in

Jenis Tanaman Air Hias, Tanaman Air Kolam, & Tanaman Aquarium

Jenis Tanaman Air Hias, Tanaman Air Kolam, & Tanaman Aquarium – Tumbuh-tumbuhan tidak hanya di darat saja adapun tanaman air yang mungkin pernah kita lihat, namun tidak tau secara detail tentang tanaman air.

Tak seperti kebanyakan tanaman lainnya, tanaman air sebenarnya mudah untuk dirawat dan sangat praktis karena hanya perlu media tanam air saja dengan pilihan tanaman yang beragam.

 

PENJELASAN TANAMAN AIR

Apa itu tanaman air? Tanaman air merupakan tanaman yang tumbuh di sekitar perairan dan telah beradaptasi di air asin maupun air tawar atau biasa disebut dengan hidrofit. Biasanya, tanaman air akan terlihat mengapung menyesuaikan diri di atas air.

Adapun sebagian tanaman terendam dan adapun seluruh bagiannya tenggelam. Namun jika airnya dangkal daunnya akan muncul ke permukaan, namun di waktu lain tanaman bisa lepas dari kelompoknya dan kemudian tumbuh di tempat yang lain.

Meskipun begitu kehidupan di air pun beraneka ragam macam, ada tanaman yang terlihat seperti bakteri adapun yang berukuran besar.

Tanaman air bernapas melalui akar dengan cara menyerap air yang mengandung oksigen dan berfotosintesis menggunakan daun. Tumbuhan ini berkembang secara diri sendiri melalui anakan maupun tunas rimpang.

Terkadang beberapa tanaman ada yang sering dianggap menjadi gulma, karena perkembang biakan yang sangat cepat yang membuat tanaman menjadi rimbun.

 

FUNGSI DAN MANFAAT TANAMAN AIR 

1. Meningkatkan Kadar Oksigen dalam air

Memberi asupan oksigen pada di perairan sehingga biota dalam kolam / rawa tersebut akan tumbuh sesuai alamnya dan juga dapat menyerap racun di perairan yang telah terkontaminasi kotoran hewan di dalam air. Namun, jika memang mempunyai kolam,  tetap harus selalu membersihkannya secara rutin.

 

2. Melindungi habitat Ikan

Meskipun ikan selalu membuang kotoran namun kotoran ini akan diserap tanaman air, selain itu tanaman air berfungsi untuk melindungi ikan saat akan bertelur, ikan pun akan terlindungi dari sinar matahari juga sebagian tempat untuk berlindung para organisme air dari serangan mangsa.

 

3. Sebagai Estetika Tanaman Hias Air

Selain di kolam tanaman air ini dapat bermanfaat untuk tanaman aquarium berfungsi memberikan nilai kesan estetika alami dan menarik untuk dinikmati keindahannya, karena sudah banyak sekali para pecinta tanaman air dengan menjadikan dekorasi hiasan di dalam ruang tamu maupun diluar ruangan.



 

KARAKTERISTIK TANAMAN AIR 

  1. Tanaman air biasanya mempunyai batang yang berongga, untuk membantu tanaman mengapung di air
  2. Mempunyai daun yang lebar yang berfungsi untuk mempercepat penguapan (kelebihan air dalam tanaman) pertumbuhan tanaman
  3. Terjadi peningkatan stomata (pertukaran gas karbondioksida dari atmosfer dan memberikan oksigen) pada sisi daun .
  4. Akar tanaman air berfungsi untuk menangkap oksigen dalam jumlah yang banyak
  5. Mempunyai kutikula yang tipis dan struktur yang kurang kuat.

Tanaman air bukan hanya soal hidup di air namun adapun sebagai tanaman air dapat menjadikan hiasan rumah indoor maupun outdoor mempercantik dekorasi rumah dan menjadikan kesegaran terlihat lebih segar. Adapun beberapa jenis kelompok tanaman air :

 

Tanaman Air Hias

 

1. Aglaonema

Merawat Aglaonema : Sri Rejeki Pembawa Hoki
Merawat Aglaonema : Sri Rejeki Pembawa Hoki

tombol beli buku

 

Info Kit VOL 06: Aglaonema Teknik Baru, Peluang Baru
Info Kit VOL 06: Aglaonema Teknik Baru, Peluang Baru

tombol beli buku

 

Siapa yang baru tau tanaman hias Aglaonema ini bisa dijadikan tanaman hias air> Tanaman hias yang populer saat ini atau sering kita dengar dengan bunga Sri Rejeki habitat asli berada di hutan hujan tropis dengan membutuhkan intensitas penyinaran yang rendah. Aglaonema ini dapat disimpan di dalam gelas atau wadah kaca berisi air dan sangat cocok untuk tanaman hias indoor yang cantik dan menyegarkan.

Sebenarnya tanaman ini cocok untuk tanaman indoor maupun outdoor, namun jika dijadikan tanaman indoor tanaman ini dapat berfungsi untuk memberikan kesegaran dalam rumah. Caranya cukup mudah, dengan memotong sebagian batang dan akarnya lalu dimasukkan ke dalam wadah kaca sekitar 10 hingga 15 cm dan berikan setengah wadah air.

 

2. Monstera 

Merawat Monstera
Merawat Monstera

tombol beli bukuMonstera variegata daun bolong nan cantik, tanaman ini pun menjadi salah satu tanaman hias yang dapat kita pilih menjadi tanaman hias air indoor karena mempunyai daun yang unik. Tanaman Monstera dapat diterapkan teknik propagasi atau media tanam air. Caranya cukup persiapkan tanaman monstera dan beberapa pendukung seperti botol air atau wadah untuk tanaman yang bebas dari kaporit, tak lupa untuk ditambahkan vitamin B1 dan pupuk anti jamur.Bisa tambahkan perlite untuk menetralisir media tanamnya.

 

3. Calla lily

Calla lilyCalla Lily atau nama ilmiah zantedeschia aethiopica tumbuhan ini berkembang di daerah danau ataupun dekat mata air sebenarnya tanaman ini tumbuh di tanah yang dekat air, mempunyai batang yang meninggi dan daun bunga yang indah berbentuk cantik.

 

4. Sirih gading

Sirih gadingSirih Gading menjadi favorit tanaman hias saat ini karena daunnya yang lebar. Taman gading ini sebenarnya tidak akan tumbuh dengan cepat Namun kita bisa rawat dengan baik menjadi tanaman hias indoor. Cara menanamnya cukup mudah, pilih tanaman sirih gading yang sehat tidak mempunyai daun yang menguning atau coklat.

Tempatkan Sirih gading dalam wadah botol berisi air, berikan cahaya  matahari secara tidak langsung biasanya akan tumbuh dari buku yang teredam kurang lebih 7 Hingga 14 hari dan jangan lupa memberi pupuk tanaman sirih Gading setiap 4 sampai 6 minggu sekali juga. Tak lupa untuk mengganti air setiap minggu untuk memastikan tanaman tetap segar.

 

5. Tanaman bambu air 

Tanaman bambu air Tanaman bambu air dengan nama latin Equisetum Hyemale L ini termasuk golongan tanaman hias dengan ukurannya yang kecil dengan media air ini menjadi penghias tanaman minimalis baik di sekitar kolam maupun jadi pembatas pagar. Tanaman ini banyak digemari sebagai tanaman hias di indoor maupun outdoor. Selain itu di sangat cocok ditempatkan dekat kolam, karena bambu air menyukai hidup di daerah yang mengandung banyak air.

Adapun manfaat tanaman hias bambu air diantaranya sebagai pembersih kolam, penenang jiwa (mengurangi stress). Sebagian percaya bahwa tanaman ini pembawa hoki, tanaman ini dapat menarik kemakmuran atau kebahagiaan.



Perawatan tanaman bambu air cukup disimpan di daerah kelembaban tanahnya. Jangan biarkan tercemar kotoran karena akan berakibat membusuk. Ganti air seminggu sekali dan sangat dianjurkan tetap terkena sinar matahari yang cukup dan berikan tanaman pupuk pada media tanam dan cabutlah tanaman yang sudah terserang gulma.

 

 

Tanaman Air Di Kolam

 

1. Lotus

LotusSeroja atau Lotus dengan bahasa latin Nelumbo nucifera Gaertn ini adalah tanaman tumbuhan air yang berasal dari India. mempunyai bunga yang tidak mengapung di permukaan air, terlihat tangkai bunganya yang tegak juga berbentuk tabung di tengahnya berfungsi untuk melewati udara. Tanaman ini biasa ditemukan di dasar kolam sungai atau rawa-rawa, tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 1 meter.

Banyak orang yang mengira tanaman Lotus ini sama dengan bunga teratai padahal jelas berbeda. Perbedaannya Jika bunga lotus mempunyai batang yang tinggi sehingga daun dan bunganya berada di atas permukaan air dan bunga teratai hanya terlihat bunganya saja yang mengapung diatas air karena batangnya yang sangat pendek.

Banyak yang tidak tahu bahwa tanaman bunga lotus ini mempunyai manfaat. Manfaatnya adalah dapat mampu menghentikan diare, karena ini pernah dicoba dalam pengobatan tradisional Cina, juga meredakan peradangan, membantu menjaga tekanan darah, mengatasi jerawat  dan sebagai obat kanker

 

2. Teratai 

terataiBunga teratai sering dikenal sebagai Water Lily tanaman ini dari genus nelumbo. Bunga ini ada di atas permukaan air yang bunganya terlihat mengapung diatas daun dengan batang yang pendek.

Biasanya kita sering menemukannya di dasar kolam sawah dan sungai, tanaman ini bisa kita katakan unik yang mempunyai warna bunga yang cantik. Jika warnanya putih maka akan terlihat lebih putih namun jika warnanya merah muda akan terlihat sangat merah muda pekat.

Sebenarnya bunga teratai ini mempunyai manfaat yang hampir sama dengan bunga lotus yaitu untuk menjaga kesehatan kulit karena protein yg mempunyai kandungan antioksidan dan vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit.

Jenisnya pun yang terkenal yaitu Nymphaea Caerulea  yang hanya mekar di malam hari selalu muncul kembali di pagi harinya.Adapun  jenis Victoria amazonica yang mempunyai lebar hingga mencapai 3 meter, selain itu bunga teratai mempunyai filosofi tersendiri yang di mana teratai hanya hidup sehari mengingatkan bahwa hidup di dunia hanya sesaat.

 

Nymphaea Caerulea

Nymphaea Caerulea

Victoria amazonica

Victoria amazonica

3. Eceng Gondok 

Eceng Gondok Tanaman eceng gondok ini mempunyai fungsi yang sifatnya fitoremediasi yang artinya dapat memecahkan masalah disekitar lingkungan karena tanaman ini dapat menyerap senyawa organik maupun anorganik air secara efektif .



Tanaman eceng gondok biasanya mengapung di permukaan air mempunyai akar serabut yang fungsinya untuk menyerap nutrisi. Tinggi tanaman ini mampu sekitar 40 sampai 80 cm, namun tidak mempunyai batang sejati (tumbuhan berpembuluh) bentuk daunnya tunggal permukaannya licin berwarna hijau dan berbentuk oval, lalu pangkal daun terlihat meruncing dengan tangkai daunnya yang menggelembung.

Habitat eceng gondok ini sama seperti teratai maupun bunga lotus di dalam kolam dangkal, rawa basah, danau, hingga sungai dengan arus yang tenang. Biasanya Tanaman eceng gondok dapat berkembangbiak dengan cepat dan tanaman ini sering dianggap gulma yang dapat merusak lingkungan perairan

Meskipun begitu, tanaman eceng gondok ini mempunyai sifat anti kimia yang berada di bagian akarnya yang dapat berfungsi untuk membersihkan air dari berbagai macam polutan seperti polusi timbal, merkuri, stronsium atau polusi air lainnya yang mampu menghisap sekitar 60 hingga 80% nitrogen dalam air yang tercemar

 

4. Melati air 

Melati air Melati Air atau bahasa latinnya echinodorus palaefolius tanaman yang berbunga juga menyegarkan udara yang berasal dari Meksiko Peru Uruguay dan juga Brazil. Tanaman ini tidak mengenal musim di setiap musim tanaman melati air selalu berbunga, namun jangan salah tanaman ini bukan termasuk keluarga melati tetapi tanaman ini termasuk keluarga alismataceae. 

Tanaman melati air disebut tanaman air karena mempunyai bunga yang berbentuk seperti bunga melati berwarna putih dengan kelopak yang agak tipis di bagian tengahnya mempunyai sari yang berwarna kuning. Selain itu

bunga melati air mempunyai manfaat dapat membantu mengurangi kecemasan juga merelaksasikan tubuh agar terhindar dari penyakit stres

Bunga melati air berbunga setiap hari dan mekar di setiap pagi hari namun akan gugur di senja hampir tenggelam matahari. Daya tarik lainnya karena mempunyai daun yang berbentuk love berwarna hijau muda dan hijau tua. Tanaman Melati air memiliki akar serabut, yang dimana menyukai di air tanah, berlumpur.

Selain itu adapun jenis yang lainnya seperti melati air bangkok, namun tanaman ini mempunyai daun yang tebal bulat mempunyai batang yang lebih besar dan kuat tumbuhannya menjulang ke atas mampu adaptasi dengan cuaca yang baik, biasanya tanaman ini pun bisa dinikmati oleh siapapun sebagai tanaman hias.

 

Tanaman Air Untuk Aquarium

Selain tanaman yang berada di kolam dan sebagai tanaman hias adapun tanaman dalam air yang cocok untuk para pecinta aquarium. Karena dapat memberikan tampilan segar dan nyaman dan berfungsi untuk memberi pasokan oksigen bagi ikan peliharaan.

Sebenarnya ada banyak tanaman air hias kolam maupun akuarium agar semakin bertambah nilai estetika. Diantaranya:

 

1. Ganggang rantai 

Ganggang rantai Ganggang rantai merupakan tanaman air yang dapat memberikan kadar oksigen di dalam air sehingga hewan tercukupi oksigennya dan air menjadi jernih.

Selain itu fungsi tanaman air untuk membersihkan daerahnya dan perlindungan untuk ikan-ikan kecil

 

2. Aponogeton ulvaceus 

Aponogeton ulvaceus Aponogeton ulvaceus adalah tanaman air yang termasuk dalam keluarga Aponogetonaceae. Tanaman Ini memiliki kerucut kecil berbentuk, rimpang sedikit berbulu dengan diameter 1,18 inci

Daunnya yang halus dengan bentuknya yang bergalur sangat cocok tanaman ini menjadi tanaman air hias di akuarium besar. Karena panjang helai daunnya bisa mencapai 30 – 60 cm. Tanaman ini akan berkembang dalam kondisi air basa, jika ditambah karbondioksida co2 akan menghasilkan yang lebih subur dan tanaman ini menyukai cahaya sinar matahari namun tetap teduh.

 

3. Cryptocoryne

CryptocoryneCryptocoryne berasal dari bahasa Yunani Crypto, tanaman ini merupakan dari famili Araceae, hidup secara alami di daerah tropis India, Asia Tenggara dan Papua. Habitat yang disukai tanaman Cryptocoryne sebagian besar berada di aliran sungai dengan air yang tidak terlalu deras dan di hutan dataran rendah. Maka dari itu Cryptocoryne ini cocok sebagai tanaman hias air akuarium maupun aqua terrarium.

Crypto sangat cantik jika ditempatkan di bagian sisi kanan atau kiri akuarium sebagai menjadi pusat fokus perhatian tanaman yang besar dan daunnya menjadi daya tarik tersendiri.

 

4. Hygrophila Difformis

Hygrophila DifformisTanaman air Hygrophila Difformis merupakan tanaman dari keluarga acanthaceae dan genus Hygrophila. Tanaman ini berasal dari Burma, India, Thailand dan sebagian Malaysia dengan mempunyai ukuran batang individu sekitar 5 hingga 30 cm. Sebenarnya masih banyak sekitar 80-100 spesies yang ditemukan. Pertumbuhanya sangat cepat namun jika tanaman ini kekurangan gizi mikro akan terlihat daunnya berwarna lebih pucat, namun tak usah khawatir cukup berikan pupuk secukupnya.

 

5. Java moss

Java mossJava moss dengan bahasa latin Vesicularia dubyana  termasuk dalam famili Hypnaceae. Tanaman ini merupakan tanaman yang mudah tumbuh secara umum dengan sifat karakteristik yang keras dan mudah dirawat. Dengan warna hijau yang mencolok menjadikan tanaman favorit para pecinta aquascaper.

Tanaman ini biasa digunakan di akuarium tawar menjadi hiasan aquarium maupun aqua terrarium. Penempatan yang cocok untuk java moss dengan menempel pada batu dan kayu apung.

 

Kesimpulan:

Tanaman Air tidak hanya hidup di rawa, danau, dan dekat aliran sungai saja namun kita bisa manfaatkan untuk menjadi tanaman hias di kolam rumah, tanaman indoor maupun outdoor. Selain itu tanaman akan menambah udara semakin segar dan bermanfaat untuk hewan-hewan biota sekitarnya. Dengan perawatannya yang tidak begitu sulit, kita dapat jadikan salah satu tanaman ini menjadi pilihan tanaman hias di sekitar rumah.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy