in

Jenis Tanaman Rambat Dinding, Gantung & Hias

 Ada banyak pilihan tanaman rambat indah yang dapat mempercantik rumah. Simak ulasannya yuk!

 

Ada banyak cara untuk membuat rumah atau halaman menjadi nyaman. Salah satunya dengan menambahkan tanaman sebagai hiasan alami yang memiliki banyak manfaat. Kini tidak hanya rumah saja, melainkan kafe-kafe, gedung-gedung kampus, kantor dan ruang publik lainnya menyisipkan setidaknya beberapa tanaman untuk estetika sekaligus sirkulasi udara. Jenis yang sering digunakan juga beragam, mulai dari jenis tanaman pot kecil sampai tanaman besar, tanaman air, bahkan tanaman rambat pun kini menjadi pilihan banyak orang.

Tanaman rambat menjadi favorit banyak orang yang ingin menghias eksterior halaman seperti pagar, dinding maupun kanopi. Seiring berkembangnya ide, tanaman rambat juga mulai sering dijadikan hiasan indoor, mengingat ukurannya yang mungil dan mampu menyesuaikan bidang yang dirambatkan sehingga cocok untuk desain minimalis.

 

Manfaat Tanaman Rambat

Tanaman rambat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mempercantik hunian. Selain menambah nilai estetika, tanaman juga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Tanaman dapat berfotosintesis dan memproduksi oksigen, menyerap karbondioksida sehingga sangat baik untuk sirkulasi udara di lingkungan tersebut. Apapun jenis tanamannya memiliki manfaat yang beragam. Beberapa tanaman bahkan mampu menyerap asap rokok, mengurangi nyamuk dan tidak sedikit yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman rambat dapat digunakan sebagai penghias taman, teras rumah, bahkan dalam ruangan. Bentuk daunnya yang kecil-kecil dan mampu menyesuaikan bidang rambatan membuat jenis tanaman ini memberi kesan sejuk dan bersih. Tanpa harus menanam tanaman pot-pot besar yang memenuhi ruang. Tanaman rambat juga memberi kesan ruangan tetap hidup.

 

 

Jenis Tanaman Rambat

Ada banyak pilihan tanaman rambat yang bisa dijadikan pemanis rumah, kantor, halaman atau bahkan dekorasi acaramu. Tanaman ini tergolong menjadi empat jenis tanaman, yaitu tanaman rambat yang menempel di dinding, tanaman rambat air, tanaman rambat pergola dan tanaman rambat untuk di dalam ruangan.

1. Tanaman Rambat Dinding

Tanaman yang merambat di dinding biasanya digunakan sebagai pemanis halaman rumah atau sebagai pagar hidup. Berikut ini contoh tanaman merambat di dinding untuk mempercantik halaman kamu.

 

banner-promo-gramedia

Tanaman Ivy

tanaman rambat ivy(Gambar: Pixabay)

Daun Ivy atau dikenal dengan nama ilmiah Hedera Helix ini cukup familiar di kalangan pecinta tanaman hias. Daun yang tergolong tumbuhan perennial ini memiliki perawatan yang cukup mudah dan tumbuh dengan cepat.

 

Selain itu Ivy termasuk daun yang cukup fleksibel karena dapat tumbuh di dalam maupun luar ruangan. Bentuknya yang cukup unik dapat memikat banyak pecinta tanaman, terlebih lagi daun ini dapat dirambatkan di dinding, pagar besi, pohon atau diletakkan di pot dan menjadi tanaman gantung.

 

Tanaman ini menyukai tempat yang terang namun teduh. Dapat di letakkan di dekat jendela atau dibawah pohon sehingga warna daunnya tetap hijau segar. Karena jika terkena terik matahari secara langsung tanaman ini akan mudah layu dan menguning.

 

Ivy juga termasuk tanaman yang mudah tumbuh dimana-mana, bahkan di tanah liat pun daun Ivy akan tetap tumbuh menjalar dengan suburnya. Saat ingin menanam tanaman Ivy, pastikan untuk tidak terlalu sering menyiramnya. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik di tanah yang lembab namun tidak terlalu basah atau sampai menggenang. Sebab, kelembaban tanah  sangat mempengaruhi warna daun Ivy tersebut.

 

Daun Dolar

tanaman rambat daun dolar(Gambar Bibitbunga.com)

 

Daun dolar bernama ilmiah zanzibar gem ini kerap sekali ditemui di penjual tanaman. Tanaman ini pun dapat dijadikan merambat atau ditanam di pot. Bentuk daunnya yang kaku dan tidak mudah rontok cocok sekali untuk tanaman hias di dalam ruangan.

 

Tanaman yang kerap disebut daun jawa ini berasal dari Afrika. Biasanya ditemukan di daerah kering seperti Kenya, Tanzania dan Zanzibar. Karena dari asalnya yang kering, maka merawat tanaman ini pun tidak perlu terlalu sering disiram.

 

Tidak hanya untuk estetika, Daun dolar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Daunnya dapat digunakan sebagai obat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi wasir, sebagai obat diare, untuk antioksidan, menangkal radikal bebas dan dapat menguatkan imunitas tubuh.

 

Morning Glory

tanaman rambat morning glory(Gambar: Pixabay)

Siapa yang tidak mengenal Morning glory? Tanaman cantik ini sudah menjadi primadona di antara tanaman rambat lainnya. Selain proses penanamannya yang mudah, bunga yang bernama latin ipomea ini juga memiliki sangat banyak variasi warna bunga.

 

banner-promo-gramedia

Sesuai namanya, morning glory adalah tanaman yang bunganya akan mekar ketika terkena matahari pagi. Maka, untuk menanam morning glory harus dipastikan mendapat sinar matahari yang cukup baik.

 

Daun Sirih

tanaman rambat daun sirih(Gambar dosenpertanian.com)

Daun sirih adalah salah satu tanaman rambat yang sudah terkenal sejak lama. Tanaman dengan daun berbentuk hati ini selain untuk menyejukkan, juga dikenal memiliki banyak manfaat.

 

Daun sirih sering dijadikan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan antiinflamasi dan pendingin kulit. Maka, daun sirih sering digunakan untuk mengobati luka, memar dan ruam.

 

Daun sirih juga dapat untuk mengatasi batuk dan pilek. Maka dari itu, tak ayal nenek moyang pada zaman dahulu sering menggunakan daun sirih sebagai obat herbal mereka.

 

 

Tanaman Rambat Air

Selain merambat di dinding, tada pula jenis tanaman rambat yang hidup dan menjalar dengan subur di atas permukaan air. Beberapa tanaman rambat air ini juga indah dan memiliki banyak manfaat bagi lingkungan dan kesehatan tubuh.

 

Teratai 

tanaman rambat air teratai(Gambar: Pixabay)

Teratai atau sering disebut water lily masuk dalam golongan tanaman rambat yang tumbuh di air. Teratai yang bunganya mengapung cantik diatas permukaan air sering menjadi pilihan untuk menghias kolam ikan di halaman rumah.



 

Bentuknya yang spesial membuat bunga teratai lebih dari sekedar bunga air biasa. Teratai menjadi simbol seni dan agama di negara-negara Asia Timur. Bunga teratai memiliki siklus hidup yang dianggap suci bagi masyarakat Asia Timur.

 

Bunga yang akarnya berada tertanam di lumpur, daun-daunnya mengapung, pucuk bunganya menutup kedalam air saat malam dan mekar kembali ketika pagi. Memiliki filosofi kelahiran kembali dan pencerahan spiritual bagi masyarakat Budha

 

Tanaman teratai juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Masyarakat Tiongkok menggunakan teratai sebagai bahan untuk pengobatan tradisional mereka. Salah satunya untuk mengobati diare. Akar teratai juga dapat mengurangi gula darah karena mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi.

 

Ganggang Rantai

tanaman rambat air ganggang rantaiGanggang rantai adalah pilihan yang tepat bagi pemilik kolam ikan. Ganggang rantai ini bersifat oksigenasi, yaitu menghasilkan oksigen di dalam air sehingga asupan oksigen ikan-ikan yang berada di dalamnya tetap aman.

 

Ganggang rantai sering digunakan untuk membersihkan kolam atau akuarium. Selain itu, bagi anak-anak ikan ganggang rantai juga sering digunakan untuk menjadi tempat berlindung mereka.

 

Pegagan

tanaman rambat pegangan(Gambar: Pixabay)

Tumbuhan pegagan atau bernama latin centella asiatica adalah tanaman rambat yang memiliki banyak manfaat. Tanaman ini sering ditemui di negara-negara Asia seperti Indonesia, Cina dan Jepang.

 

Daun pegagan memiliki banyak manfaat yang sering dijadikan obat herbal. Pegagan menjadi obat yang dapat mempercepat pengeringan luka. Selain itu, pegagan juga mampu mengurangi stretch mark, mengurangi pembengkakan, meredakan nyeri sendi, dan membantu mengurangi kecemasan.

 

Tanaman Rambat Hias Pergola / Atap

Taman merupakan satu elemen yang dapat menghidupkan suasana hunian menjadi lebih nyaman, sejuk dan lebih hidup. Jika kamu memiliki taman yang cukup luas dan memiliki pergola, beberapa tanaman rambat ini menjadi pilihan pas bagi pergola di halaman atau garasi kamu.

 

Syngonium

tanaman rambat Syngonium(Gambar: Pixabay)

Tanaman Syngonium ini termasuk tumbuhan yang mudah didapat dan mudah tumbuh. Jika kamu mencari tanaman untuk mempercantik ruangan, bisa menanam syngonium untuk menambah nilai estetika. Bentuk yang sederhana dengan corak putih membuat tanaman ini cocok disandingkan dengan latar putih. Tidak perlu ketakutan syngonium akan kekurangan cahaya matahari, karena tanaman ini adalah jenis tanaman yang mampu tumbuh di ruangan yang teduh. Namun, proses tumbuhnya tidak terlalu cepat sehingga tidak perlu sering-sering memangkasnya.

 

Bauhinia

tanaman rambat Bauhinia(Gambar: Pixabay)

Bauhinia purpurea sering disebut tanaman kupu-kupu karena bentuk kelopak bunganya yang seperti kupu-kupu. Bauhinia tumbuh di tanah yang gembur dan subur. Agar dapat merambat dengan cepat. Bahkan bauhinia mampu tumbuh setinggi lima meter di tempat yang tepat.

 

Bauhinia yang merambat rimbun, menjalar diantara tumbuhan atau pepohonan lain membuatnya menjadi peneduh bagi ekosistem sekitarnya. Maka dari itu, bahunya menjadi pilihan yang tepat untuk beberapa orang yang menginginkan taman atau garasi yang teduh.

 

Dalam Bauhinia juga terdapat kandungan anti-bakteri, anti-diare, anti-kanker dan aktivitas regulasi hormon tiroid. Tidak hanya itu, bahunya dapat menjadi obat terbaik untuk mengurangi pembengkakan, rematik, mengobati nyeri dan masih banyak penyakit lainnya.

 

Petrea 

tanaman rambat Petrea (Gambar: Pixabay)

Petrea menjadi tanaman hias merambat yang amat cantik untuk menghias teras, garasi atau taman. Petrea juga dapat merambat di tembok dengan bunga-bunganya yang sangat banyak. Bunga petrea dominan warna putih dan ungu. Tanaman yang berasal dari Amerika Latin ini, tetap dapat tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia.

 

Clematis

tanaman rambat Clematis(Gambar: Pixabay)

Salah satu tanaman rambah yang penuh bunga indah untuk pergola tamanmu yaitu clematis. Variasi warna bunganya yang beragam membuat banyak orang jatuh hati dan memilih clematis untuk peneduh taman mereka.

 

Clematis dewasa mampu merambat setinggi 12 meter dan lebar sekitar tiga sampai empat kaki. Tanaman yang sangat fleksibel ini dapat menjalar di dinding, pagar dan di lingkungan manapun. Untuk menumbuhkan clematis cukup harus bersabar karena membutuhkan waktu beberapa tahun agar benar-benar tumbuh lebat.

 

Bugenvil

tanaman rambat Bugenvil(Gambar: Pixabay)

Bugenvil menjadi tanaman rambat yang digemari oleh banyak pecinta tanaman. Untuk mempercantik halaman rumah bugenvil kerap dirambatkan di dinding atau pagar halaman rumah. Tanaman yang sering disebut bunga kertas ini juga beberapa ragam warna bunga. Bugenvil adalah tanaman tropis yang mampu tumbuh sepanjang musim.

 

Tanaman Bugenvil memiliki siklus pertumbuhan yang membutuhkan kesabaran. Pada musim hujan bunga bugenvil pada umumnya tak berbunga, namun ketika musim hujan telah berakhir maka bugenvil akan kembali berbunga.  Bugenvil yang telah berbunga rimbun, biasanya akan memiliki waktu untuk istirahat dan tidak berbunga. Pada umumnya bugenvil beristirahat sekitar kurang lebih dua bulan.

 

Tanaman Bugenvil berasal dari iklim yang kering sehingga bugenvil tidak terlalu menyukai air. Hampir mirip dengan kaktus, bugenvil yang jarang disiram justru akan tumbuh dengan baik dan subur. Pemupukan yang terlalu banyak juga akan membuat tanaman ini hanya subur daunnya dan jarang berbunga. Maka lebih baik diberi pupuk sedikit dan meletakkan bugenvil di paparan sinar matahari, agar tumbuh dengan subur. Memangkas tanaman ini juga tidak perlu terlalu banyak karena dapat mengurangi pertumbuhan bunga secara signifikan.

 

Flame of Irian

tanaman rambat Flame of Irian(Gambar:  plantsofftheworldonline.com)

Mucuna bennettii atau juga disebut Anggrek irian ini juga adalah salah satu flora endemik yang banyak ditemukan di dataran hutan Papua, Indonesia. Bunga yang sering disebut kuku macan ini berwarna merah menyala.

 

Daunnya juga rapat dan lebat membuat tanaman ini pas untuk menutup pergola. Susunan bunga yang bertumpuk dengan kelopak bunga menjuntai berani menjadikannya sebagai daya tarik tanaman tersebut.

 

Tanaman yang di gadang-gadang sebagai anggrek terindah di dunia karena kecantikannya dan jumlahnya yang langka. Anggrek flame of irian dapat ditemukan di kawasan cagar alam Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat.

Ada banyak tanaman rambat yang dapat menghiasi pergola kamu.

 

 

Tanaman Rambat Gantung Di Dalam Ruangan

Seiring berjalannya waktu tanaman rambat juga digunakan untuk pemanis ruangan indoor. Beberapa tempat seperti kafe, kantor, restoran bahkan pusat perbelanjaan pun menggunakan tanaman rambat ini untuk mempermanis suasana ruangan.

 

Swedish Ivy

tanaman rambat Swedish Ivy(Gambar: Pixabay)

Swedish Ivy yang memiliki nama latin plecanthrus australis adalah jenis tanaman yang cukup sering ditemui di kafe, restoran, salon, atau tempat umum lainnya. Bentuk daun kecil-kecil dengan sedikit corak putih menjadikan swedish ivy sangat cantik untuk disejajarkan dengan furnitur estetik lainnya.

 

Tanaman ini biasanya digantung menggunakan pot gantung cantik, untuk dijadikan hiasan ruangan. Swedish ivy juga sangat indah di letakkan di dekat jendela, supaya terkena sinar matahari yang cukup namun tidak secara langsung.

 

Devil’s Ivy 

Devil’s Ivy(Gambar: Pixabay)

Devil’s Ivy atau kerap disebut sirih gading ini merupakan tanaman rambat cantik yang tepat untuk dijadikan pemanis interior atau eksterior. Daun sirih gading berbentuk hati, bertangkai melingkar dan memiliki corak semburat kuning membuat sirih gading mudah untuk dikenali.

 

Tanaman sirih gading dapat tumbuh dengan media seadanya, membuat banyak desainer ruangan memilih sirih gading untuk pemanis interior mereka. Beberapa ide kreatif seperti menanam sirih gading dengan media tanah yang diletakkan di pot gantung, sehingga cocok dijadikan pajangan teras atau balkon rumah.

 

Kafe-kafe yang mengusung tema minimalis pun juga sering menambahkan sirih gading yang hanya direndam di botol berisikan air untuk hiasan meja atau rak susun.

 

Perawatan sirih gading juga tidak membutuhkan usaha yang ekstra, karena tanaman cantik ini dapat tumbuh dengan subur hanya dengan disiram dan di keluarkan agar terkena matahari sesekali. Bahkan saat dibiarkan sirih gading dapat menjadi invasif pada tanaman lain. Selain itu, bukan hanya kecantikannya sirih gading juga dapat menyerap racun-racun yang ada di dalam ruangan.

 

Kesimpulan Tanaman Rambat 

Beragam jenis tanaman rambat yang ada, membuat banyak orang mampu menyesuaikan pilihan tanaman hias sesuai kebutuhan mereka. Baik untuk interior maupun eksterior bangunan. Masing-masing memiliki fungsi dan perawatan tersendiri.

Maka sebelum menentukan pilihan, penting untuk mengetahui karakteristik dan jenis tanaman rambat tersebut. Kamu juga dapat mengkreasikan tanaman rambat agar hunian atau taman terlihat unik, cantik dan tetap asri.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy