in

Mengintip Manfaat Cuka Apel untuk Wajah: Perhatikan Hal Ini!

unsplash.com

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah – Cuka apel memang memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan, dan mengatasi sembelit. Namun selain bermanfaat untuk pencernaan, cuka apel juga memiliki manfaat untuk wajah.

Belakangan ini, perawatan kulit dengan menggunakan bahan dari cuka apel telah cukup populer. Asam yang ada pada cuka apel yaitu asam asetat serta asam malat dinilai memiliki sifat anti bakteri serta anti jamur yang memberikan segudang manfaat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Wah menarik ya? Lalu apa saja manfaat lainnya dari cuka apel? Inilah beberapa manfaat cuka apel untuk wajah.

Kandungan yang Ada pada Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah
unsplash.com

Sebelum mencoba-coba menggunakan skincare atau membuat sendiri perawatan wajah dari bahan cuka apel, Grameds perlu tahu kandungan apa yang ada pada cuka apel. Tujuannya, agar Grameds tidak salah kaprah dan akhirnya mencampur bahan-bahan yang tidak boleh tercampur dengan cuka apel.

Secara umum, ada dua kandungan dalam cuka apel yang dipercaya menjadi kandungan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, terutama wajah. Dua kandungan tersebut adalah sebagai berikut ini.

[algolia_carousel]

1. Asam asetat

Asam asetat merupakan kandungan dalam cuka apel yang dapat bermanfaat baik untuk kesehatan kulit. Asam asetat disebut-sebut merupakan kandungan yang memiliki sifat anti mikroba serta anti jamur.

Sehingga ketika digunakan secara topikal atau dengan cara dioles, maka cuka apel pun dianggap mampu menghilangkan bakteri-bakteri yang dapat menjadi penyebab dari berbagai macam penyakit kulit, penyakit kulit tersebut termasuk jerawat serta infeksi kulit lainnya.

2. Asam sitrat

Kandungan kedua yang ada pada cuka apel adalah asam sitrat yang masuk dalam golongan asam alfa hidroksi atau AHA. Istilah AHA dalam dunia skincare, tentu sudah tidak asing lagi di telinga Grameds bukan? Sebab kandungan AHA ini telah banyak digunakan dan bahkan menjadi salah satu kandungan yang cukup trend tahun-tahun belakangan ini.

AHA merupakan kandungan yang sering kali digunakan untuk membantu mempercepat proses penggantian sel-sel kulit mati serta mampu mengatasi keriput dan bintik-bintik hitam pada wajah.

Itulah dua kandungan yang ada pada cuka apel, baik cuka apel dengan dosis tinggi maupun cuka apel dengan jenis lainnya. Perlu menjadi suatu perhatian, bahwa meskipun dua kandungan tersebut baik untuk kulit dan bahkan dapat merawat kulit wajah, apabila digunakan secara berlebihan dan dengan dosis yang tidak tepat justru akan membuat kulit iritasi dan bermasalah. Terutama kulit wajah yang memiliki tipe sensitif.

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Beragam Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Meskipun memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kulit wajah, akan tetapi masih ada pro dan kontra mengenai penggunaan cuka apel untuk wajah. Beberapa berpendapat, bahwa cuka apel tidak dapat digunakan ke wajah karena terlalu keras, terlebih apabila tidak dicampur dengan lainnya.

Sementara pandangan lain justru menyarankan penggunaan cuka apel untuk kesehatan kulit wajah. Sebab memiliki kandungan-kandungan baik dan dapat membantu kulit eksfoliasi.

Terlepas dari pro kontra pendapat para ahli mengenai penggunaan cuka apel untuk wajah, berikut beberapa manfaat cuka apel untuk wajah yang telah dipublikasikan yang perlu Grameds ketahui.

1. Mengatasi jerawat

Cuka apel dapat membantu menghilangkan bakteri dan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan jerawat meradang. Manfaat satu ini didapatkan karena cuka apel memiliki kandungan asam sitrat atau AHA di dalamnya yang membantu eksfoliasi kulit dan mempercepat proses pergantian sel-sel kulit yang telah mati dan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaat cuka apel satu ini.

2. Dapat memudarkan keriput

Cuka apel dapat digunakan sebagai toner wajah, apabila digunakan sebagai toner, maka cuka apel dapat membantu mencegah terbentuknya keriput akibat dari penuaan.

Karena penggunaan toner cuka apel ini, dapat memberikan manfaat untuk mengencangkan kulit wajah sekaligus untuk melindungi wajah dari zat-zat berbahaya yang bertebaran di udara dan tidak kita ketahui.

Ada cara mudah untuk membuat toner dari cuka apel, Grameds dapat mencampurkan cuka apel secukupnya dengan air bersih. Gunakan perbandingan 1:2, namun apabila Grameds memiliki tipe kulit wajah yang sensitif, kamu perlu memperbanyak jumlah air.

Setelah mencampurkan cuka apel dan air, Grameds dapat mengoleskan toner cuka apel tersebut ke wajah setelah wajah Grameds dibersihkan sebelumnya.

3. Menghilangkan kutil

Kutil yaitu kulit atau daging yang tumbuh di atas kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Ada kutil yang sifatnya berbahaya, seperti kutil karena infeksi virus HIV, akan tetapi ada pula kutil yang tidak berbahaya.

Apabila Grameds sering melihat kutil di area bagian wajah atau leher, bisa jadi benjolan tersebut sebenarnya merupakan kulit yang tumbuh secara berlebihan. Kutil tidak hanya muncul di kulit wajah saja, akan tetapi juga dapat ditemui di seluruh bagian tubuh.

Kutil atau disebut pula sebagai skin tags, tidak disebabkan oleh virus. Kutil dipercaya dapat hilang dengan mengoleskan cuka apel dan bahkan dipercaya mampu membuat kutil menjadi kering serta lepas dengan sendirinya.

4. Membantu mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, asam sitrat atau AHA merupakan salah satu kandungan dalam cuka apel yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Dengan kandungan AHA pada cuka apel tersebut, maka cuka apel dapat membantu dan memicu pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah. Pengelupasan sel kulit mati penting untuk terjadi, tujuannya agar sel kulit mati yang baru dapat terus beregenerasi.

5. Perawatan setelah terkena sinar matahari

Manfaat selanjutnya dari cuka apel untuk kesehatan wajah adalah dapat digunakan untuk perawatan usai terkena sinar matahari. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut yang menunjukan soal kebenaran atau berhasil membukti manfaat cuka apel untuk kulit wajah yang satu ini.

Kini, tidak sedikit pula orang yang telah mencoba menggunakan toner cuka apel untuk merawat kulit yang telah terpapar sinar matahari. Meskipun begitu, Grameds perlu mengingat bahwa cuka apel memiliki kandungan AHA yang dapat mengeksfoliasi kulit.

Sehingga lebih baik tidak menggunakan cuka apel atau toner dari cuka apel ketika kulit wajah mengalami sunburn atau terbakar sinar matahari. Sebab, alih-alih merawat kulit, Grameds justru akan semakin membuat kulit terluka.

6. Membantu mengatasi hiperpigmentasi pada kulit wajah

Hiperpigmentasi merupakan suatu kondisi, di mana terjadi perubahan pada warna kulit, karena terjadi produksi melanin yang berlebihan. Seseorang yang mengalami hiperpigmentasi, maka kulitnya dapat terlihat belang atau lebih gelap di bagian-bagian tertentu saja. Selain itu, hiperpigmentasi pun dapat menyebabkan muncul bintik-bintik hitam seperti flek yang dapat mengganggu penampilan.

[algolia_carousel page=2]

Kandungan yang ada pada cuka apel, yaitu asam asetat disebut dapat membantu memudarkan kondisi hiperpigmentasi secara alami. Apabila Grameds ingin mencoba merasakan manfaat cuka apel satu ini, berikut langkah-langkah yang bisa Grameds lakukan.

Campurkan lah air dengan cuka apel dengan menggunakan perbandingan 1:1, kemudian oleskan campuran cuka apel tersebut di bagian kulit yang terlihat lebih gelap atau bagian yang mengalami hiperpigmentasi, lalu diamkanlah toner cuka apel tersebut selama kurang lebih dua hingga tiga menit.

Kemudian bilas dengan air hangat, lalu ulangi kembali langkah-langkah tersebut sebanyak dua hingga tiga kali sehari, sehingga Grameds mendapatkan hasil yang Grameds inginkan.

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

7. Menghilangkan kemerahan yang muncul pada wajah

Warna kemerahan pada kulit wajah, dapat muncul karena berbagai macam faktor, salah satunya karena infeksi bakteri. Warna kemerahan pada wajah juga dapat muncul, karena bekas jerawat dan biasanya lebih sulit untuk dihilangkan.

Menurut para ahli, warna kemerahan pada kulit wajah dapat hilang dan diredakan dengan cuka apel, sebab cuka apel memiliki sifat anti mikroba. Untuk mendapatkan manfaat satu ini, Grameds bisa mencoba membuat toner wajah dari cuka apel dengan perbandingan 1:1 atau sesuaikan saja dengan kondisi kulit wajah Grameds.

8. Mengatasi spider veins

Manfaat selanjutnya dari cuka apel untuk kulit wajah adalah untuk mengatasi spider veins. Apa itu spider veins? Spider veins merupakan suatu kondisi di mana pembuluh darah vena pecah, sehingga membuat aliran darah menjadi terlihat lebih jelas di permukaan kulit kaki maupun kulit wajah.

Pada kondisi spider veins ini, Grameds dapat menggunakan cuka apel sebagai bahan astringent yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Karena kulit yang kencang dapat membantu memudarkan penampakan dari pembuluh darah yang pecah. Grameds dapat mengoleskan cuka apel dengan menggunakan kapas yang steril dan bersih, ke area kulit wajah yang mengalami kondisi satu ini .

Apabila memiliki tipe kulit yang sensitif, lebih baik Grameds mengoleskan toner cuka apel atau cuka apel yang telah dicairkan.

9. Mampu memudarkan bekas luka

Cuka apel dapat bermanfaat untuk kulit wajah, salah satunya adalah dapat membantu memudarkan bekas luka, seperti bekas luka yang Grameds dapatkan karena jerawat yang meradang. Apabila ingin merasakan manfaat cuka apel satu ini, Grameds bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

Larutkanlah dua sendok makan cuka apel dengan empat sendok makan air yang bersih dan steril, kemudian celupkan kapas ke dalam campuran cuka apel dan air tersebut lalu oleskan campuran tersebut pada bekas luka yang ada pada kulit wajah.

Jangan langsung membilas olesan cuka apel, tetapi biarkan sejenak atau hingga olesan kering di kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Grameds bisa mengulangi langkah-langkah di atas setiap malam sebelum tidur dan membersihkan bekas cuka apel yang menempel pada wajah keesokan harinya.

10. Menjadi toner pembersih wajah yang alami

Cuka apel juga dapat berfungsi sebagai toner pembersih wajah yang alami. Pembersih wajah alami dari cuka apel ini dapat dibuat dengan mudah di rumah. Karena pada dasarnya, untuk membuat toner dan berbagai macam skincare dari cuka apel, Grameds hanya butuh mencairkan cuka apel dengan air.

Untuk toner pembersih wajah, cairkan satu sendok makan cuka apel dengan 60 ml air hangat. Campuran ini, cukup Grameds oleskan pada kulit wajah secara perlahan-lahan dengan menggunakan kapas yang bersih.

Maka, kotoran-kotoran, minyak serta bakteri yang menempel pada wajah dan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit pun akan terangkat.

Meskipun memiliki segudang manfaat baik bagi kulit wajah, akan tetapi bagi beberapa orang, cuka apel justru bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Sehingga untuk mencegahnya, maka Grameds bisa melakukan tes lebih dulu sebelum menggunakan cuka apel sebagai salah satu bahan skincare.

Cara melakukan tesnya pun cukup simpel, yaitu dengan cara mengoleskan serta mendiamkan cuka apel pada kulit tangan serta tunggu selama beberapa menit. Apabila kulit tangan tempat cuka apel dioleskan terasa gatal, perih atau berubah warna menjadi merah, maka hentikan penggunaan toner cuka apel atau cuka apel ke wajah.

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah
Grid.id

Efek Samping Penggunaan Bahan Cuka Apel pada Wajah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meskipun memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan kulit wajah, penggunaan cuka apel pada kulit wajah ini masih mengundang pro dan kontra dari para ahli.

Penggunaan cuka apel pada wajah dinilai dapat berbahaya dan menyebabkan iritasi, terutama apabila digunakan sembarangan tanpa dicairkan dengan air lebih dulu dan tanpa tes lebih dulu.

Cuka apel memang salah satu bahan alami yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah pencernaan. Namun saat ini bahan satu ini mengalami hype karena disebut-sebut memiliki manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Meskipun begitu, cuka apel yang dioleskan pada kulit wajah dapat memiliki efek samping.

Efek samping dari penggunaan cuka apel dapat dirasakan, apabila Grameds menggunakan toner atau pembersih dan bahan skincare dari cuka apel dengan berlebihan dan tidak sesuai dengan anjuran. Karena mengandung AHA, cuka apel yang digunakan berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan bahkan kulit terasa seperti terbakar.

Apabila dalam penggunaan cuka apel, Grameds mulai merasakan efek samping tersebut, maka segera hentikan penggunaan cuka apel serta memeriksakan kondisi kulit wajah Grameds ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Selain itu, Grameds perlu mengingat, bahwa tidak ada hasil instan yang diperoleh terutama soal kecantikan kulit. Baik itu menggunakan skincare dari brand terkenal maupun menggunakan bahan-bahan alami seperti cuka apel.

Sehingga Grameds tidak perlu terlalu obsesi dan menggunakan cuka apel secara berlebihan karena justru dapat menimbulkan efek samping yang buruk. Selain itu, perhatikan pula dengan seksama bagaimana cara penggunaan cuka apel yang tepat dan baik untuk kulit wajah dan jangan malas untuk melakukan cek kesensitifan atau alergi pada kulit.

Masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan dan memastikan manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit wajah. Apabila ragu, lebih baik tidak mencoba-coba mengoleskan cuka apel ke wajah atau carilah lebih lanjut mengenai informasi tentang cuka apel.

Apabila Grameds masih ragu dengan manfaat cuka apel atau bahkan ingin mengetahui rahasia kecantikan kulit wajah untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, Grameds bisa mengulik lebih dalam tentang skincare dengan membaca buku-buku terkait.

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Demikian ulasan tentang manfaat cuka apel untuk wajah. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas di gramedia.com, termasuk buku-buku yang membahas mengenai skincare dan tips untuk mendapatkan kulit yang cantik, bercahaya, dan bersih.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  2. 10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah
  3. Apa itu Serum? Manfaat serta Cara Memakainya
  4. 15 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah dan Rambut
  5. 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Sayang Dilewatkan
  6. 10 Manfaat Lemon untuk Wajah, Dapat Mencegah Penuaan Dini
  7. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda