in

20 Arti Mimpi Motor Hilang, Apakah Pertanda Baik atau Buruk?

Mimpi motor hilang – Saat tidur, biasanya sebagian besar orang akan terbawa ke alam mimpi. Seperti yang kita tahu bahwa tidak selamanya mimpi selalu indah. Kita memang bisa mengalami mimpi-mimpi yang indah. Meski begitu, mimpi buruk dan menakutkan tetap saja tidak dapat dihindari.

Mimpi yang biasa terjadi adalah bertemu dengan orang yang kita sayang. Selain itu, kadang kita juga bermimpi mendapatkan rezeki, sampai mimpi bertemu makhluk halus. Setiap mimpi yang kita alami terkadang bisa membawa kita merasa emosi, mulai dari marah, sedih, senang, takut, dan lainnya.

Terkadang mimpi-mimpi tersebut terasa sangat nyata untuk kehidupan kita. Salah satu mimpi yang mungkin sering dialami banyak orang adalah mimpi kehilangan barang-barang berharga. Terlebih untuk para bikers, mimpi motor hilang mungkin pernah kamu alami. Beberapa orang percaya bahwa mimpi yang kamu alami mempunyai arti tersendiri.

Apakah Grameds pernah mengalami mimpi motor hilang? Arti dari mimpi motor hilang ini sebenarnya bisa beragam. Hal itu mungkin bisa membuat kita merasa sedih karena motor merupakan salah satu penunjang aktivitas yang fungsinya sangat penting. Nah, ada baiknya untuk mengetahui arti dari mimpi motor hilang, karena hal itu tidak selamanya pertanda buruk loh.

Apa Itu Mimpi?

mimpi motor hilang
pixabay

Pada dasarnya, mimpi merupakan cerita dan juga gambar yang diciptakan pikiran ketika kita tidur. Merek bisa terasa sangat hidup dan membuat kita merasakan sedih, senang, takut, dan lain sebagainya. Terkadang, mimpi tersebut juga bisa tampak membingungkan atau sangat masuk akal. Seperti yang kita tahu bahwa mimpi bisa terjadi kapan saja ketika tidur.

Akan tetapi, kita akan mempunyai mimpi yang paling jelas selama fase yang disebut dengan tidur REM atau rapid eye movement, yaitu momen ketika otak paling aktif. Beberapa ahli mengatakan bahwa kita bermimpi setidaknya empat hingga enam kali dalam semalam. Terdapat banyak sekali teori mengenai alasan kita bisa bermimpi, namun tidak ada yang tahu pasti.

Selain itu, beberapa peneliti lainnya mengatakan bahwa mimpi tidak mempunyai tujuan ataupun makna. Tapi yang lain mengatakan bahwa mimpi diperlukan untuk kesehatan mental, fisik, dan emosional. Lalu, apa sih arti mimpi motor hilang yang membuat kita merasa cemas dan khawatir? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Arti Mimpi Motor Hilang

mimpi motor hilang
pixabay

Arti mimpi motor hilang dapat menggambarkan beberapa masalah spiritual yang sedang berkecamuk di dalam diri seseorang. Perubahan cepat mungkin saja sedang atau akan kamu alami.

Mimpi tersebut juga dapat menunjukkan pertumbuhan diri dan mengingatkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa arti atau makna mimpi motor hilang yang mungkin pernah kamu alami, antara lain:

1. Ada Kewajiban yang Terabaikan

Arti dari mimpi motor hilang yang pertama yaitu sebuah pertanda bahwa sang pemimpi sedang melupakan sebuah kewajiban atau mengabaikan kewajiban tersebut. Menurut ajaran agama Islam, mimpi motor hilang atau mimpi kehilangan harta benda lainnya merupakan salah satu pertanda bahwa kita sering meninggalkan dan mengabaikan suatu amalan yang menjadi kewajiban.

Kewajiban tersebut dapat berupa meninggalkan sholat atau ibadah lainnya. Oleh sebab itu, mimpi tersebut terjadi untuk mengingatkan kepada kita supaya lebih taat menjalani ibadah dan kewajiban.

2. Akan Kehilangan Sesuatu

Mimpi motor hilang memang dapat menandakan bahwa kamu akan mengalami beberapa hal buruk. Misalnya saja, kamu benar-benar akan kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidup. Bisa saja kehilangan jabatan, pekerjaan, sesuatu yang sangat kamu sayangi, atau kehilangan kendali dalam hidup. Akan tetapi, sebaiknya cukup ambil sisi positifnya saja ya. Dengan adanya mimpi ini, maka alam bawah sadar kita seakan mengingatkan diri supaya selalu berhati-hati dan selalu menjaga dengan baik barang yang kita miliki.

3. Mengalami Kesulitan

Apabila kamu hanya mempunyai kendaraan motor di rumah, maka mimpi motor hilang akan terasa sangat memberatkan dan menyusahkan kedepannya. Nah, mimpi motor hilang ini dapat menjadi pertanda bahwa akan terjadi kesulitan dalam waktu dekat. Menurut Primbon Jawa, mimpi motor hilang dapat diartikan sebagai tanda akan memperoleh kesusahan dan kesialan untuk sementara waktu.

Ketika mimpi tersebut terjadi, maka bersiaplah untuk menghadapi kesulitan ini. Akan tetapi, jangan terlalu khawatir dengan arti mimpi tersebut. Karena setiap orang tentu akan melewati masa sulit. Sekarang yang dibutuhkan hanyalah berdoa dan yakin bahwa cobaan yang akan terjadi nantinya pasti dapat kita hadapi.

4. Menghadapi Kegagalan

Tidak hanya pertanda akan mengalami kesulitan, arti dari mimpi motor hilang lainnya yaitu akan mengalami kegagalan yang mungkin saja segera terjadi. Hal ini bisa saja disebabkan karena keliru dalam menentukan langkah, strategi, ataupun hal lainnya yang menyebabkan tujuan menjadi gagal itu diraih.

Selain itu, hal ini juga bisa saja terjadi dalam bisnis ataupun cita-cita yang sedang kamu kerja. Oleh sebab itu, apabila melakukan kesalahan, lebih baik introspeksi diri dulu dan cari tahu letak kesalahan sebelum terlambat.

5. Kehilangan Kepercayaan

Apabila dilihat dari sisi psikologisnya, mimpi yang satu ini dapat menjadi pertanda bahwa kamu sedang diliputi rasa khawatir dan takut kehilangan barang yang kamu punya. Mimpi merupakan pantulan dari alam bawah sadar yang meliputi perasaan khawatir dan juga harapan. Apabila kamu mengalami mimpi kehilangan motor, maka bisa jadi itu adalah gambaran kekhawatiran yang sedang kamu hadapi terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarmu.

Seringkali, mimpi kehilangan motor menggambarkan tingkat kepercayaan terhadap lingkungan yang sangat rendah. Kemungkinan besar, belakangan ini kamu tidak mempunyai rasa kepercayaan dengan seseorang yang ada di lingkungan sekitarmu, baik itu rumah, kantor, ataupun pertemanan. Oleh sebab itu, pastikan selalu waspada dan juga berhati-hati.

6. Kehilangan Kedermawanan

Menurut Primbon Jawab lainnya, kendaraan berupa sepeda motor dan lainnya dianggap sebagai simbol kedermawanan. Apabila kamu mengalami mimpi motor hilang, maka hal itu dapat ditafsirkan sebagai kehilangan kedermawanan seperti kehilangan amal saleh, salah satunya adalah sedekah. Maka dari itu, alangkah lebih baik ambil langkah yang positif dari mimpi tersebut dengan cara mulai untuk bersedekah atau berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kehilangan amal salehmu.

7. Menemukan Rintangan dalam Karier

Penafsiran mimpi motor hilang karena terbawa arus sungai dapat diartikan bahwa kamu akan memperoleh rintangan dalam suatu pencapaian, baik itu berkarir, belajar, ataupun usaha. Hal itu bisa saja yang menghalangi kamu dalam melakukan pencapaian tersebut, seperti misalnya memperoleh saingan baru. Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan dan juga peluang yang ada bila kamu tidak ingin ke dalam ciri-ciri orang gagal.

8. Sial dalam Hal Kesehatan

Mimpi motor hilang juga dapat diartikan bahwa kamu akan memperoleh kesialan untuk urusan kesehatan, terlebih bila kamu bermimpi motor yang kamu punya hilang karena dibegal. Kemungkinan kamu akan memperoleh penyakit ataupun stamina tubuh yang menurun. Alangkah lebih baik, mulai untuk menjaga kesehatan dengan cara mengikuti tips gaya hidup sehat.

9. Mendapat Kebebasan atau Melepaskan Beban Hidup

Mengalami mimpi kehilangan sepeda motor juga bisa mempunyai arti yang baik dalam kehidupan kamu. Sebab, menurut ilmu psikologi, mimpi motor hilang dapat diartikan sebagai tanda bahwa beban hidup yang cukup berat kita rasakan selama ini akan mulai hilang.

Bisa saja, mimpi yang kamu alami tersebut menjadi salah satu tanda bahwa permasalahan rumit yang kamu hadapi selama ini sudah mendapatkan titik terang dan juga jalan keluar yang baik untuk kehidupan kamu nantinya. Hasilnya, tidak akan ada lagi permasalahan yang menjadi beban pikiran kamu, sehingga kamu dapat hidup dengan tenang.

10. Sebagai Pertanda Kesulitan Hidupmu Akan Segera Berlalu

Setiap manusia pastinya tidak luput dari ujian dan cobaan, yang pastinya bisa dilewati dengan baik. Jika kamu mengalami mimpi motor hilang, maka hal itu bisa diartikan bahwa kamu akan segera melalui kesulitan dalam hidup yang selama ini membawa kehidupanmu terasa sulit.

Kesulitan yang selama ini kamu rasakan akan segera berganti dengan kebahagiaan dan juga kelegaan. Sebab, kamu sudah berhasil melewati ujian dan juga cobaan hidup yang selama ini kamu jalani. Perlu dipahami bahwa semua ujian dan cobaan dalam hidup akan mengajarkanmu menjadi orang yang sabar dan rendah hati.

11. Berhati-hati

Apabila kamu mimpi motor hilang karena dipinjam atau digunakan oleh teman, saudara, ataupun kerabat, dan orang asing. Dimana di dalam mimpi itu, kamu merasa bahwa motor yang kamu miliki dipinjam dan tidak kunjung dikembalikan. Mimpi tersebut dapat diartikan supaya kamu lebih berhati-hati dalam mempercayai orang dan jangan mudah percaya dengan orang lain.

12. Mimpi Motor Hilang di Kantor

Apa arti dari mimpi kehilangan motor di kantor? Apabila berangkat dari tafsiran Primbon Jawa, maka kamu akan mengalami masalah dalam pekerjaan. Jika kamu bekerja di perusahaan atau pabrik, maka bisa jadi kamu akan dipecat atau turun pangkat karena suatu hal. Jadi, alangkah lebih baik untuk berhati-hati dalam bekerja dan jangan melakukan kecerobohan.

13. Mimpi Motor Hilang Karena Orang Terdekat

Mimpi yang satu ini bisa menjadi pertanda bahwa ada orang di sekitar kamu yang iri dengan kesuksesan atau pencapaian yang kamu dapatkan. Hal tersebut membuatnya ingin menghancurkan kamu dengan berbagai macam cara, misalnya saja dengan mencuri barangmu. Jadi, kamu harus berhati-hati dengan kemungkinan buruk tersebut.

14. Mimpi Motor Hilang dan Ketemu Lagi

Tafsir dari mimpi ini sudah dijelaskan dalam Primbon Jawa bawah kamu akan menemukan suatu barang yang sudah lama hilang. Mungkin saja sebuah cincin yang sangat berharga atau barang yang bahkan sudah kamu lupakan.

15. Kehilangan Motor Satu-satunya

Mimpi kehilangan motor satu-satunya pasti akan sangat menyakitkan ya, sekalipun itu cuma mimpi. Adapun arti dari mimpi ini adalah kamu akan memperoleh malu di depan masyarakat umum, mungkin saja karena tidak memiliki motor atau lainnya. Namun, kamu tidak perlu bersedih, karena semua akan tergantikan, yang lama akan tergantikan dengan yang baru. Jadi berharaplah baik agar kamu memiliki semangat dalam mewujudkannya.

16. Mimpi Motor Hilang Karena Lupa

Jika kamu bermimpi kehilangan motor karena lupa meletakkannya dimana, maka hal itu bisa jadi pertanda buruk. Mimpi tersebut pertanda bahwa kamu sedang kehilangan gairah dalam menjalani hidup. Apabila memang di kehidupan nyata kamu merasakan hal itu, maka cobalah untuk memberi waktu sejenak untuk diri sendiri, bisa melalui me time atau berlibur supaya pikiran menjadi lebih tenang.

17. Mimpi Kehilangan Motor Karena Dicuri

Tak kalah buruk dari mimpi motor hilang karena lupa, jika kamu bermimpi kehilangan motor karena dicuri, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa kamu akan kehilangan jabatan karena banyak orang yang tidak menyukaimu. Mereka merasa cemburu dengan posisi kamu saat ini di perusahaan dan menginginkan kamu untuk keluar dari perusahaan tersebut. Jadi, kamu harus lebih berhati-hati ya.

18. Mimpi Motor Hilang Tanpa Sebab

Arti dari mimpi kehilangan motor tanpa sebab adalah kamu sedang bingung dengan banyaknya pilihan yang ada di depan kamu. Mungkin saja dalam kehidupan nyata, sekarang ini kamu sedang berhadapan dengan pilihan yang berkaitan dengan pekerjaan, tempat tinggal, jodoh, atau yang lainnya. Cobalah untuk menceritakan masalah ini dengan orang yang kamu anggap bijak dan bisa membantu kamu dalam menentukan pilihan yang tepat.

19. Mimpi Motor Hilang Karena Banjir

Kamu pernah mengalami mimpi ini? Jika iya, maka mimpi ini dapat diartikan bahwa kamu termasuk orang yang mudah terpengaruh oleh lingkungan. Jika pertemanan kamu baik, maka kamu akan menjadi baik. Begitu pula sebaliknya, apabila orang-orang yang ada disekelilingmu buruk, maka kamu akan ikut menjadi buruk. Jadi, kamu harus lebih bijak lagi dalam menyeleksi pertemanan.

20. Mimpi Motor Dicuri Tapi Ketahuan

Akan menjadi hal yang menegangkan jika kita bisa menemukan orang yang mencuri barang kita. Namun, apakah ini pertanda baik bila terjadi di dalam mimpi? Ternyata, arti dari mimpi ini justru kebalikannya. Dimana makna mimpi kehilangan motor dan kamu mengetahui siapa yang mencurinya adalah pertanda bahwa kamu akan menghadapi masalah dan dirumitkan dengan permasalahan tersebut.

Apakah Mimpi Bisa Meramalkan Masa Depan?

Seorang psikolog terkenal yakni Sigmund Freud percaya bahwa mimpi merupakan jendela ke alam bawah sadar dan mimpi tersebut bisa mengungkapkan beberapa hal yang ada di dalam diri seseorang, seperti:

  1. Keinginan bawah sadar
  2. Pikiran
  3. Motivasi

Menurut Freud, mimpi adalah cara seseorang dalam memuaskan dorongan dan juga keinginan yang tidak bisa diterima oleh masyarakat. Terdapat beberapa perbedaan pandangan mengenai apa arti mimpi. Beberapa ahli mengatakan bahwa mimpi tidak mempunyai hubungan dengan emosi atau pikiran kita yang sebenarnya. Terkadang, mimpi hanyalah cerita aneh yang tidak berkaitan dengan kehidupan normal.

Hal lain juga mengatakan bahwa mimpi mungkin saja mencerminkan pikiran dan juga perasaan sendiri, ketakutan terdalam, keinginan, terlebih mimpi yang terjadi secara berulang. Dengan menafsirkan mimpi, seseorang bisa memperoleh wawasan mengenai kehidupan kita dan diri sendiri. Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka sudah menemukan ide terbaik mereka ketika bermimpi.

Jenis mimpi yang tidak menyenangkan seperti mimpi motor hilang bisa saja disebabkan karena stres atau kecemasan yang tersembunyi. Mimpinya mungkin saja sama, namun para ahli mengatakan bahwa makna dibalik mimpi itu unik untuk setiap orang. Kadang kala, mimpi menjadi kenyataan atau menceritakan peristiwa di masa depan. Ketika mengalami mimpi yang terjadi di kehidupan nyata, para ahli mengatakan bahwa kemungkinan besar hal itu terjadi karena:

  1. Kebetulan
  2. Ingatan buruk
  3. Tautan tidak sadar dari informasi yang telah diketahui

Akan tetapi, mimpi bisa memotivasi seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu. Oleh sebab itu, terkadang mimpi bisa mengubah masa depan seseorang.

Demikian penjelasan mengenai arti dari mimpi motor hilang. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang arti mimpi lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Humam



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew