Museum Radyapustaka Surakarta.

2. Era Kontemporer

Orang-orang Indonesia yang mengecap pendidikan kolonial Belanda, mulai akhir abad ke-19 dan awal ke-20 mulai tertarik dengan ide-ide dan gaya pemikiran Dunia Barat. Lalu, muncullah karya-karya yang bersifat ensiklopedia dalam bahasa Indonesia. Namun, encyclopedia yang lengkap dalam bahasa Indonesia baru muncul pada tahun 1953, setelah Indonesia merdeka, yaitu Ensiklopedia Indonesia.

Pada era pasca Kemerdekaan Indonesia, terutama dewasa ini yang terkenal antara lain adalah Ensiklopedia Indonesia yang telah disebut di atas ini. Selain itu, ada pula Ensiklopedia Nasional Indonesia yang terdiri dari 18 jilid.

Lalu, pada dasawarsa terakhir abad ke-20, muncul pula ensiklopedia yang berasaskan agama Islam dan disebut Ensiklopedia Islam Indonesia. Salah seorang penyusun ensiklopedia terakhir ini adalah Nurcholish Madjid.

Ensiklopedia pada Masa Depan

Dengan munculnya revolusi informasi digital, maka muncullah pula dalam bentuk perangkat lunak di mana setiap entri atau lema bisa dicari dengan mudah. Sebuah contoh bentuk digital adalah Encarta yang merupakan ensiklopedia keluaran Microsoft.

Pada tahun 2001 muncul sebuah ensiklopedia populer di internet yaitu Wikipedia. Wikipedia berusaha menulis sebuah ensiklopedia yang terlengkap dalam semua bahasa di dunia dan menyajikannya secara bebas di dunia maya atau secara online. Ensiklopedia online ini tersaji dalam banyak bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia.

Ensiklopedia adalah

Sumber: istockphoto

Tujuan Utama Ensiklopedia

Dibuatnya ensiklopedia itu sendiri bukanlah tanpa alasan, pasti ada tujuannya. Berikut ini tujuan utama ensiklopedia yang perlu diketahui.

Ensiklopedia adalah

Sumber: Pixabay

1. Source of answer to fact question

Source of answer to fact question adalah tujuan yang bertujuan sebagai sumber jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan fakta dan kenyataan serta data-data.

2. Source of background information

Source of background information adalah tujuan sebagai sumber informasi yang memuat topik atau pengetahuan dasar yang ada hubungannya dengan suatu subjek dan berguna untuk penelusuran lebih lanjut.

3. Direction service

Direction service merupakan suatu layanan pengarahan terhadap bahan-bahan lebih lanjut untuk para pembaca terhadap topik-topik yang dibahas. Direction service ini umumnya ditonjolkan dalam bentuk suatu daftar bacaan/bibliografi/referensi yang dianjurkan untuk dibaca atau dipelajari dan terdapat pada akhir artikel. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah dalam mencari istilah yang ingin dicari.

Manfaat Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah

Sumber: Pixabay

Ensiklopedia memiliki beberapa manfaat yang tentu saja akan menambah pengetahuan kita mengenai berbagai hal secara positif. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat membaca ensiklopedia.

1. Sebagai Sarana untuk Mencari Informasi Dasar Mengenai Berbagai Masalah

Dengan membaca ensiklopedia, maka kamu menjadi tahu informasi ilmu pengetahuan yang belum pernah diketahui. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencari informasi dasar tanpa harus mencari banyak sumber. Bahkan, informasi dasar itu bisa membuat seseorang mengetahui suatu masalah yang sedang dicari.

2. Sebagai Langkah Awal untuk Melakukan Sesuatu Kajian Mengenai Sesuatu Subjek

Ketika kamu membaca ensiklopedia, maka kamu bisa menjadi lebih mudah dalam memulai atau membuat suatu kajian dari suatu subjek. Dengan adanya ensiklopedia ini, arti dari suatu istilah atau subjek yang dicari akan lebih mudah ditemukan dan dipahami.

3. Sebagai Sarana untuk Mengetahui Kebenaran Dari Suatu Informasi

Manfaat yang bisa kamu rasakan ketika membaca ensiklopedia adalah kamu menjadi tahu kebenaran dari suatu informasi. Terlebih lagi, informasi yang diperoleh dari ensiklopedia, bisa digunakan untuk penelitian atau juga hanya untuk menambah wawasan saja.

Rekomendasi Buku Ensiklopedia di Gramedia

Ensiklopedia Sains

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-sains-usborne?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Sains merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sudah ada sejak lama, bahkan ilmu pengetahuan ini akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dengan adanya ilmu Sains ini, maka kita menjadi mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Maka dari itu, ilmu Sains sudah diajarkan sejak kita menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Ilmu Sains itu sendiri sangatlah beragam, sehingga untuk mengetahui hal-hal tentang Sains lebih jauh dibutuhkan suatu ensiklopedia, salah satu buku yang tepat adalah Ensiklopedia Sains. Buku ini memperkenalkan seluruh bidang ilmu pengetahuan, mulai dari fisika, kimia, biologi, teknologi informasi, ilmu bumi, astronomi, hingga ilmu-ilmu baru, seperti rekayasa genetika, nanoteknologi, dan telekomunikasi.

Ensiklopedia Junior: Alam Sekitar

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-junior-alam-sekitar?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Kehidupan yang kita jalani ini pastinya tidak bisa dilepaskan dari alam. Terlebih lagi, tanpa adanya alam ini, maka manusia akan sulit untuk tumbuh atau bahkan harus berakhir dengan kematian. Dalam hal ini, alam yang dimaksud bisa berupa pepohonan, cuaca, hewan atau binatang, dan masih banyak lagi. Dengan adanya alam, maka semua makhluk hidup bisa tumbuh dengan baik.

Tahukah kamu bahwa siput bertelur melalui lubang yang ada di belakang sungutnya? Ternyata ada pohon yang usianya sampai 4.000 tahun, lho! Kamu juga bisa meramal cuaca hanya dengan mengamati alam. Mau tahu caranya?

Melalui buku Ensiklopedia Junior Alam Sekitar. kamu bisa belajar tentang binatang. pepohonan dan bunga. cuaca. siklus air. dan pegunungan. Ayo. temukan segala sesuatu tentang alam melalui buku ini.

Ensiklopedia Tubuh Manusia

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-tubuh-manusia-ed-2?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Bagi sebagian orang mungkin akan bingung bagaimana cara kerja dari setiap organ tubuh manusia dan mengapa organ tubuh manusia bisa berjalan begitu saja. Apalagi kalau ada organ tubuh manusia yang tidak dapat bekerja dengan maksimal dapat menghambat organ-organ tubuh lainnya, sehingga dapat menurunkan kesehatan manusia itu sendiri.

Maka dari itu, kita perlu sedikit memahami tentang organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia agar bisa menjaganya dengan baik. Untuk mempelajari organ tubuh manusia bisa dilakukan melalui buku yang saat ini sudah banyak beredar.

Salah satu buku yang pas untuk mendalami organ tubuh manusia adalah Ensiklopedia Tubuh Manusia. Buku ini juga dilengkapi dengan ratusan ilustrasi 3D yang tiada duanya, sehingga memungkinkan pembaca mempelajari bagian tubuh manusia secara
terperinci.

Analisis berilustrasi yang sangat jelas juga dipakai untuk menggambarkan kelainan yang umum terjadi pada bagian-bagian tubuh manusia. Dengan bonus DVD Interaktif yang berisi animasi memukau yang memungkinkan pembaca berinteraksi dengan setiap sistem dalam tubuh manusia.

Ensiklopedia Tempat-Tempat Indah dan Menakjubkan: Wonderful World 2

https://www.gramedia.com/products/wonderful-world-2-ensiklopedia-tempat-tempat-indah-dan-mena?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Banyak orang ingin menjelajahi dunia, menyaksikan tempat-tempat terindah, di dalam maupun di luar negeri. Tujuannya bisa untuk menambah wawasan dan pengalaman, menyaksikan berbagai keindahan dan kekayaan alam yang ada di berbagai tempat, hingga ingin mengabadikan momen-momen tak terlupakan melalui foto-foto kenangan.

Namun, terkadang semua hal itu belum bisa tercapai, sehingga hanya baru bisa berupa mimpi dan harapan saja. Kamu tidak perlu khawatir karena saat ini kita sudah bisa mengetahui gambaran tentang suatu tempat di negara lain melalui buku-buku tentang tempat-tempat indah yang ada di berbagai negara.

Salah satu buku yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengetahui tempat-tempat di dunia adalah Ensiklopedia Tempat-Tempat Indah dan Menakjubkan: Wonderful World 2. Buku ini berisi tentang tempat-tempat dengan pemandangan sangat indah, dari yang terkenal sampai yang sangat tersembunyi dan jarang dikenal.

Dengan membaca buku ini, kamu akan mengetahui berbagai tempat indah di dunia yang sering dikunjungi. Tempat-tempat indah yang ada di dalam buku ini meliputi pantai-pantai indah dan menakjubkan, air terjun-air terjun cantik, gua-gua menawan, danau-danau memesona, hingga sumur-sumur alami indah di dunia.

Ensiklopedia Anak Hebat: Hewan (2019)

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-anak-hebat-hewan-2019?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Di dunia ini terdiri dari berbagai macam hewan yang dapat kita temui di kebun binatang atau bahkan di alam bebas. Ketika anak-anak diajak pergi ke kebun binatang pasti rasanya senang bukan main karena dapat bertemu dan melihat berbagai macam hewan, mulai dari yang berukuran sangat besar dan yang kecil.

Selain itu, di kebun binatang, anak-anak juga dapat mengetahui, mana hewan yang berbahaya dan hewan yang tidak berbahaya. Oleh sebab itu, kebun binatang dapat dikatakan sebagai tempat untuk menambah pengetahuan anak-anak terhadap hewan. Dengan begitu, anak-anak akan juga belajar untuk mulai mencintai hewan.

Ternyata, mempelajari anak-anak tentang pengetahuan hewan, tidak harus datang ke kebun binatang terlebih dahulu. Hal ini karena para orang tua sudah bisa mengajarkan anak-anak tentang hewan-hewan yang ada di dunia ini melalui buku Ensiklopedia Anak Hebat: Hewan (2019). Dalam buku ini, kamu akan mengetahui berbagai macam hewan, mulai dari yang hidup di darat, laut, dan udara.

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk tahu lebih banyak mengenai ensiklopedia, kamu bisa mempelajarinya dengan membaca referensi-referensi yang ada di internet maupun buku yang hanya bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Pentarina

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien