in

5 Rekomendasi Dongeng Anak Sebelum Tidur 

5 Rekomendasi Dongeng Anak Sebelum Tidur  – Bercerita merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat. Terlebih lagi jika cerita yang dibawakan mengandung manfaat yang sangat baik kehidupan sehari-hari. Cerita dongen bisa dikatakan sebagai salah satu cerita yang setiap ceritanya akan terdapat pesan atau nilai moral yang bermanfaat bagi kehidupan kita.

Cerita dongen di Indonesia sangat banyak, mulai dari cerita dongen yang berkaitan dengan hewan dengan hewan, cerita dongeng hewan dengan manusia, hingga cerita dongeng yang manusia dengan manusia.

Cerita dongeng Indonesia, sebaiknya diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini, mengapa begitu? Karena cerita dongeng mampu meningkatkan kemampuan verbal, memperbanyak kosakata, mengambil nilai yang berkaitan dengan pelajaran hidup, dan lain-lain. Banyaknya manfaat yang didapatkan oleh anak-anak sudah semestinya para orang tua untuk menceritakan dongeng kepada anak-anak.

Grameds, sulit mencari buku dongeng pengantar tidur? Nggak usah bingung, di gramedia.com ada banyak buku-buku dongeng anak pengantar tidur. Artikel akan membahas cerita dongeng anak pengantar tidur yang memiliki nilai-nilai kehidupan. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya.

Seri Pengantar Tidur: Dongeng Bunga

Bunga yang ada di bumi akan selalu memiliki keindahannya masing-masing. Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa beberapa bunga  yang ada di bumi bisa dijadikan sebuah cerita menarik layaknya sebuah dongeng? Buku yang ditulis oleh Renny Yaniar dengan judul Seri Pengantar Tidur: Dongeng Bunga menceritakan tentang bunga-bunga yang memiliki kisah di dalamnya.

Penulis menggunakan bunga sebagai media untuk bercerita, tokoh utama yang ada di setiap kisah selalu berbicara dengan bunga seolah-olah bunga dapat berbicara, sehingga buku ini berbeda dengan buku-buku dongeng pada umumnya. Dengan membaca buku ini, pembaca akan menemukan hal-hal yang menarik yang tersimpan di dalam setiap kisah.

Buku yang memiliki 10 kisah didalamnya sangat menarik untuk dibaca. Penulis membawakan setiap cerita dengan sentuhan-sentuhan kesedihan yang dibarengi dengan sentuhan kebahagian. Kesedihan dan kebahagiaan yang ada di setiap kisah bisa menyentuh perasaan pembaca. Bukan hanya tersentuh, pembaca juga bisa mengambil nilai-nilai kehidupan yang ada di dalam cerita.

Buku dongeng ini diawali dengan kisah bunga Tabebuya dengan kisah yang berjudul Lonceng Bunga Tabebuya. Dalam kisah ini, penulis membuat seorang tokoh seorang anak perempuan yatim piatu yang tinggal bersama neneknya. Perempuan itu bernama Lira. Penulis menggambarkan Lira dan nenek sebagai sosok yang selalu mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari paman dan tante Lira.

Dalam kisah ini, di dalam bunga Tabebuya terdapat peri-peri bunga yang dapat memberikan bantuan kepada Lira. Setiap Lira mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan, ia selalu bercerita kepada bunga tabebuya. Lira selalu merasa tenang ketika menyampaikan ceritanya kepada bunga Tabebuya. Setelah menerima beberapa kali hal-hal yang tidak menyenangkan, akhirnya Lira dan nenek hidup bahagia walaupun harus tinggal bersama dengan keluarga barunya.

Penasaran dengan 10 kisah dongeng bunga secara lengkap? Kamu bisa menghilangkan rasa penasaran itu, dengan membeli buku ini. Caranya sangat mudah sekali, kamu hanya klik tombol “beli buku”.

tombol beli buku

Kelebihan Buku Seri Pengantar Tidur: Dongeng Bunga

Buku yang ditulis dengan menggunakan bahasa sederhana ini membuat para pembaca mudah memahami makna dari setiap kisah. Makna yang mudah dipahami di setiap kisahnya akan membangun rasa penasaran pembaca untuk mengetahui makna apalagi yang ada di kisah-kisah selanjutnya. Terlebih lagi penulis menggunakan tokoh-tokoh yang dapat membangun suasana cerita menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Ilustrasi gambar yang ada di buku ini sangat pas, sehingga setiap halaman pada buku ini membuat pembaca nyaman untuk membacanya, baik itu anak-anak atau orang tua.

Kekurangan Buku Seri Pengantar Tidur: Dongeng Bunga

Penggunaan bahasa sederhana membuat makna mudah dipahami oleh pembaca. Akan tetapi, penggunaan bahasa yang sederhana merupakan kekurangan dari buku ini. Hal ini dikarenakan tak ada kalimat-kalimat yang bisa dikutip untuk dijadikan motivasi hidup atau inspirasi hidup.

Di beberapa halaman buku ini, ada beberapa tulisan yang sulit untuk dibaca karena warna tulisan hampir sama dengan warna latar belakang dan terkadang ada yang terhalang oleh ilustrasi gambar.

Kumpulan Dongeng Pengantar Tidur. Di Hutan Ajaib

Manusia yang hidup di dunia ini tidak bisa dilepaskan dari yang namanya alam. Manusia dan alam akan selalu menghadirkan cerita-cerita yang menarik. Seperti halnya buku yang berjudul Kumpulan Dongeng Pengantar Tidur. Di Hutan Ajaib yang menghadirkan cerita tentang hubungan manusia dan alam. Buku yang ditulis oleh Endah Suci Astuti sangat cocok untuk dijadikan sebagai pengantar tidur.

Anak-anak yang mendengarkan setiap kisah dari buku ini akan merasa senang dan terhibur karena penulis menggunakan tokoh-tokoh yang berbeda dengan cerita dongeng lainnya. Penulis menggambarkan tokoh pohon yang bisa berbicara kepada manusia, sehingga terjadilah interaksi antara pohon dan manusia.

Cerita alam dan manusia memang tidak akan pernah habis dan hampir setiap negara memiliki cerita dongeng yang berkaitan dengan manusia dan alam. Dengan membaca buku ini, pembaca akan mengetahui cerita-cerita dongeng yang berasal luar negeri, seperti cerita dongeng Baba Yaga dari Rusia, Cinta Pohon Dedalu dari Jepang, Kisah Pohon Sagu dan Palem dari Indonesia (Sulawesi Tengah), Tiga Ujian untuk Calon Raja Hutan dari Afrika, dan masih banyak lagi.

Cerita dongeng yang ada di dalam buku ini berjumlah 27 cerita, banyak sekali ‘kan? Meskipun hampir semua cerita berasal dari luar negeri, tetapi penulis mampu mengemasnya dengan bahasa Indonesia yang sederhana dan menarik, sehingga pembaca mudah untuk memahaminya. Bukan hanya itu, penulis mampu membuat pembaca seolah-olah sedang berada di alam bersama tokoh cerita.

Buku kumpulan dongeng yang cocok untuk dijadikan sebagai pengantar tidur diawali dengan sebuah kisah yang berasal dari negeri Estonia dengan judul Mikku dan Pohon yang Bisa Berbicara. Dari judulnya saja, pembaca sudah tahu bahwa cerita ini akan menceritakan tentang pohon yang bisa berbicara.

Dalam kisah ini, penulis menggambarkan seorang laki-laki yang bernama Mikku sebagai laki-laki yang baik hati. Suatu ketika Mikku ingin memotong pohon untuk mendapatkan kayu bakar. Namun, hal yang mengejutkan terjadi, pohon yang ingin ditebang oleh Mikku bisa berbicara. Mikku pun berganti pada pohon lainnya dan hal yang sama juga terjadi, pohon yang ingin ditebang berbicara dan memohon agar tidak ditebang.

Berkat kebaikan itu, Mikku diberikan sebuah tongkat kayu kecil oleh laki-laki mungil. Tongkat kayu itu dapat membantu Mikku untuk memenuhi semua kebutuhan yang berasal dari alam. Apakah Mikku berakhir bahagia dengan kebutuhan yang mudah terpenuhi tanpa harus bekerja keras?

Ingin tahu kisah Mikku dan kisah-kisah lainnya secara lengkap? Caranya sangat mudah kamu tinggal klik tombol “beli buku”, maka buku Kumpulan Dongeng Pengantar Tidur. Di Hutan Ajaib sudah bisa kamu dapatkan, mudah ‘kan? Jadi, tunggu apalagi segera beli bukunya.

tombol beli buku

Kelebihan Buku Kumpulan Dongeng Pengantar Tidur. Di Hutan Ajaib

Adanya kutipan yang bisa dijadikan inspirasi merupakan salah satu kelebihan dari buku ini.  Penulis mampu menyajikan cerita-cerita dongeng dari luar negeri dengan alur cerita yang ringan dan mudah dipahami, sehingga pembaca tidak cepat bosan ketika membaca buku ini. Dengan alur yang mudah dipahami, maka pesan dari setiap cerita akan mudah diterima oleh pembaca. Buku ini memberikan pesan penting kepada pembaca bahwa alam yang ada di dunia ini perlu dijaga dengan baik.

Kekurangan Buku Kumpulan Dongeng Pengantar Tidur. Di Hutan Ajaib

Dibalik kelebihan dari buku ini terdapat kekurangan yang bisa membuat pembaca menjadi merasa bosan. Kekurangan itu seperti dialog yang terlalu banyak, sehingga latar dari setiap kisah kurang tampak.

Wayang Sebelum Tidur

Cerita wayang Indonesia tidak akan pernah ada habisnya dan cerita itu akan selalu mengalir mengikuti perkembangan zaman. Jika dua buku di atas berupa kumpulan, maka buku Wayang Sebelum Tidur karya Clara Ng hanya menceritakan satu cerita saja. Meskipun hanya satu cerita, buku ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bacaan sebelum tidur.

Penulis menggunakan wayang sebagai media yang digunakan untuk menemani sebelum tidur. Tokoh-tokoh yang ada di dalam buku ini adalah sebuah keluarga kecil yang di mana adik dan kakak menjadi tokoh utamanya. Hal inilah yang membuat buku Wayang Sebelum Tidur semakin menarik untuk dibaca.

Buku dongeng ini bercerita tentang dua orang anak yang bernama Sita dan Bima. Sita adalah seorang kakak dan Bima adalah seorang adik. Pada suatu malam ketika sedang tidur, Bima terbangun karena kakaknya tiba-tiba terbangun dan tertawa. Bima langsung melihat ke arah kakaknya sedang bermain bayang-bayang lampu dengan jarinya.

Sita yang melihat Bima merasa sedih karena jarinya tidak bisa membentuk bayangan. Karena Sita tidak ingin melihat adiknya merasa sedih yang terlalu lama, maka Sita memiliki ide untuk membuat wayang agar adiknya bisa terhibur. Bagaimana Sita membuat wayangnya hingga bisa dimainkan, kemudian bagaimana Sita memainkan wayang yang sudah dibuatnya?

Cari tahu kelanjutan ceritanya melalui buku Wayang Sebelum Tidur yang bisa dibeli gramedia.com. Hanya dengan meng-klik tombol “beli buku”, kamu sudah bisa mendapatkan bukunya dan tidak perlu ke toko buku gramedia. Yakin kamu tidak ingin memiliki buku ini?

tombol beli buku

Kelebihan Buku Wayang Sebelum Tidur

Penggunaan bahasa dalam buku ini sangat sederhana dan tidak bertele-tele, sehingga sangat cocok untuk dibaca oleh anak-anak. Dengan membaca buku ini, pembaca khususnya anak-anak akan mengetahui informasi penting tentang cara permainan wayang yang dimainkan menggunakan bayang-bayang cahaya.

Kekurangan Buku Wayang Sebelum Tidur

Ilustrasi pada buku ini terlalu banyak dibandingkan dengan kalimatnya, sehingga pembaca akan lebih berfokus melihat ilustrasi pada setiap halaman. Bahkan, di beberapa halaman tidak ada sebuah teks kalimat. Meskipun tidak membuat makna dalam buku ini hilang, tetapi tetap saja seperti ada yang kurang jika pada suatu halaman tidak ada teks kalimat.

Dongeng Sebelum Tidur

Meningkatkan daya imajinasi pada anak perlu dilakukan oleh setiap orang tua, karena imajinasi akan membuat otak untuk berpikir lebih kreatif. Semakin kreatif seseorang berarti semakin banyak ide yang muncul. Ide-ide yang muncul karena daya imajinasi sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan daya imajinasi seorang anak dapat dilakukan dengan cara membacakan cerita dongeng sebelum tidur. Buku Dongeng Sebelum Tidur yang ditulis oleh Dini W. Tamam bisa menjadi salah satu rekomendasi buku yang dapat meningkatkan daya imajinasi. Cerita-cerita dalam buku ini berbentuk cerita fantasi.

Penulis mampu membuat cerita fantasi yang dikemas seperti sebuah dongeng, sehingga ketika buku ini dibaca, daya imajinasi pembaca akan diajak seolah-olah masuk ke dalam setiap cerita. Buku ini menjadi lebih menarik karena di tepi halaman diberikan ilustrasi gambar yang sesuai dengan cerita yang ada.

Di dalam buku ini terdapat 25 cerita dongeng fantasi yang cocok untuk dijadikan sebagai bacaan sebelum tidur. Penulis yang mampu memberikan nilai-nilai kehidupan menjadikan buku ini menarik untuk dibaca oleh anak-anak. Anak-anak yang sudah diberikan nilai-nilai kehidupan sejak kecil akan menjadikan dirinya menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri sendiri atau orang lain.

Semua cerita dalam buku ini memiliki nilai-nilai kehidupan yang bisa dipetik. Salah satu cerita menarik dalam buku ini adalah Beruang dan Ibunya Cerita ini mengisahkan seekor beruang yang tidak memiliki telapak tangan, sehingga tidak bisa mencakar seperti beruang-beruang pada umumnya. Kondisi fisik yang berbeda membuat beruang ini selalu mendapatkan ejekan dari hewan-hewan lainnya, sehingga ia harus berjalan bersama ibunya.

Beruang pun mulai memberanikan diri untuk berjalan sendiri tanpa harus bersama ibunya. Ketika beruang sedang berjalan, ia menemukan sebuah pisau dari sang pemburu yang kemudian dipasangkan ke bagian lengannya. Beruang menunjukkan pisau itu kepada teman-temannya bahwa ia bisa mencakar sebuah pohon. Hewan-hewan yang melihat kemampuan beruang itu merasa kagum dan menyesal karena sudah mengejek beruang. Mereka pun berbaikan dan berteman.

Ingin tahu lebih banyak cerita-cerita dan nilai-nilai kehidupan apa saja yang ada di dalam buku  Dongeng Sebelum Tidur? Kamu bisa mendapatkan buku ini dengan cara klik tombol “beli buku”dan kamu bisa menerapkan nilai-nilai kehidupan dari buku ini dalam aktivitas sehari-hari.

tombol beli buku

Kelebihan Buku Dongeng Sebelum Tidur

Hampir setiap cerita yang ada di dalam buku ini terdapat hewan yang menjadi tokoh utamanya. Penulis mampu menghidupkan hewan menjadi tokoh yang dapat memengaruhi jalannya cerita dan dapat memberikan nilai-nilai kehidupan. Kemampuan penulis dalam menghidupkan tokoh hewan menjadikan buku ini istimewa. Bukan hanya hewan, penulis juga mampu menghidupkan benda mati seperti batu.

Kekurangan Buku Dongeng Sebelum Tidur

Alur cerita yang mudah dibaca, sehingga rasa penasaran pembaca untuk membaca sampai akhir cerita berkurang. Misalnya cerita-cerita yang berhubungan dengan manusia yang berhasil meraih kesuksesan, tetapi akhirnya harus jatuh miskin karena kesombongannya.

Dongeng Sebelum Tidur 2

Penulis Dini W. Tamam bukan hanya menulis satu buku dongeng sebelum tidur, ia menulis buku kedua dengan judul Dongeng Sebelum Tidur 2. Jika buku Dongeng Sebelum Tidur jilid pertama mayoritas tokoh di dalam ceritanya adalah hewan, maka di jilid kedua mayoritas tokoh di dalam cerita adalah seorang manusia. Meskipun tokoh dalam cerita seorang manusia, tetapi cerita-cerita dalam buku ini tetap menarik dan masih ada nilai-nilai kehidupan bisa dipetik.

Buku Dongeng Sebelum Tidur 2  didalamnya terdapat 25 cerita dongeng yang menarik untuk dibaca. Penulis menggunakan alur cerita dan bahasa yang sangat ringan, sehingga pembaca akan mudah mengambil dan menerapkan nilai-nilai kehidupan dari buku ini. Tertarik untuk membacanya?

Salah satu cerita yang pastinya membuat kamu tertarik untuk memiliki buku ini yaitu Nelayan yang Kurang Beruntung. Dalam cerita ini, penulis mengisahkan tentang seorang nelayan yang sabar dan seorang nelayan pemarah. Suatu hari, nelayan pemarah kecewa karena hasil tangkapannya tidak seperti biasanya, kemudian ia berpindah tempat agar dapat menangkap ikan lebih banyak. Di tempat yang berbeda, ia juga tak kunjung mendapatkan ikan, hingga ia menemukan nelayan sabar yang sedang mencari ikan di dekat nelayan pemarah.

Karena sudah terlanjur dengan rasa kecewa, maka nelayan pemarah meninggalkan tempat mencari ikannya. Selang tak berapa lama, nelayan sabar berpindah tempat ke nelayan pemarah dan tanpa diduga-duga nelayan sabar mendapatkan kerang-kerang yang berukuran besar yang didalamnya terdapat mutiara yang sangat indah.

tombol beli buku

Kelebihan Buku Dongeng Sebelum Tidur 2

Setiap cerita yang sangat minim dengan dialog dan menonjolkan narasi-narasi akan memicu daya imajinasi pembaca. Penulis yang menggunakan bahasa yang sederhana membuat narasi-narasi yang ada di setiap cerita mudah dipahami. Karakter tokoh yang ada di setiap cerita, hampir sama dengan karakter manusia di dunia nyata.

Kekurangan Buku Dongeng Sebelum Tidur 2

Mayoritas cerita yang ada di dalam buku ini alurnya mudah dibaca. Dalam buku ini, penulis lebih sering membandingkan tokoh satu dengan tokoh lainnya. Jika tokoh satu bersifat baik, maka tokoh kedua bersifat jelek, hal seperti ini bisa membuat pembaca merasa bosan. Misalnya, pedagang teko (jahat) dan pedagang karpet (baik), nelayan sabar dan nelayan pemarah.

Written by Restu