in

Manfaat Vitamin C untuk Wajah dan Rekomendasi Produk Vitamin C untuk Kulit

freepik.com

Manfaat Vitamin C untuk Wajah – Memiliki kulit yang sehat adalah idaman semua orang selain menjaga kesehatan tubuh, kulit yang sehat akan membuat kita semakin terlindung dari paparan sinar ultraviolet (UV), melindungi tubuh dari infeksi, cedera, dan dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi oleh kulit adalah Vitamin C.

Vitamin C sudah dikenal sebagai salah satu nutrisi yang dapat berguna bagi kesehatan kulit terutama kulit wajah. Paparan polusi, debu dan kotoran menjadi hal yang paling menjadi masalah utama kerusakan kulit wajah dan jika kita terpapar terlalu sering justru akan membuat kondisi kulit kita semakin buruk.

Grameds bisa mendapatkan manfaat Vitamin C untuk wajah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Vitamin C atau menggunakan produk perawatan untuk kulit yang didalamnya memiliki kandungan Vitamin C.

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Agar lebih yakin dan kamu bisa menikmati manfaat Vitamin C untuk wajah lebih maksimal, simak penjelasan mengenai manfaat Vitamin C untuk kulit wajah berikut ini.

1. Membantu Merawat Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Terkena paparan sinar matahari terlalu sering dalam waktu yang lama tidak baik bagi kesehatan kulit, meskipun kamu sudah memakai tabir surya kamu tetap memerlukan vitamin C untuk membantu menjaga kesehatan kulitmu. Vitamin C terbukti memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang bisa melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit seperti peradangan kulit, dan mencegah timbulnya flek hitam di kulit. Radikal bebas terbentuk saat kulit terpapar sinar ultraviolet (UV).

[algolia_carousel]

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat vitamin C yang paling terkenal adalah mencerahkan kulit yang kusam. Kandungan Vitamin C dapat menghambat kerja melanosit atau jumlah melanin(sel-sel yang memproduksi warna gelap di kulit).

Vitamin C akan berinteraksi dengan tyrosinase yang merupakan enzim untuk konversi asam amino tirosin menjadi melanin, sehingga dapat mengurangi pigmentasi. Hal ini yang dapat membantu memudarkan bintik hitam dan kusam secara umum. Kamu bisa menggunakan produk-produk perawatan kulit agar membantu mencerahkan kulit wajah yang terlihat kusam atau gelap.

3. Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat lain dari Vitamin C adalah membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen diproduksi dengan menggabungkan dua asam amino, yaitu glisin dan prolin yang dibantu dengan adanya vitamin C. Kolagen adalah sejenis protein yang berperan untuk memberikan elastisitas dan kelenturan kulit serta dapat membantu proses penyembuhan luka alami pada kulit.

Semakin kita bertambah umur pastinya kelenturan dan elastisitas kulit kita juga ikut berkurang hal ini disebabkan menurunnya produksi kolagen yang ada di dalam tubuh. Dengan meningkatkan produksi kolagen kamu juga akan terhindar dari masalah kulit kering karena wajahmu bisa menjadi lebih kenyal dan lebih sehat.

4. Mencegah Timbulnya Kerutan dan Masalah Penuaan

Keriput adalah lipatan atau garis kerutan yang muncul pada kulit kita. Faktor yang mempercepat penuaan dini dan munculnya keriput adalah yang saat ini hidup berdampingan bersama kita seperti paparan asap rokok dan juga sinar matahari.

Kandungan vitamin C dapat meningkatkan biosintesis kolagen pada kulit, seperti yang kita tahu sebelumnya kolagen berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit kita dan kolagen membantu mengurangi kerutan di kulit wajah seiring dengan pertambahan usia.

Penggunaan produk atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C setiap hari selama kurang lebih 3 bulan dapat terbukti memperbaiki munculnya kerutan halus maupun kasar pada kulit sekitar wajah.

5. Menurunkan risiko terkena kanker kulit

Tahukah kamu Grameds? Bahwa semakin tua kita semakin berisiko untuk terkena kanker kulit, lho. Bagaimana bisa? Hal ini disebabkan oleh kulit yang sering terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan resiko terburuk adalah kanker kulit.

Namun kandungan antioksidan yang ada di dalam vitamin C dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak itu.

6. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat diakibatkan karena adanya sumbatan di pori-pori wajah mu, sumbatan itu berasal dari kotoran atau bahkan minyak yang berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Penggunaan rutin produk vitamin C pada wajah dipercaya mampu mengurangi luka jerawat serta kemerahan dan pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat. Bagi kamu yang ingin menghilangkan bekas luka jerawat, pemakaian vitamin C juga bisa menjadi solusi untuk itu loh.

Cara Mendapatkan Vitamin C untuk Perawatan Kulit Wajah

Manfaat Vitamin C untuk Wajah
freepik.com

Untuk Grameds yang ingin mulai memperbaiki kulit wajah dengan menggunakan vitamin C, kamu bisa mulai dengan menggunakan produk-produk vitamin C yang benar seperti serum, krim, atau bahkan melakukan perawatan seperti suntik vitamin C.

Selain itu juga kamu juga tetap harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C agar bukan hanya kulit wajahmu yg sehat tetapi tubuhmu juga sehat.

1. Krim dan Serum Vitamin C

Jika Grameds ingin membeli produk kecantikan yang memiliki kandungan vitamin C kamu wajib mengetahui beberapa hal berikut, pilihlah vitamin C yang berbentuk bahan aktif seperti L-Ascorbic Acid (LAA). Pastikan juga produk yang akan kamu gunakan mengandung kadar vitamin C sebesar 10% hingga 20% dan pH lebih rendah dari 3,5. Kamu juga bisa menghindari produk yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu wajib teliti dengan bahan yang terkandung dalam produk yang akan kamu gunakan. Kamu bisa melakukan tes produk dengan mengoleskan krim atau serum ke bagian area kecil di wajah mu dan lihat reaksinya selama 24 jam.

Jika kulit kamu langsung memberikan reaksi seperti gatal-gatal, kemerahan, dan merasa kulit seperti terbakar, kamu bisa menghentikan pemakaian dan segera mencuci wajah agar menghilangkan krim atau serum yang menempel di kulit wajahmu. Kemudian kamu bisa menghubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

2. Suntik Vitamin C

Suntik Vitamin C dilakukan untuk mendapatkan hasil yang instan dalam mengatasi kekurangan Vitamin C baik akibat pola makan yang buruk maupun gangguan penyerapan vitamin C oleh tubuh. Ciri-ciri kamu kekurangan Vitamin C adalah tubuh mudah lelah, penyembuhan luka yang lama, nyeri sendi, radang gusi, gusi berdarah atau bengkak.

Namun jika kamu ingin tetap melakukannya kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit ya Grameds. Jika kamu melakukan suntik vitamin C secara berlebihan atau tanpa pengawasan dari ahli kamu akan mendapat beberapa efek samping yang bisa dirasakan.

Efek samping tersebut bisa seperti perut yang terasa mual, nyeri pada tempat suntikan, bahkan infeksi pada bekas suntikan, maag, sakit kepala, dan insomnia. Jika kamu memiliki penyakit seperti penyakit ginjal, kamu sebaiknya tidak melakukan suntik vitamin C karena ini bisa menyebabkan kamu terkena batu ginjal.

Tidak semua orang bisa melakukan suntik vitamin C in iya Grameds, jika kamu adalah ibu hamil, penderita diabetes, asam urat, memiliki gangguan fungsi hati, penyakit ginjal, orang yang mengkonsumsi obat-obatan seperti aspirin, antasida dan obat pengencer darah, sedang menjalani pengobatan kanker seperti kemoterapi dan memiliki kelainan darah misalnya hemofilia, kamu wajib berkonsultasi dengan dokter agar tidak mengalami efek samping yang berlebihan.

3. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi

Selain mendapatkan perawatan dari luar dengan menggunakan krim atau serum, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin C untuk mendapatkan perawatan dari dalam.

Kamu bisa mengkonsumsi sayur dan buah yang memiliki kandungan vitamin c seperti jeruk, cabe, tomat, brokoli, jambu biji, manga, kiwi, nanas, papaya serta paprika. Kamu juga bisa menambah asupan vitamin C dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C yang biasanya dalam bentuk tablet dan permen. Meskipun baik dan diperlukan oleh tubuh kamu tidak boleh mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan ya Grameds.

Takaran yang pas dalam mengkonsumsi vitamin C jika kamu adalah pria remaja dan dewasa kamu memerlukan asupan vitamin C sebanyak 90 mg per hari. Jika kamu adalah wanita remaja dan dewasa kamu membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 75 mg per hari. Untuk ibu hamil dan menyusui kamu membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 80-100 mg per hari.

[algolia_carousel page=2]

Dosis maksimal asupan vitamin C adalah 1.000 mg per hari, jika kamu mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan atau lebih dari 1.000mg per hari kamu bisa merasakan efek samping seperti sakit perut bahkan diare.

Rekomendasi Serum Vitamin C

Seperti penjelasan sebelumnya, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin C untuk wajah salah satunya dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Jika kamu bingung untuk mencoba produk yang mana, kamu bisa lihat beberapa rekomendasi berikut ini, ya!

1. Azarine C White Lightening Serum

Manfaat Vitamin C untuk Wajah
azarinecosmetic.com

Serum ini mengandung buah alami Kakadu plum Australia. Kakadu plum memiliki kandungan vitamin C dari buah-buah lainnya bahkan 100x dari buah jeruk. Dengan oxy moist activating technology untuk memberi kelembaban ekstra serta bisa membuat kulit wajah kamu menjadi glowing dan kenyal. Selain mengandung antioksidan yang tinggi untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan penuaan dini, serum ini bisa mencerahkan kulit kusam dan meratakan kulit dan flek hitam.

2. Garnier Light Complete Vitamin C 30x Booster Serum

Manfaat Vitamin C untuk Wajah
garnier.co.id

Serum ini berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah dari noda hitam. Kandungan serum ini memiliki 30x vitamin C murni yang berasal dari Lemon Yuzu Jepang. Serum ini memiliki tekstur yang ringan dan fresh sehingga mudah untuk meresap ke lapisan kulit untuk mencerahkan noda hitam dan menghilangkan bekas jerawat.

Selain itu, serum ini juga memiliki aroma yuzu lemon jepang yang menyegarkan sehingga saat kamu menggunakan nya kamu dapat merasakan sensasi rileks dengan aroma nya. Dengan pemakaian rutin kamu bisa merasakan manfaat dari serum ini bagi kulit wajah kamu loh Grameds.

3. Wardah C – Defense Series

Manfaat Vitamin C untuk Wajah
wardahbeauty.com

Produk ini merupakan satu series sehingga kamu bisa menggunakan 4 produk yang memiliki manfaat komplit bagi kulit wajah mu. Wardah C-Defense mengandung Hi-Grade Vitamin C yang terdiri dari Wardah C-Defense Energizing Whip Foam yang berfungsi mengangkat kotoran sisa makeup dan minyak serta kotoran. Wardah C-Defense Serum yang berguna untuk membantu kamu untuk mencerahkan kulit dan menjaga dehidrasi kulit wajah.

Wardah C-Defense Face Mist berguna untuk memberikan kesegaran pada wajah disaat kamu merasa kulit wajahku kering dan membutuhkan kesegaran. Dan sebelum kamu beraktivitas diluar ruangan kamu wajib menggunakan Wardah C-Defense DD Cream krim ini dilengkapi dengan SPF 30 yang berfungsi untuk melindungi kamu dari paparan sinar matahari selain itu memiliki manfaat lain seperti mencerahkan, meratakan warna kulit dan bisa kamu gunakan sebagai base makeup kamu sehari-hari.

4. ElshéSkin Vitamin C Serum

Manfaat Vitamin C untuk Wajah
elsheskin.com

Serum vitamin C ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit yang kusam. Serum ini memiliki kandungan 2 jenis vitamin yang memiliki fungsi antioksidan untuk melembapkan kulit dan menangkal radikal bebas penyebab tanda penuaan dini. Serum ini memiliki tekstur yang sangat cair sehingga mudah meresap ke wajah.

Produk ini sangat membantu kamu karena dikemas dalam botol pump sehingga bisa kamu bawa kemana-mana. Kamu bisa menggunakan produk ini secara rutin baik pagi hari atau malam hari, jika kamu menggunakan produk ini pada pagi hari kamu wajib menggunakan tabir surya setelahnya ya.

Produk ini disarankan dihindari oleh ibu hamil dan menyusui dibawah 12 bulan. Dan jika kamu memiliki kulit wajah yang sedang berjerawat dan memiliki komedo, kamu juga sebaiknya tidak menggunakan produk ini karena takutnya akan semakin membuat kamu bertambah jerawat.

5. Avoskin Your Skin Bae Serum Vitamin C 3% + Niacinamide 2% Mandarin Orange Fruit Extract

Manfaat Vitamin C untuk Wajah
avoskinbeauty.com

Serum ini berfungsi menghambat produksi melanin dan akumulasi melanin pada kulit sehingga efektif untuk mencerahkan kulit yang gelap. Serum ini juga mengandung niacinamide dan ekstrak jeruk mandarin sehingga wajah kamu akan semakin cerah secara maksimal. Produk ini boleh digunakan oleh usia di atas 15 tahun keatas.

6. Breylee Serum Vitamin C

Manfaat Vitamin C untuk Wajah
breylee.com

Serum ini berfungsi untuk mencegah noda hitam pada wajah. fungsi lain seperti mencerahkan warna kulit serta memulihkan kesehatan kulit, meningkatkan metabolism kulit dan mengaktifkan sel-sel kulit yang rusak sehingga bisa mengembalikan elastisitasnya. Dengan penggunaan yang rutin, serum ini bisa bekerja untuk menyamarkan kerutan kerutan halus.

7. Dear Me Beauty 10% Vitamin C Orange Extract Face Serum

Manfaat Vitamin C untuk Wajah
dearmebeauty.com

Serum ini memiliki kandungan bahan aktif hingga 10% vitamin C dari ethyl ascorbic acid yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini bisa berguna untuk mengurangi tampilan hiperpigmentasi dan melindungi lapisan kulit dari efek radikal bebas yang berasal dari paparan sinar ultraviolet serta polusi dari asap kendaraan. Serum ini juga dilengkapi dengan bahan-bahan alami seperti ekstrak orange, aloe vera, dan kolagen di dalamnya.

Itulah manfaat vitamin C untuk wajah juga efek samping dan rekomendasi produk vitamin C yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit wajahmu. Grameds bisa mengunjungi gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait perawatan kulit wajah. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Apa Itu Serum? Manfaat serta Cara Memakainya
  2. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit Wajah
  3. Mengintip Manfaat Cuka Apel untuk Wajah: Perhatikan Hal Ini
  4. 11 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya
  5. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  6. 10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah
  7. 10 Manfaat Lemon untuk Wajah, Dapat Mencegah Penuaan Dini
  8. 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Sayang Dilewatkan
  9. 15 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah dan Rambut
  10. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda