in

5 Rekomendasi Maskara Waterproof Terbaik serta Cara Memilihnya

Karolina Grabowska/Pexels

Maskara Waterproof – Maskara waterproof merupakan maskara anti-air yang tak akan luntur walaupun Grameds menangis atau pun sekadar berkeringat. Maskara ini bisa menjaga riasan bulu mata Grameds supaya tetap cantik nan ideal untuk pemakaian sehari-sehari.

Merek-merek makeup populer, seperti Wardah, L’Oréal Paris, dan Maybelline merilis maskara waterproof yang bagus serta tahan lama.

Berikut ini beberapa tips cara memilih, rekomendasi produk-produk terbaik, dan cara menghapusnya. Mari, simak informasi berikut ini dan temukan maskara waterproof yang paling oke supaya riasan bulu mata Grameds tetap cantik!

Cara Memilih Maskara Waterproof

maskara waterproof
Shiny Diamond/Pexels

Sebelum membeli maskara waterproof, Grameds dianjurkan untuk memahami beberapa poin yang harus diperhatikan ketika memilih produknya. Pada bagian ini, akan dijelaskan mengenai poin-poin tersebut. Yuk, pahami dengan seksama!

1. Sesuaikan Bentuk Sikat Maskara Dengan Hasil Yang Diinginkan

Di pasaran, Grameds bisa menemukan maskara dengan berbagai ragam bentuk sikat. Dari setiap bentuk sikat tersebut, akan memberikan hasil yang berbeda. Nah, berikut ini merupakan penjelasan mengenai tiga bentuk sikat maskara yang paling banyak ditemui!

a. Bentuk Sisir, Untuk Hasil Yang Tidak Menggumpal

Sikat maskara yang memiliki bentuk menyerupai sisir, juga dikenal dengan istilah comb wand. Bentuk sikat yang satu ini sangat cocok bagi Grameds yang memiliki bulu mata yang tipis dan pendek. Bentuk sisir ini akan menjangkau sekaligus memisahkan tiap-tiap helai bulu mata sehingga tidak ada bulu mata yang terlewat.

Dengan memakai bentuk sikat ini, hasil akhir dari maskara Grameds tak akan menggumpal. Sayangnya, maskara dengan bentuk sikat ini masih terbilang cukup sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

b. Bentuk Melengkung, Untuk Melentikkan Bulu Mata

Apabila tujuan Grameds ialah untuk melentikkan serta menebalkan bulu mata, maskara yang memiliki sikat melengkung menjadi kuncinya. Sikat jenis ini juga sering disebut sebagai curved wand dengan bentuk melengkung mengikuti lekukan alami dari bulu mata.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Dengan begitu, Grameds tidak perlu repot memutar aplikatornya ketika menggunakan maskara. Bentuk sikat maskara yang melengkung akan menjadikan bulu mata lentik, tebal, dan cantik.

c. Bentuk Jam Pasir, Lebih Bervolume Seperti Bulu Mata Palsu

Bentuk sikat maskara hourglass atau jam pasir akan membuat bulu mata menjadi terlihat lebih bervolume. Tidak hanya itu, bentuk sikat ini juga bisa menaikkan bulu mata dengan maksimal. Bulu mata menjadi tampak sempurna dan anti badai layaknya bulu mata palsu! Bentuk sikat maskara jam pasir sangat pas bagi Grameds yang memiliki tipe bulu mata tipis.

2. Perhatikan Klaim Produk Yang Hendak Dipilih

Setiap produk tentu mempunyai masing-masing keunggulan untuk ditawarkan bagi para konsumen. Supaya Grameds bisa menyesuaikan dengan apa yang diinginkan, simak beberapa klaim yang kerap kali ditemukan di pasaran, yuk!

  1. Maskara dengan jenis sweatproof dan smudgeproof, lebih tahan terhadap keringat dan minyak. Selain itu, ketika terkena gesekan, maskara ini juga tak akan luntur. Jadi, riasan Grameds pun tetap terlihat cantik seharian meski Grameds mudah berkeringat.
  2. Maskara 2-in-1 yang dilengkapi dengan base coat, memiliki fungsi yang berbeda. Primer maskara atau base coat adalah cairan berwarna bening atau putih yang melapisi bulu mata sebelum memakai maskara. Fungsinya, yaitu untuk membantu supaya maskara menjadi lebih awet, membuat bulu mata tampak panjang, serta mencegah maskara menggumpal.
  3. Maskara dengan kandunga yang juga merawat bulu mata, untuk hasil yang sehat dan cantik. Biasanya, maskara ini diperkaya dengan berbagai kandungan yang dapat menutrisi bulu mata. Kandungan tersebut contohnya vitamin B5, vitamin E, maupun beeswax.

Rekomendasi Maskara Waterproof

maskara waterproof
Shiny Diamond/Pexels

Kebanyakan produk maskara waterproof ini ada,ab produk luar dan harganya dapat sedikit lebih mahal. Meski demikian, kualitasnya tentu sangat terjamin. Yuk, cari tahu maskara waterproof yang dapat menjadi rekomendasi.

1. Etude House Lash Perm Curl Fix Mascara

https://www.etude.com/

Etude House merupakan merek yang berasal dari Korea, memiliki produk maskara waterproof yang tak akan membuat mata Grameds tampak seperti mata panda. Etude House Lash Perm Curl Fix Mascara ini memiliki formula yang mampu menjaga maskara supaya tetap awet hingga 24 jam, walau terkena keringat, air mata, maupun minyak!

Memiliki bentuk sikat yang unik, membuat maskara ini dapat menjangkau keseluruhan bulu mata tanpa membuat maskara tampak menggumpal. Grameds dapat membeli maskara ini dengan harga Rp202.500,-.

2. Too Faced Better Than S*x Waterproof Mascara

Maskara dari Too Faced “Better Than S*x” ini telah terkenal akan formula polimernya yang dapat membuat maskara ini waterproof, sweatproof, dan bahkan playproof.

Maskara waterproof ini banyak dijadikan sebagai rekomendasi, karena diklaim sulit luntur ketika berkeringat, dan bahkan dapat dipakai ketika berenang!

Disamping itu, maskara ini juga dapat membuat bulu mata terlihat semakin hitam dan tebal, serta sikat yang dilengkapi dengan formula kolagen yang daoat membuat riasan mata menjadi bervolume serta terlihat dramatis. Grameds bisa membeli maskara ini dengan harga Rp342.500,-.

3. Maybelline Lash Sensational Waterproof Mascara

https://www.maybelline.com.sg/

Maybelline Lash Sensational Waterproof Mascara tidak sekadar tahan air, tetapi juga membuat bulu mata mempunyai lapisan tebal, tetapi tetap tampak natural. Maskara ini cocok untuk dijadikan sebagai rekomendasi maskara serta digunakan untuk riasan harian.

Maskara ini mempunyai sikat yang dapat membuat bulu mata menjadi terlihat lebih lentik, tetapi tetap terasa tingan. Dapat dijadikan sebagai pilihan untuk Grameds yang enggan menggunakan bulu mata palsu. Maskara ini dapat dibeli hanya dengan merogoh kocek Rp139.000,-.

4. The Body Shop Lash Sport Waterproof Mascara

Salah satu merek kosmetik yang memiliki kandungan bahan alami, The Body Shop juga memiliki produk maskara waterproof yang sangat direkomendasikan.

The Body Shop Lash Sport Waterproof Mascara ini tak sekadar tahan setelah Grameds melakukan wudhu, tetapi bulu mata Grameds juga akan tetap tebal dan lentik ketika berolahraga pada siang hari.

Memiliki formula ringan yang diklaim sweatproof, splashproof, dan non-fading, maskara ini bahkan juga tak akan luntur ketika digunakan untuk mandi. Grameds dapat membeli maskara waterproof dari The Body Shop ini dengan harga Rp199.000,-.

5. Wardah EyeXpert The Volume Expert Mascara

https://www.wardahbeauty.com/

Apabila Grameds hendak mencari rekomendasi maskara waterproof lokal dengan harga yang terjangkau, Wardah EyeXpertVolume Expert Mascara bisa dijadikan sebagai alternatif yang direkomendasikan.

Maskara ini bisa membuat penampilan bulu mata menjadi lebih bervolume, bulu mata tampak lebih hitam, dan langsung lentik ketika maskara dipakai.

Grameds tak perlu khawatir dengan ketahanan dari Wardah EyeXpert The Volume Expert Mascara yang waterproof, tidak menggumpal dan tak mudah luntur. Dengan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi, Grameds dapat memperoleh Wardah EyeXpert The Volume Expert Mascara hanya dengan harga Rp77.000,- saja.

Cara Membersihkan Maskara Waterproof

maskara waterproof
Shiny Diamond, Pexels

Dengan menggunakan maskara waterproof, Grameds tidak perlu khawatir dengan risiko akan luntur ketika terkena air. Akan tetapi, banyak juga yang enggan memakai maskara jenis ini karena merasa sulit untuk dibersihkan. Bila Grameds memiliki keluhan seperti ini, simak cara untuk membersihkan maskara waterproof berikut ini!

1. Persiapkan Kapas, Cotton Bud, Dan Cairan Khusus

Ya, sama halnya dengan kulit wajah, Grameds juga harus menyiapkan kapas dan cotton bud. Untuk cairan yang akan digunakan, Grameds dapat memilih di antara 3 produk berikut ini!

a. Eye and Lip Makeup Remover

Cairan ini memang diformulasikan khusus dengan tujuan sama seperti namanya, yaitu untuk membersihkan riasan pada mata dan bibir. Secara umum, eye and lip makeup remover terbuat dari bahan dasar air dan minyak sehingga perlu dikocok terlebih dahulu supaya cairannya dapat menyatu.

Biasanya, eye and lip makeup remover dikemas menggunakan botol. Meski begitu, ada juga yang dengan bentuk tisu lembaran, seperti Innisfree Apple Seed Lip & Eye Remover Tissue.

b. Cleansing Oil

Minyak telah terbukti ampuh memiliki kemampuan yang baik untuk mengangkat sisa makeup, termasuk maskara waterproof. Oleh sebab itu, banyak penata rias yang gemar memakai produk ini karena dianggap lebih efektif.

Untuk pemakaian minyak pembersih atau cleansing oil, Grameds dapat menunangkannya langsung ke telapak tangan, kemudian gosok secara perlahan ke kulit wajah dan kulit bagian mata.

Selain secara langsung, Grameds juga dapat memakai cotton bud untuk mempermudah pembersihannya. Jika dirasa masih sulit, Grameds dapat memakai cleansing oil yang berbentuk tisu. Salah satu produk yang direkomendasikan ialah Biore Cleansing Oil Sheet.

c. Baby Oil

Meskipun menghapus maskara waterproof sebenarnya bukan merupakan fungsi utama dari baby oil, tetapi ternyata produk ini sudah cukup ampuh, lho! Baby oil dapat membersihkan sisa maskara dan sudah banyak dimanfaatkan oleh para penata rias sejak dulu.

2. Lakukan Secara Pelan-Pelan Agar Tidak Melukai Mata

Tutup mata Grameds, kemudian tempelkan kapas pada kelopak mata. Diamkan hingga beberapa detik, baru usapkan kapas tadi dengan perlahan-lahan. Dengan cairan yang telah Grameds pilih, maskara waterproof akan dapat terangkat dengan mudah.

Supaya lebih bersih, Grameds dapat menggunakan cotton bud. Cara penggunaannya sama dengan memakai kapas, yakni dengan berhati-hati tuangkan sedikit cairan pembersih ke cotton bud, kemudian gosokkan ke bulu mata bagian atas dan bawah dengan perlahan-lahan.

Ingat, mata merupakan area yang sangat sensitif, sehingga Grameds harus membersihkannya dengan hati-hati.

3. Tuntaskan Dengan Mencuci Muka

Setelah maskara waterproof telah berhasil terangkat, Grameds dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yakni cuci muka. Cuci muka bisa membantu untuk membersihkan sisa maskara waterproof yang belum terangkat dengan baik.

Nah, setelah mencuci muka, Grameds dapat melanjutkan ke langkah perawatan kulit wajah berikutnya seperti memakai toner, serum, pelembap, maupun sheet mask.

Demikian pembahasan seputar maskara waterproof. Dari rekomendasi maskara di atas, adakah yang pernah kamu gunakan?

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku tentang make up, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com atau bisa melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini.

Rekomendasi Buku Terkait

1. Let’s Make-Up by Wawa Sugimurwati

maskara waterproof

Make-up dapat memberikan wanita kekuatan untuk lebih percaya diri untuk menampilkan dirinya. Walau demikian, tak sedikit wanita yang belum mengetahui bagaimana cara merias dirinya dengan baik, meskipun ia tahu bahwa make-up bisa memberi nilai tambah untuk penampilannya

Wajah ibaratkan sebuah kanvas yang kosong serta make-up bisa dengan mudah menonjolkan karakteristik serta memberi dimensi mengenai sebuah wajah yang biasa saja menjadi terlihat lebih menarik. Berdasarkan dari pengalamannya dalam mengolah berbagai bentuk wajah baik orang biasa maupun artis, sebetulnya terdapat beberapa trik yang dapat dilakukan untuk memulas wajah dan semua hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah, karena pada era sekarang banyak sekali produk kecantikan yang bukan merupakan hal sulit untuk ditemukan.

Dengan panduan dari buku ini, diharapkan seluruh wanita bisa dengan mudah mengikuti bagaimana cara memberi ilusi pada wajahnya.

2. Every Day Make-up: Riasan Kasual, Kuliah, dan Kerja

Buku dengan judul Every Day Make-up: Riasan Kasual, Kuliah, dan Kerja ini merupakan buku yang ditulis oleh Ade Aprilia dan diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama.

Grameds selalu terburu-buru pada pagi hari sehingga sering lupa memakai riasan pada wajah? Mungkin saja, ini memang merupakan masalah yang dialami oleh banyak perempuan modern pada umumnya. Padahal, menjadi cantik ialah sebuah keharusan.

Grameds tak perlu merasa repot saat harus memulai hari dengan merias wajah Grameds. Konsep mengenakan make-up untuk menjadi petunjuk atas identitas diri serta mempercantik wajah ternyata dapat dilakukan dengan cara yang cukup praktis, bahkan kurang dari 15 menit.

Buku ini berisi penjelasan mengenai berbagai tips dalam merias wajah dengan baik ketika Grameds memiliki cukup waktu, maupun saat terburu-buru. Selain dapat membimbing Grameds untuk memahami kelebihan serta kekurangan pada wajah, buku ini juga mengajarkan untuk menyiasati berbagai masalah yang dapat mengganggu penampilan. Permasalahan yang kerap ditemukan seperti muka berminyak, jerawat yang tiba-tiba muncul, maupun mata yang bengkak tak akan lagi menjadi penganggu kegiatan Grameds.

Di buku ini juga tersedia riasan yang tepat saat Grameds harus langsung mendatangi acara resmi usai pulang kampus, serta cara untuk menyiasati bad hair day juga dikemas secara praktis. Acara ber-make-up untuk berkegiatan sehari-hari, seperti kuliah, kerja, antar-jemput anak dan berbagai acara lainnya juga menjadi lebih menyenangkan!

3. Everyday Make-Up

Grameds selalu terburu-buru pada pagi hari sehingga sering lupa memakai riasan pada wajah? Mungkin saja, ini memang merupakan masalah yang dialami oleh banyak perempuan modern pada umumnya. Padahal, menjadi cantik ialah sebuah keharusan.

Grameds tak perlu merasa repot saat harus memulai hari dengan merias wajah Grameds. Konsep mengenakan make-up untuk menjadi petunjuk atas identitas diri serta mempercantik wajah ternyata dapat dilakukan dengan cara yang cukup praktis, bahkan kurang dari 15 menit.

Buku ini berisi penjelasan mengenai berbagai tips dalam merias wajah dengan baik ketika Grameds memiliki cukup waktu, maupun saat terburu-buru. Selain dapat membimbing Grameds untuk memahami kelebihan serta kekurangan pada wajah, buku ini juga mengajarkan untuk menyiasati berbagai masalah yang dapat mengganggu penampilan. Permasalahan yang kerap ditemukan seperti muka berminyak, jerawat yang tiba-tiba muncul, maupun mata yang bengkak tak akan lagi menjadi penganggu kegiatan Grameds.

Di buku ini juga tersedia riasan yang tepat saat Grameds harus langsung mendatangi acara resmi usai pulang kampus, serta cara untuk menyiasati bad hair day juga dikemas secara praktis. Acara ber-make-up untuk berkegiatan sehari-hari, seperti kuliah, kerja, antar-jemput anak dan berbagai acara lainnya juga menjadi lebih menyenangkan!

Rujukan:

  • https://my-best.id/14253
  • https://www.orami.co.id/magazine/rekomendasi-maskara-waterproof
  • https://productnation.co/id/1995/maskara-tahan-air-terbaik-indonesia/

Baca juga: