in

Ternyata Ini, Daftar 15 Ikan Hias Paling Mahal di Dunia

Ikan termahal di dunia – Memelihara ikan hias di rumah menjadi suatu hobi yang menyenangkan bagi banyak masyarakat. Sebab, memelihara ikan hias memberikan sensasi tersendiri dalam kegiatan merawatnya dan melihat perkembangan ikan tersebut yang menghiasi rumah Anda.

Mengutip dari buku Budidaya Ikan Air Tawar karya Ir. Bambang Cahyono, ikan hias merupakan jenis ikan yang habitatnya di air tawar atau di air laut, yang dipelihara dengan tujuan bukan untuk dikonsumsi, melainkan untuk dijadikan hiasan di ruang tamu ataupun taman.

Kehadiran ikan hias di rumah juga dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat kepada seseorang, yang terkait dengan relaksasi diri. Jadi, tidak heran kalau banyak orang yang memutuskan untuk memelihara ikan hias di rumah mereka. Di bawah ini, akan diuraikan beberapa manfaat yang bisa Grameds dapatkan jika memelihara ikan hias.

4 Manfaat Memelihara Ikan Hias

pixabay

1. Merelaksasi diri dan meredakan stres

Aktivitas seseorang yang dilakukan secara berulang dan pergerakan dunia yang super sibuk dapat membuat seseorang merasakan stress. Suatu penelitian yang dilakukan oleh para pakar National Marine Aquarium, Plymouth University bersama dengan University of Exeter pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa memandangi ikan yang ada di dalam akuarium atau kolam dapat menstabilkan ritme jantung dan  mengurangi tekanan darah.

Maka dari itu, dengan melihat ikan yang hias berenang perasaan stress bisa sedikit mereda. Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Environment & Behavior.

Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa semakin banyak ikan yang ada dalam sebuah akuarium, yang mampu menangkap perhatian seseorang, maka suasana hati orang itu akan meningkat pula.

2. Membasmi jentik nyamuk

Salah satu manfaat yang dapat Anda dapatkan dari memelihara ikan hias adalah rumah Anda bebas dari jentik nyamuk. Banyak dari jenis ikan hias yang diketahui ampuh untuk membasmi jentik nyamuk. Beberapa contohnya, yakni ikan guppy, ikan mas koki, dan ikan koi. Jadi, selain menjadi hiasan, ikan hias dapat membuat lingkungan rumah Anda menjadi lebih nyaman dengan terbebas dari nyamuk.

3. Membuat kualitas tidur meningkat

Manfaat dari memelihara ikan hias yang satu ini terkait dengan manfaat yang telah dijelaskan di atas. Dari penjelasan di atas, telah diketahui bahwa dengan memandangi ikan-ikan di akuarium, pikiran dan hati dapat menjadi lebih tenang, yang memungkinkan seseorang untuk lebih cepat merasa kantuk. Kemudian, pikiran yang tenang pun akan menunjang kualitas tidur menjadi lebih baik.

4. Membuat tampilan rumah menjadi indah

Manfaat yang satu ini tentunya menjadi salah satu alasan utama bagi seseorang untuk memelihara ikan hias. Ketika Anda memelihara ikan hias yang indah dan berwarna-warni, yang dipelihara dalam akuarium atau kolam, tentunya akan membuat rumah Anda menjadi lebih indah dan enak dipandang. Adanya akuarium atau kolam yang dilengkapi dengan banyak pernak-pernik dan dipenuhi dengan ikan hias warna-warni akan memperindah tampilan rumah Anda.

Nah, sekarang Grameds sudah tau kan apa saja manfaat dari hobi memelihara ikan hias di rumah. Meskipun terkesan sederhana, hobi memelihara ikan hias ternyata dapat memberikan manfaat yang baik bagi diri kita, tetapi ternyata memelihara ikan hias juga tidak sesederhana kelihatannya dalam hal materi. Sebab, ternyata hobi memelihara ikan hias dapat menghabiskan banyak biaya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jenis ikan hias yang tersedia di pasaran sangat beragam, dan masing-masing jenis ikan ini memiliki karakteristik dan harga jual yang berbeda-beda. Ada yang dibanderol dari harga puluhan ribu hingga miliaran Rupiah, lho! Melansir dari Beautiful Life, ini dia data 15 ikan hias dengan harga paling mahal di dunia.

Rekomendasi buku:

Ensiklopedia Ikan Hias Air Tawar

101 Ikan Hias Air Tawar Nusantara

Budi Daya Ikan Hias Air Tawar

 

15 Ikan Hias Paling Mahal di Dunia

1. Candy Basslet

bobo.id

Ikan hias paling mahal yang pertama, yakni Candy Basslet yang berasal dari pantai Curacao yang berlokasi di perairan Karibia. Jenis ikan hias air asin yang satu ini memiliki warna yang sangat cerah dan corak yang beragam. Ikan Candy Basslet hidup di bawah laut, sehingga cukup sulit untuk ditemukan. Maka itu, ikan ini dibanderol dengan harga yang mahal, yakni 14 juta Rupiah.

2. Golden Crossback Arwana 

ikan.info

Ikan arwana memang dikenal sebagai salah satu ikan hias yang memiliki harga yang mahal. Meskipun arwana yang satu ini cukup sering kita lihat, tetapi ternyata harga ikan yang berwarna emas metalik ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Ikan Golden Crossback Arwana ini bisa Anda dapatkan dengan merogoh kocek mulai dari 28 juta Rupiah.

3. Clarion Angelfish 

Ikan Clarion Angelfish adalah ikan yang hidup di di lepas pantai Pasifik Meksiko yang berlokasi di Kepulauan Revillagigedo. Ikan hias yang satu ini memiliki warna yang cerah dan memiliki ukuran sekitar 30 centimeter. Ikan Clarion Angelfish diketahui cukup sulit untuk ditemukan, dan untuk memelihara ikan hias yang satu ini, Anda harus mendapatkan izin dari pemerintah Meksiko. Maka dari itu, tak heran jika ikan hias yang satu ini menjadi salah satu dalam daftar ikan hias paling mahal, yang dibanderol dengan harga mulai dari 35 juta Rupiah.

4. Wrought Iron Butterflyfish 

Ikan hias paling mahal yang satu ini adalah ikan hidup di perairan Jepang. Wrought Iron Butterflyfish memiliki warna hitam keabu-abuan dan garis kuning di siripnya dan berukuran sekitar 15,5 centimeter. Ikan hias ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari 38 juta Rupiah.

5. Nami Green Arowana

ferboes.com

Nami Green Arowana menjadi salah satu ikan hias paling mahal di dunia, karena keberadaannya sangat langka. Jumlah populasi ikan yang berasal dari perairan air tawar Asia ini diketahui terus mengalami menurun. Hal ini menjadi alasan yang membuat ikan ini menjadi mahal harganya. Ikan Nami Green Arowana bisa didapatkan dengan harga mulai dari 69 juta Rupiah.

6. Australian Flathead Perch 

Salah satu jenis ikan hias paling mahal di dunia yang diminati banyak orang adalah Australian Flathead Perch. Ikan hias yang satu ini memiliki tubuh berwarna campuran antara oranye dan biru dengan ukuran tubuh mencapai 6 inci. Satu ekor ikan Australian Flathead Perch dibanderol dengan harga sekitar 5000 USD atau setara dengan 78 juta Rupiah.

7. Kerapu Neptunus 

Kerapu Neptunus atau Neptune Grouper dikenal karena warna tubuhnya yang cerah, yakni kuning, merah muda, atau jingga. Ikan ini memiliki panjang rata-rata 6 inci. Usia ikan ini termasuk panjang, karena bisa hidup sampai lebih dari 30 tahun. Ikan Kerapu Neptunus bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 6000 USD atau 93,61 juta Rupiah per ekor.

8. Golden Basslet 

Indosuggest.com

Sesuai dengan namanya, ikan Golden Basslet atau Basslet Emas memiliki ciri khas tubuh yang berwarna emas. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang beragam, diketahui ada yang bisa mencapai 2 inci. Satu ekor ikan Golden Basslet bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar 8000 USD atau setara dengan 124,82 juta Rupiah.

9. Bladefin Basslet

Bladefin Basslet adalah salah satu jenis ikan hias yang juga memiliki tubuh berwarna emas dan panjangnya juga sekitar 2 inci. Satu ekor Bladefin Basslet dibanderol dengan harga mulai dari 10.000 USD atau 156 juta Rupiah.

10. Masked Angelfish 

Masked Angelfish populer, karena memiliki ciri-ciri tubuh yang unik. Ikan ini memiliki warna hitam di bagian kepala yang membuatnya seperti memakai topeng. Ini juga yang membuatnya disebut sebagai Masked Angelfish. Bagi Anda yang ingin mendapatkan ikan hias yang satu ini, Anda perlu menyiapkan sekitar 20.000 USD atau 312 juta Rupiah.

11. Peppermint Angelfish

Ikan hias yang satu ini memiliki tubuh berwarna merah dan putih. Ukuran tubuh Peppermint Angelfish bervariasi, mulai dari 1 sampai 3 inci. Satu ekor ikan hias Peppermint Angelfish dijual di pasar dengan harga sekitar 30.000 USD atau 468 juta Rupiah.

12. Freshwater Polka Dot Stingray 

Freshwater Polka Dot Stingray atau Ikan Pari Polkadot Air Tawar adalah ikan hias yang memiliki ciri fisik tubuh berwarna hitam atau coklat yang dihiasi motif totol-totol putih. Ikan hias yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan merogoh kocek sekitar 100.000 USD atau 1,56 miliar Rupiah per ekor.

13. Koi Black Dragon

Ikan hias Koi Black Dragon memiliki corak unik yang menghiasi tubuhnya, yang terdiri dari warna merah, putih, dan hitam. Ikan hias yang satu ini berasal dari indukan berkualitas, sehingga jarang yang ditemukan memiliki kecacatan dan jumlahnya terbatas. Oleh karena terbatasnya populasi ikan hias ini, ikan Koi Black Dragon ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat fantastis, yakni sekitar Rp 2,8 miliar Rupiah.

14. Arwana Platinum 

Ikan Arwana Platinum atau Platinum Arowana menjadi salah satu ikan hias paling mahal di dunia dan termasuk ikan hias yang langka. Ikan Arwana Platinum tersebar di perairan Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika Serikat. Ikan hias yang satu ini memiliki ciri khas tubuh yang berwarna putih dengan ukuran yang bisa mencapai setinggi manusia. Satu ekor ikan Platinum Arowana bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar 400.000 USD atau setara dengan 6,2 miliar Rupiah.

15. Ikan Koi Jepang

Ini dia ikan yang dinobatkan sebagai ikan hias paling mahal di dunia. Ikan Koi Jepang memiliki ciri khas pada tubuhnya yang berwarna emas langka, dan usia hidupnya yang bisa mencapai 30 tahun. Ikan Koi Jepang ini juga dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya. Satu ekor Koi Jepang dijual di pasar dengan harga sekitar 28 miliar Rupiah.

Nah, itu dia Grameds daftar ikan-ikan hias paling mahal di dunia. Fantastis sekali ya harga ikan-ikan hias di atas. Apakah Grameds tertarik untuk membeli salah satu dari kelima belas ikan hias termahal di dunia?

Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan hias, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara memelihara ikan hias. Sebab, memelihara ikan hias tidak semudah kelihatannya, lho. Melansir dari Kompas.com, Dr, Wiyoto, Dosen Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya Sekolah Vokasi IPB University mengatakan bahwa untuk merawat ikan hias, perlu dimulai dari wadah yang digunakan, melakukan proses aklimatisasi, sampai mengamati kesehatan ikan.

Ketiga hal ini adalah hal utama yang perlu diperhatikan supaya ikan hias yang dipelihara tetap sehat dan lincah, dan tentunya bisa terlihat tetap cantik. Di bawah ini akan diuraikan 7 tips merawat ikan hias.

7 Tips Merawat Ikan Hias

1. Tinjau keadaan akuarium atau kolam

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin mulai memelihara ikan hias adalah meninjau keadaan akuarium atau kolam. Pada pertama kali penggunaan, akuarium atau kolam harus dipastikan bersih dan telah didesinfeksi menggunakan klorin, lalu dibilas dengan air bersih, kemudian dikeringkan.

Sedangkan, jika akuarium atau kolam sebelumnya telah ditempati ikan, bisa dibersihkan setiap satu minggu sekali dengan menggosok bagian dasar dan dindingnya menggunakan spons halus.

2. Melakukan proses aklimatisasi 

Tahap selanjutnya dalam merawat ikan hias adalah melakukan proses aklimatisasi, yaitu kegiatan untuk membuat ikan beradaptasi terhadap lingkungan baru. Ikan yang baru datang dari tempat lain sebaiknya diaklimatisasi dulu selama kurang lebih 30 menit dengan cara menaruh kantong plastik yang berisi ikan ke dalam akuarium atau yang telah disiapkan.

Selanjutnya, buka kantong plastik dan masukkan air dalam akuarium secara perlahan ke dalam kantong plastik, kemudian ikan baru bisa ditebar ke dalam akuarium.

3. Menjaga kualitas air 

Mulai awal pemeliharaan, air yang akan menjadi tempat hidup ikan sebaiknya diendapkan selama tiga hari berturut-turut sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam akuarium atau kolam. Pada proses pemeliharan selanjutnya, jika ingin mengganti air kolam atau akuarium, air cukup diendapkan dan diaerasi selama satu hari saja. Kualitas air dapat dijaga dengan melakukan penyiponan setiap hari dan mengganti air akuarium sebanyak 30 sampai 50 persen setiap minggu.

4. Menyediakan alat pendukung perawatan ikan hias 

Beberapa alat pendukung perawatan ikan hias, yakni aerator, filter aerator, dan batu aerasi. Seluruh alat tersebut adalah alat yang wajib dimiliki, dan harus selalu diperiksa serta dibersihkan secara berkala setiap dua minggu sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga air akuarium tetap jernih dan bersih.

5. Mengetahui standar perawatan 

Setiap jenis ikan hias mempunyai standar perawatan tersendiri. Contohnya, kebutuhan suhu, tingkat keasaman (pH), oksigen terlarut, dan jenis makanan ikan hias akan berbeda antara satu jenis dengan jenis yang lainnya.

Bagi jenis ikan yang membutuhkan oksigen yang cukup, perlu dipastikan bahwa aerator yang dipakai sudah sesuai. Begitu juga untuk ikan yang membutuhkan suhu tertentu untuk bertahan, maka harus disediakan heater.

6. Menyesuaikan pakan

Pakan atau makanan ikan juga harus disesuaikan dengan ukuran ikan yang dipelihara. Hindari untuk memberikan pakan secara berlebihan. Sebab, jika memberikan pakan secara berlebihan, bisa menyebabkan air akuarium atau kolam menjadi cepat kotor, yang kemudian akan berdampak pada menurunnya kualitas air.

7. Mengamati kondisi ikan secara rutin 

Pastikan Anda mengamati kondisi ikan secara rutin. Kondisi kesehatan ikan bisa diperkirakan dengan cara melihat pergerakannya. Contohnya, jika ikan terlihat mengalami penurunan nafsu makan, maka itu dapat berarti ikan tersebut dalam kondisi sakit. Ikan yang tampak sakit sebaiknya dipisahkan ke dalam akuarium yang berbeda, supaya bisa dilakukan pengobatan.

Sekarang Grameds juga sudah mengetahui kan tentang bagaimana cara merawat ikan hias. Jadi, apakah Grameds sudah tertarik untuk memelihara ikan hias? Bagi kalian yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang ikan hias, kalian bisa belajar dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan berbagai buku yang dapat menunjang kebutuhan dan minat Anda. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://www.idntimes.com/business/economy/ainal-zahra-1/deretan-ikan-hias-termahal-di-dunia-nomor-15-bikin-geleng-geleng?page=all
  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/10-ikan-termahal-di-dunia-harganya-capai-miliaran-Rupiah-1z5kQ1Cj4cU/4
  • https://dataindonesia.id/ragam/detail/8-ikan-hias-termahal-di-dunia-harganya-capai-ratusan-ribu-dolar
  • https://edukasi.kompas.com/read/2021/01/13/163004971/7-tips-merawat-ikan-hias-ala-akademisi-ipb?page=all


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.