in

Review Novel Mencintaimu Sampai Kau Mau Karya Kurniawan Gunadi

Rating: 4.15

 

Novel berjudul Mencintaimu Sampai Kau Mau karya Kurniawan Gunadi ini telah diterbitkan dalam cetakan terbaru oleh Penerbit Bentang Pustaka pada 11 Juni 2023. Dengan total 168 halaman, karya ini mengisahkan tentang perjalanan pencarian yang merentang ruang dan waktu, menjejak setiap lorong kota, dan merenungi dalam keheningan doa-doa yang tak pernah berhenti.

Mencintaimu Sampai Kau Mau

button cek gramedia com

Pertanyaan mendasar yang akan muncul ketika membaca buku ini: mengapa manusia terus mencari meski mengetahui upayanya mungkin sia-sia? Bagaimana kekuatan doa dan harapan yang tetap menyala mampu menggerakkan langkah-langkahnya? Melalui gaya narasi yang puitis dan penuh emosi, novel ini akan mengajak pembaca untuk merasakan tiap langkah yang diambil oleh tokoh utamanya. Apakah kamu siap untuk mengarungi perjalanan yang penuh dengan rasa penasaran dan emosi ini?

Bagi yang ingin ikut menjelajahi dan merenungkan kisah ini, kamu dapat membaca buku Mencintaimu Sampai Kau Mau yang tersedia di Gramedia.com. Sebelum membaca buku ini Gramin sudah siapkan ulasan tentang buku ini secara spesial buat kamu, mulai dari sinopsis sampai pesan moralnya. Sebelum masuk ke ulasan lengkap buku ini, kita kenalan dulu yuk dengan penulis buku ini, Kurniawan Gunadi.

Profil Kurniawan Gunadi – Penulis Novel Mencintaimu Sampai Kau Mau

Kurniawan Gunadi, atau yang akrab disapa Masgun, adalah seorang ayah yang sangat menyukai menulis cerita fiksi. Salah satu tulisannya, yang berjudul Asal Bukan Itu dipublikasikan pada tanggal 6 Juli 2023 di situs kurniawangunadi.tumblr.com. Sebelum menyelesaikan kuliahnya, ia belum memiliki gambaran jelas tentang pekerjaan yang benar-benar diinginkannya. Pada saat itu, menjadi seorang penulis bukanlah sesuatu yang pernah terlintas dalam pikirannya. Namun, dia memiliki keyakinan yang kuat tentang jenis pekerjaan apa yang tidak ingin dijalani.

Mencintaimu Sampai Kau Mau

button cek gramedia com

Masgun hidup dengan prinsip bahwa pengetahuan akan apa yang tidak diinginkannya memotivasi dirinya untuk mencari dan menerima segala jenis pekerjaan, selama bukan termasuk dalam kategori yang tidak diinginkannya. Dia tidak pernah menutup diri terhadap pengalaman baru dan selalu siap untuk menjelajahi berbagai hal.

Dengan tekad untuk menemukan keselarasan dengan jiwa, Masgun sudah menjelajahi berbagai tempat dan aktivitas yang dirasa dapat menjadi bagian dari kehidupannya. Kendati mengalami tantangan dan rintangan, Masgun memegang komitmen yang kuat untuk terus menjalankan aktivitas tersebut tanpa pernah mengalihkan fokusnya. Masgun adalah seorang pribadi yang memiliki komitmen, fokus, dan pendirian yang kuat.

Sinopsis Novel Mencintaimu Sampai Kau Mau

Mencintaimu Sampai Kau Mau

button cek gramedia com

Aku terus mencari kehadiranmu. Di balik gugusan awan di langit. Di antara suara gemerisik angin. Meskipun aku sadar bahwa engkau tidak berada di sana. Aku terus mencari, menjelajahi jalan-jalan kota dan tikungan-tikungannya, mencari di tempat-tempat di mana bus sering berhenti. Meskipun aku tahu engkau tidak akan pergi ke sana. Aku belum berhenti mencarimu. Di dalam doa-doa yang selalu terucap, di antara pertanyaan-pertanyaan yang aku ajukan kepada orang-orang, dan dalam harapan yang tumbuh dari keyakinan dan keimananku.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Mencintaimu Sampai Kau Mau

Mencintaimu Sampai Kau Mau

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros
  • Relevan dengan pembaca yang muda.
  • Bahasa yang mudah dicerna dan mendalam.
  • Terdapat kutipan dan kolom jurnal di dalam buku.
  • Gaya bahasanya puitis dan ada cita rasa islami.
Cons
  • Premis cerita yang kurang relevan bagi beberapa pembaca. 

Kelebihan Novel Mencintaimu Sampai Kau Mau

Mencintaimu Sampai Kau Mau

button cek gramedia com

Buku Mencintaimu Sampai Kau Mau karya Kurniawan Gunadi menghadirkan sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat bagi pembaca muda yang tengah menjelajahi kompleksitas cinta dan eksplorasi diri. Dengan fokus yang bacaan yang relevan untuk pembaca dengan usia 18-24 tahun, buku ini menyajikan tema-tema yang sangat dekat dengan pengalaman hidup mereka, memungkinkan mereka untuk merenungkan dan memahami lebih dalam tentang perasaan hati dan perjalanan cinta mereka di dalam kehidupan.

Salah satu kelebihan utama dari buku Mencintaimu Sampai Kau Mau ini adalah penggunaan bahasa yang mudah dicerna namun tetap mampu menghadirkan kedalaman emosi yang mendalam. Lewat buku ini penulis berhasil memadukan kata-kata dengan indah, sehingga bisa membangkitkan gelora jiwa pembaca melalui gaya bahasanya yang puitis karena terasa sangat alami dan mengena. Selain itu, buku ini juga memperkaya pengalaman membaca dengan kutipan dan kolom jurnal di dalamnya. Kutipan serta kolom jurnal yang dimasukan kedalam buku ini bisa menjadi wadah refleksi pribadi yang memberikan dimensi tambahan bagi pembaca untuk lebih dalam lagi meresapi cerita yang disampaikan.

Gaya bahasa puitis yang diselipkan dalam novel Mencintaimu Sampai Kau Mau ini juga mencerminkan cita rasa Islami sehingga memberikan nuansa spiritual dan filosofis yang khas. Meskipun porsi sastranya kuat, nilai-nilai kehidupan dan Islam tersirat dengan indah dalam setiap kalimatnya. Hal ini menjadikan buku ini bukan sekadar cerita cinta biasa, melainkan juga sebuah medium yang menginspirasi pembaca untuk mengembangkan pemahaman tentang kehidupan dan agama.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Kekurangan Novel Mencintaimu Sampai Kau Mau

Mencintaimu Sampai Kau Mau

button cek gramedia com

Dari ulasan kelebihan buku Mencintaimu Sampai Kau Mau karya Kurniawan Gunadi di atas, Grameds pasti sudah tahu bahwa buku ini menghadirkan banyak kelebihan yang menarik, namun bukan berarti buku ini tidak memiliki kekurangan. Kekurangan utama dari buku ini terletak pada inti cerita yang lebih banyak membahas isu-isu sebelum bertemu jodoh. Hal ini bisa jadi membuat beberapa pembaca merasa kurang relevan, terutama bagi mereka yang sudah memiliki jodoh.

Meskipun buku Mencintaimu Sampai Kau Mau ini menghadirkan pemikiran yang dalam mengenai cinta dan eksplorasi diri, fokusnya pada fase sebelum bertemu jodoh dapat membuat beberapa pembaca yang sudah memiliki jodoh merasa kurang terhubung secara langsung dengan ceritanya. Selain itu, beberapa bagian mungkin terasa repetitif bagi pembaca yang sudah familiar dengan konsep-konsep cinta dan pengembangan diri yang diangkat dalam buku ini.

Namun, bagi pembaca yang masih dalam fase pencarian jodoh, buku Mencintaimu Sampai Kau Mau ini menawarkan pandangan yang insightful dan inspiratif, memberikan berbagai perspektif yang dapat membantu mereka lebih memahami diri sendiri dan perjalanan cinta yang mereka jalani. Secara keseluruhan, buku ini tetap memiliki nilai yang berharga, tergantung pada fase kehidupan yang sedang dialami pembacanya.

Pesan Moral Novel Mencintaimu Sampai Kau Mau

Mencintaimu Sampai Kau Mau

button cek gramedia com

Buku Mencintaimu Sampai Kau Mau mengajak kita untuk memperluas pandangan tentang cinta dari berbagai perspektif. Seperti hubungan antara seorang hamba dan penciptanya, terutama dalam kecintaan pada diri sendiri, dalam hubungan antar pasangan, dalam kasih sayang orang tua kepada anak, serta dalam bentuk-bentuk cinta lainnya kita harus memperluas pandangan kita tentang apa itu cinta. Lewat hal ini kita akan lebih mensyukuri hubungan yang kita bentuk oleh setiap orang kita sayang.

Selain itu, buku Mencintaimu Sampai Kau Mau ini juga seperti sahabat yang memberikan nasihat untuk menghadapi realitas dalam hubungan cinta. Menyadarkan betapa pentingnya membuat keputusan bersama dengan hati yang lapang, serta mempertimbangkan konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil. Buku ini juga mengajarkan kita untuk selalu bersiap dalam menghadapi kenyataan, bahwa tidak semua hal yang kita inginkan akan kita dapatkan dan menjadi akhir yang bahagia. Inti dari buku ini adalah untuk mendorong pembaca agar belajar tentang penerimaan, ketabahan, dan komitmen dalam menjalani setiap aspek kehidupan dan cinta.

Bagi Grameds yang ingin membaca buku Mencintaimu Sampai Kau Mau karya Kurniawan Gunadi, kalian bisa dapatkan hanya di Gramedia.com ya! Gramin juga sudah menyiapkan buku-buku rekomendasi lainnya di bawah ini, lho. Yuk langsung saja dapatkan buku-buku terbaik hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Gabriel

 

Rekomendasi Buku

Athar: Cinta Dalam Ikhlas

Athar: Cinta Dalam Ikhlas

button cek gramedia com

Setiap manusia, pasti pernah merasakan sulitnya melupakan sebuah memori. Meski kita setengah mati berusaha menghilangkannya dalam ingatan, namun sulit kita lupakan. Justru semakin besar energi kita untuk melupakan, maka semakin besar pula memori tersebut muncul bak film drama dengan detail yang tergambar di depan mata. Memori itu menjadi bagian tak terpisahkan dari momen hidup kita, mewarnai dan menghantui hidup setiap manusia. Bahkan sesekali, memori itu mampu masuk ke dalam mimpi kita, dan membuat kita terbangun dari tidur dengan mata yang berair.

Memori itu bernama kehilangan. Kehilangan membuat hati terasa tertusuk. Membuat dada terasa sesak menghimpit. Menyisakan perih yang berlarut-larut. Siapa yang pernah mengalami kehilangan? Aku pernah, tak hanya sekali, namun berkali-kali. Meski pada akhirnya, dari kehilangan pula aku belajar bagaimana caranya memaknai hidup. Sekarang, izinkan aku menceritakan sedikit kepadamu.

Aurora Cinta Purnama. Aku sudah berusaha mengikhlaskanmu. Namun pada akhirnya, memang hanya kamu sosok yang kuyakini akan menjadi jodohku nanti. Ya, ternyata aku masih berharap kamulah yang menjadi pasanganku, meski sudah bertahun-tahun lamanya kita tak bertemu. Keyakinanku kepadamu tak pernah pudar, fatwa hatiku masih tetap sama. Aku ingin memperjuangkanmu, Ara, supaya kita dapat bersatu. Oleh karena itulah, wajar jika aku berharap kepada Allah agar kita bisa dipertemukan di saat yang tepat. Tetapi, apakah kamu menyimpan keyakinan dan keinginan yang sama denganku?

Ketika Cinta Butuh Jeda

Ketika Cinta Butuh Jeda

button cek gramedia com

Ketika Cinta Butuh Jeda adalah novel remaja karya Arganov yang diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer pada tahun 2019. Sesuai judulnya, novel ini merupakan kisah fiksi yang mengangkat tema romansa yang cocok dinikmati para remaja wanita.

Besarnya rasa cinta Yesha terhadap Devans membuatnya sakit hati ketika Devans justru menyatakan perasaan para wanita lain. Hal ini membuat Yesha sakit hati dan menutup pintu hatinya dari orang lain. Bahkan ketika Ari berusaha untuk menyembuhkan lukanya dan menyatakan perasaannya pada Yesha, gadis itu tetap bergeming dan menolak menerima pria lain di dalam hatinya.

Setelah tahun demi tahun berlalu, Yesha tetap tak bisa mengeluarkan Devans dari hatinya. Saat cinta pertamanya kembali masuk dalam kehidupannya, Yesha kembali terpuruk untuk kedua kali dalam hidupnya. Kali ini, sanggupkah Yesha menyelesaikan problematika hatinya dan merelakan Devans seumur hidupnya? Atau akankah Yesha berusaha merengkuh Devans ke dalam pelukannya?

BSD Laiqa: Cintaku Itu Kamu, Halalku

BSD Laiqa: Cintaku Itu Kamu, Halalku

button cek gramedia com

Tiga kali Mama berusaha menjodoh-jodohkanku dengan lelaki yang … duh, istilah yang tepat apa ya … ajaib pokoknya! Tiga kali pula aku menolak dengan cara halus, sampai konfrontasi dengan Mama.

Aku sampai tidak peduli ketika Mama masih bersikeras menjodohkanku dengan anak dari sahabat SMA Mama yang tinggal di Bandung. Gila aja, si Abay-Abay ini, yang umurnya empat tahun di bawahku, terakhir bertemu denganku ya waktu dia dikhitan dulu! Ya ampun, dia masih imut-imut, gendut, dan menggemaskan.

Eh, eh, tapi … waktu janjian sama Abay versi dewasa di sebuah kafe, kok dia beda? Kok … dia betulan jadi laki-laki dewasa yang berkarisma dan penuh pesona? Tunggu! Apa tadi kamu bilang, Fika?

Uh-oh, jangan sampai aku kembali menjatuhkan hati untuk sesuatu yang enggak pasti!

 

Sumber:

https://www.goodreads.com/book/show/142376188-mencintaimu-sampai-kau-mau

 

Written by Adila V M