in

10 Rekomendasi Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang Terbaik!

Warna lipstik untuk kulit sawo matang –Kebanyakan ras masyarakat Indonesia memiliki warna kulit sawo matang. Sawo matang  sendiri disebut-sebut sebagai salah satu warna kulit orang pribumi asli Indonesia. Kekhasan warna kulit ini menjadi salah satu daya tarik orang Indonesia yang tak dimiliki penduduk negara lain.

Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang
Sumber: pixabay.com/anncapictures

Bagi para wanita, warna kulit menjadi salah satu hal yang menentukan banyak hal lainnya. Salah satunya adalah dalam memilih warna kosmetik.

Sebab, warna kosmetik perlu disesuaikan dengan warna kulit, supaya memberikan kesan yang segar. Salah memilih warna kosmetik dapat menyebabkan kulit Anda menjadi terlihat lebih kusam dan tak menarik.

Salah satu produk kosmetik yang memiliki banyak variasi warna dan menjadi produk wajib yang digunakan para kaum hawa adalah lipstik.

Dilansir jurnal Bridging Marketing Theory and Practice, dengan hanya menggunakan lipstik bisa meningkatkan kepercayaan diri wanita saat sedang tidak menggunakan riasan lainnya.

Dikarenakan pentingnya peran lipstik bagi para wanita, memilih warna lipstik yang cocok menjadi sebuah pengetahuan yang perlu diketahui. Bagi mereka yang memiliki warna kulit lebih terang, menemukan warna lipstik yang cocok akan lebih mudah. Namun, lain halnya dengan pemilik warna kulit sawo matang.

Tenang saja, Grameds, karena artikel ini akan membahas tentang cara memilih warna lipstik bagi pemilik warna kulit sawo matang, juga rekomendasi warna lipstik untuk pemilik warna kulit sawo matang. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Cara Memilih Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang

Bagi Anda para pemilik warna kulit sawo matang, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Rangkuman lengkapnya akan diuraikan di bawah ini.

Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang
Sumber: pixabay.com/aleksandra85foto

1. Menyesuaikan warna lipstik dengan warna undertone kulit sawo matang

Warna lipstik yang sama dapat terlihat berbeda pada setiap bibir, bahkan bagi mereka yang memiliki warna kulit yang sama.

Hal ini disebabkan karena warna kulit yang sama bisa memiliki undertoneyang berbeda-beda. Undertonesendiri merupakan warna yang terlihat di bawah permukaan kulit. Secara umum, ada tiga macam undertone, yakni warm,cool, dan neutral undertone.

a. Warm undertone

Warm undertoneditandai dengan pembuluh darah atau nadi yang berwarna kehijauan. Ketika terpapar oleh sinar matahari, kulit dengan warm undertoneakan langsung menggelap tanpa mengalami kemerahan.

Pemilik kulit sawo matang dengan warm undertone disarankan untuk menggunakan lipstik yang juga berwarna warm, seperti mauve, berry, oranye, merah jingga, dan deep red.

b. Cool undertone

Bila urat nadi Anda berwarna kebiruan atau keunguan, itu berarti Anda memiliki cool undertone. Kulit dengan cool undertoneakan mengalami kemerahan setiap kali terpapar langsung sinar matahari.

Pemilik kulit dengan cool undertonedisarankan memilih lipstik berwarna dasar biru, seperti mauve, pink, berry, dusty rose, dan bluish red. Anda juga bisa mencoba warna nude dengan tone kecoklatan atau karamel, dan warna terang seperti warna merah, supaya terlihat lebih segar.

c. Neutral undertone

Pemilik kulit dengan neutral undertonememiliki warna pembuluh darah yang biru atau kehijauan. Dapat dikatakan bahwa neutral undertoneini adalah gabungan dariwarm undertone dan cool undertone.

Bagi Anda yang memiliki kulit dengan neutral undertonedapat menggunakan berbagai macam warna lipstik, seperti yang berbasis oranye atau berbasis warna biru. Beberapa rekomendasi warna lipstik yang bisa Anda coba adalah nude, oranye, merah muda, dan merah.

2. Menyesuaikan warna lipstik dengan warna bibir

Warna bibir setiap orang berbeda-beda, dan hal ini memiliki pengaruh yang besar dalam pemilihan warna lipstik. Adapun warna bibir terbagi menjadi tiga, yaitu warna bibir pucat, warna bibir cerah, dan warna bibir gelap.

a. Warna bibir pucat

Pemilik warna bibir pucat disarankan untuk menghindari menggunakan warna lipstik yang terlalu soft. Sebab, warna lipstik yang soft akan membuat bibir Anda terlihat lebih pucat. Anda yang memiliki warna bibir pucat disarankan untuk menggunakan warna yang terang atau segar seperti peach, shocking pink, dan oranye.

b. Warna bibir cerah

Bagi Anda yang memiliki warna bibir cerah, akan lebih mudah dalam memilih berbagai warna lipstik. Sebab, warna bibir yang cerah cenderung akan cocok jika memakai warna apapun, baik warna soft atau bold. Anda bisa mencoba untuk mengeksplorasi berbagai warna, seperti warna nude, oranye, berry, merah, hingga warna-warna gelap.

c. Warna bibir gelap

Bagi Anda pemilik warna bibir gelap, disarankan untuk memilih lipstik yang berwarna bold atau tegas. Warna lipstik bold juga sangat disarankan bagi Anda yang juga memiliki bibir tebal. Anda dapat mencoba warna bold seperti burgundy atau merah tua. Selain itu, perlu diperhatikan untuk carilah lipstik yang pigmentasinya tinggi untuk menutup warna bibir yang gelap. Biasanya liquid lipstick memiliki pigmentasi yang lebih tinggi.

Bagi pemilik warna bibir gelap juga disarankan menggunakan lipstik dengan hasil akhir matte supaya lebih pigmented. Hasil akhir yang terlihat tanpa kilau akan memberikan kesan yang lebih formal. Selain itu, hasil akhir mattejuga cenderung memiliki daya tahan yang lebih lama, transferproof dan waterproof.

Walaupun begitu, lipstik yang hasil akhirnya matte bisa membuat garis-garis bibir Anda terlihat jelas. Maka dari itu, sebaiknya gunakan pelembab bibir terlebih dahulu supaya bibir Anda tidak kering. Bagi pemilik bibir kering juga dapat menggunakan lipstik yang bertekstur creamydengan kandungan pelembab. Lipstik dengan kandungan pelembab biasanya akan membuat hasil akhir satin, yaitu kombinasi mattedan glossy.

3. Menyesuaikan dengan bentuk bibir

Dalam memilih warna lipstik, Anda juga perlu perlu mempertimbangkan bentuk bibir Anda. Para pemilik bibir tipis disarankan untuk menghindari warna-warna gelap, karena akan membuat bibir tampak lebih kecil.

Sementara itu, bagi Anda yang memiliki bibir tebal, disarankan untuk hindari memilih warna yang terlalu terang dan lipstik yang teksturnya glossyatau memiliki glitter, jika tidak ingin membuat bibir semakin terlihat tebal.

4. Menyesuaikan dengan warna gigi

Jika Anda memiliki warna gigi yang cerah, Anda akan cocok menggunakan warna lipstik apapun. Namun, jika warna gigi Anda sedikit kekuningan, disarankan untuk menghindari warna lipstik yang terlalu terang seperti pink.

5. Menyesuaikan dengan warna rambut

Warna rambut juga ternyata berpengaruh pada pemilihan warna lipstik lho, Grameds. Bagi Anda yang memiliki warna rambut gelap, akan cocok jika menggunakan lipstik yang berwarna kecoklatan, atau warna sedikit cerah dan cool tone seperti plum dan pink. Sedangkan, jika Anda memiliki rambut yang berwarna terang, sebaiknya memilih warna lipstik yang warm tone dan sedikit gelap.

6. Mempertimbangkan jenis lipstik yang tahan lama

Ada berbagai jenis lipstik, yaitu lipstik padat, lip cream, lip gloss, dan juga lip tint. Anda bisa memilih jenis lipstik dengan menyesuaikan preferensi dan kebutuhan Anda.

a. Lipstik padat

Lipstik padat merupakan jenis lipstik klasik yang paling banyak ditemukan dan mudah untuk digunakan serta dibawa ke mana pun.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memutar bagian ujung lipstik saja dan memoleskannya langsung ke bibir. Kelebihan lipstik padat adalah tidak lengket ketika digunakan di bibir. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan lipstik padat, karena ujung lipstik rawan patah jika diputar terlalu panjang.

b. Lip cream

Lip cream adalah lipstik yang memiliki tekstur cair, tetapi juga sedikit creamy. Oleh karena itu, jenis lipstik ini juga sering disebut sebagai liquid lipstick. Biasanya, lip cream memiliki aplikator bawaan, yakni kuas kecil yang akan memudahkan Anda menjangkau sudut bibir. Lip cream dengan matte finishsangat direkomendasikan untuk digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sawo matang dan warna bibir gelap.

c. Lip gloss

Lip gloss merupakan jenis lipstik cair yang memiliki hasil akhir mengkilap. Lip gloss biasanya digunakan untuk melapisi lipstik yang hasil akhirnya matte. Jenis lipstik yang satu ini akan memberikan kesan bibir yang plumpdan lebih tebal.

d. Lip tint

Bagi Anda yang Ingin tampil menawan dengan tampilan yang lebih natural, lip tint dapat menjadi pilihan yang tepat. Lip tint sendiri memiliki tekstur cair seperti air, dengan pigmentasi warna yang lebih tipis. Cara menggunakan lip tint sama dengan lipstik cair, karena biasanya sudah dilengkapi dengan aplikator kuas. Beberapa lip tint bisa memberikan efek ombre atau hasil akhir glossy,sehingga bibir tampak lebih plump.

7. Memastikan lipstik mengandung pelembab 

Lipstik biasanya digunakan untuk menunjang penampilan dalam jangka waktu yang lama. Baik itu untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja, atau untuk bepergian ke suatu acara. Oleh karena itu, memilih lipstik dengan kandungan pelembab di dalam lipstik menjadi sangat penting, supaya bibir tidak menjadi kering dan pecah-pecah. Anda bisa memilih lipstik dengan kandungan shea butter, vitamin E, madu, dan jojoba oil.

Dengan lipstik yang mengandung pelembab, bibir akan tetap ternutrisi dan terlindungi, meskipun dibalut warna selama berjam-jam.

Namun, jika lipstik yang Anda inginkan tidak memiliki kandungan pelembab, Anda bisa mencoba untuk menggunakan lip balm terlebih dahulu sebelum memakai lipstik. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan scrubbing bibir, supaya sel-sel kulit mati bisa terangkat dan bibir menjadi lebih halus serta cerah.

Rekomendasi Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang

Setelah mengenal cara memilih warna lipstik bagi pemilik kulit sawo matang, Anda mungkin masih menemukan kesulitan dalam menentukan warna lipstik yang cocok bagi Anda.

Maka itu, di bawah ini telah dirangkum 10 rekomendasi warna lipstik yang cocok untuk Anda para pemilik kulit sawo matang.

1. Warna Nude

Menemukan lipstik warna nude yang tepat memang menjadi sebuah hal yang sulit bagi setiap warna kulit.

Sebab, warna nude bisa membuat wajah terlihat terlalu pucat atau terkesan cakey, seperti menggunakan concealer di bibir. Pemilik kulit sawo matang bisa memilih warna nude yang cenderung kecoklatan supaya tidak terlihat pucat.

2. Warna Peach

Lipstik yang berwarna peach tak hanya cocok digunakan kulit terang, tetapi juga cocok untuk pemilik kulit sawo matang. Sebab, warna peach bisa membuat setiap variasi gelap pada warna kulit menjadi lebih cantik.

Warna peach akan memberikan kesan segar dan menarik, sehingga cocok digunakan sehari-hari. Bagi Grameds yang tidak ingin tampilan terlalu terang, Anda bisa mengombinasikan lipstik berwarna peach dengan lipstik berwarna nude.

3. Warna Rose Pink

Warna lipstik selanjutnya yang cocok untuk kulit sawo matang adalah rose pink. Warna rose pink akan memberikan kesan moody, dalam sisi yang positif. Warna rose pink yang lebih soft ini juga bisa dikombinasikan dengan warna lain, misalnya dengan warna lebih gelap untuk membuat bibir ombre.

4. Warna Copper Brown

Rekomendasi warna lipstik berikutnya untuk kulit sawo matang adalah warna copper brown. Warna yang satu ini akan memberikan kesan yang menarik dan seksi, sehingga sangat cocok dipilih untuk pergi ke acara kasual  ataupun resmi.

5. Warna Mocha Licious

Warna mocha licious juga menjadi salah satu warna lipstik yang direkomendasikan bagi pemilik kulit sawo matang. Warna yang satu ini cenderung pink hingga keunguan, sehingga termasuk sebagai warna yang aman digunakan oleh pemilik warna kulit gelap.

6. Warna Mauve

Hampir sama dengan mocha licious, mauve merupakan warna dengan sentuhan ungu dan pink, sehingga cocok juga sebagai warna lipstik pilihan untuk kulit sawo matang.

Warna mauve cocok bagi Anda yang ingin menampilkan kesan serius, seperti untuk menghadiri rapat. Warna bibir dengan nuansa mauve ini bisa membuat Anda tampak menarik dan tenang.

7. Warna Berry

Rekomendasi warna lipstik untuk kulit sawo matang selanjutnya adalah kelompok warna berry. Adapun beberapa pilihan warna ini, mulai dari warna plum, raspberry, hingga burgundy. Semua warna itu akan cocok dipilih untuk kulit sawo matang.

8. Warna Oranye

Lipstik oranye biasanya menjadi salah satu warna yang sering dihindari oleh pemilik warna kulit sawo matang. Namun, warna yang satu ini juga bisa menampilkan kesan yang menarik dan seksi, jika warna yang dipilih tepat. Anda bisa memilih lipstik oranye yang agak kecoklatan sebagai pilihan yang aman.

9. Warna Merah Bata

Warna lipstik pilihan untuk pemilik kulit sawo matang berikutnya adalah warna merah bata. Menggunakan lipstik berwarna merah bata bisa menggambarkan kepribadian seseorang yang memiliki daya tarik yang tinggi, kepercayaan diri yang tinggi, berani, elegan, dan tangguh.

10. Warna Merah Terang

Keuntungan bagi kita yang memiliki warna kulit sawo matang, karena tidak perlu takut terlihat menor dengan lipstik warna terang. Warna merah terang dapat membuat tampilan Anda terlihat berani dan lebih seksi.

Nah, itu dia Grameds cara untuk memilih warna lipstik bagi pemilik kulit sawo matang, beserta rekomendasi warnanya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari warna lipstik yang cocok untuk Anda. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu siap memberikan informasi yang terbaik dan terlengkap bagi Anda.

Jika ingin mencari buku seputar kecantikan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Rekomendasi Buku Terkait

Kosmetologi

Tata rias atau kosmetologi merupakan studi tentang perawatan kecantikan untuk jurusan tata rias, yang mencakup tata rambut, tata rias, perawatan kulit, kosmetik, manikur atau pedikur, dan elektrologi. Kosmetologi merupakan pengetahuan keterampilan yang pada masa iniberkembang sangat cepat, karena dipengaruhi oleh berbagai ilmu pengetahuan lainnya yang berkaitan. Buku ini akan membahas lebih lanjut tentang studi kosmetologi yang akan membantu Anda memahami tentang tata rias diri secara lebih mendalam.

Sulam Alis, Eyeliner, & Bibir Profesional

Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang

Setiap orang pasti setuju bahwa cantik lebih dari apa yang tampak dari kulit dan wajah. Cantik bermakna lebih jauh ke dalam identitas yang melekat pada keseluruhan diri seseorang, seperti kebaikan, keberanian, kepintaran, rasa kemanusiaan, dan lain sebagainya. Makna cantik yang dipersempit dengan standar tampilan fisik seringkali membuat banyak orang, terutama wanita, terjebak dan tersesat di dalamnya.

Buku ini akan membahas cara mempercantik diri yang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya dengan sulam alis, sulam eyeliner, atau sulam bibir. Buku Sulam Alis, Eyeliner, dan Bibir Profesional ini sekiranya bisa menjadi inspirasi dan menambah wawasan baru di dunia estetika. Buku ini juga sudah dilengkapi dengan step by step dan banyak gambar secara detail.

Why? Makeup and Cosmetic – Riasan dan Kosmetik

Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang

Apakah Anda pernah bertanya-tanya, bagaimana krim tabir surya bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari? Lalu, apakah Anda yakin sudah menggunakan sampo dengan benar saat keramas? Ternyata, bukan hanya bedak atau lipstik, tabir surya dan sampo juga termasuk produk kosmetik, lho. Buku ini akan menggali segala hal tentang riasan dan kosmetik bersama Omji dan Komji.

 

Rujukan:

https://my-best.id/136203

https://www.orami.co.id/magazine/warna-lipstik-untuk-kulit-sawo-matang

Baca juga:



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 56 / 62
  • Tidak
    9% 9% 6 / 62


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by A Fandy

Ketika bicara tentang manajemen sangatlah luas yang dapat dibahas. Meski begitu, dunia manajemen akan menarik untuk saya, karena berkaitan dengan banyak hal, terutama ekonomi.