in

5 Eksfoliasi Wajah Alami Yang Mudah Dilakukan Di Rumah

https://www.goodfortunesoap.com/

Eksfoliasi Wajah Alami – Dari sekian rangkaian skincare yang bertujuan untuk mendapatkan kulit wajah cerah dan bersinar, eksfoliasi menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Proses eksfoliasi wajah ini ternyata tidak harus menggunakan produk skincare saja, tetapi juga dilakukan dengan bahan-bahan alami. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua bahan alami itu boleh digunakan dalam kegiatan eksfoliasi wajah, apalagi jika tipe kulit wajahmu adalah sensitif.

Nyatanya, semua jenis kulit wajah baik itu normal, kering, berminyak, hingga sensitif sekalipun itu tetap memerlukan eksfoliasi wajah kok, baik dengan produk eksfoliasi maupun bahan alami. Namun jika Grameds tengah berhemat, juga bisa melakukan eksfoliasi wajah alami menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di sekitar kita.

Lantas, apa saja sih eksfoliasi wajah alami yang mudah dilakukan? Kapan waktu yang tepat untuk melakukan eksfoliasi wajah? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan eksfoliasi wajah alami maupun menggunakan produk skincare? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Proses Eksfoliasi Wajah?

https://www.escentual.com/

Pada dasarnya, eksfoliasi wajah adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit wajah atau bahkan berada di lapisan terluar kulit wajah. Mengingat kulit tubuh kita, tak terkecuali kulit wajah itu memang mengalami regenerasi sel kulit secara alami dalam kurun waktu 28-30 hari.

Nah, seiring bertambahnya usia, ternyata proses regenerasi sel kulit tersebut justru mengalami keterlambatan sehingga waktu pengelupasan sel-sel kulit mati menjadi lebih lama. Akibatnya, kita pun juga harus melakukan eksfoliasi tambahan secara mandiri supaya kulit wajah kita tidak mengalami adanya penumpukan sel kulit mati. Grameds pasti sudah tahu dong jika penumpukan sel kulit mati itu dapat memicu terjadinya komedo dan bahkan jerawat.

Itulah mengapa, eksfoliasi wajah sangat penting dalam proses skincare karena selain mengangkat sel-sel kulit mati juga dapat membuat wajah kita terlihat cerah secara merata. Tidak hanya itu saja, proses eksfoliasi wajah juga turut membantu meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk mencegah penuaan dini.

Perlu diketahui juga bahwa eksfoliasi wajah itu boleh dilakukan pada semua jenis kulit tetapi dengan perlakuan yang berbeda-beda. Artinya, proses eksfoliasi pada kulit berjerawat tentunya harus berbeda dengan eksfoliasi pada kulit wajah jenis normal maupun kering. Jenis kulit wajah berjerawat lebih rentan mengalami penumbuhan jerawat apabila eksfoliasi dilakukan secara sembarangan.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Eksfoliasi Wajah?

https://thehut.net/

Hal yang perlu diketahui oleh pemula untuk melakukan eksfoliasi wajah adalah tidak perlu melakukan eksfoliasi setiap hari karena justru dapat menimbulkan permasalahan kulit wajah. Misalnya, kulit wajah akan menjadi kering bersisik, terasa panas terbakar dan gatal, hingga menjadi lebih sensitif dari sebelumnya.

Dilansir dari nivea.co.id, seorang pakar bernama Pamela Marshall pernah menyatakan bahwa proses eksfoliasi wajah yang terlalu sering justru dapat berisiko menyebabkan pembuluh darah kapiler tipis yang ada di wajah menjadi rusak sehingga terjadilah dehidrasi kulit wajah. Untuk itulah, waktu terbaik untuk eksfoliasi wajah itu berbeda-beda, bergantung apa jenis kulitmu.

1. Tipe Kulit Wajah Kering atau Sensitif

Bagi Grameds pemilik jenis kulit wajah kering cenderung sensitif, sebaiknya melakukan eksfoliasi wajah setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Untuk produk yang digunakan harus mengandung glycolic acid, kemudian diikuti pula dengan penggunaan pelembab ya…

2. Tipe Kulit Wajah Kombinasi

Bagi Grameds pemilik jenis kulit wajah kombinasi yang mana merupakan gabungan antara kulit wajah kering dan berminyak, sebaiknya melakukan eksfoliasi setidaknya 2-3 dalam seminggu.

Jenis eksfoliasi yang dapat digunakan adalah dengan 2 tipe yakni physical exfoliation maupun chemical exfoliation. Produk physical exfoliation contohnya scrub wajah yang mengandung bulir-bulir kasar. Sementara itu untuk chemical exfoliation contohnya adalah serum yang mengandung AHA BHA.

3. Tipe Kulit Wajah Berminyak atau Berjerawat

Bagi Grameds pemilik kulit wajah berminyak cenderung berjerawat, juga harus tetap melakukan eksfoliasi wajah bahkan lebih sering dibandingkan jenis kulit wajah sebelumnya, yakni sekitar 2-3 dalam seminggu. 

Produk yang disarankan untuk proses eksfoliasi wajah bagi jenis kulit wajah berminyak cenderung berjerawat ini adalah yang mengandung salycid acid dan BHA. 

5 Bahan Eksfoliasi Wajah Alami Yang Baik Bagi Kulit

Selain menggunakan produk-produk skincare, eksfoliasi wajah juga dapat dengan bahan-bahan alami. Yap, eksfoliasi wajah alami ini umumnya akan menggunakan sejumlah bahan alami yang ada di sekitar kita secara ekonomis. Namun perlu diketahui untuk melakukan eksfoliasi wajah alami ini tidak boleh berlebihan ya, apabila terjadi iritasi wajah, segera hentikan proses eksfoliasi wajah alami ini.

1. Timun dan Teh Hijau

https://www.pexels.com/

Bahan-bahan alami seperti timun dan teh hijau ternyata dapat menjadi kombinasi manjur untuk eksfoliasi wajah alami karena memberikan efek menyegarkan. Nah, jika Grameds tertarik untuk melakukan eksfoliasi wajah alami menggunakan timun dan teh hijau, yuk simak panduannya berikut ini!

  • Cuci bersih timun yang segar kemudian kupas kulitnya.
  • Parut timun yang telah dikupas tadi, ukuran banyaknya timun bergantung pada kebutuhanmu ya…
  • Seduh teh hijau, kemudian campurkan air seduhannya bersama dengan daun teh hijau kering ke dalam parutan timun tadi.
  • Setelah itu, aplikasikan ke bagian kulit wajah dan gosok secara perlahan dengan gerakan memutar selama beberapa menit.
  • Tunggu sari-sari parutan timun dan teh hijaunya meresap ke kulit wajah.

2. Kulit Jeruk

https://www.pexels.com/anna-nekrashevich

Kulit jeruk ternyata juga bisa lho menjadi bahan eksfoliasi wajah alami, terlebih lagi untuk mencerahkan wajah. Nah, berikut ini panduan membuat eksfoliasi wajah alami dari kulit jeruk.

  • Cuci bersih kulit jeruk yang akan digunakan.
  • Jemur kulit jeruk tadi di bawah sinar matahari hingga menjadi kering.
  • Giling kulit jeruk kering tadi sampai menjadi bentuk bubuk, kemudian simpan di wadah kedap udara.
  • Campurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan yoghurt tanpa rasa (plain)
  • Aplikasikan ke wajah dan gosok secara perlahan, kemudian diamkan selama 20 menit.
  • Setelah 20 menit, bilas kulit wajah dengan air bersih.
  • Eksfoliasi wajah alami dari kulit jeruk ini dapat dipakai seminggu sekali.

3. Oatmeal

https://www.pexels.com/mike-1192053

Meskipun oatmeal itu memiliki tekstur yang sedikit kasar, tetapi ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi wajah alami. Nah, berikut ini cara untuk membuat eksfoliasi wajah alami berbahan dasar oatmeal.

  • Larutkan 2 sendok makan oatmeal dengan air secukupnya. Perlu diperhatikan supaya jangan terlalu encer karena nantinya oatmeal ini akan digosokkan ke kulit wajah.
  • Aplikasikan larutan oatmeal tadi di kulit wajah dan gosok dengan gerakan memutar selama beberapa menit.
  • Setelah selesai, bilas kulit wajah dengan air bersih.
  • Grameds dapat menggunakan eksfoliasi wajah alami berbahan oatmeal ini selama 1-2 dalam waktu seminggu.

4. Bubuk Kopi dan Minyak Zaitun

https://www.pexels.com/

Sebenarnya, penggunaan bubuk kopi untuk perawatan wajah itu masih menjadi perdebatan di banyak kalangan karena beberapa pihak menganggap bubuk kopi adalah zat berbahaya bagi kulit wajah. Namun jika Grameds pernah menggunakan bubuk kopi sebagai masker dan kulit wajah tidak bereaksi negatif apapun, maka dapat menjadikan bubuk kopi dan minyak zaitun ini sebagai eksfoliasi wajah alami.

  • Campurkan terlebih dahulu 3 sendok makan bubuk kopi hitam tanpa gula dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Tambahkan pula 1 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan gula halus.
  • Oleskan adonan tadi ke kulit wajah, terutama bagian yang terlihat gelap dan kusam.
  • Pijat dan gosok kulit wajah selama 5-10 menit.
  • Bilas kulit wajah dengan air hangat.
  • Proses eksfoliasi wajah alami dengan bubuk kopi dan minyak zaitun ini hanya boleh dilakukan seminggu sekali.

5. Yoghurt dan Gula

https://www.pexels.com/

FYI, proses eksfoliasi wajah alami itu tidak hanya bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati saja, tetapi juga menghaluskan kulit wajah. Nah, untuk mencapai hal tersebut, gunakan saja kombinasi yoghurt dan gula sebagai eksfoliasi wajah alami.

  • Campurkan 2 sendok makan yoghurt tanpa rasa (plain) dengan gula pasir secukupnya. Gunakan perbandingan 2:1 untuk yoghurt dan gula pasir.
  • Aplikasikan campuran tadi ke kulit wajah sambil memijat ringan selama 5-10 menit.
  • Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih.

Nah, itulah ulasan mengenai apa saja bahan-bahan eksfoliasi wajah alami yang mudah dilakukan di rumah maupun di kos-kosan. Namun perlu diketahui jika ternyata penggunaan eksfoliasi wajah alami ini malah membuat wajahmu berjerawat, lebih baik segera dihentikan ya.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. Skincare 101

Inilah tren kulit saat ini. Cantik dengan bermodalkan sapuan kosmetik tak lagi jadi primadona. Cantik pun tak lagi identik dengan mahal dan ribet. Dengan perawatan sederhana yang tepat, Anda akan mendapatkan kecantikan yang sesungguhnya: kulit sehat, bersih, dan bercahaya. Tak masalah apa pun karakter kulit Anda, selalu ada solusi untuk setiap permasalahan.

“Sebagai perempuan juga public figure yang akrab dengan perawatan kulit, make-up dan kawan-kawannya, jujur aku sering tersesat dengan berbagai tren terkait kecantikan. Buku ini muncul semacam cenayang, bisa menjawab semua pertanyaan dan keingintahuanku terkait kulit. Pembahasan lengkap yang berbobot tapi dipaparkan dengan gaya bahasa dan penjelasan yang sangat mudah dipahami, bikin betah bacanya…” —Zaskia Sungkar, Artis, public figure, entrepreneur.

“This is indeed an excellent guide for skin care which is not only for consumers but it is even good enough for aesthetic doctors! dr. Mufti and Mrs. Wardah have written not only comprehensively but also beautifully illustrated. The contents have been extracted from their general knowledge as well as evidence based facts from up-to-date literature. This is written in Bahasa, but I am indeed recommending it to be translated for the English version as I find it more pragmatic than the ‘Paula’s Guide to Cosmetics’.” —Prof. Wong Lip Wih, Ilmuwan Farmasi Estetika dari King’s College London, UK.

2. All About Skincare

Buku All About Skincare akan membahas semua yang ingin Anda ketahui tentang skincare. Mulai dari mengenal kulit wajah Anda, mengenal kandungan-kandungan yang ada dalam skincare termasuk bahan-bahan apa saja yang harus dihindari, rekomendasi makanan yang dapat memberi nutrisi untuk kulit Anda, dan bagaimana cara menggunakan produk-produk skincare dengan benar dan tepat sehingga manfaatnya terserap sempurna untuk kulit Anda. Segera dapatkan buku ini dan dapatkan kulit sehat Anda.

Cantik pada dasarnya hadir dari dalam diri dan tidak memiliki standar tertentu yang dapat dinilai. Merawat kulit dengan baik adalah kunci dari kecantikan yang efektif. Namun, dengan begitu banyaknya informasi di luar sana dan beragam komposisi pada berbagai produk skincare, kita jadi bingung sendiri ketika memilih produk yang sesuai kondisi kulit.

Menjawab permasalahan tersebut, buku ini hadir sebagai teman perjalanan mencari tahu lebih dalam tentang merawat kulit wajah menggunakan produk skincare. Tidak perlu lagi khawatir untuk mencari referensi dalam merawat kulit wajah karena buku ini membahas tentang:

  • Bagaimana mengenal kulit wajah;
  • Kandungan skincare yang semestinya dihindari;
  • Rekomendasi makanan sumber nutrisi untuk kulit; dan
  • Bagaimana menggunakan skincare secara baik dan tepat sesuai jenis kulit.

3. Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Kulit yang sehat, halus serta bersih sudah pasti menjadi dambaan semua wanita termasuk Anda. Kulit sehat membuat wanita terlihat lebih fresh, cantik serta awet muda. Tentu untuk mendapatkan kulit sehat senantiasa dibutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana langkah untuk perawatan kulit dengan benar? Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis dan mudah. Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi BPOM.

Jangan sampai produk yang berbahaya ini masih ada di tangan Anda dan digunakan untuk perawatan sehari-hari. Bisa jadi bukan kulit sehat yang Anda dapatkan justru sebaliknya.

4. Perawatan Kecantikan Kulit

Buku ini ditulis bagi mereka yang berminat memasuki dan memperdalam pengetahuan serta keterampilan dalam bidang cosmetology dan aesthetic treatment, mulai dari tingkat yang paling dasar hingga perkembangan terkini. Di dalamnya disajikan dasar-dasar perawatan kecantikan secara komprehensif.

Mulai dari dasar yang harus diketahui para terapis dalam menjalankan tugasnya, menggunakan berbagai alat penunjang dengan tepat dan terampil, hingga sikap tubuh yang tepat dalam berinteraksi dengan pelanggan. Singkat kata, buku ini benar-benar pegangan yang tepat bagi para terapis kecantikan maupun siapa saja yang bergerak di dunia kecantikan.

Buku ini disusun secara cermat, berdasarkan metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Meskipun padat informasi, materi disajikan dalam bahasa yang lugas dan sederhana, yang mudah dipahami serta dipraktikkan.

5. Body Rebuild Series: Edisi Perawatan Kulit

Apakah Anda ingin memahami permasalah mengenai kulit serta perawatannya dengan cara yang asik dan mudah dipahami? Komik ini dapat dijadikan pilihan. Berbeda dengan komik-komik lain, “Body Rebuild Series Edisi Perawatan Kulit” membagikan pengetahuan tentang kulit kepada para pembaca.

Sementara itu, seri “Body Rebuild Series Edisi Perawatan Kulit” menyajikan pengetahuan-pengetahuan seputar kulit. Penjelasannya pun mudah dipahami, serta disampaikan dengan gaya yang asik dan penuh jenaka khas komik, sehingga “Body Rebuild Series Edisi Perawatan Kulit” ini sangat direkomendasikan bagi pembaca yang ingin lebih mengenal masalah kulit, namun dengan sarana dan bacaan yang lebih menyenangkan.

Penulis: Rifda Arum Adhi P

Sumber:

https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/tips-keringat/5-bahan-alami-yang-baik-untuk-eksfoliasi-kulit.html

https://www.nivea.co.id/saran/cp06-3-kenali-jenis-kulitmu-dan-lakukan-cara-ini-untuk-eksfoliasi-wajah

https://www.garnier.co.id/tips-dan-trick/perawatan-wajah-wanita/yuk-ketahui-manfaat-eksfoliasi-wajah

Baca Juga!



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 57 / 63
  • Tidak
    9% 9% 6 / 63


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.