in

Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit

pixabay.com

Treatment Wajah – Berbagai cara dilakukan manusia untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan merawat diri. Dengan merawat diri, kita dapat memiliki penampilan yang lebih baik sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri.

Menunjang penampilan telah menjadi kebutuhan bagi manusia modern terutama kaum hawa. Tampil sempurna dengan wajah yang sehat merupakan tujuan yang ingin dicapai bagi banyak perempuan. Berbagai macam treatment wajah pun sering dijajal para perempuan mulai dari yang alami hingga perawatan non alami yang membutuhkan biaya yang besar.

Apakah Grameds memiliki permasalahan wajah yang ingin diatasi? Berikut ini adalah 7 rekomendasi treatment wajah yang dapat dicoba. Sebelum melakukan treatment wajah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sebelum Melakukan Treatment Wajah

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari treatment wajah yang kita lakukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukannya.

1. Mengetahui permasalahan wajah

Ada banyak permasalahan wajah yang sering dialami seseorang seperti jerawat, komedo menumpuk, pori-pori besar, maupun wajah kusam. Untuk mengetahui treatment apa yang mesti dilakukan kita harus mengetahui terlebih dahulu permasalahan yang dialami wajah. Ini bertujuan agar kita tidak salah memilih treatment dan dapat mengatasi permasalahan wajah kita dengan maksimal.

Selain mengetahui jenis treatment yang tepat, dengan mengetahui permasalahan wajah, kita juga dapat menghindari produk, asupan makanan, atau kebiasaan yang dapat memperburuk kondisi wajah. Misalnya, kulit wajah yang kering harus meminimalisir penggunaan produk perawatan yang mengandung alkohol. Mengetahui masalah dasar kulit dapat membantu kita memilih treatment wajah terbaik.

2. Mengenali kondisi tubuh

Sebelum melakukan treatment wajah kita juga perlu mengenali kondisi tubuh. Hal ini sering kali tidak disadari paru pelaku treatment wajah. Jika diabaikan, treatment wajah dapat berakibat fatal pada kondisi tubuh yang tidak sesuai.

Misalnya, penderita penyakit jantung tidak disarankan melakukan treatment mengencangkan wajah yang memanfaatkan energi radio frekuensi. Penyebabnya adalah alat pacu pengontrol detak jantung yang tertanam di jantung dapat terganggu. Energi radio frekuensi tersebut sangat berpotensi mengganggu kerja aliran listrik jantung.

Selain itu, kondisi khusus lain yang perlu diperhatikan sebelum melakukan treatment wajah adalah kehamilan. Ibu yang hamil sering memiliki pantangan yang harus dihindari termasuk dalam melakukan perawatan wajah dengan energi radio frekuensi yang dapat menyebabkan efek samping pada janin.

3. Memilih waktu yang tepat

Ada pilihan waktu yang baik dalam melakukan treatment wajah tertentu. Hal ini dipengaruhi oleh bahan yang terkandung dalam treatment wajah. Beberapa bahan memiliki efek yang lebih baik jika digunakan pada pagi hari, sementara bahan lain justru harus dihindari penggunaannya pada pagi hari.

Selain bahan yang terkandung dalam treatment, pemilihan waktu treatment wajah juga berkaitan dengan aktivitas tubuh. Misalnya, treatment wajah berupa facial disarankan dilakukan di malam hari. Saat malam hari biasanya kita selesai melakukan aktivitas. Dengan demikian, facial akan lebih bekerja maksimal karena otot di wajah akan rileks menjelang waktu istirahat. Bahan yang digunakan dalam facial pun terserap dengan baik ke dalam kulit sehingga memberikan efek segar pada saat bangun di pagi hari.

Kondisi wajah juga menjadi pertimbangan lain dalam memilih waktu untuk melakukan treatment. Wajah dengan peradangan jerawat misalnya, tidak diperbolehkan melakukan treatment tertentu yang justru akan memperparah permasalahan wajah. Biasanya dokter kulit akan memberikan produk untuk meredakan jerawat meradang sementara sambil menunggu beberapa hari sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

4. Menggunakan skincare

Langkah ini mungkin terdengar membingungkan karena treatment wajah bertujuan untuk mengatasi permasalahan di wajah, lantas mengapa harus menggunakan skincare? Ternyata skincare dapat membantu kulit siap menerima treatment wajah dengan lebih baik. Dengan kata lain, skincare merupakan produk yang mendukung treatment wajah.

Fungsi lain dari skincare adalah melindungi kulit sebelum dilakukannya treatment wajah. Beberapa treatment wajah menggunakan bahan dengan kandungan tinggi dan peralatan canggih yang mungkin sensitif bagi kondisi kulit tertentu. Untuk meminimalisir efek samping ini, kita bisa menggunakan skincare sebelum melakukan treatment.

5. Berkonsultasi dengan ahlinya

Kita terkadang bingung menentukan kondisi kulit wajah karena ada beberapa permasalahan yang kita alami. Daripada melakukan diagnosis mandiri, kita disarankan untuk meminta pendapat ahli kulit atau dokter kulit untuk menentukan permasalahan kulit wajah kita. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan diagnosis.

Berkonsultasi dengan dokter yang kompeten juga dapat membantu kita menentukan treatment wajah yang tepat. Sebab, sebelum melakukan treatment kita akan diarahkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Dengan mempertimbangkan pendapat para ahli, kita dapat memperoleh hasil maksimal dari treatment yang dilakukan.

Treatment Wajah

6. Memperhatikan gaya hidup

Gaya hidup merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kulit wajah. Misalnya sering bekerja di luar ruangan tentu akan membuat kulit kita lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Selain itu pola tidur juga sangat mempengaruhi kondisi kulit.

Sebelum memulai treatment, kita perlu menjaga pola hidup yang sehat. Ini bertujuan agar wajah dapat lebih siap saat menerima treatment, sehingga kita dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Selain itu, kita juga perlu menceritakan gaya hidup kita kepada dokter yang menangani. Sebab, beberapa treatment memiliki efek samping yang dapat membuat kulit kita lebih sensitif. Setelah melakukan treatment tertentu, kita juga kerap disarankan menghindari beberapa hal seperti paparan sinar matahari.

Untuk itu, penting untuk mengkonsultasikan pola hidup. Misalnya jika dokter menyarankan treatment yang membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari, kita perlu memberi tahu bahwa kita memiliki profesi yang menuntut bekerja di lapangan. Biasanya dokter akan memberikan saran pencegahan setelah treatment atau memberi alternatif treatment lain.

7. Menyesuaikan budget

Semakin canggih bahan dan teknologi yang digunakan dalam treatment wajah, maka tentu saja biaya yang dipatok akan semakin tinggi. Treatment dengan biaya yang tidak murah biasanya menjanjikan hasil yang memuaskan.

Meskipun begitu, kita tetap dapat memilih treatment wajah yang disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Setelah menganalisis kondisi wajah, biasanya dokter akan menawarkan beberapa pilihan treatment. Kita pun bisa menentukan treatment wajah yang akan dilakukan sesuai kebutuhan dan anggaran.

8. Memastikan kredibilitas klinik

Pada tahun 2020 silam, seorang calon pengantin asal Malaysia bernama Coco Siew Zhi Shing tewas setelah melakukan treatment sedot lemak. Ia menderita komplikasi setelah melakukan prosedur anestesi pada pagi hari dan dinyatakan tewas pada sore hari.

Setelah dicari tahu, Coco ternyata melakukan treatment sedot lemak di klinik yang tidak memiliki izin melakukan prosedur medis. Klinik tersebut hanya memiliki izin perawatan kecantikan biasa. Selain itu, pakar kecantikan yang bekerja di klinik tersebut juga belum mengantongi izin profesional. Coco sendiri memilih klinik itu lewat pencarian daring karena menawarkan paket yang paling murah.

Lewat kasus di atas, kita perlu berhati-hati dalam memilih klinik kecantikan sebelum melakukan treatment wajah. Sebab, klinik kecantikan yang tidak memiliki izin justru berpotensi memperburuk kondisi wajah kita atau menyebabkan efek samping lain yang lebih parah. Sebelum memulai treatment wajah terutama yang membutuhkan prosedur medis, kita harus bertanya apakah praktisi yang melakukannya mengantongi izin medis profesional.

Selain itu, kita juga harus memastikan kualitas dan legalitas peralatan yang digunakan dengan mengkonfirmasi registrasi Kementerian Kesehatan peralatan tersebut. Alat yang telah teregistrasi di Kementerian Kesehatan tentu sudah terjamin standarisasinya.

Treatment Wajah

7 Rekomendasi Treatment Wajah

1. Anti-Aging Treatments

Anti-aging treatments adalah treatment wajah yang dilakukan untuk mengatasi atau mencegah gejala penuaan. Meskipun treatment yang satu ini kerap dilakukan oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas, para ahli kecantikan merekomendasikan orang di usia 20-an untuk mulai melakukan treatment anti penuaan. Sebab, dengan melakukan anti-aging treatments sedini mungkin, kita dapat mencegah atau memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

Ada beberapa tanda penuaan pada kulit yang kerap muncul seperti keriput, garis mata, smile line, atau flek hitam di wajah. Penyebab penuaan pada kulit adalah usia, genetik, gaya hidup, paparan terhadap sinar matahari, stres, dan penyakit. Anti-aging treatments bertujuan untuk mengatasi gejala-gejala penuaan tersebut yang fokus utamanya mengencangkan kulit.

Penuaan adalah proses alamiah yang akan dialami setiap manusia. Dengan bertambahnya usia, manusia mengalami penurunan elastisitas kulit. Namun, dengan kecanggihan teknologi dan riset kecantikan, kita dapat mencegah atau meminimalisir proses penuaan pada kulit. Berikut adalah beberapa anti-aging treatments yang bisa Grameds coba.

a. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur non bedah anti penuaan yang populer di kalangan selebritis. Treatment ini bertujuan untuk menghilangkan garis halus, keriput, dan mengangkat sel kulit mati.

Ada tiga jenis mikrodermabrasi yang ditawarkan klinik kecantikan, yaitu crystal microdermabrasion, diamond-tip handpiece, dan yang terbaru hydradermabrasion. Perbedaan tiga jenis mikrodermabrasi tersebut terletak pada alat yang digunakan serta produk yang diaplikasikan ke kulit wajah.

b. Tanam benang

Jika Grameds berminat melakukan operasi facelift tapi mengkhawatirkan risiko anestesi, maka treatment tanam benang atau thread lift bisa menjadi solusinya. Treatment ini memiliki fungsi yang sama seperti operasi facelift yaitu untuk mengangkat dan membentuk wajah.

Prosedur tanam benang dilakukan dokter dengan cara memasang jahitan tipis yang terbuat dari benang berkawat yang tidak terlihat. Jahitan ini akan lebur dalam lapisan bawah kulit kemudian menarik dan mencengkeram jaringan serta otot kulit. Dalam beberapa waktu, wajah akan tampak mengencang.

2. Brightening Treatments

Wajah kusam tentu menjadi permasalahan umum warga ibu kota karena kualitas udara Jakarta sempat menduduki peringkat terburuk di Asia Tenggara pada 2019. Fakta tersebut jelas berdampak pada kesehatan termasuk kesehatan kulit.

Untuk itu, treatment wajah yang bertujuan mencerahkan merupakan salah satu yang diminati pelanggan di berbagai klinik kecantikan. Sebab, memiliki wajah cerah menjadi dambaan bagi banyak orang.

a. Brightening skin booster

Brightening skin booster adalah treatment yang dilakukan dengan menyuntikkan kandungan pencerah kulit. Biasanya produk yang disuntikkan berbahan dasar Hyaluronic Acid (HA), yaitu kandungan yang terbukti dapat mencerahkan kulit serta menjaga kelembaban kulit. HA sering digunakan dalam produk kecantikan yang bertujuan mencerahkan karena cenderung aman untuk semua jenis kulit.

Treatment skin booster ini diminati banyak orang karena prosedurnya terbilang aman dan mudah. Selain itu, skin booster juga bisa dilakukan orang dari berbagai kalangan usia.

b. Brightening peeling

Peeling merupakan salah satu treatment wajah yang sangat diminati karena prosedurnya yang mudah bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Peeling bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit.

Peeling yang dilakukan sendiri biasanya menggunakan cream atau lotion peeling. Sedangkan peeling yang dilakukan di klinik kecantikan atau lebih sering disebut chemical peeling menggunakan produk yang mengandung berbagai tingkatan kandungan asam. Pelanggan harus mendapatkan analisis terlebih dahulu sebelum ditentukan akan menggunakan peeling dengan tingkatan tertentu.

Chemical peeling ringan hanya mengangkat sel kulit mati lapisan kulit terluar (epidermis). Sementara chemical peeling sedang mengangkat sel-sel kulit mati hingga lapisan dermis, yaitu lapisan kulit di bawah epidermis. Untuk mengatasi kerusakan kulit mendalam, kita dapat memilih chemical peeling dalam. Selain perbedaan kandungan asam yang digunakan, pemilihan ketiga jenis chemical peeling tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakan pada kulit wajah.

Brightening peeling sendiri tidak hanya bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, tapi juga mencerahkan kulit wajah. Perbedaan brightening peeling dan chemical peeling terletak pada produk yang diaplikasikan ke wajah. Selain menggunakan asam, brightening peeling juga mengaplikasikan produk yang bertujuan untuk mencerahkan kulit wajah.

3. Hydrating Treatments

Cuaca yang tidak menentu dan terlalu lama berada di ruang ber-AC berdampak pada kelembaban kulit. Kondisi tersebut sering menyebabkan kulit kita menjadi kering atau bahkan dehidrasi. Kondisi kulit yang demikian menimbulkan sensasi tertarik di wajah dan terkadang perih karena pengelupasan yang disebabkan oleh rusaknya lapisan pelindung alami kulit. Kulit yang kering dan dehidrasi juga menciptakan tekstur pada kulit wajah seperti kasar atau bersisik. Untuk mengatasi permasalahan kulit kering atau dehidrasi, Grameds bisa melakukan treatment wajah di bawah ini.

a. Hydrating facial

Facial adalah treatment wajah umum yang ditemukan di berbagai klinik kecantikan. Facial bertujuan untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menempel seperti debu, sel-sel kulit mati, dan komedo. Biaya treatment wajah dengan facial terbilang cukup terjangkau. Prosedurnya juga aman dan tidak terlalu menyakitkan sehingga diminati banyak pelanggan.

Setelah melakukan segala prosedur pembersihan di wajah, biasanya ahli estetika akan melapisi wajah kita dengan masker. Melapisi wajah dengan masker adalah tahapan terakhir yang dilakukan dalam prosedur facial. Tujuannya adalah untuk mengunci kelembaban kulit dan menenangkan kulit yang telah menjalani prosedur pembersihan sebelumnya.

Ada beberapa facial yang biasanya tersedia di klinik kecantikan. Hydrating facial adalah prosedur facial yang bertujuan mengembalikan elastisitas kulit. Pada tahapan akhir hydrating facial, ahli estetika akan mengaplikasikan masker pada kulit wajah yang terbuat dari kolagen, elastin, dan air. Produk-produk ini bertujuan untuk menghidrasi kulit wajah dan mengembalikan lapisan terluar kulit wajah seperti sediakala.

Treatment Wajah

4. Acnes Treatments

Minyak kelenjar adalah salah satu elemen yang dibutuhkan kulit untuk mencegah kulit kering. Namun, jika diproduksi secara berlebih oleh tubuh dan menyebabkan sumbatan justru akan menimbulkan jerawat. Selain produksi sebum berlebih, jerawat juga bisa disebabkan oleh kotoran yang menempel pada kulit.

Timbulnya jerawat sering mengganggu aktivitas dan membuat kita kehilangan kepercayaan diri. Beberapa treatment wajah di bawah ini bisa Grameds lakukan untuk mengatasi permasalahan jerawat.

a. Intense Pulsed Light (IPL) acne

Treatment wajah yang satu ini memanfaatkan energi cahaya lampu dengan intensitas yang cukup tinggi. Bagi IPL acne, cahaya lampu yang dipusatkan di wajah diharapkan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga mengurangi peradangan jerawat.

Sebelum melakukan IPL acne, wajah yang berjerawat akan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu ahli estetika akan mengoleskan gel pada wajah berjerawat sebelum tindakan IPL dimulai.

b. Acne injection

Acne injection biasanya dilakukan pada jerawat yang berukuran besar, sehingga tidak semua jerawat bisa ditangani melalui prosedur ini. Keuntungan dari acne injection adalah hasilnya yang instan karena jerawat yang diinjeksi akan mengecil keesokan harinya.

Penulis: Anendya Niervana

BACA JUGA:

  1. 13 Manfaat Es Batu Untuk Perawatan Wajah 
  2. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya 
  3. 11 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya 
  4. 10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah 
  5. Mengetahui 7 Manfaat Kopi Bagi Wajah 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda