in

9 Jenis Tanaman Hias Daun Populer & Tips Perawatan

9 Jenis Tanaman Hias Daun Populer & Tips Perawatan – Selama masa pandemi kini semakin banyak waktu luang yang bisa kita manfaatkan dan mengembangkan kegiatan hobi baru, salah satunya merawat tanaman hias di rumah. Hobi ini ternyata semakin meningkat pesat dari tahun ke tahun.

 

Banyak orang yang berpikir tanaman hias identik dengan tanaman yang berbunga, namun tidak itu saja ya. Tanaman hias mencakup semua tumbuhan yang merambat, semak, pohon, dedaunan dan bunga yang sengaja ditanam untuk mempercantik ruangan atau dekorasi, komponen karangan maupun bunga potong yang menimbulkan aroma wangi, itu pun termasuk tanaman hias. Tanaman hias termasuk dalam pengelompokan berdasarkan tanaman hortikultura (budidaya bercocok tanam).

 

Apa Saja Manfaat Tanaman Hias?

Studi menunjukan bahwa memiliki tanaman akan meningkat konsentrasi dan produktivitas yang lebih baik dari biasanya dan dapat mengurangi rasa stress karena keindahan secara alamiah tanpa kita sadari . Selain itu adapun manfaat lain dari tanaman hias, diantaranya:

 

1. Mempercantik Ruangan

Sangat jelas tanaman hias ini berfungsi sebagai dekorasi yang alami dan membuat rumah terlihat cantik, segar juga memberikan energi positif bagi orang yang memandangnya, dan mempunyai kesan hidup yang menyukai alam.

 

2. Mengurangi Stress

Keberadaan tanaman hias akan membuat suasana lebih sejuk dan juga dapat membantu pikiran menjadi lebih rileks dan fokus. Adapun dampak positif terhadap psikologis, mengurangi stress dan kecemasan dengan cara saling berinteraksi dengan tanaman tersebut, seperti halnya menyentuh, menyiram, menikmati keindahannya bahkan bernyanyi untuk tanaman.

 

3. Menjadikan udara yang segar

Selain itu sebagian tanaman hias dapat membantu melembabkan kadar udara yang membuat sekitar area tanaman menjadi lebih sejuk dan beberapa tanaman dapat menyerap karbon dioksida menjadi oksigen yang baik untuk pernafasan.

 

9 Jenis Tanaman Hias Daun

Di tahun ini, ramai dengan hobi bercocok tanam yang digandrungi orang dengan bertambahnya jumlah varietas tanaman hias. Tanaman hias daun pun tak kalah menjadi populer di masa kini, karena daun yang begitu unik akan melengkapi koleksimu di rumah. Berikut beberapa tanaman hias daun yang menjadi populer saat ini:

 



1. Aglaonema

Tanaman Aglaonema, tanaman hias daun yang sangat hits ini mempunyai julukan “Ratu daun” karna saat pertama kali melihatnya mampu menarik perhatian dari segi warna dan corak daun yang khas, juga bentuk yang unik. Aglaonema mempunyai sekitar 30 spesies. Tanaman ini berasal dari genus Araceae , terlihat   dari daun-daun yang berbentuk lonjong sebagian daun terlihat seperti tombak bulat dan jantung dengan motif dan warna yang beragam. Habitat asli berada di hutan hujan tropis, dengan intensitas penyinaran yang rendah, namun membutuhkan kelembaban yang tinggi. Maka dari itu tanaman ini mampu berada di suhu AC, tak lupa perawatan yang baik dan intensif.

 

aglaonema

tombol beli buku

 

Beli Bukunya Sekarang!aglaonema

tombol beli buku

Tips Perawatan Aglaonema

Berikut adalah tips perawatan tanaman Aglaonema:

  1. Pengoptimalan cahaya dengan cara memperhatikan tata letak tanaman agar tidak langsung terkena sinar matahari,
  2. Kebutuhan nutrisi unsur makro sangat diperlukan, seperti unsur K (kalium) untuk memperkuat antibodi dan melawan kekeringan tanaman, P (Fosfor) berfungsi membantu pertumbuhan akar sebagai dasar protein tanaman, dan N (Nitrogen)bermanfaat untuk pertumbuhan dan proses hijau daun selama fotosintesis yang akan berlangsung menjadikan pembentukan protein,
  3. Menjaga Kelembaban Suhu, karena suhu dan kelembaban sangat penting bagi pertumbuhan tanaman hias daun ini. Akan menjaga unsur kelembaban bagi pertumbuhan aglaonema itu sendiri dengan cara memenuhi unsur pH untuk menyerap nutrisi ideal yang berkisar pH 6,5 – 7. Keasaman media pun bisa berpengaruh dengan cara pemberian kapur penetral keasaman media.

Tanaman ini cocok untuk para hobi pemula karena, tanaman ini sangat mudah dirawat, kokoh di segala kondisi ruangan karena ia tumbuh mengambil dari cahaya (tidak langsung) di dalam ruangan. Selain itu tanaman Aglaonema bermanfaat agar menambah konsentrasi, menyerap racun di udara juga meningkatkan kualitas udara.

 

2. Calathea

Calathea
Calathea

Calathea merupakan genus dari tanaman berbunga keluarga Marantaceae Calathea  atau tanaman doa. Calathea merupakan jenis tanaman hias bermotif daun, umumnya bercorak garis dan memiliki warna yang beragam. Calathea menyukai udara yang lembab tetapi bukan tanah yang basah dan juga tidak suka tanah kering maka dari itu coba untuk mengecek terlebih dahulu sebelum menyiram dengan cara tempelkan jari ke tanah untuk merasakan media tanam cukup terasa kering. Tanaman ini bermanfaat sebagai penyejuk udara maka dari itu Calathea sangat cocok di simpan di dalam rumah.

 

Cara Perawatan Calathea

  • Media tanam untuk tanaman calathea adalah dengan menambahkan campuran tanah, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 2:2:1
  • Selalu bersihkan media tanam dari kerikil / sampah,
  • Calathea harus ditempatkan di tempat lembab dan tidak terlalu kena matahari langsung seperti, di depan halaman rumah,
  • Penyiraman dengan memperhatikan media tanam, jika bagian atas tanam sudah kering 2-3 hari sekali,
  • Pemupukan Calathea harus rutin selama 3-4 minggu sekali dengan campuran pupuk kandang, Npk, pupuk growmore terhitung 6 bulan sekali, tak lupa setelah diberi pupuk disiram.
  • Terkadang kutu putih menjadi penyebab tanaman sakit bahkan bisa mati, maka dari itu gunakan cairan pencuci piring untuk menghindarkan kutu putih
  • Potonglah daun-daun yang kering agar pertumbuhan baru lebih subur,
  • Dan tak lupa selalu membersihkan daun agar terlihat sehat dan segar.

 

3. Peperomia Watermelon

peperomia WatermelonPeperomia watermelon ini daunnya terlihat besar, polanya yang menonjol dengan garis-garis sangat mirip seperti buah semangka. Tanaman ini asli dari Amerika Selatan bagian Utara yang membutuhkan pencahayaan secara tidak langsung. Tanaman ini meskipun lucu namun Peperomia watermelon tanaman lambat untuk tumbuh.

Tips perawatan Peperomia watermelon:

  • Pencahayaan untuk tanaman peperomia menyukai cahaya yang tidak langsung, seperti lokasi simpan di samping jendela.
  • Media tanamnya dengan mencampurkan tanah dengan tanah gambut
  • Suhu dan kelembaban tanaman ini bertahan di suhu 18 derajat – 20 derajat celcius, terlebih butuh kelembaban yang tinggi seperti di dekat kamar mandi hanya saja jangan terkena air secara langsung,
  • Sebenarnya pupuk tidak terlalu diperlukan seperti tanaman lain, namun agar tanaman tetap senang berikan cairan pupuk yang telah dicairkan (sesuai dosis pupuk yang tertera) 1 atau 2 kali per bulan,
  • Perlu penggantian pot menyesuaikan akar peperomia, gantilah pot sekitar 2-3 tahun sekali agar tanaman semakin baik.

4. Scindapsus Treubii

Scindapsus TreubiiScindapsus Treubii atau lebih dikenal tanaman Sirih Gading Silver Susu. Tanaman tropis memiliki daun yang kecil, juga mempunyai banyak jenis dan warna bentuk yang beragam. Tanaman ini berasal Amerika Tengah dan Selatan. Scindapsus treubii akan lebih cantik jika tanaman rimbun, ini bisa mencapai 3 meter. Media tanam dengan penyerapan air dengan baik untuk penyiramanan cukup satu kali sehari, tidak boleh ditempatkan terlalu panas tetapi harus terkena cahaya matahari selain itu tak lupa pemupukan 2 minggu sekali.

Cara Perawatan Scindapsus Treubii:

  • Tanaman Scindapsus sangat mudah, media tanam pun hanya cukup tanah dan perlite saja. Namun jika mempunyai tanah gambut, ini pun sangat cocok karena Scindapsus tergolong tumbuhan hutan rawa gambut.
  • Tanaman ini biasanya menyukai sinar matahari secara tidak langsung namun cerah tetapi dalam kondisi minim cahaya, tempat yang pas adalah di pot gantung atau dekat jendela menghadap timur / barat dimana tempat cahaya terbit dan tenggelam .
  • Daun Scindapsus jika membutuhkan air ia akan menunjukan daun menjadi melengkung, namun daun akan kembali semula setelah disiram dan pastikan ketika disiram dalam keadaan tanah kering.
  • Selain itu tanaman Scindapsus menyukai suhu yang hangat, sangat cocok di area tropis seperti Indonesia.

 

5. Philodendron Selloum Variegata

Philodendron Selloum VariegataPhilodendron menjadi banyak dikenal karena bentuk daunnya yang menyerupai jari manusia yang sangat unik, mewah dan elegan yang menjadi incaran para pecinta tanaman hias. Tanaman ini bisa mencapai 5 kaki, daunnya yang tebal dengan  batang yang kokoh. Nah, jika kalian memelihara tanaman ini sebaiknya tidak mempunyai peliharaan karena tanaman hias ini beracun.

 Tips Perawatan Philodendron Selloum Variegata

  • Perlu diperhatikan, tanaman ini menyukai keadaan tanah yang sedikit lembab namun tidak basah. Siramlah tanaman ini dengan air secukupnya, meskipun menyukai lembab jangan memberikan air hingga menjadi genangan hingga penuh dalam pot karena akan menyebabkan busuk akarnya.
  • Tanaman Philodendron membutuhkan pencahayaan terang dan teduh, sebenarnya tanaman ini tumbuh di tempat yang teduh namun jangan terlalu gelap karena jika disimpan ditempat yang terlalu gelap akan menghambat tumbuhan dan terlihat tidak sehat.
  • Rutin setiap hari untuk menyemprotkan air (ringan) menggunakan spray, untuk meningkatkan kadar air udara yang dibutuhkan tanaman ini.
  • Salah satu suhu yang baik untuk tanaman Philodendron agar tumbuh dengan baik dengan menempatkan suhu yang hangat
  • Tanaman ini dapat terkena hama dari tungau, laba-laba juga kutu daun, tanaman pun terkena infeksi dapat berakibat mati pada tanaman. Pencegahan rutin untuk selalu disiram / spray permukaan tanah agar daun tetap kering.

 

Herba dan Tanaman Hias Penangkal Nyamuk dan Polusi Udara

Herba dan Tanaman Hias Penangkal Nyamuk dan Polusi Udara

tombol beli buku



Di kota-kota besar, lingkungan publik maupun perumahan, semakin tercemar. Berbagai polutan gentayangan di udara dan mudah terirup hidung. Masyarakat pun terancam menderita gangguan pernafasan, yang baru disadari setelah menjalar ke radang tenggorokan dan paru-paru. Selain itu, sebagian kawasan pemukiman pun tidak sehat.

Sanitasi yang jelek, sampah yang menumpik, saluran air mampet, banjir yang tak kunjung henti, memungkinkan nyamuk berkembang biak, Memunculkan penyakit seperti malaria, demam berdarah, dsb. Buku Herba dan Tanaman Hias Penangkal Nyamuk dan Polusi Udara ini melengkapi Anda akan kegunaan bahan-bahan alami untuk mengatasi polusi dan gangguan nyamuk.

Tanaman Hias Favorit Pembawa Hoki

Tanaman Hias Favorit Pembawa Hokitombol beli buku

Atas dasar keindahannya, kita mengenal tanaman hias daun dan tanaman hias bunga. Buku Tanaman Hias FAVORIT Pembawa HOKI ini menyajikan 16 jenis tanaman hias beken. Meliputi adenium, aglaonema, sanseviera, bambu rejeki, dll.

Plus foto-foto tanaman cantik, unik, dan eksotis. Dilengkapi syarat hidup, cara pemeliharaan, dan aneka tips membungakan. Buku ini juga menyajikan pengetahuan ihwal tanaman pembawa hoki. Siapa tahu tanaman hias Anda pun bisa mendatangkan keberuntungan dan rezeki.

 

6. Hypoestes phyllostachya

Hypoestes phyllostachyaHypoestes phyllostachya atau sering disebut tanaman polkadot merupakan spesies dari tanaman keluarga Acanthaceae, tanaman ini asli berada di Afrika selatan (Madagaskar) dan Selatan timur Asia. Dengan spesifikasi tanaman pendek, belukar dan mempunyai daun berwarna merah-merah muda-hijau. Banyak para penanam memilih tanaman ini karena tahan terhadap hama. Tanaman Hypoestes sangat cocok di daerah tropis.

Tips Perawatan Hypoestes phyllostachya

  • Saat setelah membeli baru tanaman ini, pisahkan dengan tanaman lain atau (mengkarantina) tanaman Hypoestes ini, sebab untuk memastikan bahwa tanaman Hypoestes tidak membawa hama / penyakit tanaman, setelah 2 minggu baru simpanlah di dalam pot.
  • Tanaman ini menyukai iklim tropis yang berkisar 22-25 derajat celcius , tanaman ini menyukai tempat yang panas namun tidak terkena matahari secara langsung, tak lupa untuk menyemprot bunga sesering mungkin (1- 2x sehari ) saat cuaca panas. Namun tanaman ini tidak terlalu kuat saat musim dingin, akan terlihat daun yang akan rontok hingga tanaman pun bisa mati jika tidak dalam suhu hangat.
  • Potong tunas daun di pucuk tanaman Hypoestes agar tunas membentuk cabang baru dan menjadikan tanaman subur.

 

7. Asplenium nidus L

Asplenium nidus L pinterestPaku Sarang burung dengan Bahasa Latin Asplenium nidus L termasuk ke dalam suku Polypodiaceae (suku anggota tumbuhan paku). Dalam bahasa ilmiah juga disebut sebagai paku epifit dan litofit. Memiliki ciri-ciri daun tunggal, banyak, berbentuk sabuk, berukuran 10 hingga 20 cm, lurus atau sedikit melengkung ke bawah pinggirnya agak bergelombang. Biasanya hidup di habitat daerah Afrika Timur, India tropis, Indonesia, Malaysia, hingga pulau-pulau di Samudera Pasifik.

Spesifikasi tanaman ini dengan daun berwarna hijau merah, tetapi jika terkena matahari daunnya akan terlihat menguning. Terdapat spora di bawah helai daun. Tanaman ini bisa hidup di daerah yang teduh dan lembab, maka dari itu tanaman ini cocok disimpan dalam ruangan tertutup ata tanaman hias.

Manfaat: Berdasarkan hasil penelitian empiris tanaman Paku sarang burung mempunyai banyak manfaat terutama untuk pengobatan seperti:

  • Obat penyubur rambut
  • Demam dan Sakit kepala
  • Gigitan / sengatan hewan berbisa

 

Tips Perawatan Asplenium nidus L

  • Perawatan tanaman paku sarang burung sebelum disiram sekitar 1 – 2 cm dari bagian atas tanah harus dalam keadaan lembab, jangan membiarkan media benar-benar kering.
  • Penyiraman tanaman paku sarang burung cukup seminggu sekali, namun saat musim kemarau 2 kali seminggu agar media tanam tetap hangat dan dapat berkembang lebih baik
  • Cek secara berkala, seringlah untuk membersihkan daunnya dan merubah posisi terhadap cahaya agar tanaman dapat berfotosintesis secara baik, dan pembersihan daun agar meminimalisir hama pada tanaman paku sarang burung.
  • Untuk pemupukan memang tidak harus rutin namun jika dalam jangka waktu yang lama, daunnya akan kusam juga pertumbuhannya akan berhenti, maka dari itu berikanlah pupuk sebulan sekali agar pertumbuhan tanaman lebih aktif dan bulan  berikutnya jika tanaman dalam keadaan normal, beri sekitar 3 hingga 6 bulan sekali pemberian pupuk.

 

8. Stromanthe Varieties



Stromanthe VarietiesTanaman Stromanthe adalah bagian dari genus keluarga Arrow. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Stromanthe tidak seperti tanaman lain yang banyak jenisnya, namun nyatanya tanaman ini memberikan terlihat tanaman eksotis. Karena tanaman ini bisa terbilang tanaman yang terancam punah. Dengan spesifikasi tanaman mempunyai daun yang panjang, elegan dan mengkilap dipadu dengan garis berwarna krem, putih, hijau muda dan sedikit merah muda. Namun, kekurangannya tanaman ini agak sulit untuk ditebak pertumbuhannya.

Tips Perawatan Stromanthe Varieties

  • Suhu yang paling baik untuk tanaman Stromanthe sekitar 22 – 25 derajat celcius.
  • Pencahayaan terang sangat cocok untuk tanaman ini karena jika tidak  memiliki cukup cahaya warna daunnya tidak akan memantulkan beraneka warna penuh.
  • Penyiraman dan kelembaban yang tinggi sekitar 90%, maka dari itu semprot lah menggunakan spray beberapa kali sepanjang hari.
  • Daun akan memberi sinyal layu yang muncul pada pucuk, yang menandakan suhu ruang / kelembaban terlalu dingin.

Adapun beberapa jenis Stroman cantic lainnya :

>  Stromanthe Amabilis

>  Stromanthe Sanguinea

 

9. Lemon Lime Dracaena 

Lemon Lime Dracaena Tanaman lemon lime merupakan tipe tanaman dari genus Dracaena, seperti berbentuk pedang mempunyai garis berwarna daun hijau. Selain itu daunnya yang cemerlang akan menarik perhatian para pecinta tanaman daun. Tanaman ini baik ditempatkan dekat jendela. Menurut NASA tanaman ini dapat menghilangkan senyawa organik yang menguap di udara dan dapat meningkat kualitas udara sekitarnya.

 

Cara Merawat Lemon Lime Dracaena 

Cara merawat tanaman ini untuk di daerah Indonesia termasuk mudah, karena sangat cocok dengan suhu tropis  dan cukup sedikit membutuhkan air.

  • Dracaena lemon lime menyukai tanah yang sedikit kering tidak terlalu lembab.
  • Selalu putar arah pemilihan cahaya matahari untuk memastikan pertumbuhan yang merata dan selalu merawat dengan cara membersihkan daun dengan lap basah , dan cek secara berkala untuk memeriksa bagian bawah agar terhindar dari hama.
  • Gunakan pupuk sebulan sekali dan ikuti sesuai instruksi pupuk agar tanaman menjadi lebih rimbun.
  • Pilihlah pot yang pas, karena jika pot terlalu besar akar tanaman akan tenggelam.

Sekilas Budidaya Tanaman Tropis Manfaat Bunganya Bagi Kesehatan

tombol beli buku

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dan di kenal dangan tanah yang sangat subur membuat negara kita ini dianugrahi beragam tumbuhan yang banyak bermanfaat untuk kesehatan manusia. Seiring berjalannya waktu, maka semakin sedikit orang mengetahui tetang manfaat tanaman obat untuk mengobati penyakitnya.

Mereka lebih memilih berobat dengan obat modern yang tanpa kita sadari mengandung zat kimia di dalamnya, padahal jika mengkonsumsi obat dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyakit lain. Buku ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca agar mengetahui bahwa bunga-bunga yang dihasilkan tanaman juga dapat diketahui sebagai herbal yang mampu mencegah maupun menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita oleh masyarakat.

Adapun bunga tanaman tropis yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain; bunga papaya, melati, mawar, turi, pisang, kenanga, cengkih, kecobrang, bunga sepatu dan bunga sukun. Semoga buku ini dapat memberikan inspirasi serta wawasan bagi pembaca serta pengambil kebijakan di kalangan pemerintah bahwa bunga-bunga tanaman tersebut selain mempunyai nilai ekonomis ternyata berkhasiat bagi kesehatan sehingga kemanfatannya dapat diketahui oleh masyarakat luas.

 

Pesona Tanaman Purba

tombol beli buku

Purba, langka, dan eksotis. Tiga kelebihan inilah yang membuat tanaman Cycas, Dioon, Enchepalartos, dan Zamia banyak diburu para hobiis dan kolektor tanaman hias. Kelangkaan tanaman-tanaman tersebut membuat harganya menembus angka puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Sayangnya, literature yang mengupas tanaman-tanaman yang sudah ada sejak 230 juta tahun lalu ini masih sangat jarang. Buku ini dihadirkan sebagai panduan praktis bagi para pencinta keempat tanaman purba yang usianya jauh lebih tua daripada dinosaurus ini. Di dalamnya dijelaskan cara menanam, merawat, memperbanyak, serta cara mengatasi gangguan hama dan penyakit sehingga tanaman purba yang Anda miliki dapat tampil prima.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy