in

Titik Bekam yang Dilarang serta Alasan Kesehatan Dibaliknya!

Titik Bekam yang Dilarang – Teknik pengobatan bekam adalah salah satu metode terapi penyembuhan dan pengobatan yang dilakukan dengan cara menghisap kulit dengan bantuan alat dan mengeluarkan darah kotor. Darah kotor yang keluar dari lapisan kulit itu dikeluarkan dengan cara penyayatan sederhana dengan jarum atau pisau bedah yang digunakan secara khusus oleh orang yang terlatih.

Metode bekam ini menggunakan kop yang terbuat dari gelas plastik atau tanduk, bisa juga dari kaca (tergantung) sehingga lokasi kulit yang sudah disayat itu akan ditarik dengan bantuan alat kop itu dan darah akan keluar dan mengumpul pada gelas plastik atau tanduk (tergantung alat yang digunakan). 

Tipe pengobatan bekam ini sering kali dipercaya sebagai salah satu cara penyembuhan dengan mengeluarkan zat yang berbahaya (toksik). Zat yang dikeluarkan dalam tubuh ini juga dianggap sebagai zat yang tidak dapat dikeluarkan dan di proses dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit.

Nama bekam sendiri berasal dari bahasa Arab, Al-Hijamah yang memiliki pengertian sebagai pelepasan darah kotor. Dari sinilah nama bekam mulai terkenal dan setiap negara memiliki penyebutan yang berbeda-beda. 

Beberapa diantaranya adalah kop penyebutan dari Indonesia. Bekam dengan istilah Melayu, serta bahasa Arab adalah hijamah. Bekam juga terkenal di China, mereka menyebutnya dengan gua-sha. Selain itu ada blood letting dari bahasa Inggris. Banyak sekali bukan bahasa yang diadaptasikan untuk metode penyembuhan yang satu ini.

Bekam adalah metode pengobatan yang sebenarnya sudah ada dari puluhan ribu tahun yang lalu. Bahkan sebelum tahun masehi bekam sudah menjadi pengobatan yang terkenal dan booming pada saat itu.

Tak lengkap jika kita tidak mengetahui tentang bekam secara menyeluruh. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas lebih detail mulai dari pengertian bekam, manfaat, sampai pada titik bekam yang dilarang untuk dilakukan pembekaman.

Tanpa berlama-lama lagi, mari simak dan baca penjelasan di bawah ini terkait titik bekang yang dilarang dengan seksama dan teliti. Selamat membaca!

Pengertian Bekam

Bekam sendiri adalah sebuah teknik mengeluarkan darah dari badan seseorang dengan menghisap darahnya menggunakan alat bantu seperti gelas plastik atau gelas kaca yang panas, hingga membuat kulit terasa terhisap ke dalam gelas tersebut. Bekam sendiri harus dilakukan oleh orang yang profesional dan mempelajari tentang masalah kesehatan. 

Hal ini dikarenakan adanya sayatan yang harus dibuat untuk mengeluarkan darah kotor yang terletak di bagian bawah kulit. Jika tidak dilakukan oleh profesional, hal ini akan membahayakan orang yang sakit tersebut.

Kadang orang juga melakukan bekam tanpa sayatan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu alternatif “kerokan” tanpa koin yang masih dipercaya oleh orang Indonesia untuk mengeluarkan angin yang ada di dalam tubuh.

Ini adalah pengertian dari bekam. Bagi kalian yang belum tahu, semoga kalian terbantu dengan pengertian di atas ini, ya.

Titik Bekam yang Dilarang pada Bagian Tubuh

Beberapa titik bekam yang dilarang adalah; pusat dari kelenjar limfa atau biasa disebut dengan kelenjar getah bening yang posisinya ada di leher samping bawah telinga kanan dan kiri, di ketiak pada bagian kanan dan kiri, dan pada lipatan selangkangan kanan dan kiri.

Otak , simak kecil bagian bawah juga menjadi larangan untuk dilakukan bekam. Kemudian, ada leher depan di bagian tenggorokan, ulu hati, dan lubang alami yang ada ditubuh manusia, seperti pusar, dubur, puting payudara, telinga, dll 

Selain itu, lutut belakang, depan, dan samping juga tidak bekam yang dilarang. Bagian yang terlalu dekat dengan mata, perut dan pinggang pada wanita yang sedang hamil. 

Jika ingin mengobati varises, janganlah melakukan bekam tepat pada lokasi dari varisesnya. Begitu juga pada penyakit kanker atau tumor, dan bagian yang bengkak pada penyakit asam urat.

Manfaat Menggunakan Metode  Bekam 

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa metode pengobatan bekam bisa membantu kamu untuk mengambil sel-sel darah merah yang kurang baik dan abnormal. Bekam juga digunakan untuk mengambil sampah-sampah keratin yang ada di dalam tubuh, sehingga tidak mengganggu fungsi tubuh lainnya yang masih tetap sehat.

Meskipun bekam mengeluarkan darah kotor, namun tahukah kamu bahwa darah yang keluar itu hanya benar-benar sel darah yang benar-benar sudah tidak berfungsi dengan baik saja. Sel darah merah yang masih sehat dan berfungsi dengan baik akan tetap di dalam tubuh. Bukan kah ini lah yang menarik?

Tak sampai di situ, bekam juga memiliki manfaat untuk tubuh kamu loh. Adapun beberapa manfaat bekam untuk kesehatan kamu diantaranya, yaitu:

Mengeluarkan sel darah kotor yang ada di dalam tubuh. Baik darah yang sudah terkontaminasi dan tidak berfungsi dengan baik, maupun darah yang statis yang menggumpal di bawah lapisan kulit. Bekam membantu tubuh kamu untuk  melancarkan peredaran darah yang semula tersumbat menjadi lancar kembali.

Bekam juga membantu kamu untuk meringankan tubuh. Kandungan dari darah kotor yang menumpuk dan banyak di bawah lapisan kulit orang ini bisa mengakibatkan rasa malas dan badan terasa berat. Saat melakukan bekam, badan kamu akan terasa lebih ringan ketika tubuh kamu selesai melakukan metode tersebut.

Metode pengobatan bekam juga bisa membuat penglihatan kamu menjadi lebih jelas dan tajam loh. Hal ini dikarenakan peredaran darah ke mata yang tersumbat akan membuat mata menjadi buram dan dengan melakukan metode bekam peredaran darah akan kembali lancar kamu akan melihat dengan jelas dan lebih terang.

Bekam juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit loh. Beberapa diantaranya adalah penyakit asam urat, penyakit darah tinggi, penyakit jantung, kolesterol, masuk angin, penyakit migrain, sakit mata, vertigo, sinusitis, sembelit, stroke, sakit gigi, wasir, impotensi, kencing manis, liver, ginjal, pengapuran, jerawat, dan lain-lain.

Inilah beberapa hal yang menjadi manfaat dari metode pengobatan bekam. Jika memiliki beberapa penyakit yang telah di sebutkan di atas dan kamu berani serta penasaran dengan bagaimana pengobatan bekam, maka kamu bisa mendatangi klinik profesional dan bersertifikat untuk melakukan bekam ya.

Jenis-jenis Bekam 

titik bekam yang dilarang

Sumber: Pinterest.com

Metode pengobatan bekam sendiri memiliki beberapa jenis dan cara untuk melakukannya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Bekam Kering 

Teknik pengobatan dengan metode bekam kering adalah pengobatan yang dilakukan tanpa goresan ataupun sayatan pada tubuh. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk menggantikan “kerokan” dengan koin.

Bekam kering disebut juga sebagai bekam angin, dimana teknik bekam yang dilakukan menggunakan alat untuk menarik bagian kulit tanpa mengeluarkan darah kotor dan tanpa sayatan. Teknik bekam yang seperti ini sangat cocok untuk kamu yang takut dengan darah dan takut untuk disayat. Jadi, kamu bisa menggunakan metode ini.

Jika kamu memiliki penyakit gula atau diabetes, kamu juga bisa menggunakan bekam kering sebagai alternatif. Mengapa tidak bekam yang di sayat? Hal ini dikarenakan orang yang memiliki penyakit diabetes memiliki kecenderungan sulit untuk memulihkan bekas luka.

Oleh karena itu, bekam ini cocok untuk penderita diabetes.

Bekam Basah 

Bekam basah adalah metode pengobatan yang berlawanan dengan bekam kering. Bekam basah memerlukan prosedur tambahan, yaitu menyayat bagian kulit tertentu untuk mengeluarkan darah kotornya. 

Buat kamu yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan permasalahan peredaran darah, kamu bisa menjadikan bekam basah sebagai pengobatan alternatif untuk membantu kamu melancarkan peredaran darah yang bermasalah.

Namun, lagi-lagi pastikan bahwa kamu pergi ke tempat bekam yang higienis dan terpercaya, agar kamu aman dan bebas dari penyakit lainnya yang tidak diinginkan.

Selain bekam basah dan kering, ada juga bekam luncur (menggunakan minyak zaitun untuk menggerakan gelas untuk bekam) dan bekam api (menggunakan api untuk alat menyedot kulit kedalam gelas). Bekam yang lain adalah bekam yang berbeda karena teknik yang digunakan berbeda.

Namun, kegunaan dan manfaatnya sama loh. Jadi, tak perlu pusing untuk menentukan tipe bekam yang kamu inginkan.

Alat Terapi Bekam 

Selain itu, ada juga alat utama yang digunakan dalam metode pengobatan bekam ini, yaitu; Cupping set. Cupping set adalah sebuah peralatan yang digunakan secara khusus untuk menghisap titik-titik bekam di permukaan kulit yang sudah ditetapkan. Cupping set ini berisi gelas-gelas kaca yang tahan pecah dan tidak mudah panas yang memiliki diameter besar, sedang, kecil, yang akan digunakan sesuai dengan daerah bekam. 

Alat lain yang mendukung adalah lancing device. Jika kamu pernah tes golongan darah, maka kamu pasti kenal dengan alat ini. Alat yang memiliki bentuk seperti pulpen dengan fungsi untuk menusukkan jarum pada waktu bekam basah ke lapisan kulit paling luar.

Alat pendukung lainnya ada jarum, kapas, alkohol, dan lain-lain.

Langkah Melakukan Terapi Bekam 

Mendata Pasien dan Melakukan Wawancara

Hal ini digunakan untuk mengetahui apa yang pasien rasakan dan penyakit bawaan yang dimilikinya, guna mengetahui teknik bekam yang benar dan titik mana yang menjadi sasaran dilakukan bekam.

Melakukan Pemeriksaan dan Diagnosa Penyakit 

Pemeriksaan dilakukan untuk membuktikan apa yang dikeluhkan oleh pasien tersebut sesuai dengan keadaan fisiknya yang sebenarnya. Ada kalanya orang yang datang mengeluhkan suatu penyakit, namun saat diperiksa, sang profesional tidak menemukan kelainan atau sakit apapun pada orang tersebut. Makanya ini harus dilakukan dengan teliti. 

Menentukan Titik Bekam 

Dalam menentukan titik bekam, sang profesional akan melakukannya sesuai dengan diagnosis penyakit yang sebelumnya dilakukan dan berdasarkan lokasi keluhan. Bekam juga mengacu pada titik-titik pada pengobatan akupuntur.

Mempersiapkan peralatan dan Pasien 

Jangan lupa menyiapkan mental pasien sebelum melakukan bekam. Tenangkan dirinya dan buatlah terapi terasa tidak menyeramkan.

Melakukan Bekam 

Bekam dapat dipelajari oleh semua orang loh, tapi pastikan kalau kamu mengikuti tata cara yang benar. Berikut ini adalah beberapa caranya.

  1. Siapkan alat yang dibutuhkan selama proses bekam.
  2. Jangan lupa berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
  3. Pijat lembut bagian yang akan dibekam agar peredaran darah lebih lancar.
  4. Sterilkan bagian kulit yang menjadi lokasi bekam dengan alkohol. 
  5. Hisap kulit dengan menggunakan alat bantu gelas bekam. 
  6. Tusuklah bagian tubuh yang akan di bekam dengan jarum yang berupa pulpen. 
  7. Hisap kembali bagian kulit yang telah ditusuk dengan alat bantu gelas bekam. 
  8. Diamkan selama kurang lebih 5-9 menit sampai darah kotor dikeluarkan.
  9. Bersihkan dan buang darah yang tertampung dalam gelas bekam.
  10. Bersihkan bekas luka bekam.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Terapi Bekam 

Secara prinsip, bekam hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah berusia empat tahun ke atas. Namun, ada beberapa orang tertentu yang harus waspada saat ingin melakukan bekam. Siapa saja orang tersebut? Anak-anak, ibu hamil, lansia, dan orang yang memiliki penyakit tertentu.

Bekam sebaiknya dan harus dilakukan oleh terapis profesional yang memiliki kompetensi untuk melakukan metode pengobatan ini. Hal ini jangan dilanggar karena meminimalisir kemungkinan kamu terkena penyakit yang tidak diinginkan.

Selain itu, kamu juga harus pintar dalam menerapkan kebersihan. Pandailah menilai dan melihat tempat yang kamu pilih sebagai lokasi bekam. Lihat dari segi kebersihan dan ketelatenan sang profesional terapisnya.

Kebersihan menjadi hal yang utama juga dalam bekam, khususnya pada alat-alat bekam yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit infeksi kulit dan penularan penyakit lainnya yang melalui kulit, keringat, darah, dan sebagainya, seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HIV.

Peringatan dan Efek Samping Bekam

Tak hanya obat kimia yang memiliki efek samping pengobatan. Bekam juga memiliki efek samping yang akan membuat kamu cukup kesulitan. Berikut ini adalah beberapa yang akan kamu alami saat dan setelah melakukan bekam.

Beberapa gejala ringan yang kamu alami adalah sebagai berikut ini:

  • Luka bakar
  • Memar, bekas penyedotan kulit.
  • Kelelahan 
  • Tegang otot
  • Mual

Biasanya, efek samping yang telah disebutkan di atas akan terjadi selama proses terapi dilakukan. Namun, akan segera menghilang setelah terapi selesai dilakukan. Nah, untuk bekas memar kemerahan yang muncul pada kulit akibat bekam, kemerahan tersebut dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 10 hari.

Mungkin ini waktu yang lebih lama. Jadi, saat melakukan bekam kamu bisa mempertimbangkan hal tersebut. Meskipun bekam aman untuk dilakukan, akan tetapi metode pengobatan bekam sangat tidak dianjurkan untuk beberapa kondisi, seperti:

  • Ibu hamil
  • Anak-anak di bawah 4 tahun karena masih terlalu rawan.
  • Wanita yang sedang menstruasi, karena akan mengeluarkan darah lagi.
  • Orang yang mengonsumsi obat pengencer darah
  • Penderita penyakit pembekuan darah, seperti hemofilia atau ITP
  • Riwayat masalah pada kulit, termasuk eksim dan psoriasis, bisa menularkan, dan penyakit bisa bertambah parah
  • Epilepsi

Ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat sebelum dan setelah melakukan bekam. Jika kamu ingin dan tertarik untuk mencoba pengobatan bekam ini, pastikan kamu memilih tempat yang terpercaya dan higienis ya.

Pintarlah dalam memutuskan segala sesuatu. Jika kamu tidak yakin, kamu juga bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk hasil yang lebih memuaskan. Juga perhatikan beberapa titik terlarang yang sangat tidak diperbolehkan untuk dilakukan bekam.

Demikianlah artikel tentang pembahasan titik bekam yang dilarang ini. Semoga dengan membaca keseluruhan tentang artikel titik bekam yang dilarang ini, kamu bisa menambah wawasan baru dan terbantu dengan penjelasan yang ada dalam artikel ini. 

Jika kamu ingin mencari buku-buku menarik untuk mengisi waktu luang kamu, kamu bisa mendapatkannya di www.gramedia.com loh. Jadi, jangan lupa untuk terus meningkatkan semangat untuk membaca ya, Grameds! Tingkatkan kecerdasan literasi bangsa Indonesia dengan mulai dan rajin untuk membaca. Mulailah dari hal kecil, agar kamu terbiasa untuk membaca hal-hal lebih serius kedepannya.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega