in

Apa itu Teks Persuasi? Pengertian, Ciri, Struktur dan Contohnya

Teks persuasi adalah sebuah paragraf yang berisi pernyataan untuk mendorong atau mengajak seseorang untuk mengikuti keinginan penulis. Teks persuasif ini cenderung bersifat promosi karena adanya upaya mengajak pembaca. Teks ini biasa ditemukan di platform media sosial, sederhananya ajakan untuk menggunakan suatu produk, imbauan, dan anjuran.

Adapun untuk struktur teks persuasif, biasanya terdiri dari beberapa bagian. Bagian tersebut di antaranya paragraf, teks yang merupakan satu dari beberapa gaya atau corak ekspresi dalam komunikasi tertulis. Gaya argumentasi dan persuasi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Gaya atau corak ekspresi bergantung pada tujuan komunikasi yang digunakan.

Pengertian Teks Persuasi

Persuasi adalah komunikasi yang digunakan untuk memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Melalui persuasi setiap individu mencoba berusaha mempengaruhi kepercayaan dan harapan orang lain. Persuasi pada prinsipnya merupakan upaya menyampaikan informasi dan berinteraksi antar manusia dalam kondisi di mana kedua belah pihak sama-sama memahami dan sepakat untuk melakukan sesuatu yang penting bagi kedua belah pihak.

Bila berkomunikasi dengan sesama, setiap individu berharap pesan yang disampaikan tersebut dapat dimengerti dan dipercayai. Persuasif merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan agar pesan yang ingin disampaikan dimengerti dan dipercayai oleh orang lain.

Komunikasi persuasif membiarkan orang lain (persuadee) bebas melakukan apa saja yang mereka inginkan setelah persuader berusaha meyakinkan mereka. Komunikasi persuasif menekankan keterbukaan, kepercayaan, dan praktik-praktik manajemen yang demokratis.

Persuasi merupakan salah satu strategi komunikasi yang penting dalam berinteraksi dengan orang lain. Dalam hal ini komunikasi dapat membantu setiap individu dalam berhubungan dengan orang lain, serta dapat memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Sebagai contoh calon pemimpin negara dapat meyakinkan dan memengaruhi rakyatnya melalui komunikasi persuasif. Juga dengan kepemimpinan yang persuasif, pemimpin dapat mempertahankan loyalitas kerja para kayawan.

Kepemimpinan persuasif ditandai dengan adanya ruang bagi partisipasi para karyawan. Alasan lain pentingnya persuasi dalam dunia bisnis sekarang ini adalah adanya tuntutan kerja dalam tim. Untuk bekerja dalam tim, diperlukan komunikasi persuasif agar dapat meyakinkan orang lain dengan pendapat-pendapat yang dikemukakan.

Persuasi adalah mengajak, membujuk atau menyuruh dan sesuai arti katanya teks persuasi adalah teks berisikan kalimat-kalimat persuasif. Dengan begitu, kalimat persuasif dapat diartikan sebagai kalimat yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh atau membujuk. Teks persuasi merupakan bentuk tulisan dengan bertujuan memengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Tulisan pada teks persuasi memiliki sifat yang subjektif. Ini karena isinya murni dan merupakan pandangan pribadi penulisnya mengenai suatu topik. Sehingga tak jarang dalam teks persuasi ditemukan data-data pendukung lain dalam mendukung proses penulisan, karena itu pembaca tidak ragu dalam melakukan apa yang ditulis penulis.

Secara umum teks persuasi bisa diartikan sebagai teks himbauan yang tujuannya mengajak orang lain atau pembaca seiring dengan apa yang disampaikan. Pengertian teks persuasi juga memiliki definisi beragam, berikut ini beberapa di antaranya pengertian dari teks persuasi menurut para ahli dunia.

1. Keraf

Adalah suatu seni verbal dengan tujuan meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh pembicara atau penulis pada waktu saat ini atau pada waktu yang akan datang. Kemampuan menulis teks persuasi salah satu bentuk keahlian dalam menggunakan bahasa secara tertulis dan bisa memengaruhi pembaca.

2. Finoza

Finoza memandang persuasi sebagai karangan yang tujuannya membuat percaya, yakin dan terbujuk dengan hal-hal yang dikomunikasikan. Berupa fakta, pendapat atau gagasan dari si penulis dengan tujuan persuasi diharapkan menggerakkan sikap motorik bisa berupa dalam bentuk perbuatan.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Teks persuasi adalah ajakan kepada seseorang dengan menggunakan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkan. Bisa juga diartikan sebagai ajakan halus, seperti persuasi bisa memberi berbentuk karangan yang tujuannya membuktikan pendapat.

Strategi Persuasi

Seorang persuader yang baik harus mejadi pendengar yang baik, harus mampu mengumpulkan dan memberikan umpan balik, memiliki kemampuan membaca dan peka dalam memahami situasi orang lain, mampu berpikir kreatif dan menghasilkan keputusan yang baik, serta memiliki rasa empati dan selalu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik.

Kemampuan mendengarkan merupakan keterampilan khusus yang sangat penting bagi setiap orang yang sedang mengalami masalah Komponen utama bagi kemampuan mendengarkan yang efektif adalah menjadi pendengar yang baik, dan untuk menjadi pendengar yang baik harus memiliki kualitas empati. Empat stragtegi umum untuk mencapai persuasi yang efektif, yaitu:

1. Kredibilitas

Kredibilitas adalah suatu penilaian sejauh mana orang lain percaya dan yakin terhadap apa yang dilakukan dan diucapkan. Kredibilitas atau kepercayaan diperoleh dengan cara menunjukan kompetensi, yakni kemampuan dan pengetahuan. Cara lain untuk memperoleh kredibilitas adalah dengan menunjukan niat-niat yang dapat dipercaya. Selain itu, kredibilitas juga dapat dicapai melalui karisma pribadi seperti sikap peduli, antusias, dan sikap positif. Kredbilitas mengalir dari karakter personal seperti keahlian, sifat yang dapat dipercayai, ketenangan, dan kesan atau penampilan yang positif.

2. Alasan yang Logis

Persuader dapat mempengaruhi orang lain bila dapat menunjukan alasan-alasan logis. Persuader harus mengumpulkan informasi dan fakta sebelum melakukan persuasi dengan orang lain. Informasi dan fakta-fakta tersebut berkaitan dengan tujuan, kebutuhan, dan kepentingan dari orang yang dipengaruhi. Suatu persuasi bisa saja gagal jika tidak didukung oleh fakta yang kuat atau tidak memenuhi harapan pihak yang dipengaruhi.

3. Daya Tarik Emosional

Pembujuk atau persuader harus memiliki alasan yang logis dan masuk akal untuk memengaruhi orang lain. Alasan-alasan yang rasional akan lebih efektif jika persuader juga menyentuh emosional atau perasaan persuadee. Untuk melengkapi alasan-alasan rasional tersebut persuader harus berusaha menyalami kecemasan, harapan, cinta, kegembiraan, ataupun frustasi orang yang dipengaruhi.

4. Mengidentifikasi Kesamaan

Para persuader yang efektif mengembangkan suatu kerangka atau perencanaan dengan menggambarkan posisi pada orang lain dengan cara mengidentifikasikan kesamaan-kesamaan di antar persuader dengan persuadee. Beberapa aspek yang dikembangkan persuader antara lain:

  • Memberi alasan yang sesuai, yang akan dipertimbangkan oleh pihak yang dipengaruhi. Dalam hal ini, persuader harus mampu menjelaskan suatu aspek dengan spesifik.
  • Menyediakan suatu pemikiran yang terbuka bagi alternatif-alternatif atau gagasan-gagasan untuk dibandingkan dan dikontraskan.
  • Menciptakan komunikasi dengan bahasa dan struktur yang logis untuk mengambil keputusan.

Ciri-Ciri Teks Persuasi

Teks persuasi memiliki ciri-ciri yang memperlihatkan penggunaan dengan bahasanya, teks ini biasanya memang dapat diidentifikasi dari istilah yang digunakan. Dalam memudahkan hal tersebut, memahami beberapa ciri dari teks persuasif memang dibutuhkan. Berikut ini beberapa ciri yang dapat digunakan untuk melihat teks persuasi.

1. Penggunaan Kata Imperatif

Pemakaian kata imperatif merupakan ciri pertama dari teks persuasi, merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti bersifat memerintah, menyatakan larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan.

2. Kata Penghubung Argumentatif

Ciri yang kedua adalah menggunakan kata penghubung argumentatif, contohnya seperti oleh karena itu, maka dari itu, akibatnya, karena dan lain sebagainya. Teks persuasi berusaha membuat pembaca tergugah, sehingga sangat memerhatikan struktur serta penggunaan istilah yang tepat merupakan suatu keharusan.

Ciri-Ciri Lainnya

  • Penulis dapat meyakinkan pembaca mengenai ide atau gagasannya, menghindari konflik agar terjadi kesepakatan dan tulisan bersifat memengaruhi pembaca lewat fakta serta data yang ada.
  • Penulis teks persuasi memiliki dasar atau integritas yang membantun kepercayaan dengan pembaca melalui tulisan yang dibuat.
  • Tulisan bersifat mengajak dan imbauan dengan memenuhi beberapa isi yang dicantumkan, setidaknya terdapat lima ciri spesifik.
  • Menimbulkan kepercayaan bagi penikmatnya, bertolak bahwasanya pikiran manusia dapat diubah dan mampu menyesuaikan dengan lawan yang diajak komunikasi secara tulisan.
  • Menghindari konflik demi tujuan tercapai dan fungsi fakta dalam sebuah teks persuasi yang kredibel atau akurat untuk dijadikan sebagai bahan atau sumber.

Struktur Teks Persuasi Menurut Para Ahli

1. Darmawati

Teks persuasi adalah teks yang berisi tiga unsur yang wajib ada, yakni pendahuluan, fakta dan ajakan. Pendahuluan menjadi struktur yang harus ada dan paling penting, kemudian fakta menjadi hal dasar yang penting digunakan untuk mempersuasi calon pembaca. Sementara ajakan tentu ditujukan kepada orang lain atau pembaca.

2. Suparno dan Yunus

Suparno dan Yunus menyebutkan bahwa struktur dalam teks persuasi memiliki beberapa poin penting, seperti menentukan topik atau tema yang akan diambil. Memiliki tujuan mendasar terhadap sebuah peristiwa, mengumpulkan data berupa pengalaman, pengalaman dan penelitian. Kemudian membuat mapping atau kerangka karangan, pengembangan kerangka karangan dan judul.

3. Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia

a. Pengenalan Isu

Salah satu struktur yang mudah dipahami, terutama dalam hal apa saja yang harus dituliskan pertama kali dalam jenis ini. Pengenalan soal isu menekankan pada pengantar umum, tetapi masalah yang disampaikan masih sangat mendasar.

b. Rangkuman Argumen

Menekankan pada pendapat penulis yang di harap mampu memengaruhi para pembaca, dalam hal ini rangkuman argument juga untuk mengemukakan fakta serta data yang ingin disampaikan oleh penulis teks persuasi.

c. Pernyataan Ajakan

Pertanyaan ajakan merupakan inti dari teks persuasi yang memang merupakan tujuan dibuatnya teks ini, ajakan memang bisa disampaikan secara tersurat maupun tersirat. Hal itu tergantung dari selera masing-masing para penulis.

d. Penegasan Pernyataan Kembali

Merupakan suatu upaya dari penulis memberi tekanan terhadap persuasi yang akan disampaikan kepada para pembaca.Ungkapan yang sering disampaikan adalah memberi penegasan menggunakan kata demikianlah, dengan demikian dan oleh karena itu.

Contoh Teks Persuasi

Contoh 1

Banyaknya penawaran untuk investasi karena memang keuntungan melimpah yang bisa diperoleh, menggunakan kemajuan teknologi dan kecepatan internet. Bentuk investasi pun beragam, salah satunya melalui media online. Banyak investasi muncul dengan menawarkan keuntungan menggiurkan, harus berhati-hati karena hal tersebut bisa sebagai kedok.

Contoh 2

Selama ini pestisida dianggap sebagai bahan yang ampuh untuk menghilangkan hama, penggunaan pestisida dalam jangka lama ternyata memiliki dampak buruk. Alih-alih menyuburkan tanaman, pestisida justru membuat tanaman malah menjadi tidak subur. Penggunaan pestisida juga tidak baik untuk lingkungan, mengingat sifatnya adalah mencemari.

Contoh 3

Tahukah Anda bahwa setiap harinya populasi manusia di bumi makin bertambah? Satu di antara dampak yang dihasilkannya adalah luas hutan yang makin berkurang karena dijadikan tempat tinggal.

Menurut analisis data satelit yang dirilis Universitas Maryland (UMD) dan World Resources Institute (WRI), sejak 2002, lebih dari 60 juta hektar hutan primer telah hilang di daerah tropis, setara dengan 1,3 kali luas Sumatra. Dengan begitu, pemanasan bumi makin terasa karena meningkatnya kadar CO2.

Contoh 4

Jika dianalisis lebih dalam, tentunya hal ini memberikan dampak negatif karena suhu mengalami kenaikan sehingga menyebabkan es di kutub mencair. Sebenarnya, penanaman pohon kembali dapat menjadi satu di antara solusi terbaik. Namun, apa jadinya jika kita tidak mempunyai lahan?

Contoh 5

Dengan mudah, kita bisa menjawab bahwa penggunaan pot atau penanaman secara hidroponik menjadi satu di antara solusi terbaik. Tak hanya itu, penanaman kaktus juga merupakan hal yang paling direkomendasikan karena dapat menghasilkan dekorasi yang menarik. Jadi, kita akan memperoleh dua manfaat sekaligus.

Contoh 6

Jadi, mari kita bersama-sama saling mengingatkan dan mengedukasi ke kerabat. Makin giat aktivitas penanaman, makin membuat bumi tersenyum kembali. Dengan begitu, pengurangan pemanasan global dapat dilakukan.

Contoh 7

Tahukah kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Banyak sekali makanan yang mengandung gizi, mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan, dan sayuran. Menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah di sekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tercukupi, maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Hal itu berlaku sebaliknya, apabila enggan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya. Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga rutin.

Contoh 8

Sampah merupakan isu yang cukup meresahkan di Indonesia. Rasanya masih terlalu banyak sampah kecil berserakan di sekitar kita. Terkadang banyak orang menyepelekan bahwa sampah kecil tersebut tanpa mengetahui dampak yang akan ditimbulkannya. Sekecil apa pun, sampah tetaplah sampah.

Sampah yang kita buang di mana saja tidak akan hilang sendiri. Apalagi jika sampah tersebut merupakan sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah. Namun, bukan berarti kita dapat membuang sampah organik ke mana saja. Sampah terurai tetap tidak akan menghilang secara instan. Membuang sampah di mana saja tetap berisiko mengundang penyakit yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya. Sesederhana itu, maka berbagai dampak negatifnya akan terhindarkan. Hargailah orang-orang yang selama ini berjasa menjaga kebersihan. Mereka bangun dan bekerja jauh lebih awal dari kita, kedinginan dan kelelahan karena ulah kita yang membuang sampah sembarangan.

Menghargai mereka sama dengan menghargai diri sendiri karena saat kita membuang sampah sembarangan, kita akan menjadi pribadi yang kotor seperti sampah itu sendiri. Mari buang sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan.

Contoh 9

Indonesia adalah negara yang berlandaskan demokrasi dalam memilih pemimpinnya. Satu di antara mekanisme pemilihannya adalah melalui pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah. Siapa yang memilih? Tentunya kita sebagai rakyat Indonesia yang menentukan siapa pimpinan kita sendiri. Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk mengetahui siapa saja calon pemimpin yang akan menampung dan mewujudkan aspirasi masyarakat demi kemajuan bangsa.

Bagaimana tidak, baik presiden maupun kepala daerah yang terpilih setidaknya akan menentukan nasib bangsa selama empat tahun ke depan. Jika kita tidak memilih dengan tepat, maka dampaknya kita pula yang merasakan. Lalu bagaimana cara memilih pemimpin yang tepat? Memilih dengan cerdas. Hal ini berarti kita harus memilih calon pemimpin yang memiliki latar belakang baik, riwayat pengalaman yang teruji, hingga visi dan misi yang terarah dan objektif bagi kebaikan negara.

Mari kita memilih pemimpin dengan cerdas dan mengabaikan perasaan subjektif seperti hanya menyukainya saja, apalagi karena dorongan orang lain. Evaluasi objektif adalah cara yang jauh lebih baik daripada hanya mengandalkan omongan manis atau ajakan orang lain.

Selalu hindari berbagai pemberitaan tidak bertanggung jawab, yang menyatakan suatu hal yang mengherankan mengenai berita politik. Jangan hanya baca judulnya saja dan selalu bandingkan dengan sumber lain. Hoaks dapat dengan mudah menepiskan pilihan objektif kita sebagai pemilih yang cerdas. Sebagai pemilih yang cerdas, kita akan selalu melakukan evaluasi objektif terhadap bakal calon pemimpin dan partai yang mengusungnya. Mulai saat ini, mari kita cerdas memilih.

Demikian penjelasan mengenai teks persuasi, mulai dari pengertian, ciri-ciri dan struktur hingga contoh yang ada. Gramedia memberi penjelasan tambahan mengenai informasi dalam sebuah penulisan yang dilakukan mahasiswa. Termasuk salah satunya mengenai teks persuasi, hal ini membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugasnya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien