in

12 Jenis Bunga Hias

Jenis Jenis Bunga Hias – Bunga adalah bahasa yang universal, mereka biasa tumbuh di taman-taman, atau bahkan di pinggir jalan. Bunga tidak hanya sebagai hiasan di taman saja namun juga bisa di mempercantik rumah, bahkan dijadikan hadiah.

Bunga juga mempunyai fungsi biologi yaitu untuk memfasilitasi reproduksi dan menyediakan mekanisme penyatuan sperma dan telur. Bunga akan memfasilitasi penyilangan yang dihasilkan dari penyerbukan silang atau bisa juga penyerbukan sendiri.

Beberapa bunga ada yang menghasilkan diaspora tanpa pembuahan. Bunga mengandung sporangia dan menjadi tempat berkembangnya gametofit. Saat ini, bunga telah berevolusi untuk menarik hewan-hewan sehingga menyebabkan mereka menjadi tempat untuk transfer serbuk sari.

Bunga sendiri sudah lama dikagumi dan dimanfaatkan oleh manusia. Tidak hanya itu, bunga juga sebagai objek asmara, ritual,religi, obat-obatan, bahkan sumber makanan. Tulisan di bawah ini akan membahas lebih lanjut tentang bunga dan beberapa contohnya.

Pengertian Bunga

Bunga, dalam bahasa inggrisnya flower. Kata flower sendiri berasal dari Inggris tengah yang mengacu pada butiran tanah dan struktur reproduksi pada tanaman. Awalnya istilah flower berasal dari nama Latin bagi dewi bunga Italia, yaitu flora. Dalam rentang warna, ukuran, bentuk dan susunan anatominya, bunga menghadirkan variasi kombinasi yang tidak ada habisnya.

Ukurannya mulai dari bunga kecil sampai bunga raksasa. Beberapa tanaman bunga seperti magnolia, tulip dan petunia relatif memiliki ukuran yang besar dan mencolok, mereka juga diproduksi secara tunggal. Sedangkan pada bunga seperti aster, lilac, memiliki ukuran yang kecil dan ditanam secara berkelompok. Terlepas dari jenis-jenisnya, semua bunga mempunyai fungsi yang sama yaitu reproduksi spesies melalui produksi benih.

 

Struktur Bunga

Bunga mempunyai dua bagian penting, bagian vegetatif yaitu kelopak dan struktur di perianth dan bagian reproduksi seperti benang sari dan putik. Secara umum bunga terdiri dari empat jenis struktur yang melekat dari ujung tangkai pendek. Sumbu bunga adalah batang yang dimodifikasi, tidak seperti batang vegetatif yang berdaun.

Bagian bunga umumnya tersusun dalam lingkaran, bagian lingkaran biasanya ada empat struktur yang berbeda. Kelopak luar yang terdiri dari sepal, ada mahkota yang terdiri dari kelopak bunga, benang sari dan putik. Kelopak dan sepal bersama-sama membentuk amplop bunga. Sepal biasanya berwarna kehijauan dan sering menyerupai daun. Berbeda dengan kelopak bunga yang memiliki warna-warni yang mencolok.

Bunga yang mempunyai sepal, kelopak stamen dan pistil adalah bunga yang lengkap. Jika ada bunga yang tidak mempunyai salah satu struktur tersebut, maka disebut bunga tidak lengkap. Benang sari dan putik memang tidak hadir bersama di semua bunga. Jika salah satu bunga memiliki benang sari dan putik bersamaan, maka disebut bunga yang sempurna atau bisa juga disebut biseksual. Bunga yang tidak memiliki putik disebut bunga jantan, dan yang memiliki benang sari disebut bunga betina.

 

Jenis-Jenis Bunga Hias

Bunga adalah tanaman yang memiliki banyak jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis-jenis bunga:

 

banner-promo-gramedia

Adenium

Adenium

sumber: pixabay

Adenium obesum ditanam sebagai tanaman hias di daerah yang beriklim sedang. Banyak sekali hibrida yang telah dikembangkan. Adenium disenangi karena bunganya yang berwarna-warni dan juga kelopaknya yang tebal dan tidak biasa. Mereka bisa ditanam selama bertahun-tahun dalam pot dan biasanya digunakan untuk bonsai.

Adenium juga dikenal dengan mawar gurun. Di Thailand, adenium juga dikenal dengan kalachuchi bangkok. Karena kemiripannya dengan tanaman kamboja mini dan sering digunakan sebagai bonsai, Adenium obesum juga dikenal sebagai kamboja Jepang.

Buku di bawah ini menjelaskan macam-macam bunga adenium, bunga berpetal putih dengan corong bawah merah dan memiliki warna kuning di atasnya. Pola seperti ini jarang ditemui pada bunga yang memiliki petal putih.

Adenium Bunga-Bunga Terbaik
Adenium Bunga-Bunga Terbaik

tombol beli buku

Ini dia bunga adenium luar biasa langka. Bunga berpetal putih dengan corong bawah merah dan atas berwarna kuning. Pola seperti itu sangat jarang dijumpai pada bunga berpetal putih. Ada lagi yang lain. Obesum hibrida berdaun variegata. Warna variegata didominasi putih susu dan hijau abu-abu, sangat kontras dengan merahnya bunga. Yang paling gres ialah bunga adenium bermotif splash dengan kombinasi 3 warna. Mereka semua bersanding dengan adenium kuning, mahkota tumpuk, adenium hijau dan hitam. Bunga-bunga adenium generasi terbaru itu Trubus himpun dari hasil peliputan ke Thailand, Taiwan, Malaysia, dan tanahair.***

 

Matahari

bunga mataharisumber: pixabay

Bunga matahari berasal dari Amerika. Biji bunga matahari awalnya ditemukan di Meksiko berasal dari tahun 2100 SM. Penduduk asli Amerika menanam bunga matahari sebagai tanaman yang berasal dari Meksiko. Pada abad ke -16, keturunan bunga matahari yang pertama dibawa dari amerika ke Eropa oleh para penjajah. Disebut bunga matahari karena bunga ini selalu condong ke arah matahari.

Sebelum mekar, bunga matahari akan miring di siang hari untuk menghadap matahari. Mereka melakukan itu untuk mendapat lebih banyak pasokan sinar matahari. Pasokan sinar matahari sangat penting dalam proses fotosintesis. Ketika dewasa, bunga matahari akan selalu menghadap ke timur, arah matahari terbit, untuk selalu dihangatkan oleh matahari.

Bunga matahari bisa menjadi inspirasi untuk sebuah karya tulisan. Salah satunya adalah novel yang berjudul Tujuh Bunga Matahari karya Tanti Susilawati. Novel ini menceritakan seorang perempuan yang ingin memecahkan misteri atas siapa yang selalu memberinya kado dan menyematkan bros bunga matahari di setiap kadonya.

 

Tujuh Bunga Matahari
Tujuh Bunga Matahari

tombol beli buku

sumber: pixabay

 

Bunga Mawar

Bunga MawarBunga mawar paling dikenal sebagai tanaman hias yang ditanam di taman dan terkadang di dalam ruangan. Bunga mawar biasanya juga digunakan untuk wewangian dan tanaman bunga potong yang diperjualbelikan. Beberapa ada yang menanamnya sebagai tanaman lanskap, untung lindung nilai dan tujuan utilitarian lainnya. Batang bunga mawar dan tunas muda bunga mawar bisa dimakan, begitu juga dengan kelopaknya.

Bunga mawar kaya akan vitamin C, mereka bisa dimakan mentah. Tak jarang juga yang menjadikan mereka selai, sup, dan juga campuran untuk teh. Mereka bisa juga disaring dan dibuat menjadi sirup.  Di Prancis, sirup mawar banyak digunakan, paling sering terbuat dari ekstrak kelopak mawar. Mawar juga sangat populer untuk dijadikan makanan penutup seperti es krim rasa mawar.

 

Lily

bunga lilysumber: pixabay

Dalam bahasa bunga Victoria, bunga lily melambangkan cinta, semangat, dan kasih sayang untuk orang yang kita cintai. Bunga lily yang berwarna oranye melambangkan kehangatan dan kebahagiaan. Bunga lily adalah bunga yang paling umum digunakan pada pemakaman. Hal ini secara simbolis menandakan bahwa jiwa orang yang meninggal telah dikembalikan menjadi suci kembali.

banner-promo-gramedia

Beberapa spesies bunga lily ada yang beracun, terutama untuk kucing. Bunga lily juga digunakan dalam dunia kulinari. Di China, bunga lily biasanya digunakan untuk memperkaya cita rasa sup. Bunga lily dan umbinya biasa dimakan pada saat musim panas, karena dipercaya bisa mengurangi panas dalam. Bunga lily juga dikatakan memiliki khasiat untuk mengobati penyakit paru-paru dan memiliki sifat tonik.

 

Bunga Tulip

Bunga Tulip sumber: pixabay

Tulip menjadi simbol suci bagi orang Turki, karena ketika ditulis dalam huruf Arab, memiliki huruf yang sama dengan tulisan Allah. Tulip juga terkait dengan House of Osman, sehingga tulip banyak digunakan dalam motif dekoratif pada masjid, ubin, kain, barang pecah belah dan lain-lain pada zaman kekaisaran Ottoman. Tulip juga dipandang sebagai simbol kelimpahan dan kesenangan.

Tulip menjadi tanaman yang sangat populer di Timur dan Barat. Sedangkan tulip dalam budaya Turki menjadi simbol surga di bumi. Di negeri Belanda, tulip mewakili sebagai singkatnya kehidupan. Dalam agama kristen, tulip melambangkan gairah, cinta dan kepercayaan. Tulip putih dan tulip ungu merupakan aspek penting ketika hari Paskah. Tulip putih memiliki makna sebagai pengampunan dan tupi ungu sebagai royalti.

 

Bunga Orchid

Bunga Orchidsumber: pixabay

Selain bunga mawar, harumnya bunga orchid juga dimanfaatkan sebagai wewangian. Bunga orchid atau anggrek ini memiliki kegunaan penting. Sebagian besar orchid dibudidayakan untuk dinikmati bunganya. kebanyakan orchid tumbuh dan dibudidayakan di daerah yang tropis atau subtropis. Namun ada juga spesies yang bisa tumbuh di iklim dingin dan banyak sekali ditemukan di pasaran.

Selain wewangian, bunga orchid juga bisa digunakan dalam dunia kulinari. Umbi bawah tanah dari anggrek digiling menjadi bubuk dan digunakan untuk dimasak. Selain itu bisa dijadikan juga sebagai campuran dalam minuman panas dan juga es krim, seperti es krim Turki. Bunga orchid juga memiliki nilai yang simbolik. Misalnya, Bunga orchid sebagai bunga nasional Singapura dan Costa rica.

 

Bunga Anyelir

Bunga anyelirsumber: pixabay

Bunga anyelir adalah salah satu tanaman bunga yang sangat favorit di Inggris. Bunga anyelir atau dikenal juga dengan carnation sebagian besar berasal dari Eropa dan Asia. Ada teori yang menjelaskan bahwa warna merah muda dari bunga anyelir dinamai sesuai dengan tepi kelopaknya yang berenda. Bunga yang berenda ini menjadi bunga nasional di Spanyol, Slovenia dan Monaco.

Bunga anyelir juga menjadi simbol untuk Hari ibu dan pernikahan. Tradisi ini berawal dari Anna Jarvis, pencetus hari ibu di Amerika. Ia memilih bunga anyelir sebagai simbol hari ibu, karena Ibunya sangat menyukai bunga anyelir. Hampir sama seperti di Korea bunga anyelir digunakan pada saat hari orang tua. Menurut mereka, bunga anyelir menggambarkan cinta, rasa syukur dan kekaguman.

 

Bunga Freesia

banner-promo-gramedia

Bunga freesiasumber: pixabay

Bunga freesia adalah bunga yang memiliki bentuk seperti terompet. Kelopaknya yang berwarna-warni dan unik ini menjadikannya sangat cantik untuk ditanam. Tanaman ini sebetulnya berasal dari hasil persilangan yang  dibuat pada abad 19 antara F.refracta dan F.leichtini. Tidak seperti bunga yang lainnya yang sering dinamai dalam bahasa Latin, bunga ini dinamai berdasarkan botanis dan doktor yaitu Friedrich Freese.

Freesia memiliki aroma yang spesifik dan menyenangkan. Maka dari itu freesia sering digunakan dalam krim tangan, shampoo dan lilin. Freesia sendiri juga sering digunakan dalam karangan bunga pernikahan. Sebagian spesies dari freesia ditemukan di provinsi Cape. Bunga ini datang dari Kenya selatan ke Afrika Selatan.

 

Bunga Lavender

Bunga lavendersumber: pixabay

Institut Kesehatan Nasional Amerika menyatakan bahwa bunga lavender dianggap aman untuk dikonsumsi. Selain itu, bunga lavender juga bisa dijadikan pengobatan untuk gangguan kecemasan. Namun, Institut Kesehatan Nasional Amerika tidak merekomendasikan penggunaan lavender untuk ibu hamil dan menyusui karena efeknya yang tidak menonjol. Tidak hanya digunakan dalam obat-obatan, bunga lavender yang memiliki harum menenangkan ini juga dijadikan sebagai wewangian, sabun, dan juga lilin.

Bunga lavender juga digunakan ke dalam makanan untuk memunculkan wangi dan cita rasa yang manis. Tidak hanya untuk manisan, bunga lavender juga bisa digunakan untuk pasta dan juga salad.  Kuncup dari bunga lavender biasa digunakan untuk cita rasa pada makanan, bahkan kuncup lavender hijau lebih memunculkan rasa dibandingkan rosemary.

 

Bunga Chrysanthemum

Bunga Chrysanthemumsumber: pixabay

Chrysanthemum awalnya dibudidayakan di China sebagai tanaman herbal pada abad ke 15. Setelah China, budidaya chrysanthemum menyebar ke negara Jepang pada periode Heian. Ada banyak sekali warna, bentuk dan varietas yang diciptakan. Chrysanthemum kuning dan putih banyak digunakan sebagai teh di berbagai negara Asia Timur. Tidak hanya untuk teh, daun dari bunga ini juga bisa dimakan layaknya sayuran.

NASA Clean Air Study juga menemukan bahwa tanaman chrysanthemum berguna untuk mengurangi polusi di dalam ruangan. Di beberapa negara di benua Eropa seperti Prancis, Belgia, Italia dan Spanyol, bunga chrysanthemum dilambangkan sebagai kematian. Maka dari itu, beberapa negara tersebut banyak menggunakan bunga ini dalam acara pemakaman.

 

Bunga Hydrangea

Bunga Hydrangeasumber: pixabay

Hydrangea adalah tanaman hias yang populer, mereka kebanyakan ditanam karena kepala bunganya yang besar. Hydrangea macrophylla yang sejauh ini paling banyak ditanam. Hydrangea macrophylla, juga dikenal sebagai hydrangea berdaun besar. Beberapa dari jenis ini lebih baik dipangkas setiap tahun ketika kuncup daun baru mulai muncul. Jika tidak dipangkas secara teratur, maka semak akan tumbuh menjadi sangat panjang dan bisa menjadi patah.

Akar dan rimpang hydrangea diindikasikan sebagai pengobatan untuk  kondisi saluran kemih dan mungkin memiliki sifat diuretik. Hydrangea cukup beracun jika dimakan. Beberapa hydrangea kadang-kadang dihisap sebagai minuman memabukkan, meskipun ada bahaya penyakit dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Efeknya sama seperti sianida. Bunga pada semak hydrangea dapat berubah dari biru menjadi merah muda atau dari merah muda menjadi biru dari satu musim ke musim berikutnya tergantung pada tingkat keasaman tanah.

 

Bunga Anthurium

Bunga Anthuriumsumber: pixabay

Pada tahun 1860, setidaknya ada 183 spesies bunga anthurium yang ditemukan. Awalnya bunga ini berasal dari Amerika dan didistribusikan dari Mexico ke Argentina. Daunnya berbentuk seperti bergerombol dan sangat bervariasi. Perbungaan dari anthurium menghasilkan bunga kecil yang cantik. Pada akhir tahun 2006, bunga ini sangat populer di Indonesia sebagai leader tanaman hias.

Jenis-jenis dari bunga anthurium bisa dibaca lebih lanjut di buku ini. Buku ini juga menyematkan foto-foto cantik dari berbagai jenis bunga anthurium. Selain itu dilengkapi juga dengan teknik budidaya dan menjelaskan prospek bisnis dari bunga anthurium. Buku anthurium ini juga disertai dengan tips merawat, penyilangan dan mengatasi hama pada bunga anthurium.

Daun – Bunga Anthurium Mewah & Fenomenal
Daun – Bunga Anthurium Mewah & Fenomenal

tombol beli buku

Bunga telah menjadi simbol keindahan di sebagian besar peradaban dunia saat ini. Memberikan bunga bahkan masih menjadi salah satu fasilitas sosial yang paling populer. Sebagai hadiah, bunga memiliki fungsi dan arti sebagai ungkapan kasih sayang untuk pasangan, teman dan anggota keluarga. Bunga juga dijadikan hiasan mulai dari upacara pernikahan, sampai penghormatan kepada seseorang yang sudah meninggal dunia.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy