Sosiologi

Pengertian Populasi: Karakteristik dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian populasi
Written by M. Hardi

Pengertian populasi – Banyaknya manusia dalam suatu lingkungan akan memunculkan beragam interaksi sosial. Bukan hanya, interaksi sosial saja, tetapi semakin bertambahnya manusia juga dapat mempengaruhi populasi manusia di suatu wilayah. Populasi manusia itu sendiri bisa bertambah dan bisa juga berkurang.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan populasi? Artikel ini akan membahas lebih jauh tentang pengertian populasi menurut KBBI dan menurut para ahli. Selain itu, artikel ini juga akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi populasi serta jenis populasi. Jadi, simak ulasan lengkapnya sampai habis, Grameds.

Daftar Isi

Pengertian Populasi

Sebelum mempelajari tentang apa itu populasi, maka kita harus berangkat dari definisi populasi itu sendiri. Apa itu populasi? Populasi seringkali diartikan dengan jumlah total atau jumlah keseluruhan dari objek penelitian, bila kita pahami secara ringkasnya.

Jauh lebih detail, populasi adalah jumlah dari keseluruhan yang terdiri dari individu-individu atau bahkan satuan-satuan yang akan diteliti mengenai karakteristiknya. Kemudian, individu atau satuan-satuan tersebut disebut dengan unit analisis, dari unit analisis ini dapat berbentuk keseluruhan benda-benda, orang-orang atau bahkan institusi-institusi (Djarwanto, 1994: 420).

Pengertian Populasi Menurut KBBI

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka populasi memiliki artian sebagai seluruh jumlah jiwa atau individu yang berada dalam satu wilayah atau daerah. Populasi juga merupakan sekelompok dari orang, benda, atau apa saja yang bisa dijadikan sumber dari pengambilan sampel. Oleh sebab itu, kumpulan ini memiliki kriteria yang memenuhi syarat untuk digunakan dalam memecahkan masalah penelitian.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Pengertian populasi

Sumber: Pixabay

Populasi memang memiliki banyak pengertian, sejumlah ahli juga berusaha mencoba mendefinisikan mengenai pengertian dari populasi itu sendiri. Berikut ini pengertian populasi yang dijelaskan oleh para ahli:

1. Definisi Populasi Menurut Nazir (2005)

Menurut Nazir, populasi adalah sekumpulan dari individu yang memiliki ciri khusus, kualitas dan juga karakteristik yang dibutuhkan oleh peneliti. Ciri ciri, karakter dan keunikan ini disebut dengan variabel. Nazir juga kemudian membagi populasi menjadi dua bentuk, yaitu populasi finit dan juga populasi infinit.

2. Definisi Populasi Menurut Margono (2004)

Ahli berikutnya, yang menjelaskan tentang populasi adalah Margono, menurutnya populasi adalah keseluruhan dari data yang kemudian menjadi topik utama atau pusat perhatian dari seorang peneliti. Pusat perhatian ini, harus berada dalam ruang lingkup dan juga waktu yang ditentukan oleh peneliti. Populasi sendiri, erat kaitannya dengan data-data, jika data itu diberikan oleh seorang individu manusia, maka ukuran dari banyaknya populasi pada akhirnya akan sama dengan jumlah manusia.

3. Definisi Populasi Menurut Zuriah (2009: 116)

Zuriah mendefinisikan populasi sebagai keseluruhan data yang menjadi perhatian khusus oleh peneliti dalam ruang lingkup dan juga waktu yang sudah ditentukan.

4. Definisi Populasi Menurut Bungin (2000:40)

Bungin juga turut mendefinisikan tentang apa itu populasi, menurutnya populasi adalah universum (keseluruhan) dari sesuatu yang dijadikan objek sebuah penelitian, baik itu manusia, tumbuhan, manusia, udara, nilai, kejadian, sikap hidup dan juga lainnya. Dengan begitu, objek yang digunakan ini menjadi objek utama yang dijadikan sumber data dalam melakukan penelitian.

5. Definisi Populasi Menurut Widiyanto (2010: 5)

Populasi juga didefinisikan oleh Widiyanto, ia secara jelas menjelaskan bahwa populasi adalah suatu kumpulan atau suatu kelompok dari objek yang nantinya akan digeneralisasikan setelah penelitian memiliki hasil.

6. Definisi Populasi Menurut Hartono (2011:46)

Berdasarkan gagasan Hartono, populasi adalah ketika dengan adanya karakteristik atau ciri khusus tertentu pastinya memiliki jumlah yang terhingga dan juga ada yang memiliki jumlah tak terhingga dan penelitian hanya bisa dilakukan ketika populasi memiliki jumlah terhingga saja.

7. Definisi Populasi Menurut Arikunto Suharsimi (1998: 117)

Arikunto mendefinisikan populasi adalah keseluruhan dari sebuah objek dalam penelitian. Ketika ada orang yang ingin meneliti sebuah elemen yang berada dalam daerah tersebut, maka peneliti akan melakukan penelitian terhadap populasi tersebut.

8. Definisi Populasi Menurut Sugiyono (1997: 57)

Populasi yang didefinisikan oleh Sugiyono, adalah sebuah wilayah generalisasi yang di dalamnya terdiri dari objek atau subjek dan memiliki kuantitas atau karakteristik tertentu yang sudah memiliki ketetapan dari peneliti untuk kemudian dipelajari dan kemudian dari sana bisa ditarik kesimpulan dari hasil penelitian.

9. Definisi Populasi Menurut Hadari Nawawi (1983)

Hadari Nawawi juga pernah mendefinisikan tentang populasi. Menurutnya, populasi adalah jumlah keseluruhan dari objek yang sedang diteliti. Objek penelitian itu terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, kejadian, gejala, atau bahkan nilai dari sebuah tes yang nantinya akan menjadi sumber dari data yang tentunya juga memiliki ciri khusus dalam sebuah penelitian yang sedang dikerjakan.

10. Definisi Populasi Menurut Furchan (2004)

Bagi Furchan, populasi adalah sebuah objek atau keseluruhan anggota dari sekelompok individu, organisasi, yang kemudian dirumuskan secara jelas oleh peneliti.

11. Definisi Populasi Menurut Netra (1976)

Tidak jauh berbeda dengan ahli yang lain, Netra juga mendefinisikan populasi sebagai suatu keseluruhan dari individu-individu yang memiliki sifat general, tetapi mereka memiliki satu kesatuan atau karakteristik khusus yang sama.

12. Definisi Populasi Menurut Sabar (2007)

Sabar mendefinisikan populasi sebagai bentuk dari keseluruhan objek dari sebuah penelitian. Jika ada seseorang yang ingin melakukan penelitian terhadap semua elemen yang ada dalam daerah penelitian tersebut, maka penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian populasi atau juga studi populasi. Belakangan kita juga menyebutnya dengan studi sensus.

13. Definisi Populasi Menurut Nursalam (2003)

Sedangkan Nursalam mengartikan populasi sebagai keseluruhan dari variabel-variabel yang berkaitan dengan permasalahan yang menjadi objek penelitian.

14. Definisi Populasi Menurut Husaini Usman (2006: 181)

Husaini Usman menjelaskan bahwa populasi adalah semua hal yang memiliki nilai, baik itu hasil perhitungan atau juga pengukuran. Bisa data kuantitatif atau juga data kualitatif dari karakter atau ciri khusus mengenai suatu kelompok dengan objek yang jelas dan juga lengkap.

15. Definisi Populasi Menurut Riduwan dan Tita Lestari

Tita Lestari dan juga Riduan mendefinisikan populasi adalah seluruh keseluruhan dari semua karakteristik atau juga unit hasil dari pengukuran yang sebelumnya dijadikan objek untuk melakukan penelitian.

16. Definisi Populasi Menurut Morissan (2012:19)

Menurut Morissan, populasi merupakan kumpulan dari berbagai macam subjek, variabel, fenomena dan juga konsep. Seorang peneliti dapat melakukan penelitian terhadap anggotanya dalam populasi jika mengetahui karakteristik khusus dari populasi tersebut.

17. Definisi Populasi Menurut Sudjana (2010: 6)

Berikutnya, Sudjana memberikan pengertian bahwa populasi merupakan totalitas dari nilai yang mungkin ada, kemudian juga hasil dari yang melakukan penghitungan atau pengukuran, dapat berupa penelitian kuantitatif dapat juga penelitian kualitatif. Karakteristik dari semua anggota juga ketika berkumpul akan lebih mudah untuk dipelajari dan dikaji sifat dan karakteristiknya.

18. Definisi Populasi Menurut Mulyatiningsih (2011:19)

Mulyatiningsih mengartikan populasi sebagai sekumpulan orang, organisasi, hewan dan juga tumbuhan yang tentunya memiliki ciri khusus atau karakteristik yang harus diperhatikan saat penelitian. Populasi kemudian bertransformasi di wilayah yang generalisasi dari kesimpulan hasil dari penelitian.

19. Definisi Populasi Menurut Howel (2011:7)

Kemudian, Howel mendefinisikan populasi sebagai kumpulan dari kejadian atau situasi atau kondisi dimana siapapun yang tahu akan tertarik untuk dengan kejadian tersebut.

20. Definisi Populasi Menurut Ismiyanto

Terakhir, ada definisi populasi menurut Ismiyanto, berdasarkan pendapatnya populasi adalah jumlah keseluruhan dari objek atau totalitas dari subjek yang ada dalam penelitian, bisa berupa manusia, benda atau apa saja yang di dalam jumlah keseluruhan tersebut, kita dapat memperoleh banyak informasi untuk data penelitian yang sedang kita lakukan.

Dari beberapa pengertian yang telah disampaikan oleh para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa populasi adalah suatu kelompok dari orang atau benda atau hebat atau entitas apapun yang digunakan sebagai sumber dari penelitian karena memiliki karakter dan juga standar untuk syarat dalam penelitian.

Karakteristik Populasi

Populasi juga memiliki karakteristiknya sendiri. Secara umum, karakteristik dari populasi dibagi menjadi dua, yaitu ada karakteristik populasi dalam lingkup biologi dan juga ada karakter populasi dalam lingkup statistik.

Karakteristik Populasi dalam Lingkup Biologi

Karakteristik populasi yang ada dalam ruang lingkup ilmu biologi dapat dilihat dengan adanya keberadaan suatu organisasi dan tentunya juga struktur organisasi yang memiliki sifat konstan dan fluktuasi sesuai dengan waktu. Dalam karakteristik ini, populasi memiliki sejarah kehidupan yang terjadi sejak lahir di dunia ini hingga meninggal dunia.

Populasi dalam ruang lingkup biologi dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari dampak lingkungan dan bisa juga merespon perubahan dari lingkungan tersebut.

Berikut adalah ciri-ciri dari adanya sekumpulan individu yang membangun populasi dalam lingkup biologi:

  • Adanya organisasi dan juga struktur dari organisasi yang sifatnya konstan dan juga fluktuasi mengikuti waktu kejadian.
  • Adanya sejarah kehidupan atau disebut juga dengan ontogenetik yang terjadi dimulai dari dia lahir, kemudian tumbuh dan usia terus bertambah hingga akhirnya menua dan mati.
  • Dipengaruhi oleh dampak dari lingkungan dan juga mampu melakukan respon terhadap lingkungannya.
  • Ada hereditas di dalam populasi tersebut.
  • Adanya integrasi dengan berbagai faktor yang berhubungan dengan genetik dan juga ekologi. Contohnya seperti kemampuan adaptasi, kemampuan melakukan reproduksi dan juga persistensi.

Karakter Populasi dalam Lingkup Statistik

Karakteristik dari populasi yang ada dalam ruang lingkup statistik adalah mengenai kepadatan dan juga ukuran dari besaran populasi itu sendiri yang termasuk didalamnya ada beragam variabel atau parameter utama yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kematian dan juga kelahiran.

Karakteristik dalam lingkup statistik sendiri merupakan sebaran yang ada dalam populasi dan juga dapat dipengaruhi oleh adanya sebaran dari beberapa objek tertentu, dipengaruhi juga oleh iklim dan cuaca, struktur dan juga umur dari objek yang ada tersebut.

Berikut adalah ciri-ciri dari adanya sekumpulan individu yang membangun populasi dalam lingkup statistik:

  • Ciri pertama adalah ketika kepadatan atau juga ukuran dari besarnya populasi masuk menjadi parameter utama dari populasi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor populasi antara lain kelahiran dan juga kematian.
  • Adanya sebaran, tentunya populasi sangat dipengaruhi oleh adanya sebaran dari suatu objek tertentu, kemudian juga kondisi iklim, kondisi cuaca, kondisi struktur dan umur dari objek tersebut.
  • Dipengaruhi oleh adanya komposisi genetik
  • Adanya dispersi atau disebut juga dengan sebaran, tetapi yang berbeda dari sebaran ini adalah sebaran ini merupakan sebaran individu terhadap intra populasi.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Populasi

Pengertian populasi

Sumber: Pixabay

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi populasi. Berikut ini, faktor-faktor yang mempengaruhi populasi.

Natalitas (Kelahiran)

Salah satu faktor yang mempengaruhi populasi adalah kemampuan sebuah populasi untuk bertambah menjadi lebih banyak, sehingga terjadi peningkatan dari jumlah yang ia miliki. Hal ini disebut dengan natalitas atau kelahiran. Natalitas terjadi ketika ada yang melahirkan individu baru yang bisa muncul karena dilahirkan atau ditetaskan melalui telur dalam perkembangannya.

Dalam natalitas, terdapat dua aspek penting yang perlu dipahami yaitu fertilitas dan juga fekunditas. Apa itu fertilitas? Fertilitas adalah tingkat dari suatu kinerja perkembangbiakan yang selanjutnya dapat terealisasi dalam sebuah populasi. Tinggi rendahnya tingkatan fertilitas biasanya diukur dari banyaknya telur yang sebelumnya diovoviparkan atau dalam bahasa sederhananya banyaknya telur yang dilahirkan dan ditetaskan.

Kemudian, fekunditas sendiri adalah tingkatan potensi dari kinerja suatu populasi yang mampu melahirkan dan memproduksi individu baru.

Moralitas (Kematian)

Faktor yang mempengaruhi populasi berikutnya adalah moralitas yang artinya adalah angka kematian individu yang ada dalam populasi. Moralitas sendiri memiliki dua jenis yang pertama adalah moralitas dari ekologi dan yang kedua adalah moralitas minimum.

Moralitas Ekologi adalah angka dari kematian individu dalam suatu populasi yang disebabkan oleh kondisi dari lingkungan tempat populasi itu tinggal. Berbeda dengan moralitas ekologi, moralitas minimum adalah kematian dari individu karena usianya sudah tua.

Imigrasi dan Emigrasi

Imigrasi juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi sebuah populasi. Perpindahan individu dalam suatu populasi ke daerah atau wilayah lain akan memiliki dampak terhadap populasi dan bisa berdampak terhadap peningkatan atau juga penurunan.

Penyempitan dan Perluasan Wilayah

Dengan adanya penyempitan terhadap wilayah ini juga mempengaruhi terhadap populasi. Hal ini karena wilayah yang ditempati oleh suatu populasi sudah seharusnya memiliki kenyamanan untuk ditinggali. Oleh sebab itu, dengan adanya penyempitan terhadap wilayah suatu populasi, maka akan memunculkan kepadatan penduduk yang meningkat.

Penyempitan wilayah ini dapat terjadi karena adanya kebiasaan yang bersifat sosial yang dapat mengatur laju reproduksi dan perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi yang sangat berpengaruh adalah teknologi dalam bidang kedokteran dan juga bidang kesehatan masyarakat. Kedua teknologi tersebut secara signifikan sangat mempengaruhi kelahiran dan juga kematian.

Jenis-Jenis Populasi

Pengertian populasi

Sumber: Pixabay

Populasi juga memiliki jenis-jenisnya tersendiri, secara umum jenis dari populasi dapat dibagi menjadi tiga jenis, yang kemudian diklasifikasikan kembali berdasarkan jumlah dari populasi tersebut, sifat dari populasi tersebut dan juga berdasarkan klasifikasi atas dasar perbedaan lainnya. Berikut beberapa jenis populasi:

Berdasarkan Jumlah Populasinya

Populasi Terbatas

Populasi terbatas adalah ketika sumber data yang ada dalam populasi jumlahnya relatif dan masih bisa dihitung karena adanya batasan jumlah secara kuantitatif. Contoh dari populasi terbatas adalah pada tahun 1985 terdapat populasi terbatas, yaitu adanya tiga juta wanita yang mengikuti program Keluarga Berencana (KB).

Populasi Tak Terbatas

Kebalikan dari populasi terbatas, ada populasi yang tak memiliki batas yaitu ketika sumber yang ada dalam populasi tidak dapat dinyatakan dengan satuan jumlah karena jumlahnya yang sangat banyak dan tidak memiliki batasan. Contohnya seperti, narapidana yang ada di Indonesia jumlahnya sangat banyak dan tak memiliki batasan.

Berdasarkan Sifat Populasi

Populasi Homogen

Populasi Homogen adalah populasi yang di mana unsurnya memiliki sifat yang relatif sama, sehingga banyaknya jumlah tidak menjadi masalah, karena sifatnya sudah sama.

Populasi Heterogen

Sebaliknya dari populasi homogen, dalam populasi heterogen populasi unsurnya memiliki sifat yang berbeda dan memiliki banyak variasi atau keragaman di dalamnya. Maka dari itu, perlu ada batasan yang harus dinyatakan dalam bentuk kualitatif maupun kuantitatif.

Rekomendaai Buku Tentang Populasi

Populasi – Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian

populasi-sampel - Pengertian populasi

Population Policy: Konsep dan Teori


Soeharto-Mengendalikan Populasi Warga


Bimbingan Dan Konseling Populasi Khusus

https://www.gramedia.com/products/bimbingan-dan-konseling-populasi-khusus?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Population Policy: Praktik dan Tantangan


Nah itu dia pengertian populasi yang dijelaskan oleh beberapa ahli, kemudian juga karakteristiknya, faktor yang mempengaruhi dan juga jenis-jenisnya. Bagaimana belajar tentang populasi sangat menarik ‘kan?

Apalagi jika kamu sedang melakukan penelitian, memahami tentang populasi adalah hal yang penting. Karena itu, kamu bisa menemukan beberapa buku di Gramedia.com yang berkaitan dengan populasi.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Aisiti

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien