in

Makanan Ikan Cupang: Memilih Makanan yang Tepat Untuk Si Cantik

Halo, Grameds! Siapa di antara kamu yang pernah memelihara ikan cantik satu ini? Yap, Ikan Cupang Betta Splendens, atau biasa dikenal sebagai ikan cupang, adalah salah satu ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Ikan ini terkenal dengan keindahan warna-warni mencolok dan sirip panjang yang mengalir. Beragam warna dari merah, biru, hijau, hingga putih membuat ikan ini sangat memikat. Variasi bentuk sirip yang beraneka ragam juga menjadi daya tarik tersendiri, dan perawatannya yang relatif sederhana menjadikannya pilihan favorit bagi pemula.

Ikan cupang jantan dikenal dengan sifatnya yang agresif, terutama dalam mempertahankan wilayahnya, sehingga mereka sering diadu satu sama lain dalam pertandingan yang disebut aduan ikan cupang. Meskipun kontroversial, pertarungan ini telah menjadi bagian dari budaya di beberapa tempat. Namun, penting untuk memperhatikan kesejahteraan ikan dan memastikan perawatan yang baik. Di luar sifat agresifnya, ikan cupang juga memiliki perilaku menarik seperti membuat gelembung sarang saat siap berkembang biak. Yuk, kita bahas lebih jauh mengenai ikan cantik satu ini dan bagaimana cara merawatnya dengan baik!

Sejarah dan Asal-usul Ikan Cupang

sumber: freepik

Grameds, ikan cupang atau Betta Splendens miliki sejarah yang cukup panjang loh! Ikan ini melibatkan budaya dan tradisi di wilayah Asia Tenggara. Asal usulnya dapat ditelusuri kembali ke daerah-daerah seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Pemeliharaan ikan cupang di Asia Tenggara telah berlangsung selama berabad-abad. Di Thailand, ikan cupang jantan telah lama dipelihara untuk aduan, dan tradisi ini masih berlangsung hingga saat ini. Pertandingan aduan ikan cupang biasanya diadakan di arena kecil, dan ikan cupang jantan yang bertarung akan saling menyerang hingga salah satu menyerah atau mati.

Perjalanan ikan cupang sebagai ikan hias dimulai pada abad ke-19 ketika ikan ini mulai diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat sebagai objek hias. Keindahan warna dan corak tubuhnya membuat ikan cupang diminati oleh pecinta ikan di berbagai belahan dunia. Seiring dengan itu, terjadi pula perkembangan pemuliaan selektif yang menghasilkan berbagai varietas baru dengan corak warna yang semakin cantik. Kini, ikan cupang telah menjadi salah satu ikan hias paling populer di dunia, dengan banyaknya jenis dan varietas yang dikembangkan oleh para pecinta ikan. Dengan perjalanan sejarahnya yang panjang dan beragam, ikan cupang tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya dan keindahan alam Asia Tenggara.

Jenis-jenis Ikan Cupang

Ikan cupang sangat beragam dan bervariasi, ada yang memiliki banyak warna di badannya, bentuk ekor yang panjang dan cantik, juga ada ikan cupang yang dijadikan sebagai ikan aduan. Berikut beberapa jenis-jenis ikan cupang yang dapat ditemukan di Indonesia.

1.     Cupang Plakat

Plakat adalah jenis ikan cupang dengan sirip yang pendek dan lebih lebar, membuat mereka terlihat lebih kekar. Ikan ini biasanya lebih agresif daripada jenis lain dan sering digunakan dalam pertarungan ikan cupang.

2.     Cupang Half Moon

Salah satu jenis yang disukai banyak orang adalah cupang half moon. Jenis ini dikenal karena bentuk siripnya yang menyerupai setengah bulan ketika terbuka dengan lebar. Cupang jenis ini dipelihara karena keindahannya.

3.     Cupang Crowntail atau Serit

Ikan cupang crowntail memiliki sirip yang berduri dan bergerigi, mirip dengan mahkota terbalik. Serit-serit pada ekor ini akan terlihat seperti mahkota raja.

4.     Cupang Double Tail

Cupang jenis ini memiliki karakteristik ekor yang terbelah dua dengan warna yang berbeda, untuk itu dinamakan double tail. Cupang jenis ini terbilang langka di pasaran dan dengan harga yang relatif mahal, sebab jenis ini sulit untuk dibudidayakan.

5.     Cupang Giant

Layaknya nama dari ikan ini, cupang jenis giant memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis cupang lainnya. Selain ukurannya yang besar, cupang jenis ini juga memiliki sirip yang lebih panjang.

6.     Cupang Slayer

Jenis cupang lainnya adalah cupang slayer. Jenis ini merupakan persilangan dari cupang half moon dengan cupang serit. Cupang yang cantik ini memiliki sifat yang gesit dan agresif sehingga menjadi jenis ikan aduan.

7.     Cupang Emas

Cupang terakhir yang kita bahasa adalah cupang cantik berwarna emas. Cupang dengan nama lain Betta Unimaculata memiliki warna kuning keemasan. Ekor cupang ini panjang dan menyerupai kipas ketika terbuka dengan lebar.

Masih banyak jenis cupang lainnya yang berasal dari kawin silang antara jenis satu dengan jenis lainnya. Setiap jenis ikan cupang memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri. Penting untuk memahami kebutuhan dan sifat dari setiap jenis agar dapat merawat mereka dengan baik.

Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang

sumber: pexels

Selain memiliki sirip yang sangat indah dan menjadi ikan aduan, ikan cupang juga memiliki fakta menarik lainnya yang mungkin Grameds belum ketahui. Berikut beberapa fakta menarik dari ikan cupang:

1.     Sifat yang Sangat Agresif

Ikan cupang jantan dikenal dengan sifatnya yang agresif, terutama dalam mempertahankan wilayahnya dan memperebutkan betina. Hal ini terlihat jelas ketika mereka sedang bertarung dengan ikan cupang jantan lainnya. Dengan sifat ini, ikan cupang sering digunakan dalam pertarungan ikan yang diselenggarakan di beberapa daerah di Asia Tenggara.

2.     Cupang Jantan Dapat Melompat Keluar Air

Ikan cupang jantan memiliki organ labirin yang memungkinkan mereka untuk bernapas di udara. Hal ini memungkinkan mereka untuk melompat keluar dari air untuk waktu yang singkat, asalkan mereka tetap lembab.

3.     Varian Warna yang Beragam

Ikan cupang dikenal karena keindahan warna dan pola pada tubuhnya. Ada ribuan varietas warna dan corak yang telah dikembangkan oleh para peternak ikan cupang, mulai dari warna solid hingga warna-warna yang mencolok seperti merah, biru, ungu, kuning, hijau, dan bahkan warna metalik.

4.     Perilaku Unik untuk Menarik Perhatian Betina

Selain agresif terhadap sesama jantan, ikan cupang juga memiliki perilaku lain yang menarik untuk diamati, seperti membangun sarang busa untuk menarik perhatian betina saat kawin, serta memperlihatkan sikap teritorial yang kuat terhadap wilayahnya di dalam akuarium.

5.     Dapat Melihat Warna

Ikan cupang memiliki penglihatan yang tajam dan mampu melihat warna dengan baik. Hal ini membantu mereka dalam mencari makanan, kawin, dan menghindari predator.

6.     Cara Berkembang Biak yang Unik

Proses kembang biak ikan cupang seringkali melibatkan tarian khas yang dilakukan oleh jantan dan betina sebelum akhirnya bertelur. Betina akan mengeluarkan telurnya, dan jantan akan mengawal dan menjaga telur-telur tersebut sampai menetas.

Ikan cupang adalah ikan yang menarik dengan banyak fakta unik. Keindahan, kecerdasan, dan sifatnya yang unik menjadikan ikan cupang menjadi ikan hias yang populer di seluruh dunia.

Rekomendasi Makanan Ikan Cupang

Saat ini, sudah banyak orang yang memelihara ikan cupang, baik dengan cara dibudidayakan atau sebatas menjadi teman di saat kita bosan. Dari sekian banyak ikan hias yang ada, ikan cupang adalah salah satu ikan hias termudah untuk dirawat karena makanan cupang terbilang mudah untuk ditemukan. Berikut beberapa makanan untuk ikan cupang:

1.     Pelet Ikan Cupang

Pilihan pertama yang bisa Grameds beri ke cupang kesayangan kamu adalah pelet ikan. Pelet merupakan salah satu makanan utama ikan cupang yang tersedia dalam berbagai ukuran. Pelet dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan cupang, termasuk protein, lemak, vitamin, dan mineral. Makanan pelet ini mudah dicerna dan praktis untuk diberikan kepada ikan cupang.

2.     Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan makanan segar yang sangat disukai oleh ikan cupang. Mereka kaya akan protein dan nutrisi lainnya yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan cupang. Cacing sutra juga memberikan variasi dalam diet ikan cupang, membuatnya lebih menarik dan bergizi.

3.     Kutu Air

Daphnia atau kutu air adalah hewan kecil yang menjadi makanan alami favorit ikan cupang. Kutu air kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan cupang agar memiliki warna yang cerah dan tumbuh dengan sehat.

4.     Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan salah satu makanan alami yang disukai oleh ikan cupang. Makanan ini kaya akan protein dan lemak yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan cupang. Jentik nyamuk dapat dibeli di toko ikan atau dikembangbiakkan sendiri di rumah loh!

5.     Artemia

Artemia atau yang lebih dikenal dengan udang kecil air asin merupakan makanan ikan cupang yang kaya akan protein, asam lemak omega-3, dan vitamin yang penting untuk kesehatan ikan cupang. Makanan ini dapat kamu berikan dalam bentuk hidup atau beku.

6.     Cacing Darah

Makanan terakhir yang bisa Grameds berikan ke cupang kesayangan kamu adalah cacing darah. Cacing darah memiliki banyak manfaat untuk ikan cupang, salah satunya adalah memicu insting alami ikan cupang untuk berburu.

Dengan memberikan makan ikan cupang dengan makanan yang tepat dan kaya akan gizi membuat ikan cupang kesayanganmu tumbuh sehat, memiliki warna yang cantik, dan bertahan hidup lebih lama. Perlu diingat bahwa memberi makan ikan cupang dilakukan 2-3 kali dalam sehari.

Kesimpulan

Nah Grameds itu dia beberapa contoh makanan ikan cupang yang bisa diberikan ke cupang kesayangan kamu. Berikan makan cupang secukupnya ya! Variasikan juga jenis makanan yang diberikan agar cupang tidak merasa bosan dan stres. Terima kasih Grameds yang sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kalian ya! Sampai jumpa di artikel lainnya!

Gramin juga sudah menyiapkan buku-buku terkait di bawah ini, lho. Yuk langsung saja dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Hafizh

 

Rekomendasi Buku Terkait

Panduan Praktis Budidaya dan Pemeliharaan Cupang

Panduan Praktis Budidaya dan Pemeliharaan Cupang

button cek gramedia com

Cupang merupakan jenis ikan dengan dua karakter ini sangat digemari di Indonesia dan Asia. Baik itu karakter ‘cantik’ dengan rumbai siripnya ataupun karakter garang dengan kekuatannya sangat diminati para hobiis. Dengan banyaknya jumlah hobiis maupun ragam varietas cupang, ikan ini pun sudah banyak di konteskan dan tidak sedikit peserta yang antusias mengikutinya. Tujuan utama dari kontes adalah kemenangan karena dapat meningkatkan prestise dari cupang dan pemiliknya. Buku ini dibuat sebagai panduan bagi siapapun yang ingin masuk ke dunia cupang, terutama para hobiis pemula ataupun yang ingin masuk kontes. Diselipkan berbagai varian cupang hias dan aduan, cara memijahkan, sampai teknik mencetak cupang jawara kontes. Buku ini dikemas secara apik kembali untuk dihadirkan kepada para pecinta cupang.

Budi Daya Bisnis Kontes Cupang

Budi Daya, Bisnis, dan Kontes Cupang

button cek gramedia com

Ikan cupang (Betta splendens) merupakan salah satu ikan hias air tawar paling populer di dunia, baik di dalam negeri, negara-negara Asia, maupun benua Amerika dan Eropa. Banyak alasan hobiis memelihara ikan cupang. Namun, alasan utama mayoritas hobiis menyukai ikan hias yang memiliki habitat alami di negara-negara Asia Tenggara ini adalah variasi dan keindahannya, terutama bentuk sirip dan warnanya. Di dalam buku Budi Daya, Bisnis, & Kontes Cupang karya Hermanus J. Haryanto ini dibahas mengenai berbagai jenis ikan cupang, mulai dari ikan cupang hibrida dan ikan cupang alam (wild betta). Buku yang diterbitkan oleh Agromedia pada tahun 2019 ini akan mengupas perjalanan tren ikan cupang, pengenalan jenis-jenis cupang hibrida dan cupang alam, cara pemeliharaan ikan cupang, hingga pemilahan cupang. Penulis juga memberikan pembahasan ringkas seputar kontes ikan cupang. Para hobiis ikan cupang tentunya sudah mengetahui penilaian apa saja yang diperlukan dalam kontes ikan cupang. Buku yang diperuntukkan bagi pemula maupun hobiis yang sudah lama berkecimpung di dunia ikan cupang ini berisi informasi terlengkap dan ter-update. Dikhususkan untuk para pemula, buku ini akan sangat membantu Anda yang ingin mempelajari ikan cupang sebelum mulai memeliharanya. Pembaca juga akan dipandu mengenai cara untuk membudidayakan ikan cupang sehingga para pemula tidak perlu khawatir melakukan kesalahan dalam mengembangbiakan ikan cupang.

Menghasilkan Cupang Unggulan Kualitas Ekspor

Menghasilkan Cupang Unggulan Kualitas Ekspor

button cek gramedia com

Jika kamu ingin memelihara hewan, ikan bisa jadi salah satu pilihan. Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang paling populer di dunia karena kecantikan warna dan ekornya. Selain itu ikan yang satu ini cukup mudah untuk dipelihara. Memelihara ikan memiliki manfaat untuk meredakan stres. Namun perkara memelihara ikan cupang bukanlah hal yang remeh, oleh karena itu anda perlu memperhatikan berbagai aspek. Agar anda dapat memelihara ikan cupang dengan kualitas yang baik, ada baiknya membaca berbagai sumber referensi. Salah satu buku terkait yang direkomendasikan adalah buku “Menghasilkan Cupang Unggulan Kualitas Ekspor” ini. Cupang hias, tren mengenai ikan hias memang tidak pernah mati. Dalam kondisi seperti apapun, ikan cupang selalu menyita perhatian. Keindahan warna, bentuk sirip, dan gerak gemulai cupang hias dinilai mampu memberikan efek relaksasi bagi orang yang memandangnya. Tren cupang hias kini tidak hanya melanda indonesia, tetapi juga negara-negara lain, baik di Asia, Eropa, maupun Amerika. Karena itu, perlu diketahui cara menghasilkan dan memelihara cupang kualitas ekspor. Di dalam buku ini dibahas perjalanan tren ikan cupang, pengenalan Jenis-jenis cupang hias, pemeliharaan, hingga pemijahan cupang berkualitas ekspor. Tidak lupa pembahasan kiat menembus pasar ekspor cupang hias.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 56 / 62
  • Tidak
    9% 9% 6 / 62


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adila V M