in

Jenis-jenis Ikan Laut yang Enak untuk Dikonsumsi dan Rekomendasi Masakannya 

Ikan laut yang enak untuk dikonsumsi – Di Indonesia, terdapat berbagai jenis ikan yang bisa dikonsumsi. Sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, mudah untuk menemukan ikan baik di perairan tawar maupun laut. Umumnya, ikan yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ikan air tawar dan ikan air laut. Baik itu ikan air tawar atau laut, keduanya bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat.

Ikan-ikan ini dapat dimasak dengan cara dibakar, digoreng, atau diolah dengan rempah-rempah khas Indonesia dan santan. Biasanya, ikan konsumsi yang digoreng atau dibakar disajikan dengan lalapan dan sambal pedas agar rasanya lebih nikmat.

Di Indonesia, jenis-jenis ikan untuk dikonsumsi biasanya diolah dengan cara yang khusus. Tak hanya dengan cara digoreng atau dibakar, perpaduan bumbu khas Indonesia membuat masakan dengan bahan ikan menjadi lebih lezat.

Lalu, apa saja jenis-jenis ikan laut yang enak untuk dikonsumsi? Biar nggak penasaran lagi, langsung saja kita bahas bersama-sama, ya.

Jenis-Jenis Ikan Laut yang Enak untuk Dikonsumsi

Sumber: Pixabay.com/scottgardner

Beberapa jenis ikan laut merupakan sumber makanan bergizi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Beberapa contoh jenis ikan laut ini meliputi salmon, cakalang, tuna, dan ikan kakap. Ikan laut sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, bahkan ibu hamil. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan laut berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan otak.

Meskipun asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada setiap jenis ikan, kandungan yang paling tinggi terdapat pada ikan berlemak, seperti salmon, tuna, mackerel, sarden, dan ikan herring.

Konsumsi ideal adalah 2-3 kali dalam seminggu agar asupan gizi tetap seimbang. Ikan juga merupakan sumber protein yang kaya dan rendah lemak, sehingga cocok dikonsumsi oleh Grameds yang ingin menjaga berat badan.

 

  • Ikan Bawal

Ikan bawal terbagi menjadi dua jenis, yaitu ikan bawal air tawar dan air laut. Ikan ini kaya akan nutrisi seperti mineral, kalsium, vitamin, omega-3, dan fosfor. Mengkonsumsi ikan bawal juga dapat membantu mencegah kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah karena kandungan asam lemak tidak jenuhnya yang baik untuk dikonsumsi.

 

  • Ikan Kakap

Ikan kakap merah dan putih adalah jenis ikan yang biasanya disajikan di restoran dan rumah makan. Ukurannya besar dan memiliki banyak daging. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan lemak tidak jenuh.

Ikan kakap juga kaya akan mineral seperti fosfor, kalsium, seng, dan zat besi. Selain itu, ikan kakap juga mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

 

  • Ikan Sarden

Ikan sarden umumnya dijual dalam bentuk kaleng atau kemasan. Menurut para ahli gizi, ikan sarden kaya akan nutrisi seperti kalsium, zat besi, protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B12. Konsumsi ikan sarden sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan suasana hati.

Ikan ini dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi. Selain itu, ikan sarden juga mengandung vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

 

  • Ikan Salmon

Ikan salmon (Oncorhynchus nerka) dikenal dengan dagingnya yang berwarna oranye atau merah tua. Ikan ini mengandung asam lemak omega-6 dan omega-3.

Manfaat konsumsi ikan salmon sangatlah beragam, antara lain mencegah peradangan, mengatur pembekuan darah, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

  • Tuna

Ikan tuna memiliki kandungan gizi yang melimpah seperti vitamin B3, niacin, protein, fosfor, vitamin D, kalium, dan yodium. Ikan ini banyak dikonsumsi dan dijual di pasar Indonesia.

Di Jepang, ikan tuna sering diolah menjadi hidangan sushi dan sashimi yang terkenal. Tuna terbagi menjadi beberapa jenis, seperti albacore tuna, yellowfin tuna, blackfin tuna, southern bluefin tuna, bigeye tuna, skipjack tuna, dan bonito.

 

  • Ikan Teri

Ikan teri merupakan ikan kecil yang sering digunakan dalam masakan, seperti tumis, sayur, dan keripik. Meski berukuran kecil, ikan teri memiliki banyak manfaat kesehatan, khususnya untuk menjaga kesehatan jantung dan pertumbuhan otak anak-anak. Selain itu, ikan teri aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak mengandung gula dan karbohidrat.

 

  • Layur

Ikan layur memiliki tubuh ramping dan panjang, dengan banyak gigi dan warna perak. Ikan ini hidup di tengah laut dan seringkali berkumpul dalam kelompok.

Meskipun panjangnya biasanya tidak lebih dari 1 meter, layur mengandung banyak vitamin dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat dari mengkonsumsi ikan layur antara lain mencegah penyakit gondok, mengobati radang, dan menjaga berat badan.

 

  • Tenggiri

Ikan tenggiri biasanya dijadikan lauk makanan atau diolah menjadi sayur atau keripik. Ciri khas ikan tenggiri adalah dagingnya yang putih dan kuat rasa.

 

  • Kerapu

Ikan kerapu saat ini banyak dibudidayakan untuk dijual dan dikonsumsi. Daging ikan kerapu yang gurih dapat diolah menjadi sup ikan, sayur, atau lauk. Terdapat beberapa jenis ikan kerapu seperti kerapu macan, lumpur, batik, muara, dan merah. Konsumsi ikan kerapu dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya.

 

  • Ikan Tongkol

Ikan Tongkol merupakan jenis ikan laut yang umum ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Ukurannya yang besar mencapai sekitar 60 cm, sehingga dagingnya pun banyak. Ikan tongkol memiliki duri yang besar, namun tetap mudah diolah dan dikonsumsi. Biasanya ikan ini dimasak dengan berbagai bumbu seperti bumbu balado, gulai, dan pindang.

 

  • Ikan Dori

Ikan laut yang enak untuk dikonsumsi selanjutnya  adalah ikan dori yang sering dijumpai pada hidangan fish and chips asal Inggris. Daging ikan dori berwarna putih dan mempunyai tekstur yang lembut.

Ikan laut ini cocok digoreng dengan balutan tepung atau dipanggang dengan bumbu steak. Ikan dori dijual dalam bentuk fillet sehingga memudahkan pengolahan.

Indonesia memiliki banyak spesies ikan laut yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Tidak hanya ikan yang layak untuk dikonsumsi saja, tetapi ikan hias juga menjadi incaran bagi banyak orang.

Namun, kegiatan penangkapan ikan laut di Indonesia sudah tidak mungkin ditingkatkan. Oleh sebab itulah, peningkatan produksi perikanan dari laut dilakukan dengan cara budidaya.

Apabila Grameds tertarik untuk melakukan budidaya atau akuakultur ikan laut, Grameds bisa membaca buku “Buku Pintar Budi Daya 32 Ikan Laut Ekonomis” yang menyajikan cara membudidayakan ikan laut hingga sukses.

Jenis-Jenis Ikan Air Tawar yang Enak untuk Dikonsumsi

Tak hanya ikan air laut saja, ada banyak jenis ikan tawar yang nikmat untuk dikonsumsi dengan nilai gizi yang baik. Berikut adalah beberapa jenis ikan air tawar yang enak untuk dikonsumsi:

  • Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air laut yang enak untuk dikonsumsi serta banyak disukai orang. Ikan air tawar ini sering disajikan dalam bentuk goreng garing dan disajikan dengan sambal tomat ulek dan sayuran segar, biasa disebut pecel lele. Selain digoreng, ikan lele juga dapat dimasak dengan kuah santan atau bumbu pedas menjadi hidangan mangut lele.

Dikutip dari luvne.com, Ikan lele dijual dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Hal ini disebabkan karena ikan lele mudah dibudidayakan dan perawatannya relatif mudah sehingga dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup banyak.

 

  • Ikan Kembung

Ikan kembung merupakan jenis ikan konsumsi selanjutnya yang dapat ditemukan di Indonesia. Ikan air tawar ini memiliki beberapa jenis seperti ikan kembung colo, ikan kembung banjar, dan lain-lain.

Daging ikan kembung memiliki cukup banyak dan memiliki duri yang cenderung kecil hingga sedang. Biasanya ikan ini diolah dengan cara digoreng, dipepes, atau dimasak dengan bumbu balado.

 

  • Ikan Nila

Ikan nila adalah jenis ikan air tawar yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Terdapat dua jenis ikan nila, yaitu nila merah dan nila putih yang dapat dibedakan dari warna tampilannya. Ikan ini memiliki duri yang cukup besar namun tidak merepotkan saat dikonsumsi karena dagingnya yang banyak. Ikan nila paling sering diolah dengan cara digoreng atau dibakar kemudian disajikan dengan sambal tomat ulek atau sambal terasi serta lalapan sayuran.

 

  • Ikan Bawal

Jenis ikan konsumsi berikutnya adalah ikan bawal yang memiliki harga terjangkau. Ikan ini berbentuk sedang dengan badan agak membulat. Ikan air tawar ini memiliki duri berukuran besar dengan daging yang kenyal. Biasanya, ikan bawal diolah menjadi ikan bakar atau ikan goreng yang renyah. Ketika digoreng hingga garing, kulitnya akan terasa sangat nikmat.

 

  • Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan jenis ikan konsumsi yang sangat populer di Indonesia. Ikan air tawar ini memiliki ukuran sedang hingga besar sehingga sering kali dipotong menjadi dua saat dimasak. Bentuk tubuhnya bulat pipih dengan duri berukuran sedang yang terletak di tengah badannya.

 

  • Ikan Mas

Ikan mas dikenal sebagai salah satu jenis ikan konsumsi di Indonesia yang memiliki duri yang halus dan kecil sehingga sulit dikonsumsi. Namun, dagingnya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Biasanya, ikan mas diolah dengan cara digoreng, dibuat pepes, dimasak dengan santan, dan juga dijadikan sup bening.

 

  • Ikan Patin

Ikan air tawar ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga harus dipotong-potong sebelum diolah. Harga ikan patin tergolong sedikit mahal dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya.

 

  • Mujair

Ikan mujair seringkali keliru diidentifikasi sebagai ikan gurame karena penampilannya yang menyerupai, namun sebenarnya ikan mujair jauh lebih besar dalam ukuran. Ukuran rata-rata ikan mujair bisa mencapai 40 cm, sehingga perlu dipotong menjadi beberapa bagian sebelum dimasak. Ikan mujair biasanya diolah menjadi sup atau di masak dengan bumbu gulai.

 

  • Kakap Air Tawar

Ikan kakap air tawar memiliki citarasa yang lezat dan kaya nutrisi. Ikan ini mirip dengan ikan kakap air laut. Meski berukuran besar, daging ikan kakap mudah dicerna dan bertekstur lembut.

Ikan air tawar ini merupakan sumber asam lemak omega-3 terbaik dan sangat penting untuk perkembangan otak dan mata. Karena rendah merkuri, ikan kakap air tawar direkomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui.

 

  • Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah jenis ikan air tawar yang bernutrisi tinggi. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3, zat besi dan vitamin B12 yang mendukung produksi dan fungsi sel darah merah. Ikan ini juga mengandung kalsium dan fosfor yang menjaga kesehatan gigi dan tulang. Selain itu, ikan bandeng mengandung vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan mata dan daya tahan tubuh.

Baik ikan laut ataupun ikan air tawar, kedua jenis ikan ini bisa menjadi sumber ekonomi. Tak hanya menjadi nilai ekonomi, ikan air tawar juga bisa dibudidaya dan dijadikan sebagai konsumsi pribadi.

Tidak seperti ikan air laut yang cenderung lebih sulit dibudidaya, ikan air tawar lebih mudah dan murah. Meskipun lebih mudah, proses budidaya ikan air tawar tetap membutuhkan ilmu seperti yang ada dalam buku “Panen Ikan Konsumsi di Kolam Terpal” dengan begitu, budidaya ikan air tawar pun dapat sukses Grameds lakukan.

Rekomendasi Masakan Ikan Air Tawar dan Laut

Sumber: Pixabay.com/milivigerova

Jenis-jenis ikan air laut yang enak untuk dikonsumsi akan memiliki rasa yang lebih nikmat apabila dipadukan dengan bumbu-bumbu khas Indonesia. Berikut adalah beberapa rekomendasi resep masakan dengan bahan dasar ikan laut dan air tawar yang bisa Grameds buat di rumah.

 

  • Fish and Chips

Bahan-bahan:

  • 200 gr ikan dori yang sudah difilet
  • Air lemon
  • 1 bungkus tepung bumbu serbaguna
  • 350 ml air
  • Minyak goreng
  • 150 gr kentang goreng
  • Bawah putih yang telah dicincang halus
  • 50 gr mix veggie
  • Saus tiram sesuai selera

Cara membuat:

  • Bersihkan daging ikan dori filet dan beri sedikit perasan air lemon di atasnya.
  • Kemudian ambil wadah yang lainnya dan tuangkan tepung bumbu serbaguna lalu campurkan dengan air. Aduk ikan dan tepung.
  • Panaskan minyak goreng lalu goreng ikan dan kentang goreng.
  • Tumis bawang putih cincang, masukan mix veggie beri saus tiram dan aduk hingga rata dan matang.
  • Tata ikan dori dan side dish. Fish and chips siap disajikan.

 

  • Lele Goreng Lengkuas

Bahan-bahan:

  • Ikan lele yang sudah dibersihkan
  • Garam
  • Perasan jeruk nipis
  • 50 ml air
  • 1 sdt kunyit halus
  • 75 gr lengkuas yang dihaluskan
  • Minyak goreng
  • Bumbu instan bumbu kalasan

Cara membuat:

  • Baluri ikan lele yang sudah  bersih dengan jeruk nipis dan garam.
  • Masukan bumbu instan bumbu kalasan, kunyit, lengkuas lalu aduk hingga semua bumbu rata dan marinasi selama 10 menit.
  • Goreng ikan hingga matang dan kering.
  • Angkat dan sajikan.

Selain dua resep di atas, masih ada banyak resep sajian ikan yang enak dan praktis untuk Grameds praktikan sendiri. Resep-resep tersebut bisa Grameds temukan dalam buku “Resep Pepes Ikan Paling Gampang” yang tersedia di gramedia.com

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku. Mulai dari buku tentang resep masakan. Buku tentang budidaya atau novel menarik original. Tunggu apa lagi? Segera beli bukunya di gramedia.com!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Sumber: 

  • https://www.orami.co.id/magazine/jenis-ikan-konsumsi#jenis-ikan-konsumsi-di-air-laut
  • https://katadata.co.id/safrezi/berita/62024649ddc7a/11-jenis-ikan-laut-yang-baik-dikonsumsi-untuk-kesehatan
  • https://www.alodokter.com/tidak-ragu-lagi-makan-ikan-air-tawar-setelah-baca-ini
  • https://www.dapurkobe.co.id/lele-goreng-bumbu-lengkuas

Baca juga :



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    89% 89% 52 / 58
  • Tidak
    10% 10% 6 / 58


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Khansa Amira

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik, terutama dunia kuliner.