in

Review Novel Hotel Mooi Indie Karya Sekar Ayu Asmara

Rating: 3.20

 

Grameds pernah gak sih mendengar tentang cerita horor tentang suatu bangunan umum, seperti sekolah, kantor, atau hotel? Biasanya, cerita-cerita tersebut dikaitkan dengan sejarah atau aktivitas yang pernah terjadi di lokasi tersebut. Sebab, katanya, sebuah tempat mampu menyimpan energi dari orang-orang yang pernah beraktivitas di sana.

Hotel Mooi Indie

button cek gramedia com

Novel berjudul Hotel Mooi Indie karya Sekar Ayu Asmara ini diterbitkan dalam edisi terbaru oleh Penerbit Bentang Pustaka pada tanggal 2 April 2023. Novel setebal 144 halaman ini mengisahkan tentang Hotel Mooi Indië yang berdiri sejak tahun 1930 pada zaman kolonial. Kisah angker hotel bukan karena hotel ini telah lama didirikan, tetapi karena pemiliknya: seorang suami kejam yang gemar berselingkuh dan sering menyiksa istrinya.

Bagi yang tertarik untuk mengeksplorasi dan merenungkan kisah ini, buku Hotel Mooi Indie dapat dibaca dan didapatkan di Gramedia.com. Sebelum membacanya, Gramin telah menyiapkan ulasan khusus tentang buku ini, mulai dari sinopsis hingga pesan moralnya. Sebelum masuk ke ulasan lengkap buku ini, yuk kita berkenalan terlebih dahulu dengan penulisnya, Sekar Ayu Asmara.

Profil Sekar Ayu Asmara – Penulis Novel Hotel Mooi Indie

Sekar Ayu Asmara lahir di Jakarta, Indonesia. Ia menghabiskan masa kecilnya dengan berpindah-pindah tempat tinggal di berbagai negara karena mengikuti karir ayahnya yang seorang diplomat. Dia pernah tinggal di Afghanistan, Turki, dan Belanda.

Sekar mempelajari semua bidang seni yang ia tekuni secara otodidak, termasuk sebagai sutradara film, pelukis, produser musik, penulis skenario, dan penulis novel. Film pertamanya, Biola Tak Berdawai, telah meraih penghargaan The Naguib Mahfouz Prize di Cairo International Film Festival pada tahun 2003. Berkat film ini juga, Ria Irawan telah meraih penghargaan Best Actress di Asia Pacific Film Festival di Shiraz, Iran pada 2003. Bukan hanya Ria irawan saja, pada tahun yang sama film ini juga mendapatkan penghargaan Best Actor untuk Nicholas Saputra dan Best Music Award untuk Addie MS.

Film kedua Sekar yang berjudul Belahan Jiwa juga telah memenangkan penghargaan The Best International Feature Film di New York International Independent Video and Film Festival pada tahun 2007. Sekar juga telah menerbitkan tiga novel baru yang berjudul, Pintu Terlarang, Kembar Keempat, dan Doa Ibu. Novel Pintu Terlarang juga telah diadaptasi menjadi film layar lebar oleh sutradara terkenal di Indonesia, Joko Anwar.

Sinopsis Novel Hotel Mooi Indie

Hotel Mooi Indie

button cek gramedia com

Bimo adalah seorang sutradara yang sangat ahli dalam film horor. Tatiana, seorang penggemar kuliner, ia memiliki podcast khusus untuk berbicara dan membahas tentang makanan. Dirga, mahasiswa sastra Jawa yang memiliki tekad untuk menghidupkan kembali popularitas bahasa hanacaraka.

Ketut adalah dokter yang sedang memperdalam ilmu ortopedi. Mereka semua sedang mengunjungi kota Malang dan menginap di Hotel Mooi Indi. Meskipun tidak saling kenal satu sama lain, mereka semua memiliki satu kesamaan, yaitu masing-masing dari mereka berkhianat dengan pasangannya.

Perselingkuhan mereka tampaknya membuka pintu bagi kutukan masa lalu sehingga menjadi kenyataan. Kutukan ini berasal dari dendam seorang penari topeng yang ingin membunuh suaminya karena berselingkuh. Kekuatan gelap menjebak mereka, tepat pada tanggal yang sama ketika tragedi perselingkuhan terjadi di Hotel Mooi Indi.

Serangkaian peristiwa menakutkan mulai terjadi. Gangguan makhluk gaib menguji keberanian mereka, mulai dari areal pemakaman dengan nisan berbentuk topeng hingga potongan tangan yang bergentayangan. Pada akhirnya, kehadiran seorang bocah kecil seakan menjadi jawaban dari Tuhan, bahwa kekuatan gelap akan selalu kalah jika dilawan dengan kekuatan putih.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Kelebihan dan Kekurangan Novel Hotel Mooi Indie

Hotel Mooi Indie

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros
  • Plot yang menarik dan berbeda.
  • Karakter yang beragam.
  • Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti.
  • Gaya penulisan yang ringkas.
  • Jumlah halaman yang tidak terlalu banyak.
Cons
  • Banyak detail penjelasan yang tidak perlu.

Kelebihan Novel Hotel Mooi Indie

Hotel Mooi Indie

button cek gramedia com

Buku Hotel Mooi Indie karya Sekar Ayu Asmara memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi buku yang layak dibaca serta memberikan pengalaman membaca yang seru dan menegangkan. Dimulai dari ide ceritanya yang bagus dan mengerikan, menawarkan plot yang menarik dan berbeda karena memadukan horor dengan eksplorasi dunia perselingkuhan.

Karakter-karakter dalam novel Hotel Mooi Indie ini juga banyak dan beragam, sehingga tidak membuat rasa bosan bagi pembaca, disajikan dengan kisah-kisah perselingkuhan dan latar belakang tokoh yang berbeda-beda, akan membuat pembaca terus merasa tertarik untuk menyelesaikan buku ini. Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti dengan diksi yang sederhana juga membuat pembaca tidak diberatkan dengan istilah-istilah yang rumit, sehingga membuat cerita ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Gaya penulisan yang ringkas dengan kalimat-kalimat yang pendek juga dapat membantu pembaca membayangkan cerita dengan baik dan membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan. Jumlah halaman yang tidak terlalu banyak juga menjadi kelebihan dalam buku ini dan menjadikan novel Hotel Mooi Indie ini dapat dibaca hanya dalam sekali duduk.

Kekurangan Novel Hotel Mooi Indie

Hotel Mooi Indie

button cek gramedia com

Novel Hotel Mooi Indie karya Sekar Ayu Asmara ini memiliki kekurangan dalam penekanan pada detail yang tidak perlu, yang akhirnya mungkin dapat mengurangi kekuatan naratifnya. Meskipun gaya penulisannya kaya akan deskripsi yang dapat membantu membangun atmosfer cerita, dalam kasus ini, penggunaan detail yang berlebihan pada hal-hal yang tidak relevan justru akan membebani pembaca dan mengganggu alur cerita.

Misalnya, deskripsi yang terlalu mendetail tentang latar belakang karakter yang tidak berdampak signifikan pada plot dapat mengalihkan perhatian dari inti cerita yang seharusnya ditekankan. Dengan lebih memilih detail yang mendukung pengembangan karakter utama dan progres plot, novel Hotel Mooi Indie ini bisa lebih memfokuskan energinya untuk menghadirkan pengalaman membaca yang lebih fokus dan mendalam bagi para pembacanya.

Pesan Moral Novel Hotel Mooi Indie

Hotel Mooi Indie

button cek gramedia com

Buku Hotel Mooi Indie ini memberikan perspektif baru dan pesan moral yang kuat mengenai konsekuensi dari perselingkuhan. Melalui alur cerita yang penuh dengan konflik emosional dan penuh drama ini, pembaca diajak untuk menyaksikan bahwa perselingkuhan tidak hanya melukai pasangan yang dikhianati, tetapi juga akan menghancurkan kepercayaan, merusak hubungan keluarga, dan menyebabkan penderitaan yang mendalam bagi semua pihak yang terlibat.

Bagi Grameds yang ingin membaca buku Hotel Mooi Indie karya Sekar Ayu Asmara, kalian bisa dapatkan hanya di Gramedia.com ya! Gramin juga sudah menyiapkan buku-buku rekomendasi lainnya di bawah ini, lho. Yuk langsung saja dapatkan buku-buku terbaik hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Gabriel

 

Rekomendasi Buku

The Black Shadow

The Black Shadow

button cek gramedia com

Sepuluh tahun yang lalu Alice tunduk pada pesona pemuda di hadapannya. Namun, yang membuat dirinya semakin tak berkutik adalah kecupan singkat pemuda itu di bibirnya sebagai hadiah ulang tahun untuknya. Pemuda itu memperkenalkan dirinya dengan nama Vallen. Dan sejak pertemuan singkat yang indah itu, Alice menjadikan Vallen sebagai tujuan hidupnya.

Ketika Alice sudah menjadi Ratu Ravega yang disegani rakyat, impiannya tetap sama. Ia hanya ingin Vallen. Dan saat impian satu-satunya itu berhasil terwujud, Ratu Ravega baru sadar bahwa cintanya tak seindah fantasinya. Vallen-nya memang masih memesona, tapi Vallen-nya telah berubah. Kadang, pria itu lembut padanya, lalu tiba-tiba membentaknya, tapi sesaat kemudian kembali bersikap amat manis.

The Black Shadow merupakan novel karya Angel El Cherid yang mengisahkan tentang tokoh bernama Alice. Ia jatuh cinta pada pemuda yang ditemuinya secara singkat bernama Vallen. Sejak saat itu, Alice bertekad untuk menjadikan Vallen sebagai kekasihnya. Novel ini mengangkat teman fantasy romance. Memiliki cerita yang sederhana dengan di balut kemegahan dari alur yang dibawakan. Novel ini akan membuat pembaca gemas dengan sosok Alice yang dibutakan oleh cintanya kepada Vallen. Perkembangan karakter dari setiap tokoh berhasil membuat cerita semakin seru. Setiap konflik yang disajikan mampu membawakan adrenalin tersendiri. Bagi penikmat novel fantasy romance, The Black Shadow tidak boleh untuk dilewatkan.

Urban Thriller: Every Wrong Thing

Urban Thriller: Every Wrong Thing

button cek gramedia com

Mendadak terbangun seorang diri di kamar Oscar, Elna merasa seperti penderita amnesia. Dia tidak ingat bagaimana atau mengapa bisa berada di rumah kos pria yang dulu pernah dicintainya itu. Hari berikutnya, Elna baru tahu Oscar menghilang tanpa kabar dan itu membuatnya semakin kebingungan. Serentetan ancaman dan tindak penguntitan juga mulai mengganggu hari-harinya. Ke mana Oscar? Siapa yang membawanya ke kamar pria itu? Dan, mengapa Elna diincar?

Genre horor dan misteri, genre yang menakutkan dan membuat penasaran tapi digemari banyak orang untuk mengetes keberanian dan memacu adrenalin. Film-film dan cerita-cerita bergenre horor dan misteri banyak digemari karena memang genre ini adalah salah satu genre yang menantang bagi banyak orang, tak heran baik film, buku novel, hingga komik horor maupun misteri memiliki banyak penggemarnya masing-masing di setiap negara, kedua genre ini juga populer di kalangan anak-anak muda. Kamu yang menyukai cerita dengan genre horor serta misteri, dapat menjadikan buku novel ini salah satu koleksi buku novel untuk kamu baca. Buku novel yang satu ini, berisi kisah-kisah misteri yang seram sekaligus membuat pembaca bertanya-tanya dari seorang perempuan bernama Elna yang terbangun di kamar kos milik Oscar seorang diri. Cerita perjalanan misteri Elna dapat membuat kamu bergidik ngeri sekaligus penasaran saat membaca kisah-kisahnya. Tertarik untuk menantang nyali kamu dengan membaca buku yang satu ini?

Grebekan Di Hotel Tiga Mawar

Grebekan Di Hotel Tiga Mawar

button cek gramedia com

Larik-larik panjang air hujan yang sedang tercurah terlihat keperakan dalam sorot lampu-lampu depan mobil. Kabut menyebar bergumpal-gumpal, terasa menggosok kulit muka. Ada pawai payung di sepanjang trotoar. Ada mobil-mobil di tengah jalan, beberapa kereta kuda, dan trem yang sarat penumpang. Pada pukul enam sore, Milan diselimuti kegelapan pada hari-hari pertama di bulan Desember.

Tiga orang perempuan berlari cepat, seperti didorong embusan angin kencang, mencari celah yang memungkinkan untuk menerobos kerumunan para pejalan kaki. Ketiganya berbaju hitam-hitam, mode zaman awal perang, dan topi topi berkasa kecil yang mereka kenakan bertabur mutiara.

Pikiran De Vincenzi berkelana. Dia kembali mengurutkan linimasa. Layng telah dibunuh pada suatu waktu yang belum dispesifikkan, pada Senin pagi, dan tidak mungkin selewat sore hari, bahkan jika perhitungan dokter itu keliru. Jadi, bagaimana jasadnya tetap tersembunyi di dalam kamar itu tanpa seorang pun menemukannya? Apakah bisa dipercaya bahwa tidak satupun pembantu yang telah memasuki kamar itu seharian, bahwa tidak seorang pun mencermati bahwa Douglas telah raib dan tidak seorang pun mencarinya? Akan tetapi, andai benar seperti itu situasinya, bagaimana bisa pembunuhnya sudah memperhitungkan sebelum itu terjadi, dan bagaimana dia bisa mengabaikan risiko ketahuan saat melakukan penusukan?

 

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/194638019-hotel-mooi-indie
  • https://www.depokpos.com/2023/12/resensi-novel-hotel-mooi-indie/3/

Written by Adila V M