in

Tanaman Hias Indoor Hits

Tanaman Hias Indoor Hits – Selama masa pandemi kini semakin banyaknya para pecinta tanaman indoor, bukan hanya soal estetika interior namun tanaman ini sangat bermanfaat bagi ruangan menjadi lebih nyaman, alami dan segar.

Tanaman Indoor merupakan tanaman yang dapat bertahan hidup di dalam ruangan dengan bantuan air, tanah, juga udara meskipun tanpa pencahayaan matahari yang penuh karena tanaman indoor membutuhkan cahaya sedikit.

Untuk memilih tanaman indoor pun harus perlu diperhatikan, karena sebagian tanaman indoor mempunyai pilihan desain yang bersinergi menciptakan suatu karya seni yang estetik secara alami dari sebuah tanaman. Seperti:

 

Sansevieria Laurentii / Lidah Mertua

Sansevieria LaurentiiSansevieria Laurentii atau yang sering kita dengar tanaman lidah mertua mempunyai daun yang panjang dengan ujung yang runcing menjadikan karakter lidah mertua menjadi populer dari masa ke masa. Tanaman ini sangat cocok untuk panjangan di dalam rumah, biasanya lidah mertua menyukai kondisi sedikit air dan sedikit cahaya matahari.

Manfaat : Tanaman lidah mertua dapat menyerap racun di area indoor lalu melepaskan oksigen ke lingkungan dan melepaskan kelembaban di udara. Selain itu, dapat menyerap karbon monoksida untuk menyaring racun lain dari udara  seperti xilena, trichloroethylene, dan formaldehyde..

Cara Perawatan Sansevieria Laurentii / Lidah Mertua

  1. Pilih pot yang berukuran besar untuk agar terlihat lebih kokoh.
  2. Lakukan secara rutin dengan cara membersihkan debu menggunakan lap basah dan tidak lupa untuk mengecek kesehatan tanaman lidah mertua
  3. Buang bagian daun yang tidak layak seperti kering, busuk, patah ataupun tanaman yang terkena hama.
  4. Tambahkan media tanam, jika dirasa media tanam kurang bisa kita tambahkan seperti pasir malang atau media tanam lainnya.
  5. Penyimpan selalu ditempatkan di tempat yang terang bercahaya, karena jika tidak pertumbuhan akan terganggu.
  6. Penyiraman seminggu 1 hingga 2 kali saja, jangan terlalu sering karena jika terlalu banyak kemungkinan akan cepat membusuk.

Tips Penanaman Sansevieria Laurentii / Lidah Mertua

Jika ingin mendapatkan daun berwarna kuning simpan di area terkena matahari namun dengan waktu secukupnya (jangan terlalu lama) dan jika ingin mempunyai daun dengan warna dominan contohnya dominan berwarna hijau, simpan di tempat yang lebih teduh namun terkena cahaya.

Selain itu lidah mertua mempunyai manfaat sebagai menyerap udara karbon monoksida dan mengeluarkan oksigen serta menyerap radiasi, salah satunya radiasi yang timbul dari barang elektronik selain itu dapat menyerap bau yang tak sedap. Justru di beberapa negara maju seperti Prancis menjadikan tanaman ini sebagai parfum.

 

Rekomendasi Buku Tanaman hias Indoor Sansevieria Laurentii / Lidah Mertua

Sansevieria Oleh Redaksi Trubus
Sansevieria Oleh Redaksi Trubus

tombol beli buku

 

Sansevieria Wonderful Collection Oleh Tim Flona
Sansevieria Wonderful Collection Oleh Tim Flona

tombol beli buku

Monstera Deliciosa

Monstera DelicosaTanaman kekinian Monstera atau dikenal sebagai nama tanaman janda bolong menjadi tanaman hias unik yang berasal dari  daerah tropis Amerika yang menjadikan banyak peminat di tahun ini.

Monstera adalah genus dari 45 spesies tumbuhan dalam keluarga arum, Araceae. Genus ini dinamai dari kata Latin untuk “monster” atau “abnormal” yang mengacu pada daun unik yang tidak biasa dengan lubang alami yang dimiliki anggota genus.

gramedia obf

Tanaman ini merupakan tanaman epifit yang dimana tumbuhan tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya. Tanaman monstera tumbuh dalam waktu kurang dari 6 bulan, tanaman ini termasuk tanaman tropis yang memiliki akar yang tumbuh dari batang.

Manfaat Tanaman Hias Indoor Monstera Deliciosa

Dapat membersihkan dan memperbaiki kualitas udara di sekitarnya, dapat menyegarkan mata lelah  selain itu dapat menyerap kandungan bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan reaksi alergi, relatif tahan serangan hama, dan tentunya tanaman ini tidak mudah layu dan bisa menjadi harga nilai jual yang tinggi saat ini

 

Cara Perawatan Tanaman Hias Indoor Monstera Deliciosa

  1. Tentukan akar yang sehat dengan kondisi daun yang keras dan tegak,
  2. Cek kelembaban tanah, jangan sampai kering dan jangan terlalu banyak kadar air.
  3. Gunakan pestisida hingga 8-10 butir.
  4. Untuk menjaga daun agar tidak berdebu, selalu membersihkan dengan menggunakan lap kain basah.
  5. Gunakan pasir malang / serabut kelapa untuk menutupi area atas  luar (tanah) supaya saat ketika menyiram tidak kotor keluar-luar dari pot.
  6. Siram 1-2x dalam satu minggu, penyiraman bisa menggunakan alat spray telah dicampurkan dengan vitamin organik .
  7. Letakan di sirkulasi yang baik, pastikan mendapatkan  cahaya matahari.
  8. Gunakan pot lebih besar untuk meletakan

 

Tips bertanam Tanaman Hias Indoor Monstera Deliciosa

Campurkan pasir malang pada media tanam juga beri serabut kelapa pada media tanam. Tidak lupa pencahayaan secara tidak langsung / di tempat teduh karena Monstera tidak terlalu banyak membutuhkan sinar, dan jangan diletakan terlalu lama dibawah sinar matahari karena jika terlalu lama daunnya akan mudah terbakar. Berikan suhu terbaik bagi tanaman ini diletakan pada suhu 15 derajat celcius.

Kiat Mempercantik Monstera Ala Gudang Kembang
Kiat Mempercantik Monstera Ala Gudang Kembang

tombol beli buku

 

Merawat Monstera
Merawat Monstera

tombol beli buku

Epipremnum Aureum

Epipremnum AureumEpipremnum atau sering kita dengar sirih gading merupakan tanaman  dalam famili Araceae (seperti Monstera), ditemukan di hutan tropis Himalaya, Asia Tenggara hingga Australia.

Tanaman ini dapat merambat ke tanaman lain yang memiliki batang besar hingga menutupi batang yang dirambatinya. Pertumbuhannya bisa mencapai belasan meter dan tebal batang hingga 4 cm. Tanaman ini bisa hidup di dalam air maupun di dalam pot.

Tanaman ini tahan di dalam rumah yang berarti tidak terlalu membutuhkan air yang sering namun, rutin secara seminggu sekali dan sebaiknya terkena cahaya secara tidak langsung.

 

Cara Penanaman dengan cara stek Epipremnum Aureum

  1. Gunakan pot dengan ukuran yang sesuai
  2. Isi pot dengan media tanam seperti tanah subur, kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1
  3. Potong batang sirih sekitar 15 cm
  4. Tancapkan batang sirih pada media tanam yang telah disediakan
  5. Siram tanaman secukupnya, tempatkan di area yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  6. Dan lakukan penyiraman tanaman sehari satu kali.

Perawatan Epipremnum Aureum

  • Pemupukan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk semua tanaman, pupuk yang baik menggunakan pupuk alami seperti pupuk kandang yang dihasilkan oleh kotoran hewan.
  • Penyiraman tanaman epiperum cukup sekali di pagi hari.
  • Meskipun tanaman ini sering dalam ruangan, ada baiknya berikan penyinaran secara langsung 1-2 jam di pagi hari dalam 5 hari sekali secara rutin .
  • Pot tanah liat cocok untuk tanaman sirih gading karena pot tanah liat bagus untuk menjaga kelembaban tanah juga dapat menyerap air dengan baik. Namun, ukurannya pot jenis ini mudah pecah dan berlumut.
  • Meskipun tampilan sirih gading yang suka menjalar menjadikan estetika keindahan yang alami tetapi dalam interior ruangan terlihat berantakan seperti tidak dirawat, sebaiknya potong bagian yang sekiranya tidak perlu agar lebih nyaman dipandang

Daun sirih gading ini bermanfaat sebagai menyerap racun karbon monoksida dan formaldehida yang ada di udara, namun tanaman ini mengandung racun yang bernama Kristal kalsium oksalat bagi yang memiliki hewan peliharaan jika menggigit atau memakan tanaman ini, hewan peliharaan akan mengakibatkan iritasi  pada mulut hewan, muntah-muntah dan sulit menelan. Maka dari itu, pilih tempat yang aman agar tidak terjangkau oleh hewan.

 

Spider plant

Spider PlantSpider plant merupakan tanaman yang sering kita kenal dengan tanaman Lili Paris atau bahasa Latin chlorophytum comosum tanaman ini berasal dari Afrika Utara dan Selatan.

Tanaman ini berbentuk seperti tanaman ivy laba-laba. Tanaman Lili dapat berkembang hingga 60 cm, cocok sekali untuk di dalam ruangan karena tanaman Lili paris bermanfaat sebagai pembersih udara yang dapat menyerap karbon monoksida juga menghasilkan zat baik untuk tubuh.

Manfaat: Tanaman ini dapat meningkatkan oksigen dan membuang racun dari xylene yang berasal dari furniture / cat, dan meningkatkan oksigen dalam ruangan juga menyaring racun untuk membantu pernafasan di malam hari dan dapat menyerap senyawa benzena dan karbon dioksida.

Cara Penanaman Lili Paris sangatlah mudah Spider plant

  1. Buang daun yang sudah layu menguning atau kering dan pisahkan beberapa bonggol untuk bagian yang di kembang biakan,
  2. Siapkan pot dan media tanam (kompos, tanah, pasir),
  3. Masukan tanah, media tanam dan bonggol lili paris yang sudah dipisah,
  4. Tanaman Lili paris cocok disimpan bagian kamar, ruang tamu juga (di dalam ruangan), maupun meja kantor tempat bekerja.
  5. Tidak lupa untuk memberikan sinar matahari secara cukup agar tumbuh lebih banyak (rimbun).

Tanaman ini tergolong mudah untuk dirawat, dan perlu diperhatikan sangat penting ketika pot sudah terisi penuh dengan tanaman harus dipindahkan dalam pot yang lebih besar atau bisa kita kembang biakan kembali di area depan rumah, agar semakin menarik dan segar.

 

Anthurium

AnthuriumAnthurium merupakan tanaman dari keluarga Araceae ini merupakan genus dengan jenis yang terbanyak bisa diperkirakan sekitar hingga 1000 jenis anggota anthurium. Karena daya tarik cinta tanaman anthurium dari bentuk daunnya yang indah juga bervariasi.

gramedia obf

Spesifikasi tanaman ini daunnya berwarna hijau dan tulang daun besar yang menonjol tanaman ini tampak kekar namun memancarkan keanggunan. Anthurium ini memiliki kesan yang mewah dan eksklusif. Tanaman ini pun sangat cocok disimpan di dekat jendela dan di atas meja .

 

Manfaat Anthurium 

Tanaman anthurium bermanfaat bagi relaksasi karena tanaman ini sangat menenangkan dengan warna dan aroma memberi efek relaksasi pada tubuh dan penghilang stres menjadi lebih tenang. Selalu memperhatikan tumbuhan tanaman dengan cara:

 

Cara Perawatan Anthurium 

  1. Pilih media tanam yang pas (tidak mudah terkena air) seperti sabut kelapa, kulit kayu kering untuk unsur hara
  2. Sterilisasi agar terhindar dari hama, dan menjemur media agar tidak terlalu basah
  3. Pencahayaan sangat diperlukan menempatkan pada anthurium dengan sinar matahari
  4. Tanaman jangan sering disiram karena jika terlalu basah dapat cepat membusuk
  5. Pengendalian hama bisa dipindahkan hama, jika terkena bisa gunakan insektisida.
Daun – Bunga Anthurium Mewah & Fenomenal
Daun – Bunga Anthurium Mewah & Fenomenal

tombol beli buku

 

Anthurium 175 Jenis Eksklusif
Anthurium 175 Jenis Eksklusif

tombol beli buku

Spathiphyllum peace lily

peace lily lili perdamaianSpathiphyllum peace lily atau yang sering kita ketahui tanaman Lili Perdamaian adalah genus dari sekitar 47 spesies tanaman berbunga monokotil di keluarga Araceae, tanaman asli daerah tropis di Amerika dan Asia Tenggara. Peace lily tidak termasuk dalam anggota Lilium spp. melainkan keluarga Araceae. Bunga Spathiphyllum ini memiliki warna putih yang menawan nan cantik

Manfaat: Selain warnanya yang indah manfaat lain menjadikan peace lily patut ditanam di sekitar rumah tanaman ini karena dapat menyerap racun, meningkatkan kualitas udara menjadi lebih baik juga dapat menyerap spora jamur. Tanaman lili perdamaian ini dapat diletakan di kamar untuk meningkatkan kualitas tidur.

 

Cara Perawatan Spathiphyllum peace lily:

  • Tanaman peace lily akan  lebih memilih cahaya terang walaupun ditempatkan didalam rumah. Meskipun beberapa varietas, dapat bertahan dengan cahaya matahari yang lebih sedikit.
  • Media tanam sebaiknya menggunakan campuran tanah, kompos dan pasir yang mengandung bahan organik karena bahan organik pada kompos sebagai energi sumber hara bagi mikroba dalam tanah
  • Agar bunga lili rajin berbunga, gunakan pupuk selama seminggu 1x, perlu diperhatikan dalam pemberian pupuk organik. Karena penggunaan pupuk berbahan kimia dapat menyebabkan tanah tidak subur.
  • Kenalilah ciri-ciri ini umumnya menunjukkan ketika daun berwarna pucat bahwa tanaman terlalu banyak terkena sinar matahari. Cahaya matahari yang terlalu panas juga dapat menyebabkan daun berwarna coklat bahkan terbakar.

 

Ficus Elastica (karet kebo)

Ficus Elastica (karet kebo)Ficus Elastica yang sering kita ketahui dengan panggilan tanaman karet kebo. Tanaman ini berasal dari genus ficus, asli dari Nepal, Bhutan, Myanmar, China, Malaysia hingga Indonesia dan menyebar ke negara lainnya.

Daun yang lebar juga mengkilap  menjadikan suasana teduh yang mempunyai daya tarik sendiri dengan berbagai warna varian seperti kuning, merah, dan hijau muda. Ciri daunnya yang tebal, mengkilap, dengan batang bergetah. Penanaman ini bisa di stek batang dengan cara dipotong lalu ditanam menjadi tanaman yang baru.

Manfaat: Tanaman ini dapat bermanfaat untuk membersihkan dalam ruangan tentunya untuk kesehatan pernafasan juga sumber antioksidan dan mengobati berbagai penyakit seperti maag, rematik dan nyeri sendi dengan cara merebus daunnya atau mengatasi ruam alergi dengan cara menumbuk lalu mengoleskan pada bagian yang terkena alergi.



 

Cara Perawatan Ficus Elastica

  1. Lakukan pemupukan secara rutin setiap 2 minggu sekali agar tanaman subur dan ukur pH air dengan ukuran 5 hingga 8.
  2. Penyiraman dilakukakn dua minggu sekali, sebelum menyiram tanaman di cek dahulu kondisi tanah dalam keadaan kering
  3. Berikan sinar matahri secara tidak langsung, agar tanaman tidak mudah layu.

 

Kaktus

KaktusKaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering. Menurut penelitian NASA menemukan bahwa, tanaman kaktus dapat menghilangkan senyawa volatil yang biasanya ditemukan dalam asap rokok, tinta, dan karpet selain itu bermanfaat untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Cara Perawatan Kaktus:

  1. Media tanam yang tepat menggunakan kerikil untuk bagian pot kaktus karena ini akan memudahkan sistem drainase yang baik. Untuk lapisan berikutnya menggunakan komposisi tanah, serbu arang, dan pasir kasar juga memberikan sedikit tepung, ini berguna untuk mengurangi kadar asam dalam media tanam.
  2. Cukup menyiram sebanyak 1 kali dalam periode 2 minggu, karena pada dasarnya tanaman kaktus memiliki cadangan udara di batangnya.
  3. Letakan kaktus ditempat yang kering.
  4. Jika pot sudah terlalu lama, ganti pot yang lebih besar karena pot yang terlalu kecil kebutuhan nutrisi kurang tercukupi.

 

Kesimpulan Tanaman Hias Indoor

Semakin hari semakin banyak pecinta tanaman hias, selain hanya di luar ruangan tanaman indoor pun menjadi popularitasnya sendiri. Tanaman indoor yang sedang trend saat ini seperti Monstera Deliciosa yang mempunyai daun yang unik, juga masih banyak tanaman lainnya. Tanaman ini sangat cocok disimpan di area kantor, dalam rumah bahkan di kamar tidur karena sangat bermanfaat untuk sirkulasi udara yang lebih segar dan ketika orang melewati tanaman tersebut membuat pikiran lebih rileks dan menjadi lebih tenang. Selain itu, untuk pengembangan dan perawatan yang baik dan rutin seperti mengatur media tanam yang cocok, ukuran pot, suhu yang hangat tidak langsung terkena matahari menjadi suatu yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman indoor.

 

Seri Rumah Ide - Indoor Pot Plant
Seri Rumah Ide – Indoor Pot Plant

tombol beli buku

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy