in

Review Buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam Karya Nancy Springer

Rating 4,2/5

 

Grameds, siapa yang tidak tahu Sherlock Holmes dan Mycroft Holmes mereka berdua adalah detektif yang sangat populer dan memiliki adik bernama Enola Holmes. The Enola Holmes adalah novel fiksi dewasa muda dengan genre misteri detektif karya penulis Amerika yang terkenal yaitu Nancy Springer. Novel serial The Enola Holmes Mysteries ini terdiri dari delapan novel yang ditulis oleh Nancy Springer dari tahun 2006 hingga 2022.

Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

button cek gramedia com

Kedelapan judul novel itu, yakni  The Case of the Missing Marquess atau Kasus Hilangnya Sang Marquess (2006), The Case of the Left-Handed Lady atau Misteri Nona Bertangan Kidal (2007),  The Case of the Bizarre Bouquets atau Misteri Buket Bunga Kematian (2008), The Case of the Peculiar Pink Fan (2008), The Case of the Cryptic Crinoline (2009), The Case of the Gypsy Goodbye (2010),  Enola Holmes and the Black Barouche (2021), dan  Enola Holmes and the Elegant Escapade (2022). Nah grameds pada artikel ini akan dibahas mengenai ulasan singkat novel Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam atau The Enola Holmes And The Black Barouche. Simak artikel nya dibawah ini !

Sinopsis Buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

Pada usia lima belas tahun, Enola tinggal sendirian di Klub Wanita Profesional dan memiliki sejarah detektif. Saat mengunjungi Sherlock muncul wanita muda yang putus asa bernama Miss Letitia Glover, meminta bantuan untuk mengetahui nasib saudara kembarnya Felicity, Ketika Miss Letitia Glover datang meminta bantuan Sherlock, Enola yang justru mengulurkan tangannya.

Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

button cek gramedia com

Letitia menceritakan bahwa dia menerima surat singkat dari Earl Dunhench, suami dari saudaranya, Felicity Glover, yang mengatakan bahwa Felicity telah meninggal. Namun, Letitia Glover yakin itu tidak benar. Isi dari surat tersebut begitu mencurigakan, sertifikat kematiannya bahkan lebih mencurigakan lagi sepertinya ditandatangani oleh John H. Watson, MD (yang menyangkal mengetahui hal tersebut). Hal tersebut membuat Enola tertarik, tapi satu-satunya cara untuk mencari kebenaran adalah dengan menyusup ke kediaman sang Earl, sesuatu yang sangat dibantah oleh Sherlock.

Saat mereka menyelidiki kematian tersebut, mereka menemukan dokumen palsu dan hubungan dengan istri pertama Earl, yang juga meninggal secara mencurigakan. Enola menyamar di rumah Earl, atas protes Sherlock, dan menemukan bahwa Felicity hilang setelah barouche hitam misterius terlihat di rumah. Enola dan Sherlock menyusun rencana, tetapi untuk mewujudkannya mereka memerlukan bantuan Leticia, Dr. Watson, dan teman Enola, Viscount Tewkesbury, Marquess of Basilwether.

Profil Penulis Buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

Penulis Enola Holmes adalah Nancy Springer dibesarkan di Gettysburg, Pennsylvania bersama keluarganya. Nancy Springer pernah membantu orang tuanya mengelola motel.

Ia memiliki dua orang anak dari pernikahan pertamanya dengan Joel Springer.

Selain menulis, ia juga aktif dalam kegiatan sosial seperti memberi makan kucing liar dan melukis wajah untuk penggalangan dana perpustakaan umum.

Kecintaannya pada cerita detektif, khususnya karya Sir Arthur Conan Doyle tentang Sherlock Holmes, menginspirasinya menciptakan karakter Enola Holmes.

Selain menulis seri Enola Holmes, ia juga telah menghasilkan banyak karya lain yang diterbitkan oleh berbagai penerbit. Novelnya Larque on the Wing memenangkan Tiptree Award pada tahun 1994. Dia juga menerima Penghargaan Edgar dari Mystery Writers of America untuk novelnya Toughing It pada tahun 1995 dan Looking for Jamie Bridger pada tahun 1996. Selain itu , dia menerima Penghargaan Carolyn W. Field dari Asosiasi Perpustakaan Pennsylvania pada tahun 1999 untuk novelnya Saya Mordred .

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Kelebihan dan Kekurangan Buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros
  • Penulis dapat menggambarkan suasana dan latar dengan baik
  • Penulisannya mudah dipahami dengan tempo yang cepat.
  • Terdapat epilog dan prolog dari sudut pandang Sherlock yang membantu pembaca memahami seri sebelumnya
  • Mister yang dihadirkan dalam buku tidak terlalu berat dan dapat dinikmati
  • Merupakan buku terjemahan dengan terjemahan yang mudah dipahami.
Cons
  • Terdapat kata-kata kotor dan adegan kekerasan
  • Perlu membaca buku seri enam sebelumnya agar dapat mengikuti perkembangan karakter Enola Holmes itu sendiri

Kelebihan Buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

button cek gramedia com

Kelebihan buku ini yang pertama adalah penulis berhasil menggambarkan dunia dengan latar tahun 1800an di London dengan baik. Melalui ceritanya, pembaca dapat membayangkan latar, orang, pakaian, persahabatan, ketidakadilan, hubungan saudara kandung dan rumah-rumah. Selain itu itu tidak hanya menceritakan mengenai misteri, buku ini juga diselipkan dengan berbagai humor yang meringankan pembaca.

Penulisan novel Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam ini mudah dipahami dan dengan tempo yang cepat, jadi sangat cocok untuk pembaca dewasa muda atau kelas menengah atas, bahkan orang dewasa akan menikmatinya. Enola Holmes dan Black Barouche adalah bacaan singkat yang sangat direkomendasikan bagi para penggemar misteri sejarah yang menarik atau cerita sejenis Sherlock Holmes yang unik. Enola yang cerdas dan tak kenal takut hampir dijamin akan mencuri hati dan membuat kita tersenyum.

Selain itu juga untuk epilog dan prolognya penulis menggunakan sudut pandang dari Sherlock. Buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam ini sendiri merupakan buku ke tujuh yang dikeluarkan oleh penulis. Dengan adanya prolog dari sudut pandang Sherlock ini merupakan rangkuman dari 6 cerita sebelumnya maka hal ini akan membantu pembaca yang baru saja mau memulai membaca mengenai cerita Enola Holmes. Selain prolog sudut pandang Sherlock juga dapat kita temui pada bagian Epilog.

Meski buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam ini merupakan buku misteri kamu tidak perlu khawatir kebingungan atau pusing menikmati ceritanya. Buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam ini memiliki masalah yang tidak terlalu berat dan dapat dinikmati dengan baik meski dengan pembaca pemula. Meski begitu cerita misteri ini terus membuat pembaca menebak-nebak dan terdapat lika-liku cerdas yang tetap membawa pembaca ikut terlibat didalamnya.

Untuk bahasa nya sendiri, buku ini merupakan buku terjemahan namun versi bahasa Indonesianya dapat dipahami dengan mudah dan tidak menggunakan bahasa yang sulit dan kaku sesuai dengan terjemahan. Selain itu buku ini juga memiliki penempatan tulisan yang rapi dan tidak acak-acakan sehingga lebih menarik untuk dibaca.

Kekurangan Buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

button cek gramedia com

Karena buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam ini merupakan buku misteri tentu ada beberapa adegan dengan kata-kata kotor dan juga kekerasan. Bagi kamu yang masih dibawah umur untuk membaca buku ini maka disarankan untuk tidak membaca buku ini, buku ini dikhususkan untuk dewasa atau dewasa muda, contohnya diceritakan enola menebas seorang penjahat dengan belati dan menempelkannya ke tenggorokan seseorang.

Buku ini merupakan buku ketujuh dari seri Misteri Enola Holmes yang bertotal ada delapan buku, Meski buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam ini dapat berdiri sendiri tanpa grameds membaca keenam seri sebelumnya namun alangkah lebih baik jika kamu sudah membaca seri sebelumnya agar keseruan dan perkembangan karakter dari Enola Holmes itu sendiri terasa.

Penutup

Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

button cek gramedia com

Grameds, buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam ini cocok untuk kamu yang menyukai cerita misteri dengan unsur detektif didalamnya. Tidak hanya membahas mengenai misteri namun didalamnya juga diselipkan dengan sedikit humor dan kita dapat melihat hubungan saudara yang sangat erat antara Enola dan juga Sherlock dalam menyelesaikan misteri ini. Buku ini memang merupakan seri dari buku misteri Enola Holmes jadi bagi grameds yang ingin membaca semua ceritanya kamu bisa membaca keenam buku sebelumnya agar dapat memahami ceritanya.

Jika Grameds tertarik membaca buku Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam  ini, Grameds bisa mendapatkannya di Gramedia.com atau toko buku Gramedia terdekat di kotamu. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku yang berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca

 

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Kisah Misteri Enola Holmes: Kasus Perpisahan Gipsi

Enola Holmes #6 Kasus Perpisahan Gipsi

button cek gramedia com

Sebuah surat di Ferndell Hall yang ditujukan kepada Enola tampaknya akan menjawab teka-teki besar yang selama ini mengikuti Enola dalam setiap petualangannya. Dengan ornamen gipsi menakutkan, Enola yakin surat tersebut datang dari sang ibu. Namun, Dr. Ragostin juga masih memiliki kasus yang perlu diselesaikan. Duque Luis del Campo telah kehilangan istrinya yang berharga, Duquessa Blenchefleur, secara misterius. Wanita itu masuk ke dalam stasiun kereta bawah tanah Baker Street dan tidak pernah keluar dari sana.

Dalam seri terakhir ini, Enola bukan hanya bergerak untuk orang yang membutuhkan pertolongannya, tetapi lebih dari itu, Enola belajar untuk membuka hati dan menerima uluran tangan dari kedua kakak kandungnya. Enola Holmes #6 Kasus Perpisahan Gipsi Merupakan cerita detektif yang tidak terlalu berat sehingga cocok untuk para pembaca muda maupun dewasa. Bisa juga dibaca oleh para penggemar Sherlock Holmes karena tokoh kakak Enola tersebut kerap muncul dalam serial petualangan adiknya. Dalam seri ke enam ini, hubungan antara Enola, Sherlock, dan Mycroft digambarkan dengan sangat seru dan penuh kehangatan.

Kisah Misteri Enola Holmes : Kasus Menghilangnya Sang Marquess

Kisah Misteri Enola Holmes : Kasus Menghilangnya Sang Marquess

button cek gramedia com

Novel The Case of the Missing Marquess an Enola Holmes Mystery bercerita tentang Enola Holmes, adik bungsu dari kakak-beradik detektif terkenal, Mycroft dan Sherlock. Saat hari ulang tahunnya, ibunya Enola Holmes menghilang dan meninggalkan petunjuk untuk ia pecahkan. Enola langsung menghubungi Mycroft dan Sherlock untuk membantunya memecahkan kasus tersebut, namun kakak-kakaknya itu malah berniat untuk memasukkannya ke dalam sekolah asrama karena menganggapnya merepotkan. Tidak setuju dengan rencana kakaknya, Enola kabur dari asrama dan memutuskan untuk memecahkan kasus tersebut serta mencari ibunya seorang diri.

Enola Holmes yang berusia 14 tahun hidup di zaman itu. Beruntungnya, ia dibesarkan oleh seorang ibu yang tak tunduk pada aturan-aturan tersebut (walau belakangan Enola menyadari alat-alat penyiksa wanita itu “berguna” untuk hal lain). Ya, Lady Teodora Holmes yang janda sangat berbeda dengan wanita kebanyakan. Oleh sebab itu keluarga mereka selalu menjadi gunjingan. Apalagi keberadaan Enola dianggap aib, ia dilahirkan saat Mrs. Holmes sudah berusia paruh baya. Karena itu usia Enola terpaut jauh dengan kedua kakaknya.

Tapi, suatu hari Mrs. Holmes menghilang. Enola yakin terjadi sesuatu terhadap ibunya. Ia mengirim surat pada kedua kakaknya yang berada di London. Enola Holmes meminta tolong kedua kakak laki-lakinya; Sherlock Holmes dan Mycroft Holmes untuk memecahkan misteri kni.

Namun, kedua kakak laki-lakinya itu malah menganggapnya mengganggu penyelidikan dan hendak mendaftarkannya ke sekolah asrama. Tidak setuju dengan rencana kakak-kakaknya, Enola memutuskan untuk kabur dan memecahkan kasus itu seorang diri!

Kisah Misteri Enola Holmes – Misteri Nona Bertangan Kidal

Kisah Misteri Enola Holmes - Misteri Nona Bertangan Kidal

button cek gramedia com

Enola memutuskan menyamar menjadi Ivy Meshle, seorang sekertatis muda, untuk memecahkan kembali Lady Cecily, putri bangsawan yang menghilang sejak beberapa waktu lalu. Namun, ia menemukan banyak kejanggalan dalam kasus tersebut. Kenapa diari sang nona ditulis dari arah sebaliknya? Dan bagaimana bisa, Enola merasa suara hatinya disuarakan saat membaca tulisan Lady Cecily dalam diari tersebut? Di waktu yang bersamaan, Sherlock berhasil memecahkan kode yang dipakai Enola dan ibunya untuk berkomunikasi dan bertekad untuk menemukan adik perempuannya itu apa pun yang terjadi!

 

Written by Devina

Hai aku devina, bagi ku menulis adalah hal yang menarik untuk aku jalani. Dengan menulis aku bisa mengetahui banyak hal dan informasi yang tidak pernah aku tahu sebelumnya. Menulis juga membuatku bisa bercerita tentang banyak hal yang unik.

Kontak media sosial Instagram saya Christin Devina