in

Ketahui Nama-Nama Hewan Di Laut

Nama hewan di laut – Laut merupakan salah satu tempat yang sangat berpengaruh bagi manusia. Dengan ini Anda harus menanamkan rasa cinta untuk menjaga laut, apalagi kepada generasi muda. Seperti pada negara Indonesia yang sebagian wilayahnya adalah lautan, tentunya banyak sekali hewan dan tumbuhan yang hidup di laut. Bahkan Indonesia disebut negara maritim yang artinya suatu negara yang memiliki daerah teritorial lautnya sangat luas.

Perairan yang ada pada negara maritim seperti Indonesia memiliki luas yang lebih jika dibandingkan dengan daratan. Negara Indonesia diperkirakan mempunyai kurang lebih 17.499 pulau dengan garis pantai sekitar sepanjang 81.000 km. Mencintai laut merupakan hal yang sangat positif. Hal ini diharapkan agar anda bisa menjaga kelestarian dan keindahan laut untuk diwariskan kepada anak cucu kita nanti. Selain hewan laut, di dalam laut juga terdapat karang dan rumput laut.

Seperti yang Anda ketahui banyak hewan di laut yang indah, menawan dan lucu. Ada sebagian hewan laut yang anda kenal dan ada yang tidak anda kenal. Yang dimaksud dengan hewan laut adalah hewan yang habitatnya ada di laut. Terkadang Anda mengenal hewan tersebut karena pernah membelinya untuk dikonsumsi ataupun pernah melihatnya secara langsung.

Contoh hewan laut yang dikonsumsi oleh manusia adalah kerang, ikan cakalan, cumi-cumi, ikan pari, gurita, kepiting dan lain sebagainya. Selain hewan laut untuk dikonsumsi, hewan laut juga ada yang dilindungi yang artinya tidak boleh seorangpun menangkap ikan tersebut. Biasanya hewan laut yang dilindungi sudah sangat sedikit keberadaannya atau sangat unik bentuknya atau langka.

Untuk mengenal hewan laut anda bisa berkunjung ke pantai atau aquarium raksasa. Sebelum anda berkunjung ke tempat tersebut pastikan anda mengenal tentang hewan laut apa saja yang ada di laut terlebih dahulu.

Macam-Macam Hewan Di Laut

Berikut ini beberapa hewan laut yang kurang terkenal di Indonesia yang sebenarnya Indonesia adalah negara kepulauan yaitu :

1. Lumba-lumba

pixabay

Lumba-lumba adalah hewan yang cukup terkenal karena hewan tersebut hampir kita temukan di seluruh perairan Indonesia. Lumba-lumba termasuk salah satu hewan yang pintar dan memiliki tingkah yang lincah dan terkadang bisa untuk diajak main-main. Hal tersebut yang membuat lumba-lumba menjadi hewan yang digemari.

Terkadang banyak pertunjukan atraksi sirkus lumba-lumba dengan menampilkan bermainnya lumba-lumba melalui alat bermain, seperti kayu yang berbentuk bulat. Populasi lumba-lumba tidak diketahui secara pasti. Hewan ini memiliki sistem sonar yaitu sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang dan sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba sehingga terhindar dari benturan.

Jenis lumba-lumba juga bermacam-macam, seperti halnya yang ada di negara Indonesia adalah lumba-lumba jenis hidung botol, lumba-lumba bungkuk, dan lumba-lumba paruh panjang.

2. Ikan Pari Manta

Salah satu spesies pari terbesar yang ada di dunia adalah ikan pari manta. Ikan ini juga dinilai lebih cerdas dari pada ikan pari lainnya karena mempunyai otak yang lebih besar. Sedangkan ciri-ciri dari ikan pari ini adalah sepasang tanduk yang ada di dekat mulutnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sepasang tanduk ini  berfungsi untuk membantu memasukkan air laut yang mengandung plankton ke dalam mulutnya. Macam-macam ikan pari manta terdapat dua jenis  yang dilindungi di Indonesia, yakni Manta Karang dan juga Manta Oseanik.

3. Kima

Mollusca yang mempunyai habitat di terumbu karang dan memiliki ukuran yang cukup besar adalah bernama kima. Ada tujuh spesies Kima di Indonesia dari total 10 spesies yang ada di dunia. Di Sulawesi Tenggara telah ditemukan Kima jenis baru yang kemudian diberi nama Tridacna Kimaboe pada tahun 2011.

4. Penyu

pixabay

Berita Harian

Penyu adalah hewan yang banyak dipelihara oleh manusia karena kelucuan dari hewan ini. Cara berjalannya yang lucu dengan menggunakan kedua kaki hanya terletak di bagian depan berbentuk dayung.

Penyu termasuk dalam hewan yang harus dilindungi. Dalam negara Indonesia, terdapat beberapa jenis penyu yaitu penyu Sisik, penyu Tempayan, Penyu Hijau, Penyu Belimbing, Penyu Ridel, dan Penyu Pipih.

5. Ikan Pari Gergaji

Ikan pari adalah hewan laut yang memiliki tubuh pipih lebar dengan ekor agak pendek dan kecil. Tubuh hewan yang satu ini mirip dengan ikan hiu dan mempunyai moncong yang cukup panjang yakni dengan 16 hingga 32 gigi di tiap sisinya.

Ikan Pari gergaji seringkali ditemui pada perairan yang tidak terlalu dalam, hanya kurang dari 100 m saja.

Terdapat empat jenis Pari Gergaji yang dilindungi di Indonesia, antara lain yaitu Pari Gergaji Lancip, Pari Gergaji Besar, Pari Gergaji Kerdil, dan Pari Gergaji Hijau.

6. Duyung

Hewan laut yang selanjutnya bernama duyung atau Dugong. Hewan ini  merupakan mamalia yang terbesar di wilayah pesisir pulau Indonesia. Duyung memiliki masa kehamilan dalam waktu sekitar 14 bulan dan hanya bisa melahirkan satu anak saja setiap 2,5 tahun – 5 tahun.

7. Ikan Hiu

Ikan hiu adalah hewan laut yang  mempunyai gigi-gigi yang sangat tajam dan banyak. Hewan ini merupakan ikan yang mempunyai kerangka tulang rawan yang lengkap serta tubuhnya yang ramping. Ikan hiu menggunakan Lima insang atau lebih untuk bernafas, tergantung dengan jenisnya.

8. Hiu Paus

Hiu paus ini termasuk jenis ikan. Ukuran tubuh pada hiu paus bisa mencapai 12 m. Di Indonesia, khususnya kawasan wisata Bahari di Teluk Cendrawasih dan Pantai Bentar Probolinggo menjadi ikon wisata yang tidak boleh untuk dilewatkan.

9. Paus Biru

pixabay

Paus biru adalah termasuk hewan laut yang besar. Banyak orang yang ingin mengabadikan hewan ini karena sangat bagus dan megah. Hewan ini sulit untuk bisa dipahami berapa besar ukurannya.

Paus biru ini bisa dikatakan sebagai salah satu hewan laut yang paling besar yang pernah ada. Bahkan, dinosaurus pun kalah besar dari paus biru ini. Paus biru mempunyai panjang sebesar 33 meter dengan berat mencapai 441.000 pound.

Hati paus biru memiliki ukuran yang sangat besar, dan suara detak jantungnya dapat terdengar dari jarak dua mil. Saat paus biru hendak melahirkan bayi paus, mereka akan menempati hewan dewasa terbesar di lautan.

Pada abad ke 20 hewan ini akan punah. Kemudian dengan adanya  larangan penangkapan ikan paus secara global, akhirnya paus biru jumlahnya meningkat. Ada yang mengatakan, kurang dari 25.000 ekor yang masih tersisa hingga saat ini. Serangan kapal dan dampak perubahan iklim juga mengkhawatirkan kepunahan paus biru sehingga tetap menjadi hewan yang terancam kepunahannya.

10. Ubur-Ubur Surai Singa

Ubur-ubur surai singa merupakan hewan laut dengan badan terpanjang, dan merupakan jenis ubur-ubur yang memiliki tentakel dengan panjang mencapai sekitar 36,6 m. Meskipun memiliki tentakel yang panjang, justru membuat ubur-ubur ini mudah sekali terjerat dalam puing-puing laut dan juga tentakel lainnya.

Hewan ini disukai oleh hewan lainnya untuk dimangsa karena mereka memerlukan lebih banyak waktu untuk berkontraksi dan juga mereka rentan terhadap pemangsa yang menyukai lengan ubur-ubur. Tetapi semua itu katanya tentakel panjang yang ada di ubur-ubur ini dilengkapi dengan racun. Yang gunanya untuk menjebak pemangsa ubur-ubur Surai singa.

11. Ikan Paus

Ikan paus memiliki bentuk badan yang sangat besar. Ikan paus memiliki kebiasaan unik, yaitu dengan menyemburkan air melalui bagian atas kepalanya. Ikan paus bernafas menggunakan paru-paru, mempunyai rambut sedikit, berdarah panas, memiliki kelenjar susu dan mempunyai jantung dengan empat ruang.

Salah satu paus yang sudah punah adalah jenis paus Basilosaurus yang memiliki ciri-ciri berkepala kecil, bermoncong, menonjol dan bergigi dan mempunyai panjang 25 meter.

12. Paus Sperma

Hewan merupakan salah satu dari jenis ikan paus yang memiliki panjang hampir 24 meter. Hewan laut paus sperma adalah jenis paus yang memiliki gigi besar dan termasuk ke dalam pemangsa bergigi besar. Jika paus dapat berdiri secara horizontal, maka hal tersebut bisa setinggi gedung delapan lantai.

Ciri-ciri yang menarik dari jenis paus ini adalah  mereka mempunyai otak terbesar dari semua hewan yang ada di bumi. Keberadaan paus sperma ini hampir punah karena  sering diburu dengan brutal pada abad ke-18 hingga abad ke-20. Yang diburu dari  paus adalah mencari spermaceti yang mana merupakan zat lilin yang ditemukan di rongga yang ada di kepala paus.

Zat lilin yang diambil dari ikan paus ini biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat sabun, kosmetik, dan lain-lain. Jumlah populasi paus sperma ini sebelum diburu  diperkirakan ada 1,1 juta populasi paus sperma di lautan. Sekarang, masih tersisa beberapa ratus ribu saja. Populasi mereka yang dulu banyak sekarang menjadi lebih sedikit setidaknya menjadi perhatian yang penting.

13. Hiu Basking

Darilaut.id

Hewan laut ini pernah tercatat terbesar  dengan ukuran lebih dari 12 meter, kira-kira hampir sama dengan panjang bus sekolah. Lebih menghebohkan lagi berat badan hewan laut ini sekitar 8.500 pound.

Jenis hiu ini terlihat memiliki mulut yang maju dengan ukuran besar dan terbuka sangat lebar apabila pada permukaan air. Makanan hiu basking raksasa adalah plankton, larva, telur ikan, dan lainnya. Sehingga para pelaut yang suka berenang tidak perlu takut pada hewan laut yang satu ini.

14. Cumi-Cumi Raksasa

Hewan laut yang selanjutnya adalah cumi-cumi raksasa merupakan cephalopoda yang paling panjang dalam sejarah yakni memiliki panjang hingga 12 meter. Cumi-cumi raksasa termasuk hewan laut yang sulit untuk ditangkap di habitat aslinya sehingga para ilmuwan sedikit kesusahan untuk meneliti hewan ini.

Pada tahun 2012 pertama kalinya film cumi-cumi raksasa ini dibuat oleh sekelompok ilmuwan dari Museum Sains Nasional Jepang. Hewan ini mempunyai jangkauan yang sangat jauh. Cumi-cumi raksasa ini sangat melegenda di dunia dongeng monster laut, yang mana biasanya dikaitkan dengan monster laut Kraken.

15. Gurita Pasifik Raksasa

pixabay

Hewan laut yang bernama gurita pasifik raksasa ini adalah cephalopoda terbesar di dunia. Gurita jenis ini memiliki kemampuan untuk melebar kurang lebih sekitar 9,8 meter. Gurita ini dapat berubah warna jika saat terancam atau memerlukan kamuflase. Warna gurita ini biasanya coklat dan kemerahan.

Gurita pasifik raksasa memiliki keahlian membuka toples, memecahkan kaca dan dapat bermain. Seperti beberapa kejadian, akuarium memiliki aktivitas pengayaan untuk gurita yang berfungsi untuk menggunakan otak yang dimiliki gurita. Habitat dari gurita ini ditemukan di seluruh wilayah Pasifik dari mulai Alaska hingga California serta sejauh timur laut sampai Jepang.

16. Oarfish

Detikcom

Oarfish adalah hewan laut yang memiliki bentuk tubuh unik dan sering kali disamakan dengan ular laut. Ikan ini memiliki tulang dengan ukuran tubuh yang panjangnya mencapai 8 m dan hidup di kedalaman 3.300 kaki. Jenis hewan laut oarfish ini dikenal juga sebagai ikan pita yang tidak memiliki sisik. Selain itu, oarfish juga dikenal memiliki mata yang besar yang berguna untuk membantu melihat habitat laut yang dalam dan gelap.

17. Bintang Laut

pixabay

Bintang laut atau Starfish merupakan jenis invertebrata unik yang habitatnya berada di lautan. Bintang laut ini mempunyai ciri khas yaitu bentuk dari lengannya yang simetris. Lalu, nama Latin dari bintang laut adalah Asteroidea.

Satwa laut ini terbagi menjadi 36 famili. Selain itu, juga terbagi menjadi lebih dari 370 genus dan sekitar 2.000 spesies yang tersebar di seluruh lautan mulai kedalaman intertidal (dangkal) hingga abyssal (dalam).

Keunikan lainnya yang dimiliki bintang laut adalah tidak memiliki otak, namun hanya memiliki sistem jaringan saraf yang bekerja untuk mengendalikan reaksi terhadap lingkungan sekitar. Anda bisa menemukan bintang laut hanya pada perairan air asin dan tidak dapat hidup di perairan tawar.

Berdasarkan penelitian, setidaknya terdapat lebih dari 2.000 spesies Starfish yang habitat aslinya berada di lautan. Bintang laut mampu beradaptasi di sebagian besar habitat laut seluruh dunia, mulai dari perairan tropis, sub tropis, hingga kutub.

Demikian pembahasan tentang nama hewan di laut. Semoga semua pembahasan di atas bisa menambah wawasan kamu, Grameds. Jika ingin mencari buku tentang hewan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Untuk kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang hewan laut, maka bisa membaca buku Mengenal Hewan Laut. Dalam buku ini, kamu akan mengetahui tentang karakteristik dari beberapa hewan laut. Terlebih lagi, buku ini ditulis dengan bahasa yang cocok untuk anak-anak. Tertarik untuk membeli buku ini?

 

Mempelajari tentang hewan laut akan lebih mudah dipahami apabila disertai dengan gambar. Bagi para orang tua yang sedang mencari buku tentang hewan laut, maka buku Hewan Laut ini cocok untuk dijadikan panduan.

 

Bicara tentang hewan laut sangatlah banyak. Selain itu, juga dibagi berdasarkan kedalamannya. Misalnya, hewan laut dangkal, buku Hewan Laut Dangkal cocok dijadikan sebagai referensi untuk para orang tua yang ingin memperkenalkan hewan laut kepada anaknya.

 

Rujukan:

  • https://asriportal.com/hewan-hewan-yang-hidup-di-air/
  • http://beragamhewanlaut.com/
  • https://ajrimuhajir2008.blogspot.com/
  • https://wartasiber.com/2018/09/12/pembantaian-lumba-lumba-dan-paus-apakah-menunjukkan-hilangnya-rasa-kemanusiaan-di-dunia/
  • https://mediaindonesia.com/humaniora/504403/mengapa-indonesia-disebut-negara-maritim
  • https://brainly.co.id/tugas/51186938/
  • https://money.kompas.com/read/2022/01/18/220000126/mengapa-indonesia-disebut-negara-maritim?page=all
  • https://rimbakita.com/bintang-laut/
  • https://www.bing.com/ck/a?!&&p=832d3d133e377b47JmltdHM9MTY3MTQwODAwMCZpZ3VpZD0xNGNmNDg2NS05ZGIxLTY0YmEtM2I0Ni01YWU1OWNhNTY1ZTYmaW5zaWQ9NTA5Ng&ptn=3&hsh=3&fclid=14cf4865-9db1-64ba-3b46-5ae59ca565e6&u=a1aHR0cHM6Ly93d3cuZ3JhbWVkaWEuY29tL2Jlc3Qtc2VsbGVyL2hld2FuLWxhdXQv&ntb=1


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.