in

Kumpulan Arti Mimpi Naik Gunung Menurut Tafsir Populer dan Primbon

Sumber: Travel Tempo.

Arti Mimpi Naik Gunung – Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi di dunia nyata dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming (fenomena ketika seseorang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi). Ketika seseorang mengalami mimpi demikian, dia akan menyadari sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, bahkan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya atau mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Adapun ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut dengan oneirologi. Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, yaitu ketika aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun.

Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik hingga sekitar 20–30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekadar produk dari aktivasi otak.

Sebagian orang percaya mimpi tak lebih dari sekadar bunga tidur tanpa arti khusus. Namun, banyak pula yang meyakini mimpi sebagai firasat terjadinya peristiwa pada masa mendatang, entah itu baik maupun buruk.

Islam pun beranggapan demikian. Mimpi yang baik berasal dari Allah SWT, sedangkan mimpi yang buruk berasal dari setan. Sebagaimana yang termaktub dalam hadis berikut.

Ar-ru’ya (mimpi kebaikan) berasal dari Allah SWT, sedangkan al-hulmu (mimpi buruk) berasal dari setan” (H.R. Muslim).

Mimpi Menurut Ajaran Islam

Menafsir mimpi bukanlah suatu hal klenik atau tabu. Upaya menafsir mimpi juga pernah dilakukan oleh seluruh anak Adam, tak terkecuali Nabi Yusuf As, dia adalah nabi yang terkenal sebagai penakwil mimpi. Menurut ajaran Islam, mimpi digunakan untuk mengukur kadar kejujuran seseorang. Semakin jujur seseorang ketika terjaga, semakin benar pula mimpi dalam tidurnya. Hal ini didasarkan kepada sabda Nabi Muhammad Saw.

Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada tiga, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah SWT, mimpi yang buruk yang berasal dari setan, dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri. Apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci, hendaklah dia bangun salat dan tidak menceritakannya kepada orang lain (H.R. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim).

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Muhammad Ibn Sirin pernah menulis sebuah kitab yang berjudul Tafsir al-Ahlam, kitab yang memuat tentang kumpulan mimpi-mimpi dan cara memahaminya. Dia menyebut bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam. Pertama, mimpi benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena telah jelas tergambar dalam mimpi. Kedua, mimpi yang membutuhkan penafsiran karena mengandung hikmah dan makna lain di luar yang dilihat dalam mimpi.

Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan di sisi lain dalam kitabnya yang berjudul Qawaid Tafsir al-Ahlam mengklasifikasikan mimpi menjadi empat bagian. Pertama, mimpi yang terpuji dari segi lahir dan batin. Kedua, mimpi yang terpuji dari segi lahir, tetapi tercela dari segi batin (maksudnya secara lahir mimpi tersebut tampak baik, tetapi arti dari mimpi tersebut sebenarnya adalah buruk). Ketiga, mimpi yang secara lahir tampak buruk, tetapi secara batin diartikan sebagai mimpi yang terpuji. Keempat, mimpi yang tercela dari segi lahir maupun batin (Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan, Qawaid Tafsir al-Ahlam, juz 1, hlm. 138).

Arti Mimpi Naik Gunung Menurut Islam

Naik gunung atau mendaki merupakan aktivitas outdoor menyenangkan yang menjadi pilihan sebagian orang untuk melepas stres. Ketika naik gunung, kalian dapat melihat pemandangan indah yang jarang didapatkan bersama teman-teman.

Ada banyak gunung di Indonesia yang kerap menjadi tujuan banyak pendaki untuk dikunjungi. Saking menyenangkan aktivitas naik gunung, tak sedikit orang yang membayangkannya sampai ke alam mimpi. Lalu, apa arti mimpi naik gunung? Apakah mimpi tersebut muncul karena Anda rindu atau memiliki keinginan untuk naik gunung? Simak beberapa versi arti mimpi naik gunung di bawah ini.

Dikutip dari buku berjudul Tafsir Mimpi Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah, mimpi naik gunung bisa ditafsirkan ke dalam berbagai hal, tergantung dari kegiatan atau kejadian dalam mimpi tersebut. Berikut adalah deretan arti mimpi naik gunung.

1. Mimpi Naik Gunung

Mimpi naik gunung dapat dikaitkan dengan tujuan hidup yang dicari si pemimpi. Jika kalian bermimpi mendaki gunung, tanyakan kepada diri sendiri apa tujuan dan cita-cita yang ingin dituju. Mimpi ini bisa membantu kalian untuk mewujudkan harapan atau rencana tersebut. Mungkin saja harapan tersebut adalah bertemu dengan sosok yang diidolakan atau mengenai karier pada masa depan.

2. Mimpi Naik ke Atas Gunung

Mimpi naik ke atas gunung dalam Islam ditakwilkan dengan perlindungan dan keselamatan, sebagaimana yang tercantum dalam Surah Hud ayat 43, yaitu “aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah” (Q.S. Hud: 43).

3. Mimpi Naik Gunung di Jalur yang Landai

Trek di gunung bervariasi, ada yang curam dan landai. Jika kalian bermimpi hiking di jalur landai, itu bisa menjadi pertanda perkara bahwa hal baik yang diimpikan akan tercapai dan proses yang dijalani akan terasa mulus.

4. Mimpi Naik Gunung Sembari Minum Airnya

Bagi yang berprofesi sebagai pedagang, mimpi minum air gunung dapat diartikan bahwa bisnis kalian akan menghasilkan keuntungan.

Masih dari sumber yang sama, ada beberapa versi lain dari arti mimpi tentang gunung, yaitu:

  • Terbangun dari mimpi sebelum mencapai puncak gunung berarti seseorang akan gagal dalam menggapai tujuannya.
  • Jatuh dari atas gunung dimaknai sebagai perpisahan dengan orang-orang yang muncul di dalam mimpi.
  • Mimpi mengangkat gunung adalah isyarat bahwa seseorang akan menanggung beban orang lain.
  • Mimpi meluncur dari atas gunung adalah pertanda bahwa masalah yang dihadapi tidak tuntas atau berantakan.

Arti Mimpi Naik Gunung Pandangan Populer

Gunung dalam mimpi sering diibaratkan sebagai rintangan dan tantangan besar yang harus kalian atasi saat ini atau kemudian hari, tergantung kepada jenis kegiatan yang kalian lakukan serta detail lainnya.

Mimpi yang berhubungan gunung dapat diartikan secara berbeda beda. Berikut adalah beberapa tafsir mimpi populer yang dapat menjelaskannya.

1. Mendaki Gunung

Secara umum, mimpi mendaki atau memanjat sesuatu dapat merepresentasikan usaha kalian untuk mendapatkan yang terbaik yang bisa didapatkan. Kamu mungkin sedang dalam perjalanan yang membutuhkan perjuangan besar dan mimpi ini menandakan tekad dan ambisi. Tujuan atau targetmu sudah mulai terlihat dan kamu akan segera menyelesaikan perjalanan tersebut.

Selain itu, mendaki bisa berarti bahwa kamu telah dan akan naik ke tingkat yang menonjol dalam bidang sosial atau ekonomi. Namun secara lebih umum, mimpi ini juga bisa menjadi prediksi tentang keberhasilanmu dalam mendapatkan keinginan yang ingin dimiliki untuk beberapa waktu, seperti pekerjaan baru.

2. Mendaki Gunung dan Berhasil Berdiri di Puncak Gunung

Jika mimipi kalian berlanjut sampai berada di puncak gunung, hal ini menunjukkan bahwa dirimu telah mencapai dan mewujudkan tujuanmu. Kamu telah mengenali potensi penuh dirimu dan mimpi ini bertindak sebagai selebrasi keberhasilan tersebut.

3. Jatuh Saat Mendaki Gunung

Bermimpi jatuh dari gunung saat sedang mendaki menunjukkan bahwa kamu ingin mencapai kesuksesan terlalu cepat tanpa memikirkan solusi cara pencapaiannya yang benar. Selain itu, mimpi ini juga bisa berarti bahwa kamu akan melarikan diri dari situasi yang menuntut kerja keras dan atensimu.

4. Mimpi Mendaki Gunung Saat Sedang Hamil

Jika kamu adalah seorang ibu yang sedang hamil, mimpi ini mungkin menunjukan risiko keguguran. Dalam waktu dekat, kamu harus untuk lebih memperhatikan diri mereka sendiri dan kesehatan perut bayi untuk menghindari kecelakaan. Alam bawah sadar akan memberi tahu sekaligus memperingatkan kondisi berbahaya yang sedang mengelilingimu.

5. Mendaki Gunung Es

Mendaki gunung es dalam mimpi adalah bukti kelaparan emosional. Meskipun kamu sangat rendah hati, terkadang kamu juga bisa sangat kering dalam mengekspresikan diri. Mimpi ini memprediksi jika kamu sudah siap atau sedang mempersiapkan diri secara emosional untuk menghadapi masa lalu terlepas dari betapa menyakitkannya itu.

6. Mimpi Mendaki Gunung dengan Cuaca Buruk

Jika kamu bermimpi mendaki gunung dengan cuaca buruk maka ini adalah sebuah indikasi adanya tantangan tesebut harus dipenuhi dengan berbagai kesulitan. Tentunya jika kamu memiliki sebuah mimpi, maka mimpi tersebut akan mendapatkan beberapa rintangan.

Namun, kamu jangan mudah menyerah dengan mimpi yang kamu inginkan. Sebuah rintangan yang menghadang kamu untuk mencapai sebuah mimpi, terkadang akan memberikan hasil yang terbaik untuk kamu nantinya.

5. Mimpi Melihat Gunung

Kemudian jika dalam mimpi kamu melihat gunung, maka kamu akan melewati beberapa hal yang berat dan sulit dalam beberapa hari kedepan. Namun setelah itu kamu akan mendapatkan sebuah keberuntungan yang tepat dalam hidup.

6. Mimpi Mendaki Gunung yang Tinggi

Selanjutnya jika kamu bermimpi mendaki gunung yang tinggi dan bergerigi dengan berbagai medan yang berbahaya, maka akan menandakan banyak hal yang harus kamu pertimbangkan ketika memutuskan untuk menaklukan tantangan tersebut. Namun, jika kamu mendaki gunung yang tidak terlalu curam, rintangan sekarang yang sedang kamu hadapai akan mendapatkan sebuah solusi.

7. Mimpi Mendaki Gunung Bersama Orang Lain

Jika kmu bermimpi mendaki gunung bersama orang lain maka ada sebuah masalah yang akan datang bersama teman kamu, yang harus kalian hadapi.

8. Mimpi Melihat Gunung Meletus

Selanjutnya jika kamu bermimpi melihat gunung meletus maka akan datang sebuah pertanda baik. Biasanya mimpi ini dikaitkan dengan perubahan dalam hidup. Perubahan hal ini biasanya dalam bidang bisnis yang sedang kamu kerjakan.

9. Mimpi Menuruni Gunung.

Setelah selesai mencapai puncak, tentu saja kamu harus kembali ke kota dan menuruni gunung, bukan? Meskipun hal tersebut sangat lazim dilakukan di dunia nyata, ternyata mimpi menuruni gunung justru bisa menjadi pertanda buruk. Mimpi tersebut bisa dimaknai bahwa kamu akan mengalami kemunduran dalam waktu dekat. Kemunduran tersebut bisa saja disebabkan oleh orang-orang terdekatmu seperti teman.

Arti Mimpi Naik Gunung Menurut Primbon Jawa

Primbon Jawa menyebutkan jika ada seseorang mengalami mimpi, terlebih mimpinya berulang-ulang itu terkadang memberi firasat kepada si pemimpi tersebut. Firasat itu bisa bagus atau bisa juga kurang bagus. Itu semua tergantung yang dia alami dalam mimpi tersebut.

Salah satu mimpi yang dialami seseorang adalah tentang gunung. Ada 10 tafsir mimpi tentang gunung yang perlu disimak, sebagaimana dikutip dari ramalan tafsir mimpi.

1. Mimpi Berada di Puncak Gunung

Seseorang yang telah mengalami mimpi berada di gunung itu menurut seorang ahli tafsir mimpi mempunyai dua makna, makna pertama orang itu akan memperoleh kekayaan. Makna yang kedua adalah orang tersebut akan menjadi pemimpin.

2. Mimpi Berwisata ke Gunung

Menurut primbon jawa bilamana ada seseorang mengalami mimpi berwisata ke gunung itu artinya akan mengalami sebuah peristiwa yang membuat kamu sendiri prihatin.

3. Mimpi Menuruni Sebuah Gunung

Mimpi ini adalah memberikan sebuah pertanda yang kurang bagus, dan orang-orang jaman dahulu masih mempercayai tentang mimpi itu artinya dalam usaha kamu akan merugi.

4. Mimpi Mendaki Gunung Tidak Pernah Jatuh

Siapa saja yang telah mengalami mimpi mendaki gunung tidak pernah jatuh itu menurut primbon jawa artinya bahwa orang itu akan sukses dalam usaha apapun.

5. Arti Mimpi Melihat Gunung dari Jauh

Nah, mimpi ini adalah sebuah gambaran dan menurut primbon jawa artinya apabila ada masalah atau persoalan apapun Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat dan sempurna.

6. Mimpi Mendaki Gunung, tapi tiba-tiba sampai di Puncak

Mimpi ini menurut seorang ahli tafsir mimpi siapa saja yang mengalaminya bakalan akan bertemu saudara yang selama ini sudah lama tidak berjumpa.

7. Mimpi Jatuh dari Gunung

Medan yang harus dilalui para pendaki untuk mencapai puncak tidaklah mudah. Terkadang kamu harus melalui jalanan sempit, semak belukar, hingga jurang yang mengerikan. Kamu pun harus memastikan bahwa langkahmu tepat dan tidak terjatuh karena bisa menyebabkan cedera serius. Namun, apabila kamu bermimpi mendaki gunung dan terjatuh, hal ini bisa menjadi pertanda buruk. Menurut primbon Jawa, mimpi tersebut bisa ditafsirkan bahwa kamu akan mengalami kegagalan dalam menggapai sesuatu yang kamu inginkan.

8. Mimpi Mendaki Gunung, Lantas Memetik Buah

Orang-orang jaman dahulu percaya akan mimpi tersebut, konon ketika seseorang mengalami mimpi itu artinya akan mendapat rejeki, dan rejeki tersebut datangnya tak diduga sebelumnya.

9. Mimpi Menggali Tanah di Gunung

Mimpi ini dalam primbon jawa menyebutkan seseorang yang mengalami mimpi menggali tanah di gunung itu artinya akan memperoleh sesuatu, bisa berupa materi atau jabatan tertentu.

10. Mimpi Melihat Gunung Meletus

Sebuah mimpi yang memberi firasat kurang baik, terutama bagi yang mengalaminya, dan primbon jawa mengisyaratkan bahwa orang tersebut akan tertimpa sebuah kemalangan. Gunung meletus merupakan salah satu bencana alam yang sangat menakutkan karena bisa menelan banyak korban jiwa dan menerjang permukiman. Apabila kamu melihat gunung meletus tentunya akan muncul perasaan takut dan ingin segera menghindarinya. Lalu, bagaimana jika kamu melihat gunung meletus dalam mimpimu? Ternyata mimpi melihat gunung meletus bisa menjadi pertanda baik karena akan ada perubahan dalam hidupmu. Perubahan hidup tersebut bersifat positif dan kamu akan mendapatkan keberkahan.

Nah itulah beberapa arti mimpi mendaki gunung yang perlu kamu tahu. Mimpi ini seringkali dikaitkan sebuah kegagalan maupun kesuksesan dalam hidup. Namun kamu jangan khawatir, karena kamu dapat merubah sebuah kegagalan menjadi pengalaman dan dapat membuahkan hasil yang baik.

BACA JUGA:

Rekomendasi Buku dan Ebook

1. Sejarah, Hikmah, dan Tabir Mimpi

2. 200 Quotes Pembingkai Mimpi

3. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.