in

18 Arti Mimpi Buang Air Kecil Menurut Pandangan Islam dan Primbon Jawa

Jorge Royan/Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported.

Arti Mimpi Buang Air Kecil – Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi di dunia nyata dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming (fenomena ketika seseorang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi). Ketika seseorang mengalami mimpi demikian, dia akan menyadari sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, bahkan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya atau mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Adapun ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut dengan oneirologi. Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, yaitu ketika aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun.

Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik hingga sekitar 20–30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekadar produk dari aktivasi otak.

Sebagian orang percaya mimpi tak lebih dari sekadar bunga tidur tanpa arti khusus. Namun, banyak pula yang meyakini mimpi sebagai firasat terjadinya peristiwa pada masa mendatang, entah itu baik maupun buruk.

Islam pun beranggapan demikian. Mimpi yang baik berasal dari Allah SWT, sedangkan mimpi yang buruk berasal dari setan. Sebagaimana yang termaktub dalam hadis berikut.

Ar-ru’ya (mimpi kebaikan) berasal dari Allah SWT, sedangkan al-hulmu (mimpi buruk) berasal dari setan” (H.R. Muslim).

Mimpi Menurut Ajaran Islam

Menafsir mimpi bukanlah suatu hal klenik atau tabu. Upaya menafsir mimpi juga pernah dilakukan oleh seluruh anak Adam, tak terkecuali Nabi Yusuf As, dia adalah nabi yang terkenal sebagai penakwil mimpi. Menurut ajaran Islam, mimpi digunakan untuk mengukur kadar kejujuran seseorang. Semakin jujur seseorang ketika terjaga, semakin benar pula mimpi dalam tidurnya. Hal ini didasarkan kepada sabda Nabi Muhammad Saw.

Mimpi Buang Air Kecil

Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada tiga, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah SWT, mimpi yang buruk yang berasal dari setan, dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri. Apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci, hendaklah dia bangun salat dan tidak menceritakannya kepada orang lain (H.R. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim).

Muhammad Ibn Sirin pernah menulis sebuah kitab yang berjudul Tafsir al-Ahlam, kitab yang memuat tentang kumpulan mimpi-mimpi dan cara memahaminya. Dia menyebut bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam. Pertama, mimpi benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena telah jelas tergambar dalam mimpi. Kedua, mimpi yang membutuhkan penafsiran karena mengandung hikmah dan makna lain di luar yang dilihat dalam mimpi.

Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan di sisi lain dalam kitabnya yang berjudul Qawaid Tafsir al-Ahlam mengklasifikasikan mimpi menjadi empat bagian. Pertama, mimpi yang terpuji dari segi lahir dan batin. Kedua, mimpi yang terpuji dari segi lahir, tetapi tercela dari segi batin (maksudnya secara lahir mimpi tersebut tampak baik, tetapi arti dari mimpi tersebut sebenarnya adalah buruk). Ketiga, mimpi yang secara lahir tampak buruk, tetapi secara batin diartikan sebagai mimpi yang terpuji. Keempat, mimpi yang tercela dari segi lahir maupun batin (Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan, Qawaid Tafsir al-Ahlam, juz 1, hlm. 138).

Mimpi Buang Air Kecil

Buang air kecil dapat terjadi saat kita mengonsumsi cairan terus-menerus sepanjang hari; salah satu hal yang sangat normal. Namun, jika buang air kecil yang tertahan terkadang dapat menyebabkan beberapa masalah dan gangguan kesehatan.

Apakah kalian pernah bermimpi membuang air kecil? Mungkin, kita akan dibuat penasaran dengan tafsir mimpi satu ini. Pasalnya, mimpi buang air kecil berkaitan dengan hal yang baik. Mimpi ini ternyata menandakan bahwa kamu sedang berharap dengan sebuah kesuksesan dan kelimpahan rezeki. Tak hanya itu, mimpi satu ini ternyata membawa kabar baik karena kamu akan mendengar kabar bahagia.

Mimpi buang air kecil terkadang dapat menjadi salah satu mimpi yang menakutkan bagi setiap orang, karena terkadang dalam mimpi jika tidak segera buang air kecil maka akan mengompol. Inilah beberapa tafsiran mimpi buang air kecil yang perlu kamu tahu:

1. Mimpi Buang Air Kecil Menurut Islam

Hampir sama dengan Primbon Jawa, terdapat ragam arti mimpi buang air kecil menurut penafsiran secara Islami. Dikutip dari laman Islamic Dream Interpretations, secara umum, mimpi buang air kecil melambangkan adanya pengeluaran, misalnya pengeluaran uang yang tidak wajar. Namun, mimpi ini bisa memiliki arti yang berbeda tergantung pada situasi yang terjadi dalam mimpi.

Menurut Islam, mimpi buang air kecil erat kaitannya dengan masalah keuangan atau finansial. Pasalanya, mimpi ini memiliki pertanda bahwa kamu senang membuang-buang uang atau boros untuk keperluan yang tidak terlalu penting dan tidak dibutuhkan. Selain itu, di balik mimpi buang air kencing juga menandakan bahwa kamu akan membuat keputusan yang salah, sehingga menimbulkan masalah atau konflik di masa yang akan datang.

Jika dalam mimpi tersebut dirimu buang air kecil secara lancar, artinya uang akan keluar dari kantong Anda dan tabungan akan terkikis, sedangkan jika kamu bermimpi buang air kecil dalam posisi berdiri, artinya akan kalap dan menghabiskan banyak uang.

Sementara itu, jika air seni berbau tidak sedap, ini berarti kamu telah mengatakan hal-hal buruk atau mencemarkan nama baik orang lain di depan umum. Kencing dalam volume banyak, air kencing menodai pakaian, atau kencing di hadapan banyak yang terlihat jijik bisa menjadi pertanda adanya pertengkaran, kesedihan, dan kejahatan.

Nah, jika kamu bermimpi buang air kecil di toilet, ini menjadi pertanda baik. Apabila di dunia nyata orang yang bermimpi sedang sengsara, ia akan segera menemukan kelegaan dari kesengsaraannya. Jika orang tersebut diselimuti ketakutan, kebahagiaan akan segera menghampirinya.

2. Mimpi Buang Air Kecil Menurut Primbon Jawa

Primbon adalah kitab warisan leluhur Jawa yang berisi informasi mengenai banyak aspek dari kehidupan manusia. Melalui Primbon, seseorang bisa mencoba memahami arti mimpi. Menurut Primbon Jawa, mimpi buang air kecil bisa menjadi pertanda baik atau buruk tergantung apa yang terjadi dalam mimpi. Berikut penjabarannya.

Menurut primbon, mimpi buang air kecil memiliki penafsiran yang baik dan buruk. Jika kamu bermimpi buang air kecil di kaki maka ini menjadi pertanda dalam waktu dekat kamu akan mendapatkan pekerjaan ataupun kenaikan dalam karir. Sementara, jika kamu bermimpi mengencingi seseorang maka bisa jadi mimpi ini menjadi pertanda yang buruk, sebab dalam waktu dekat akan ada musibah yang datang dalam hidup.

3. Mimpi Buang Air Kecil dan Sungguh-Sungguh Terjadi

Apabila kamu mengalami buang air kecil dalam mimpi tiba-tiba saat kamu tersadar ternyata mimpi itu benar terjadi, dan membuat celanamu basah karena ngompol. Jika benar demikian, ternyata mimpi ini memiliki makna bahwa kamu masih terbayang-bayang dalam pengalaman traumatis di masa lalu dan terus menghantuimu. Apabila sudah seperti ini, maka kamu perlu menghadapi trauma tersebut, sehingga ke depannya kamu akan benar-benar lepas dari rasa bersalah di masa lalu.

4. Mimpi Buang Air Kecil di Kamar Mandi

Bagi kamu yang pernah mengalami mimpi buang air kecil di kamar mandi, kabarnya mimpi ini menjadi pertanda yang baik bagi kamu. Pasalnya, mimpi ini berkaitan dengan hubungan interaksi dan sosial bersama orang-orang terdekatmu sangat harmonis. Tak hanya itu, mimpi ini juga menandakan bahwa kondisi kesehatanmu akan baik-baik saja.

5. Mimpi Melihat Orang Buang Air Kecil

Jika kamu mengalami mimpi sedang melihat orang yang buang air kecil, maka di balik pengalaman tidur ini akan ada tanda yang kurang baik. Pasalnya, mimpi ini ditafsirkan akan ada kesalahan dalam komunikasi dan konflik baik dalam kehidupan rumah tangga maupun karier. Hal ini disebabkan adanya salah paham, namun kamu dapat menghadapi konflik ini dengan tenang dan bijak.

6. Mimpi Buang Air Kecil di Celana

Apakah kamu pernah mengalami mimpi buang air kecil di celana? Jika pernah, bisa jadi mimpi ini menjadi pertanda bahwa kamu akan mengalami kesulitan finansial di masa yang akan datang. Pasalnya, kamu tidak dapat mengontrol pengeluaran untuk kebutuhan hidup. Akan tetapi, ada seseorang yang rela membantu dan menolong dalam hal ini. Oleh karena itu, kamu perlu bersyukur kepada Tuhan.

7. Mimpi Buang Air Kecil di Tempat Tidur

Mimpi seperti ini bukanlah pertanda baik karena biasanya menandakan adanya masalah atau trauma yang masih menghantui, bahkan masalah atau trauma ini dianggap sebagai hal yang menghalangi kamu untuk melangkah maju ke depan.

8. Mimpi Buang Air Kecil Darah

Jika kamu bermimpi buang air kecil darah, pastinya kamu akan merasa khawatir dan takut. Ternyata mimpi ini juga menjadi gambaran yang berkaitan dengan kondisi kesehatan mental. Bisa jadi akhir-akhir ini kamu akan mengalami banyak tekanan, beban, dan rasa kecewa yang membuat stres. Alangkah baiknya, kamu perlu menenangkan diri dan meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan supaya kamu dapat meredakan stres.

9. Mimpi Buang Air Kecil Sembarangan

Terkadang dalam beberapa kedaaan tertentu akan membuat kita melakukan hal yang dilarang, salah satunya yaitu buang air kecil sembarangan. Tetapi, pernahkah kamu bermimpi buang air kecil sembarangan? Mimpi satu ini ternyata menandakan bahwa kamu perlu privasi dalam kehidupan nyata.

10. Mimpi Tidak Bisa Buang Air Kecil

Mimpi ini bisa diartikan jika dalam waktu singkat, masalah dan kekhawatiran yang kamu alami akan segera berakhir. Mungkin saja saat kamu bermimpi, kamu sedang mengalami masalah yang berat. Namun jangan khawatir, karena akan segera ada pelangi setelahnya.

11. Mimpi Mengalami Kencing Darah

Di dunia nyata, ada kandungan darah dalam urine yang menunjukkan jika seseorang menderita anemia atau batu ginjal. Hal tersebut bisa saja menjadi pertanda adanya masalah di kemudian hari. Darah dalam urine ini menunjukkan adanya gangguan dalam hubungan.

12. Mimpi Kencing Bayi

Saat dirimu memimpikan seorang bayi buang air kecil, hal ini menandakan bahwa kamu perlu melepaskan emosi yang sedang bergejolak. Mimpi tersebut menunjukkan bahwa kamu perlu menyingkirkan perasaan buruk. Ini adalah pesan yang jelas bahwa kamu dapat memecahkan masalah apa saja.

Jika kamu melihat seorang bayi buang air kecil, ini menandakan kelahiran kembali dan suatu awal yang baru. Mimpi tersebut sering kali datang ketika dirimu merasa tidak dapat mencapai hasil apa pun.

13. Mimpi Minum Urine Sendiri

Mimpi ini mengartikan kamu akan memiliki banyak uang di kemudian hari. Mimpi ini menandakan jika kamu memiliki Kesehatan yang sangat baik dalam hidup. Mimpi ini juga berarti negatif, yang melambangkan jika kamu memberitahu seseorang tentang karakter asli.

14. Mimpi Urine Berwarna Gelap

Mimpi ini menyiratkan bahwa pikiran sedang terkontaminasi atau terganggu. Apa yang diinginkan saat ini bisa saja berisiko, dan berujung membahayakan diri sendiri. Jadi, sebaiknya pertimbangan matang-matang saat ingin melangkah maju atau memutuskan suatu hal penting.

15. Mimpi Mencium Bau Urine

Mimpi ini bermakna jika kamu sedang mengalami dehidrasi. Bau urine bisa saja menjadi sinyal dari diri sendiri, agar kamu lebih banyak mengonsumsi air putih. Namun, jika mimpi mencium bau urine saat memasuki toilet umum, rasanya kamu perlu lebih pintar untuk mengendalikan situasi. Hal tersebut terutama dalam konteks pekerjaan. Bau urine menyiratkan intuisi atau indera keenam yang kamu miliki.

16. Mimpi Bau Pesing

Bau air kencing atau bau pesing dalam mimpi dapat menunjukkan jika dirimu benar-benar mengalami dehidrasi. Bau air kencing yang kuat dalam mimpi menunjukkan bahwa tubuhmu meminta agar kamu minum lebih banyak air.

Saat dirimu memasuki kamar mandi, bau dalam mimpi ini menunjukkan bahwa dirimu perlu mengendalikan situasi, terutama dalam konteks pekerjaan. Secara spiritual, jika dirimu bermimpi menghirup bau urine, itu menyiratkan intuisi dan indra keenammu sangatlah peka terhadap situasi.

17. Mimpi Melihat Anjing Kencing

Melihat seekor anjing yang sedang kencing dalam mimpi menandakan jika kerabat dekatmu akan segera mendekatimu untuk sementara waktu. Ini adalah kesempatan bagus untuk mendiskusikan berbagai hal. Jika dirimu melihat anjing mengencingimu, itu pertanda baik. Ini biasanya pertanda bahwa dirimu akan memiliki momen yang menyenangkan bersama keluarga atau teman dekat.

18. Mimpi Minum Air Kencing

Ketika dirimu bermimpi minum air kencing, ini adalah pertanda banyak uang dan kesehatanmu sangat baik dalam menjalani kehidupan. Minum air kencing dalam mimpi juga melambangkan ketakutan jika dirimu memberitahu orang lain tentang emosi burukmu. Mimpi tesebut juga menunjukkan bahwa dirimu tidak memiliki harga diri.


Nah, itulah beberapa tafsiran mimpi buang air kecil yang bikin penasaran. Mimpi yang dialami terkadang akan beragam, begitupula dengan tafsiran mimpi yang sangat berbeda. Semoga beberapa tafsiran mimpi di atas dapat menambah informasi kamu dan mengobati rasa penasaran kamu selama ini.

Rujukan

BACA JUGA:

Rekomendasi Buku dan Ebook

1. Sejarah, Hikmah, dan Tabir Mimpi

Mimpi Buang Air Kecil

2. 200 Quotes Pembingkai Mimpi

Mimpi Buang Air Kecil

3. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.