in

Umpan Ikan Mas Yang Jitu dan Umpan yang Dilarang

Umpan Ikan Mas – Sebagai salah satu jenis ikan yang paling banyak digemari oleh para pemancing, ikan mas sendiri dapat ditangkap hanya dengan menggunakan umpan dengan berbagai bahan yang murah yang dapat kamu buat sendiri untuk menghemat biaya.

Selain itu, sebai salah satu jenis ikan yang paling sering digunakan dalam perlombaan memancing, umpan ikan mas sendiri menjadi salah satu hal yang diperhatikan. Untuk memenangkan perlombaan sendiri, ternyata terdapat beberapa umpan yang juga tidak boleh digunakan dan dilarang dalam peraturan lomba. Apa saja umpan yang dilarang? Simak informasi berikut.

Rekomendasi Umpan Ikan Mas Terbaik untuk Pemancing

1. Umpan Ulat Daun

umpan ulat daun

Rekomendasi umpan ikan mas terbaik yang pertama adalah umpan ulat daun yang menjadi salah satu jenis umpan yang paling mudah ditemukan dan terbaik untuk menangkap ikan mas.

Untuk memancing ikan mas menggunakan ulat daun sendiri, kamu harus memastikan bahwa ulat daun yang digunakan masih dalam keadaan segar serta hidup. Hal ini dikarenakan ulat daun yang masih hidup dan segar dapat mengeluarkan bau khas yang dapat menarik perhatian ikan mas serta mengundang banyak ikan melalui indra penciuman mereka.

[algolia_carousel]

Selain itu bagi ikan mas, umpan ulat daun sendiri juga mudah dicerna sehingga seringkali digemari oleh ikan mas. Untuk mendapatkan ulat daun sendiri, kamu dapat menemukannya di pohon jeruk, pohon pisang, maupun tanaman cabai. Namun, biasanya umpan jenis ini juga dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pasar ikan.

2. Umpan Cacing Tanah

umpan cacing tanah

Rekomendasi umpan ikan mas terbaik yang kedua adalah umpan cacing tanah yang juga seringkali digunakan untuk berbagai jenis ikan lainnya baik di perairan air tawar maupun asin. Umpan yang satu ini sendiri juga digemari oleh ikan mas karena teksturnya yang dapat dengan mudah dicerna serta kaya akan protein.

Namun, cacing tanah yang digunakan sendiri juga tidaklah sembarangan, dimana cacing tanah yang dapat digunakan sendiri harus cacing tanah yang masih berada dalam kondisi hidup dan segar. Hal ini dikarenakan, cacing tanah yang sudah mati biasanya mengeluarkan bau yang tidak disukai oleh ikan mas.

Untuk menggunakan umpan yang satu ini, kamu dapat langsung menggunakan cacing utuh dan memasukannya langsung ke kail pancingan. Hindari memotong cacing menjadi beberapa potongan karena tidak akan manjur untuk menangkap ikan mas.

3. Umpan Serangga

umpan serangga

Rekomendasi umpan ikan mas terbaik yang ketiga adalah umpan serangga yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang rendah serta dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pasar.

Pada umumnya, jenis serangga yang digunakan untuk dijadikan umpan ikan mas sendiri adalah jangkrik, tawon, serta kroto atau telur semut. Untuk umpan serangga sendiri, kamu bisa menggunakan serangga yang masih hidup maupun sudah mati.

Selain itu, umpan serangga juga paling cocok digunakan untuk menangkap ikan mas di daerah perairan sungai, tambak, maupun sungai.

Racikan Umpan Ikan Mas Mandiri

Selain menggunakan berbagai bahan yang telah tersedia di pasaran, Grameds juga dapat membuat umpan ikan mas di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan serta harga yang relatif murah dan pastinya manjur untuk menangkap ikan mas. Simak informasi berikut.

1. Umpan Racikan Pelet Safir

Umpan yang pertama adalah umpan racikan pelet safir yang dapat dibuat dengan menggunakan beberapa bahan, sebagai berikut.

<>1 buah sunbel

<>1 buah telur

<>1 buah santan instan

<>8 sendok makan pelet safir yang wangi

Cara membuat umpan racikan pelet safir ini dapat kamu baca dibawah ini.

<>Pertama-tama, rebus sunbel, telur, serta santan instan yang telah disiapkan sebelumnya selama kurang lebih 20 menit hingga campuran tersebut berubah warna.

<>Kedua, aduk campuran tersebut secara perlahan dan kemudian angkat dari atas kompor.

<>Terakhir, campurkan bahan campuran yang sudah dibuat tersebut dengan pelet safir yang telah disiapkan hingga merata.

2. Resep Umpan Pelet Putih

Umpan yang kedua adalah resep umpan pelet putih yang dapat dibuat dengan menggunakan beberapa bahan, sebagai berikut.

<>1 liter air putih

<>1 kilogram belut

<>2 buah ubi

<>Santan secukupnya

[algolia_carousel page=2]

<>Daun pandan secukupnya

Cara membuat umpan pelet putih ini dapat kamu baca dibawah ini.<>Pertama, rebuslah belut yang telah disiapkan sebelumnya dengan air. Rebus hingga air yang ada berkurang, kemudian pisahkan antara daging dengan tulang dari belut yang telah direbus tersebut.

<>Campurkan daging belut yang telah dipisahkan tersebut dengan ubi yang telah disiapkan. Kemudian, aduk bahan campuran tersebut hingga membentuk adonan kalis.

<>Terakhir, air sisa merebus belut yang ada tersebut juga pastikan untuk tidak dibuang, karena air sisa rebusan tersebut dapat digunakan untuk membasahi bandul pancingan.

<>Umpan pelet putih ini sudah siap digunakan dan sangat cocok digunakan untuk memancing ikan mas di daerah perairan sungai.

3. Umpan Racikan Telur Asin

Umpan yang ketiga adalah umpan racikan telur asin yang dapat dibuat dengan menggunakan beberapa bahan, sebagai berikut.

<>2 buah telur asin

<>Amisan laut ranjau secukupnya

<>Kroto atau telur semut secukupnya

Cara membuat umpan racikan telur asin ini dapat kamu baca dibawah ini.

<>Pertama, rebuslah 2 buah telur asin yang telah disiapkan, kemudian dihaluskan sampai bertekstur lembut.

<>Kedua, telur asin yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan sedikit air dan kemudian aduk hingga bertekstur encer.

<>Ketiga, tambahkan amisan laut ranjau dan kemudian lanjut mengaduk hingga tercampur rata.

<>Terakhir, tambahkan kroto atau telur semut yang telah disiapkan ke dalam campuran tersebut dan umpan telah siap digunakan.

<>Umpan racikan telur asin ini sendiri sangat cocok digunakan untuk menangkap ikan mas di daerah perairan rawa, kolam, maupun sungai.

4. Resep Umpan Tongkol

Umpan yang keempat adalah resep umpan tongkol yang dapat dibuat dengan menggunakan beberapa bahan, sebagai berikut.

<>2 hingga 3 iris pindang tongkol

<>200 hingga 300 gram pelet ikan, dapat menggunakan jenis pelet apapun yang kamu miliki

<>1 hingga 2 ons kroto atau telur semut

<>2 hingga 3 buah nissin crackers rasa keju

Cara membuat umpan tongkol ini dapat kamu baca dibawah ini.<>Pertama, rendam pindang tongkol yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam air panas selama kurang lebih 10 menit.

<>Kedua, tiriskan pindang tongkol dan pisahkan daging ikan yang sudah berwarna hitam.

<>Ketiga, daging pindang tongkol yang telah dipisahkan tersebut kemudian dicampur dengan pelet ikan yang ada, kemudian aduk hingga merata.

<>Keempat, setelah semua tercampur, masukkan juga biskuit nissin crackers yang telah dihaluskan sebelumnya, dan kemudian lanjut aduk lagi hingga benar-benar tercampur rata.

<>Sebelum umpan tongkol ini digunakan untuk memancing, Grameds dapat terlebih dahulu mencocol umpan yang telah dibuat ke dalam kroto agar menciptakan bau yang dapat merangsang indra penciuman ikan mas.

<>Selain dijadikan sebagai umpan untuk menangkap ikan mas, resep umpan tongkol ini juga dapat digunakan sebagai makanan bagi ikan yang ada di dalam kolam.

5. Racikan Umpan Kukus Putih

Umpan yang kelima adalah racikan umpan kukus putih yang dapat dibuat dengan menggunakan beberapa bahan, sebagai berikut.

    • <>1 buah paikin putih

<>1 bungkus saset susu bubuk

<>1 kotak santan instan

<>2 buah telur putih

<>1 ekor belut

<>Kroto atau telur semut secukupnya

Cara membuat umpan kukus putih ini dapat kamu baca dibawah ini.<>Pertama, kukus satu ekor belut yang telah disiapkan sebelumnya selama kurang lebih 20 menit hingga daging berada dalam kondisi matang.

<>Kedua, pisahkan daging belut dari tulangnya. Kemudian, daging yang telah dipisahkan tersebut dicampurkan dengan santan, kroto, susu, telur, serta paikin putih yang telah disiapkan sebelumnya.

<>Ketiga, aduk semua bahan tersebut hingga merata sempurna. Kemudian, kukus adonan campuran tersebut selama kurang lebih 30 menit.

<>Setelah 30 menit berlalu, keluarkan adonan tersebut dari kukusan dan diamkan hingga mendingin. Kemudian, adonan yang telah dingin dibentuk bulat agar mudah untuk dijadikan umpan memancing.

<>Jika umpan yang telah dibuat memiliki tekstur yang terlalu lembek, Grameds juga dapat menambahkan kinoy kotak hijau agar tekstur umpan yang ada dapat lebih mudah digunakan.

6. Resep Umpan Ikan Murah

Umpan yang keenam adalah umpan ikan murah yang dapat dibuat dengan menggunakan beberapa bahan, sebagai berikut.

<>1 buah telur asin yang sudah matang

<>1 pelet pancing jitu

<>Biskuit dengan rasa kelapa ataupun vanilla serta susu secukupnya

<>Air panas secukupnya

Cara membuat umpan ikan murah ini dapat kamu baca dibawah ini.<>Pertama, haluskan biskuit yang telah disiapkan, namun jangan hingga benar-benar halus, biarkan biskuit sedikit bertekstur kasar layaknya pasir

<>Kedua, pasir yang telah dihaluskan tersebut kemudian dicampur dengan telur asin yang telah disiapkan, kemudian aduk hingga tercampur merata.

<>Ketiga, adonan campuran tersebut kemudian ditambahkan air panas secara perlahan hingga adonan memiliki tekstur kenyal dan sedikit padat.

<>Keempat, adonan campuran yang ada kemudian dicampur dengan pelet pancing jitu yang telah disiapkan.

<>Umpan yang telah jadi dapat disimpan di dalam kulkas dan digunakan hingga seminggu kedepan. Selain untuk memancing ikan mas, pelet ini juga dapat digunakan untuk memancing berbagai jenis ikan lainnya seperti nila, bawal, hingga ikan laut.

7. Resep Umpan Ikan di Air Keruh

Umpan yang ketujuh adalah umpan ikan di air keruh yang dapat dibuat dengan mengunakan beberapa bahan, sebagai berikut.<>Kroto atau telur asin secukupnya

<>Kuning telur

<>Pelet ikan

<>Ikan pindang maupun ikan cue

<>Keju

Cara membuat umpan ikan di air keruh ini dapat kamu baca dibawah ini.

<>Pertama, ikan yang telah disiapkan harus dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampurkan dengan bahan lainnya, seperti pelet, keju, serta telur yang telah disiapkan sebelumnya.

<>Kedua, aduk bahan tersebut sambil menambahkan air panas secara perlahan hingga merata sempurna.

<>Ketiga, adonan campuran yang telah dibuat tersebut kemudian dimasukkan ke dalam plastik dan kemudian dikukus selama kurang lebih 25 menit.

<>Keempat, setelah mengeluarkan dari tempat kukus, adonan yang ada di dalam plastik dikeluarkan dan kemudian dicampurkan dengan kroto atau telur semut yang telah disiapkan.

<>Kelima, lanjutkan proses kukus hingga adonan umpan berubah tekstur menjadi lebih padat.

<>Terakhir, sebelum digunakan tiriskanlah terlebih dahulu umpan yang telah dibuat tersebut.

Umpan Ikan Mas yang Dilarang dalam Perlombaan

Untuk memenangkan perlombaan memancing, seorang peserta harus memperebutkan berbagai posisi, seperti halnya juara posisi induk terberat, juara posisi dengan total tangkapan terbanyak maupun posisi juara lainnya.

Namun, terdapat pula beberapa aturan yang pada umumnya dapat ditemukan terkait penggunaan umpan yang dilarang maupun diperbolehkan dalam lomba memancing. Berikut ini beberapa umpan ikan mas yang dilarang untuk digunakan dalam perlombaan.

1. Umpan Tembleg Susu

umpan tembleg susu

Jenis umpan ikan mas pertama yang dilarang dalam perlombaan adalah umpan tembleg susu yang merupakan umpan racikan yang terbuat dari bahan dasar tembleg susu.

Umpan ini sendiri terbuat dari bahan dasar campuran antara susu dengan kroto atau telur semut dan pada umumnya penggunaan umpan ini dilarang kelas dalam perlombaan.

Membuat umpan tembleg susu ini sendiri sangatlah mudah, Grameds hanya perlu mencampurkan berbagai bahan yang dibutuhkan, yaitu kroto dan susu yang juga ditambahkan tepung beras ketan putih agar tekstur dari umpan menjadi lebih kenyal.

Umpan ini sendiri telah terbukti dapat menangkap ikan mas dalam waktu yang cepat, sehingga jika digunakan sudah pasti penggunanya akan mendapatkan ikan dalam jumlah yang besar pada waktu yang singkat.

Oleh sebab itu, penggunaan umpan ini di berbagai tempat pemancingan yang ada di daerah Jawa Barat dilarang besar karena dapat merugikan para pemancing lainnya yang tidak menggunakan umpan serupa.

Selain itu, umpan ini juga banyak dilarang oleh para pengelola kolam ikan mas, hal ini dikarenakan umpan tembleg susu ini sendiri dapat merusak kualitas ikan yang ada di dalam kolam pemancingan.

2. Umpan Racikan Mie Instan

umpan racikan mie instan

Jenis umpan ikan mas kedua yang dilarang dalam perlombaan adalah umpan racikan mie instan yang pada umumnya diolah dengan cara dihaluskan. Penggunaan umpan ini sendiri dilarang karena dipercaya dapat merusak kualitas ikan yang ada pada kolam pemancingan tersebut.

Walaupun memiliki resiko tersebut, penggunaan umpan racikan mie instan sendiri pada beberapa perlombaan masih diperbolehkan tergantung pada kebijakan yang dimiliki tiap daerah tergantung penggunaan umpan yang dilarang.

3. Umpan Ngebom

umpan ngebom

Jenis umpan ikan mas ketiga yang dilarang dalam perlombaan adalah umpan ngebom. Istilah ngebom sendiri digunakan pada kolam pemancingan dimana banyak orang yang membuat umpan ikan mas secara sembarangan.

Penggunaan umpan ini sendiri dilarang dengan tujuan untuk menjaga kualitas air yang ada di dalam kolam serta menghindari kolam dari adanya endapan lumpur. Berikut ini teknik ngebom yang dilarang dalam kolam pemancingan, sebagai berikut.

  • Ngebom dengan cara menggunakan tangan dan melemparkan umpan ke dalam kolam pemancingan dengan tujuan untuk memancing ikan mas agar mendekat.
  • Ngebom dengan cara menggunakan umpan dan meletakkannya pada kili-kili maupun bempek kolam.

4. Umpan Hidup

umpan hidup

Jenis umpan ikan mas keempat yang dilarang dalam perlombaan adalah umpan hidup yang di beberapa perlombaan memancing juga masih diizinkan tergantung dengan ketentuan yang ada dan diterapkan.

Penggunaan umpan hidup seperti kroto atau telur semut, cacing, serangga dalam keadaan hidup seringkali dilarang digunakan dalam pemancingan galatama. Namun, pada beberapa perlombaan lainnya seringkali umpan hidup masih dibolehkan untuk digunakan.

5. Umpan yang dapat Mengambang

umpan mengambang

Jenis umpan ikan mas kelima yang dilarang dalam perlombaan adalah umpan yang dapat mengambang yang juga seringkali tidak diperbolehkan dalam beberapa perlombaan. Umpan yang dapat mengambang sendiri meliputi roti kering, pelet multi, dan berbagai hal lainnya.

Larangan atas umpan yang dapat mengambang ini sendiri digunakan karena dengan penggunaan umpan ini sendiri dapat membuat ikan mas yang ada di kolam pemancingan dapat mati karena membuat ikan terus menerus mencari umpan ke permukaan air.

6. Umpan dari Nasi maupun Umbi-umbian

umpan nasi

Jenis umpan ikan mas keenam yang dilarang dalam perlombaan adalah umpan dari nasi maupun umbi-umbian. Namun, untuk umpan ini sendiri dalam beberapa perlombaan tertentu juga masih diperbolehkan bergantung pada ketentuan lomba yang telah ditetapkan oleh pihak panitia penyelenggara sebelumnya.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew