in

Mengenal Jenis-Jenis dan Makanan Ikan Channa

Makanan Ikan Channa  – Channa merupakan adalah ikan Gabus hias yang belakangan ini menjadi ikan buruan dari para kolektor ikan hias, padahal seperti yang yang kita tahu jika ikan Gabus biasanya diburu serta dijadikan sebagai lauk makan ataupun digunakan sebagai obat tradisional yang berfungsi dalam mempercepat penyembuhan luka.

Namun, nyatanya hal ini tidak berlaku untuk ikan Channa. Bukannya dikonsumsi, ikan yang satu ini malah lebih menarik perhatian para kolektor ikan hias, padahal harga satu ekor ikan ini dapat mencapai puluhan juta rupiah lho.

Bahkan harga dari ikan ini bisa dibilang cukup fantastis. Oleh sebab itu,  banyak peternak ikan hias yang berlomba-lomba dalam membudidayakan ikan predator ini. Menariknya, ikan Channa juga memiliki warna yang beragam serta ukurannya juga dapat sangat besar tergantung kepada sub-spesiesnya.

Ikan Channa ini termasuk juga ke dalam ikan yang teritorial, sehingga akan lebih baik jika kemudian memelihara hanya satu ikan saja di dalam satu akuarium. Hal ini karena jika ikan Channa dijadikan satu dengan ikan jenis lainnya, maka ukurannya tidak sepadan serta secara karakter tidak cocok. Bahkan, kemungkinan besar mereka akan bertarung dalam memperebutkan area di akuarium.

Makanan Ikan Channa

Apakah kamu sudah tahu makanan ikan Channa apa saja? Nah, jika belum mengetahuinya, maka kamu bisa simak pembahasan tentang makanan ikan Channa di bawah ini.

1. Pelet 

Memasukan pelet ke dalam daftar makanan ikan Channa kalian. Selain praktis, pemberian pelet sangat disarankan agar tetap dilengkapi dengan vitamin, nutrisi, protein serta berbagai kandungan lain yang memang dibutuhkan oleh ikan Channa.

Jika kamu memiliki ikan channa blue pulchra, maka merek pelet king channa juga akan sangat cocok untuk ikan peliharaan. Lebih dari itu, makanan seharga Rp19.000 ini kemudian mengandung Spirulina, Astaxanthin, Tanin, serta Flavonoid yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan warna serta menjaga kesehatan si Channa.

2. Cacing Sutra

Dikarenakan memiliki kandungan protein, maka lemak serta nutrisi yang baik bagi ikan Channa, cacing sutra juga kemudian menjadi makanan wajib bagi si ikan predator. Selain itu, cacing ini juga dapat melancarkan pencernaan ikan Channa juga mengandung serat serta mineral yang tinggi.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

3. Jangkrik 

Siapa sangka jika serangga yang terkenal dengan suaranya yang khas ini merupakan makanan yang direkomendasikan bagi ikan Channa. Hal ini karena ternyata jangkrik ini kemudian masuk ke dalam makanan favorit dari ikan predator ini, tentu jangkrik yang kemudian diberikan juga tidaklah sembarangan.

Adapun jangkrik harus dipilih yang masih muda serta pastikan saat diberikan kepada si ikan berada dalam kondisi yang masih hidup. Tujuan diberikan jangkrik hidup adalah untuk melihat keaktifan Channa saat ia berburu makanan. Dengan begitu, ikan Channa akan merasa hidup di habitat aslinya.

4. Udang 

Pada habitat aslinya udang merupakan salah satu makanan ikan Channa, karenanya pemberian udang untuk ikan predator ini kemudian sangatlah baik serta dipercaya dapat memunculkan atau membuat warna si Channa kemudian menjadi lebih cantik. Selain itu, udang juga akan membantu mempercepat pertumbuhan ikan.

Jika kamu tak dapat memberikan udang segar, kamu bisa memberikannya udang kering kemasan yang banyak tersedia di pasaran. Cara pemberian udang untuk makanan Channa juga cukup mudah, kamu hanya perlu memotong udang menjadi beberapa bagian lalu tinggal ditebarkan di dalam akuarium.

5. Maggot 

Maggot merupakan larva dari lalat hitam besar. Kenapa Maggot kemudian menjadi pilihan makanan baik bagi Channa? Hal ini karena larva besar ini juga memiliki tingkat protein yang baik di dalam pertumbuhan si ikan predator. Menurut para kolektor Channa, maggot ini kemudian termasuk sebagai makanan eksklusif yang direkomendasikan.

Salah satu contoh dari merk maggot yang cukup terkenal ialah Maggot BSF Yellow. Pakan ikan channa yang berkualitas super ini juga kemudian mengandung protein sebesar 60% serta dilengkapi juga dengan ekstra pigmen kuning yang dapat meningkatkan warna kuning pada ikan channa peliharaanmu.

6. Ikan Kecil 

Memberikan ikan-ikan kecil di dalam akuarium Channa bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan melatih insting berburunya serta ikan kecil juga memiliki protein yang cukup dalam membantu pertumbuhan ikan Channa.

7. Ulat Hongkong 

Ulat Hongkong sangat baik bagi pertumbuhan ikan Channa, karena ulat ini juga mengandung nutrisi yang cukup serta lengkap bagi ikan Channa serta dipercaya dapat mempertebal tubuh si ikan.

8. Kutu Air 

Banyak di antara pemilik ikan Channa yang kemudian memberikan kutu air menjadi makanan bagi peliharaan mereka. Hal ini karena diyakini bahwa kutu air baik bagi pertumbuhan ikan Channa apalagi bagi ikan-ikan yang ukurannya masih kecil, kutu air ini juga bagus dalam pertumbuhan tulang mereka namun dengan pemberian takaran yang tepat.

9. Cacing Tanah 

Variasi lain untuk makanan ikan Channa ialah cacing tanah. Kenapa cacing tanah juga direkomendasikan untuk si ikan, dikarenakan cacing tanah kemudian memiliki fungsi penyembuhan.

Jika ikan Channa peliharaan juga memiliki kebiasaan menabrak kaca akuarium atau bertarung dengan ikan lain, tentunya akan ada luka pada tubuhnya. Pemberian cacing tanah juga akan membantu menyembuhkan luka-luka dengan lebih cepat.

10. Kecoa Dubia 

Kecoa dubia ini memiliki protein yang tinggi, bahkan protein yang dimilikinya jauh melebihi jangkrik serta cacing. Kecoa yang satu ini juga memiliki panjang rata-rata 4 hingga 5 cm per ekornya, dengan ukurannya yang lumayan besar tentu cukup untuk dijadikan makanan bagi ikan-ikan Channa  kesayanganmu.

 

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Ikan Channa yang Wajib Kamu Baca

Keajaiban Ikan Gabus

Ada semangat yang dikemas dengan optimisme tanpa batas dari penulis buku ini untuk menyakinkan kepada masyarakat tentang beragamnya keajaiban ikan gabus, terutama dari sisi medis atau kesehatan. Setelah melalui penelitian yang panjang, buku ini dihadirkan untuk menjelaskan berbagai manfaat media. Antara lain, membantu penyembuhan secara akseleratif berbagai penyakit kritis seperti kanker, gagal jantung, HIV/AIDS, ginjal kronis, stroke, dan tuberkulosis.

Meski buku ini memaparkan sudut pandang medis, namun diracik dengan gaya penulisan populer, sehingga masyarakat umum sangat mudah memahami secara tuntas berbagai kehebatan ikan gabus. Buku ini juga oke banget jadi salah satu referensi bagi tenaga kesehatan, kalangan pendidik, dan mahasiswa. Penulis juga memaparkan aneka kuliner dan pelbagai makanan tambahan (food supplement) dari ikan gabus sebagai makanan kesehatan, baik berupa konsentrat protein/albumin, dispersi (filtrat albumin), bubur, abon, nugget, kwetiau, bakso, sosis, otak-otak maupun kerupuk. Diuraikan pula berbagai olahan ikan gabus yang lezat, amat mudah dipraktekkan, seperti ikan gabus bumbu kuning, masakan santan, balado, tumis, gulai, panggang, dan masakan lainnya.

 

Buku Pintar Budi Daya Ikan Gabus+Ajaibnya Bagi Kesehatan

Sebagai warga Indonesia, Anda tentu mengenal ikan gabus. Sebab, jenis ikan yang satu ini berasal dari Indonesia. Selain rasanya yang lezat, kandungan gizi yang terdapat di dalamnya juga sangat banyak, satah satunya adalah zat album yang sangat penting dalam penyembuhan luka pasca operasi. Saat ini, kebutuhan ikan di pasaran semakin meningkat. Oleh karena rtu, budidaya ikan gabus menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Lalu, bagaimana cara membudidayakan ikan gabus agar dapat mencapai hasil yang maksima? Gampang! Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang mampu bertahan di perairan yang jelek sekalipun. Nah, buku ini membahas tuntas mengenai cara membudidayakan ikan gabus, dilengkapi dengan berbagai penyakit yang bisa menyerang dan beberapa khasiat yang terkandung di dalamnya. Bersama buku ini, membudidayakan ikan gabus sebagai bisnis bukan lagi haI yang sulit dikerjakan. Selamat membaca dan mencoba!

 

Panduan Lengkap Bisnis Dan Budi Daya Ikan Gabus

Gabus adalah ikan air tawar yang sejak lama dikenal sebagai ikan konsumsi yang cukup penting. Selain menjadi ikan konsumsi, ikan gabus juga dikenal sebagai ikan hias. Di samping itu, ikan gabus juga dapat diolah menjadi obat dan makanan kesehatan. Karena itu, ikan gabus yang dulunya dikenal sebagai ikan menjijikkan karena tampilannya yang mirip ular dan hidup di rawa-rawa atau saluran air ini “naik kelas” menjadi ikan ekonomis.

Di Sumatera Selatan, selain merupakan ikan konsumsi langsung yang penting, ikan gabus juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan pempek. Ikan gabus mempunyai ciri khusus, yaitu dapat dengan mudah bercampur dengan tepung sagu dan tidak berminyak. Ikan gabus memiliki kandungan protein dan albumin yang tinggi, yaitu 70% protein dan 21% albumin. Ikan gabus juga mengandung asam amino yang lengkap, serta mikronutrien zink, selenium, dan iron.

Kandungan lain dalam ikan gabus adalah alisin, alil sulfida, dan furostanol glikosida. Semua kandungan tersebut membuat ikan gabus cocok dikonsumsi oleh pasien luka bakar, pasien pasca operasi, atau orang yang dalam masa penyembuhan, orang tua yang fungsi organnya mulai menurun, maupun anak-anak yang mengalami malnutrisi.Oleh karena itu, ikan gabus menjadi ikan ekonomis yang sangat prospektif.

 

Jenis Ikan Channa

Ikan Gabus adalah ikan predator air tawar dan memiliki banyak sekali jenis-jenisnya. Berikut di bawah ini jenis ikan gabus hias atau channa:

1. Channa Aurantimaculata 

kompas.com

Channa aurantimaculata sebagai salah satu ikan channa yang mudah di dapat dan harganya tidak terlalu mahal. Perpaduan warnanya pun sangat bagus dengan kombinasi warna kuning, warna biru dan warna hitam.

2. Channa Argus 

priceza.co.id

Ikan Channa argus ini kemudian dapat tumbuh dengan cepat. Channa Asiatica ini dapat tumbuh hingga 35 sentimeter dan ukurannya bisa mencapai 1 meter. Terdapat beberapa jenis corak pada channa asiatica ada yang red spot, white spot serta mungkin masih ada berbagai jenis lainnya.

3. Channa Baramensis 

aquainfo.org

Channa baramensis memiliki panjang maksimal hanya 22 sentimeter saja. Channa baramensis juga termasuk ke dalam jenis snakehead yang relatif kecil. Habitat channa baramensis ini berada di perairan sungai Kalimantan.

4. Channa Amphibeus 

ikannesia.id

Ikan Channa amphibeus memiliki ciri-ciri diantaranya terdapat strip-strip merah yang di tubuhnya mirip seperti channa andrao. Channa amphibeus juga tersebar di perairan india serta ditemukan pada tahun 1845. Sementara itu, panjang tubuh dari Channa amphibeus bisa mencapai 90 sentimeter.

5. Channa Bankanensis 

kompasiana.com

Channa bankanensis merupakan ikan channa dengan pertumbuhan paling lambat jika dibandingkan dengan ikan channa jenis lainnya. Ukuran maksimal snakehead ini berukuran 24 sentimeter saja. Channa bankanensis ini sendiri tersebar di perairan Indonesia dan perairan Malaysia.

6. Channa Baramensis 

aquainfo.org

Channa baramensis memiliki panjang maksimal hanya 22 sentimeter saja. Channa baramensis juga termasuk ke dalam jenis snakehead yang relatif kecil. Habitat channa baramensis ini berada di perairan sungai kalimantan.

7. Channa Andrao 

ikanesia.id

Ikan Channa Andrao sama seperti channa amphibeus juga terdapat corak merah di tubuhnya namun memiliki fin yang lebih terang lagi. Channa Andrao juga tersebar di perairan asia. Selain itu, Channa Andrao juga termasuk ikan gabus hias terkecil karena hanya dapat tumbuh hingga 11 sentimeter saja.

8. Channa lucius 

id.wikipedia.org

Channa lucius atau forest snakehead ini dapat ditemukan di perairan Thailand serta Indonesia. Max size dari channa lucius ini berkisar antara 40 sentimeter.

9. Channa Barca 

kompasiana.com

Channa barca adalah jenis ikan gabus ataupun channa termahal yang beredar di pasar Indonesia. Channa barca ini dibandrol dengan harga berkisar antara belasan juta buat kalian yang tertarik meminang channa barca siapkanlah bujet tersebut. Channa barca juga dapat tumbuh dengan maksimal hingga 90 sentimeter.

10. Channa Bleheri 

nakamaaquatics.id

Channa bleheri adalah salah satu snakehead yang sangat cocok dipelihara di aquarium karena ikan ini cenderung damai bahkan dapat digabung dengan ikan lainnya serta memiliki warna yang bagus serta hanya dapat tumbuh hingga 23 sentimeter.

11. Channa Burmanica 

tokopedia.com

Channa burmanica adalah channa yang berasal dari Myanmar bagian utara. Channa burmanica juga termasuk salah satu jenis snakehead yang damai serta tidak terlalu agresif. Selain itu, Channa ini juga sangat jarang ditemukan di penjual penjual ikan hias. Ikan gabus yang satu ini sangatlah kerdil dan hanya dapat tumbuh hingga 8 sentimeter saja.

12. Channa Diplogramma 

nakamaaquatics.id

Ikan Channa diplogramma atau malabar snakehead ini memiliki bentuk dan karakter dengan jenis ikan toman. Channa ini juga hanya dapat tumbuh maksimal hingga 44 sentimeter saja.

13. Channa Harcourtbutleri 

nakamaaquatics.id

Ikan Channa Harcourtbutleri memiliki nama inggris yaitu Burmese Snakehead. Ikan ini kemudian berasal dari perairan Myanmar. Max size dari burmese snakehead ini adalah 25 sentimeter.

14. Channa maculata 

icalofish.com

Channa maculata atau blotched snakehead merupakan salah satu jenis channa yang agresif. Max size  ikan channa maculata adalah berkisar antara 20 cm. Channa maculata juga dapat dibilang sebagai versi mini dari channa argus.

15. Channa Longistomata 

pinhome.id

Ikan Channa Longistomata merupakan salah satu jenis snakehead kecil, dengan Max size-nya hanya terbatas pada 16 sentimeter saja. Channa longistomata ini berasal dari Vietnam. Ikan Channa ini juga mungkin termasuk ke dalam langkah di pasar Indonesia.

16. Channa Gachua 

id.wikipedia.org

Channa Gachua Dwarf Snakehead ataupun channa gachua, sesuai dengan namanya ikan ini merupakan jenis channa dengan ukuran kecil hanya yang hanya dapat tumbuh hingga 25 sentimeter saja. Channa gachua bisa dibilang sebagai salah satu channa yang cocok dipelihara di dalam aquarium.

Demikian pembahasan tentang makanan ikan channa. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat sekaligus bisa menambah wawasan kamu. Jadi, apakah kamu tertarik untuk memelihara ikan channa? Jika ingin mencari buku tentang ikan gabus, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.