in

Jenis Tanaman Hias Gantung Yang Cantik

Jenis Tanaman Hias Gantung Yang Cantik – Sangat banyak sekali pecinta tanaman di daerah kota maupun di luar kota, yang menjadikan suatu hobi yang sangat mengasyikan di masa kini dan bisa menjadikan peluang usaha. Tanaman hias pun semakin variatif dan semakin banyak jenisnya, salah satunya tanaman gantung.

Tanaman gantung adalah tanaman yang disimpan dalam pot dengan penempatan secara digantung, sering kali tanaman ini kita lihat di daerah perkotaan, kenapa? Karena tanaman gantung sangat mudah , simple, tidak terlalu sulit dan tidak terlalu kotor untuk mencocok tanaman ini.

Selain itu, dengan bentuknya yang kecil menjadikan daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias  meskipun dengan harga-harga yang bervariatif dengan keunikan tanaman yang berbeda-beda. Kebanyakan orang memilih tanaman gantung karena tidak sulit untuk merawatnya.

 

MANFAAT TANAMAN GANTUNG

 

  1. Memberikan nuansa sejuk dan indah

Memiliki tanaman gantung akan menjadikan suasana menjadi lebih banyak ruang oksigen yang masuk juga akan menjadi segar dan terasa indah, selain itu oksigen yang baik akan menjadikan pernafasan lebih sehat dan terhindar dari karbondioksida yang membuat masuknya penyakit di dalam tubuh.

  1. Mengurangi Rasa Stress

Selain menjadikan pernafasan lebih baik disekitar tanaman ini dapat mengurangi stres secara fisiologis maupun psikologis, juga membuat hati merasa tenang dan mampu menekankan sistem saraf simpatik dalam pikiran alam bawah sadar.

  1. Sebagian Aromaterapi Alami

Selain mempercantik halaman depan rumah sebagian tanaman gantung dapat berperan sebagai tanaman yang mengeluarkan wangi khas aroma terapi seperti lavender, mint, dll. Karena aroma terapi herbal ini akan memberikan efek tenang, segar dan akan merasa diri lebih rileks.

  1. Melancarkan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara itu sangatlah penting untuk kebutuhan hidup sehari-hari, karena sirkulasi udara yang bersih akan membuat keluarga dan lingkungan menjadi sehat. Bahkan hidup di kota akan penuh dengan polusi udara yang telah tercemar, maka dari itu tanaman gantung ini sangat cocok untuk di depan rumah dan tak lupa untuk menjaga dan merawat dengan baik.

  1. Dekorasi Halaman

Memang sangat banyak sekali tanaman yang kita sukai, tetapi tanaman gantung sangat cocok untuk dekorasi rumah agar terlihat lebih segar dan cantik menjadikan halaman lebih indah meskipun hanya beberapa tanaman saja dan masih banyak manfaat lainnya.

 

JENIS-JENIS TANAMAN GANTUNG

Beberapa jenis tanaman hias yang dapat digantung sekitar halaman rumah diantaranya:

 

Donkey Tail

Donkey tailDonkey Tail atau banyak yang mengatakan kaktus anggur yang mempunyai nama ilmiah Sedum Morganianum berasal dari Honduras, tumbuhan ini tumbuh di daerah iklim tropis. Memang terlihat seperti tanaman tanpa bunga, tapi ternyata tanaman ini berbunga lho biasanya bunganya berwarna merah dan merah muda.

banner-promo-gramedia

Cara Merawat: Memang daun donkey tail ini mudah rontok jika terkena goncangan, namun daun yang jatuh ditanah akan berkembang menjadi tanaman baru. Cara merawatnya pun mudah, setiap seminggu sekali selalu diputar penempatan posisi agar tanaman gantung ini berkembang mengikuti arah sinar matahari.

 

Peperomia Hope

Peperomia HopeTanaman ini termasuk dalam keluarga tumbuhan tropis Piperaceae yang dimana tanaman ini termasuk dalam keluarga lada, meskipun pertumbuhannya lambat namun tanaman ini kuat jika disimpan dalam rumah.

Cara Merawat: Masukan tanaman peperomia hope dalam pot lalu isi dengan media tanah yang subur dan simpan di bawah sinar tanpa terkena langsung sinar/ disimpan di tempat teduh atau cocok disimpan di ambang jendela menghadap timur atau barat. Sesekali saat tanah agak mengering semprotkan air untuk menjaga kelembapan tanaman, simpan di suhu sekitar 18°C hingga 26°C.

Selain itu saat musim dingin tanaman ini perlu disiram setiap 2 – 3 minggu sekali, namun ketika musim panas seminggu sekali pun sudah cukup.

 

Dischidia Geri

Dischidia GeriTanaman Dischidia Geri yang menjuntai berbentuk hati ini sangat cocok menghiasi jendela depan rumah, meskipun begitu mudah sekali untuk merawat tanaman ini bahkan cukup di tempat ruang yang kecil. Meskipun keseluruhan dedaunan berwarna hijau tanaman ini sangat terlihat segar dipandang.

Cara Merawat: Tanaman ini sangat mudah cepat beradaptasi cukup simpan di bagian sudut rumah, tanaman ini biasanya membutuhkan kelembaban yang tinggi, dengan cara perawatan disiram setiap hari dengan air yang cukup dan letakan kerikil untuk menahan akar yang sensitif pada air. Sebaiknya media tanaman diganti setiap tahunnya.

 

Blaster Heart

Blaster HeartMungkin orang-orang lebih mengetahui blaster heart ini serupa dengan nama sirih gading dengan bentuk hati, tanaman ini sangat cantik menjadi tanaman gantung yang mudah merambat. Namun jika ditanam dalam pot kecil dengan diletakan secara menggantung, tumbuhan ini akan menjuntai ke bawah, jika ingin terlihat lebih luas bisa kita buat jaring-jaring di pagar/tembok agar tanaman berkembang secara melebar. Selain itu gading sirih dapat menyerap racun berbahaya seperti halnya zat sisa cat kayu, cat tembok dan lainya.

Cara Merawat: Perawatannya sangat mudah, simpan tanaman ini di tempat yang terang dan tidak terkena langsung matahari dan penyimpanan yang baik di sudut ruangan atau pun di depan rumah. Karena jika terlalu lama terkena sinar matahari langsung pertumbuhannya tidak begitu baik.

 

Tillandsia Usneoides

Tillandsia UsneoidesTanaman tillandsia usneoides atau sering dibilang tanaman jenggot dewa ini sering tumbuh diatas pohon besar iklim tropis maupun subtropis dengan ketinggian hingga 3000 meter di cuaca yang hangat dengan kelembaban yang tinggi mencapai rata-rata. Biasanya sering ditemukan di pohon ek dan terkadang di rawa-rawa.

Cara Perawatan: Meskipun sebagian tidak butuh wadah tanah ataupun pot ini bisa tumbuh secara menggantung dengan perawatan secara berkala. Tanaman ini hanya membutuhkan air sedikit, karena tumbuhan ini dapat ternutrisi dari oksigen juga uap air yang ada di udara. Perawatan secara baik cukup dengan memberikan sinar matahari untuk pertumbuhan yang baik dan menyiramnya satu kali dalam waktu 2-3 minggu.

 

Rhipsalis Baccifera

Rhipsalis BacciferaSiapa sangka tanaman ini adalah bagian dari tanaman kaktus, La Rhipsalis baccifera adalah tanaman kaktus dari Amerika tengan dan Selatan, Benua afrika dan Srilangka. Biasanya tanaman ini ditempatkan pada ruang meja tinggi atau di balkon dan pastinya tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang populer. Rhipsalis Baccifera bertahan pada iklim tropis, bisa saja kita rawat dalam musim dingin hanya saja harus mempunyai pencahayaan (lampu taman) agar tanaman tumbuh lebih baik.

Cara Merawat: Jika kita menyimpannya di luar simpanlah di tempat yang teduh tidak boleh terkena sinar matahari langsung karena batangnya akan terbakar, namun jika tanamanan ini disimpan dalam rumah dibutuhkan pencahayaan yang cukup dan tidak terkena banyak angin, karena angin dapat menyebabkan batang cepat kering.

 

Anggrek

Siapa yang tak kenal tanaman Anggrek? Banyak sekali di Indonesia variasi bunga anggrek dengan penempatan secara menggantung. Meskipun harganya tidak murah namun para pecinta bunga anggrek selalu meningkat setiap tahunnya, karena bunganya yang unik dan eksotis selalu menjadi pencarian tipe-tipe baru. Meskipun banyak yang mencintai bunga ini tapi jangan salah, merawat tanaman ini tergolong sulit karena mudah mati dan layu. Tapi tak usah khawatir, ada beberapa tips agar tanaman anggrek tetap hidup dan berbunga.

banner-promo-gramedia

Cara Merawat: Bunga anggrek adalah tanaman yang cocok di iklim tropis yang pastinya membutuhkan cahaya secara tidak langsung, karena jika terkena cahaya berlebih akan terlihat kuning dan menjadi layu sehingga tanaman mati. Tak lupa dengan kelembaban dibutuhkan dengan cara memberikan air secara menggunakan alat spray secukupnya 1 atau 2 hari sekali. Jika kelebihan kadar air pada tanaman ini, biasanya akan cepat membusuk maka dari itu pilihlah dilingkungan yang sejuk dan bisa diletakan dibawah pohon besar atau bisa di gantung/tempel depan rumah agar terlihat indah.

 

Begonia

BegoniaBegonia memang khas dengan bunganya yang cantik menawan dan keistimewaan bunga ini terletak pada daunnya tanaman ini menyukai tempat yang lembab. Bunga Begonia mempunyai berbagai macam jenis dan warna yang menarik. Selain menjadi penghias dekorasi rumah tanaman begonia bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit seperti demam, obat pusing, dan bisul.

Cara Merawat:  Tidak hanya pupuk saja yang perlu diperhatikan, media tanam, air, tanah gembur, sinar matahari, dan pot harus selalu diperhatikan dengan benar. Atau  disarankan pilihlah tanah gembur yang dicampur sekam padi, lalu letakan di area yang tidak terpapar langsung cahaya matahari, berikutnya siram air secukupnya jangan sampai terlalu banyak karena jika terlalu basah akan busuk akar dan batangnya.

Tak lupa media tanam pupuk yang mengandung unsur hara, jika ingin lebih mudah gunakan kompos setiap 3 bulan sekali dan jika sudah tumbuh dengan akar yang besar, pindahkan ke pot yang lebih besar supaya perkembangan lebih baik.

 

Fuchsia

FuchsiaBunga Fuchsia ini dengan nama lain bunga lampion / anting india yang merupakan jenis tanaman gantung yang menyukai iklim lembab, bunga ini cantik sekali biasanya mengeluarkan aroma wangi sehingga sering dihinggapi hewan seperti burung dan serangga. Bunga ini akan berbunga sepanjang tahun hanya saja untuk memastikan bunga selalu mekar harus tetap rajin merawat dengan cara memberi pupuk dan menyiram tanaman secukupnya.

Cara Merawat: Gunakan sinar matahari yang cukup karena jika kelebihan sinar matahari akan cepat mati, gunakan tempat yang lembab dan tanah yang subur. Tanaman ini sagat rentan terhadap angin da

 

Lili Paris

Lili ParisTanaman Lili Paris sangat simple dan sederhana, banyak orang merawat tanaman ini untuk hiasan di depan rumah maupun tanaman gantung. Dengan memiliki daun yang memanjang kecil dan bertepi putih ini tidak rewel, karena kuat saat terkena musim hujan maupun panas. Tanaman ini pun bermanfaat untuk pembersih udara di area rumah, karena dapat melenyapkan senyawa karbon monoksida dan dapat membuat halaman rumah menjadi terasa alami.

Cara Perawatan: Karena tanaman ini sangat mudah dirawat cukup dengan menyiram tanaman 1-2 hari sekali pada musim panas, namun jika musim hujan cukup seminggu sekali. Jika tanaman sudah semakin melebar maka sebaiknya ganti pot agar pertumbuhan tanaman lili semakin maksimal

 

Tanaman Sirih Belanda

Tanaman Sirih BelandaTanaman sirih belanda (epipremnum aureum) adalah tanaman gantung merambat yang sangat cepat, dengan variasi warna daun hijau besar dan kuning merupakan tanaman anti polutan. Selain praktis harga yang murah dan perkembangan daun yang cepat, membuat orang menjadi tertarik dengan tanaman ini.

Cara Merawat: Pilihlah pot gantung yang kuat agar tidak jatuh dan pecah karena tanaman ini sangat cepat pertumbuhannya atau selain dengan cara digantung bisa membuat jaring rambat di area pagar/tembok karena jika sudah subur akan terlihat lebih menarik dan alami karena pertumbuhannya yang begitu cepat. Tidak lupa untuk memangkas daun-daun yang sudah tua, agar daun muda bisa tumbuh kembali udara pun semakin segar.



 

Epiphyllum oxypetalum

Epiphyllum oxypetalumBunga wijaya kusuma (Epiphyllum oxypetalum) atau sering disebut dengan “Ratu malam” termasuk jenis tanaman kaktus yang berasal dari Mexico. Biasanya tanaman ini hidup di daerah iklim sedang juga iklim tropis.

Bunga Wijaya kusuma berkembang hanya di malam hari, bunga ini akan mengeluarkan aroma wangi yang khas dan buahnya seperti buah naga, spesifikasi bunga kaktus ini memiliki kelopak berwarna putih dengan bulir-bulir berbentuk batang pada bagian tengah. ukuran bunga bisa mencapai 10 -15 cm ketika mekar, daunnya bisa mencapai 80-150 cm dengan batang wijaya kusuma setinggi 1 hingga 2 meter.

 

Cara merawat : Perawatan bunga ini dapat dilakukan penyiraman seminggu sekali, karena bunga ini termasuk bagian dari kaktus yang dapat tahan dengan kondisi panas dan kering.Penyaringan (pengambilan tanaman yang terkena gulma) secara teratur untuk mencegah gulma agar tidak mengambil nutrisi tanah, dan tidak lupa untuk memberi fungisida dan insektisida di beberapa bagian tanaman yang terkena gulma.

 

Tips-tips Merawat Tanaman Gantung

Ada beberapa tanaman yang dapat merusak pot saat bekembangnya tanaman, agar perawatan lebih maksimal inilah beberapa tips untuk tanaman gantung supaya berkembang lebih baik, diantaranya :

  1. Pilih Pot Yang Sesuai Dengan Tanaman

Memilih pot bukan hanya sekedar bagus, lucu ataupun keren selain itu ukuran pun menjadi bahan pertimbangan dalam memilih pot dan bahan dasar pot pun menjadi suatu yang penting dengan memahami tanaman yang akan dipilih dalam pot tersebut.

  1. Pangkas Daun Yang Sudah Kering

Agar tanaman gantung semakin terlihat cantik dan enak dipandang berikan sedikit waktu untuk memangkas daun, ranting, yang sudah tua agar pucuk baru berkembang lebih baik. Karena pemangkasan ini sangatlah penting untuk pencegahan tanaman tidak terkena hama dan menjadikan terlihat lebih rapi dan terawat.

  1. Putar Posisi Pot

Terkadang ketika membeli tanaman kita hanya menempatkan tanpa rotasi pot di salah satu tempat hingga berhari-hari, berbulan-bulan bahkan sampai tanaman mati. Sebaiknya, mulai dari sekarang cobalah untuk memutarkan pot ke arah yang berbeda kemungkinan besar tanaman tidak berkembang dengan baik karena kurangnya cahaya matahari.

 

Kesimpulan :

Tanaman gantung sangat diminati oleh pecinta tanaman dengan tingkat harga yang relatif berbeda-beda, selain itu tanaman ini memberikan kesan asri dan segar ditempatkan pada sudut atas rumah, balkon maupun digantung depan rumah.

Kebanyakan dari tanaman hias ini cocok di iklim tropis dengan pencahayaan yang banyak namun tidak terkena sinar matahari langsung (teduh), juga tidak lupa untuk memberikan air dengan secukupnya karena jika terlalu banyak akan mengakibatkan tanaman mati dan bisa berakibat busuk.

Upayakan ketika tanaman semakin tumbuh pindahkan ke pot yang lebih besar, agar tanaman lebih baik dan meningkat kesuburan agar tidak lupa memotong daun yang sudah kering atau menguning, agar memulai perkembangan daun yang baru.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy