in

Deretan Desainer Baju Terkenal di Indonesia yang Go Internasional

unsplash.com

Desainer Baju Terkenal di Indonesia – Indonesia tidak hanya kaya akan alamnya saja, tapi juga memiliki banyak talenta yang bisa mengharumkan nama Indonesia hingga ke kancah internasional, salah satunya dari bidang fashion.

Beberapa desainer baju terkenal di Indonesia sudah malang-melintang di kancah internasional. Karya-karya mereka bisa bersaing di dunia internasional sekaligus mampu membuktikan bahwa dalam bidang fashion pun Indonesia tidak kalah bagusnya dengan negara lain.

Beragam karya seperti baju, tas, hingga perhiasan dari desainer-desainer Indonesia ini sudah banyak digunakan oleh tokoh-tokoh penting dunia. Wah, cukup menarik ya untuk dibahas lebih dalam lagi terkait deretan nama desainer terkenal dari Indonesia ini!

Mungkin beberapa dari Grameds belum begitu tahu siapa saja desainer baju terkenal asal Indonesia yang sudah bisa go internasional. Oleh karena itu, yuk, simak artikel ini hingga akhir, supaya Grameds bisa mendapatkan informasi seputar nama-nama desainer baju terkenal asal Indonesia.

Deretan Desainer Baju Terkenal di Indonesia

1. Anne Avantie

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: Kompas.com

Anne Avantie menjadi salah satu desainer baju asal Indonesia yang namanya sudah besar di kancah internasional. Anne Avantie terkenal akan pakaian kebaya buatannya yang bisa bersaing dengan desainer-desainer terkenal di luar negeri.

Bahkan karya dari Anne Avantie juga sudah banyak digunakan oleh para selebritis, baik dalam maupun luar negeri. Anne Avantie lahir di Semarang pada tahun 1954 dan sejak kecil sudah menunjukkan jika dirinya begitu suka dengan dunia fashion.

Hal ini ditunjukkan ketika ia mulai membuat kostum panggung untuk dikenakan grup vokal dan tari di sekolah maupun berbagai macam acara hiburan di Solo kala itu. Pada tahun 1989, Anne Avantie memutuskan untuk lebih serius dalam dunia fashion.

Semua berawal dari rumah kontrakan miliknya beserta dua mesin jahit. Dari semua usaha yang ia lakukan akhirnya Anne Avantie bisa membuka tempat usaha yang lebih baik lagi dan diberi nama Griya Busana Permatasari.

Awalnya Anne Avantie hanya membuat berbagai macam baju untuk kostum penari maupun busana malam. Ciri khas dari busana yang dibuat oleh Anne Avantie adalah hiasan manik-maniknya.

Semua usaha yang dilakukan Anne Avantie terus berkembang hingga pada tahun 2010 ia berhasil memiliki dua butik di Mall Kelapa Gading. Selain itu, Anne Avantie juga memiliki tempat usaha yang diberikan nama Roemah Penganten di Grand Indonesia, Jakarta.

Memiliki kesuksesan yang begitu hebat tak membuat Anne Avantie lupa dengan orang sekitarnya. Pasalnya ia juga membuat sebuah tempat yang digunakan untuk memasarkan produk seni dalam negeri milik UMKM yang diberi nama PENDOPO.

2. Didit Hediprasetyo

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: Grid.id

Bagi mereka yang begitu suka dengan dunia fashion tentunya tak asing dengan nama Didit Hediprasetyo. Pasalnya Didit Hediprasetyo atau Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo adalah salah satu desainer baju asal Indonesia yang sampai saat ini karyanya sudah dikenal hingga ke tingkat internasional.

Meski begitu sebenarnya Didit Hediprasetyo tumbuh di Boston, Amerika Serikat. Ia pindah ke Paris untuk bisa lebih fokus ke karier fashionnya. Bahkan ia juga menimba ilmu di beberapa tempat ternama seperti Parsons School of Design, New York, dan Ecole Parsons a Paris.

Menariknya lagi Didit Hediprasetyo juga belajar hal lain seperti sejarah seni, fotografi ,sekaligus kursus melukis. Ia juga berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi seperti Silver Thimble pada tahun 2006.

Saat ini berbagai karya milik Didit Hediprasetyo sudah menjadi langganan di berbagai acara ternama seperti Paris Fashion Week. Pada tahun 2013, Carly Rae Jepsen mengenakan busana karya Didit Hediprasetyo yang digunakan untuk menghadiri MTV Video Music Awards 2013.

Selain beberapa hal tersebut, gaun yang dibuat oleh Didit Hediprasetyo juga pernah dipublikasikan pada majalah ternama Vogue Inggris.

3. Dian Pelangi

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: Femina

Selanjutnya ada Dian Pelangi yang juga mungkin tidak asing terdengar di telinga Grameds. Ya, Dian Pelangi adalah salah satu desainer baju yang sampai saat ini masih terus menciptakan karya-karya terbaiknya.

Dian Pelangi atau yang memiliki nama asli Dian Wahyu Utami ini lahir pada 14 Januari 1991 di Palembang. Dari beberapa desainer wanita asal Indonesia yang mendunia, Dian Pelangi adalah salah satu di antara mereka. Dian Pelangi juga memiliki brand busana sendiri yang diberi nama Dian Pelangi Fashion.

Agar bisa lebih fokus dalam dunia fashion, Dian Pelangi menimba ilmu dan menjadi salah satu lulusan École supérieure des arts et techniques de la mode (ESMOD) Paris. Menariknya lagi nama Dian Pelangi juga sudah masuk di jajaran 500 orang paling berpengaruh dalam dunia fashion menurut majalah Business of Fashion (bof) London.

4. Tex Saverio

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: Kompas.com

Tex Saverio juga masuk ke dalam jajaran desainer asal Indonesia yang namanya sudah banyak dikenal dalam lingkup internasional. Tex Saverio lahir pada 24 Agustus 1984 di Jakarta dan lebih banyak dikenal sebagai seorang perancang busana pengantin wanita.

Gaya busana yang dibuat oleh Tex Saverio memiliki sisi yang berbeda dari desainer lainnya, misalnya, adanya gaya glamor serta penuh fantasi dalam setiap busana yang dibuat oleh Tex Saverio.

Selama perjalanan kariernya, Tex Saverio juga mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi seperti penghargaan nasional Mercedes-Benz Asia Fashion Award tahun 2015.

Meski begitu, perjalanan karier Tex Saverio juga tak bisa dibilang lancar-lancar saja. Pasalnya ia juga memilih untuk meninggalkan bangku sekolah sejak kelas 1 SMA. Namun, karena hal tersebut tak membuat Tex Saverio patah semangat, ia justru menimba ilmu di dunia fashion dengan masuk ke Bunka Fashion School, Jakarta. Bahkan ia juga sempat magang di Phalie Studio Jakarta.

Berkat usaha dan kerja kerasnya selama ini, nama Tex Saverio sudah mulai banyak dikenal di dunia fashion internasionali. Menariknya Lady Gaga tampak mengenakan busana karya Tex Saverio saat berada di Harper’s Bazaar pada tahun 2011 silam.

Bukan cuma Lady Gaga, tapi selebriti lain seperti Kim Kardashian dan salah satu pemain film The Hunger Games: Catching Fire’ (2013) juga pernah mengenakan busana karya Tex Saverio. Bahkan, banyak orang di kancah internasional menyebut Tex Saverio dengan julukan Alexander mcqueen of Indonesia.

Jika kita meniliki biografinya, Alex mcqueen merupakan salah satu perancang busana pengantin asal Inggris yang melakukan tindakan bunuh diri pada tahun 2010 lalu.

5. Rinda Salmun

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: VOA Indonesia

Jika bicara tentang dunia fashion internasional rasanya memang tak lengkap jika belum menyebutkan nama Rinda Salmun. Ya, Rinda Salmun merupakan salah satu desainer asal Indonesia yang namanya sudah banyak dikenal di dunia fashion internasional.

Untuk memantapkan kariernya, Rinda Salmun mengambil pendidikan S2 Fashion Desainer di Ravensbourne College of Design & Communication London yang telah diakui kualitasnya di mata dunia.

Rinda Salmun membuktikan karyanya mampu bersaing di kancah internasional dengan busana-busana desainer papan atas. Hal ini ia tunjukkan pada debutnya dengan mampu tampil di pagelaran London Fashion Week tahun 2010 lalu.

Tak sampai di situ saja, karya-karya milik Rinda Salmun juga sudah pernah dipamerkan pada salah satu pagelaran busana dalam negeri Jakarta Fashion Week di tahun 2013.

6. Yosep Sinudarsono

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: Kompas.com

Berikutnya ada Yosep Sinudarsono, desainer muda asal Semarang yang namanya memang sudah dikenal di kancah internasional. Sejumlah karya Yosep Sinudarsono juga pernah dikenakan oleh selebritis internasional pada ajang-ajang bergengsi.

Misalnya, saat ajang Golden Globe Awards 2015, beberapa selebritis seperti Judy Meyers, Terry Seymour, dan Malin Akerman mengenakan karya Yosep Sinudarsono

Yosep Sinudarsono merupakan alumni sekolah ternama ESMOD Paris dan Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budihardjo. Kini Yosep Sinudarsono makin unjuk gigi dalam dunia fashion dengan membuat label sendiri yang diberi nama Lotuz.

7. Peggy Hartanto

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: Kompas.com

Peggy Hartanto sudah begitu tertarik dalam dunia fashion sejak duduk di bangku SMA. Ia menjadi lebih serius lagi dalam meniti karier di dunia fashion ketika melanjutkan pendidikannya di Raffles College of Design and Commerce di Sydney.

Setelah lulus dari Raffles College of Design and Commerce di Sydney, Peggy Hartanto memutuskan untuk memulai kariernya dengan menjadi desainer Collette Dinnigan di Australia kurang lebih selama 1,5 tahun.

Peggy Hartanto kembali ke Indonesia pada tahun 2011 dan langsung membuat label untuk brandnya sendiri dengan nama Peggy Hartanto. Dalam setiap karyanya Peggy Hartanto memberikan tiga unsur di dalamnya, yaitu sisi keberanian, elegan, dan minimalis.

Karya-karya Peggy Hartanto juga memiliki unsur tradisional yang dibuat sedemikian menarik hingga terlihat kekinian.Bahkan, sejumlah artis ternama di Hollywood ,seperti Anne Heche, Judy Reyes, Odette Annable, Bella Thorne, Giuliana Rancic, Gigi Hadid, dan Gwen Stefani sudah pernah mengenakan karya busana dari Peggy Hartanto.

Selain itu, karya-karya milik Peggy Hartanto juga pernah dipamerkan di beberapa ajang fashion di beberapa negara seperti Inggris, Australia, Amerika, dam pusat mode dunia Prancis. Bahkan Peggy Hartanto juga pernah masuk ke dalam Forbes 30 Under 30 Asia: The Arts. Dengan kata lain, Peggy Hartanto merupakan salah satu orang di bawah umur 30 tahun yang berpengaruh dalam dunia seni.

8. Islamia Aprilia

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: Swa

Bagi mereka yang suka sekali mengulik lebih dalam tentang dunia hijab, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama desainer asal Indonesia, Islamia Aprilia yang memiliki nama asli Islamia Aprilia Waskito.

Islamia Aprilia merupakan perempuan kelahiran tahun 1993 yang sudah memiliki label pribadi di usia muda. Bahkan karya milik Islamia Aprilia juga sudah begitu banyak ditampilkan dalam ajang pameran busana ternama dimulai dari dalam negeri terlebih dahulu, seperti Indonesia Fashion Week, Indonesia Islamic Fashion Fair, dan Jakarta Islamic Fashion Week.

Setiap karya yang dibuat oleh Islamia Aprilia selalu memiliki ciri khas seperti adanya nuansa romantis, vintage, elegan, juga bertabur warna pastel. Menariknya, karya Islamia Aprilia tak hanya dikenal di dalam negeri, tapi juga sudah banyak dikenal di kancah internasional seperti di Singapura, Brunei Darussalam, juga Malaysia.

9. Rafi Ridwan

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: Good News From Indonesia

Berikutnya ada Rafi Ridwan yang juga sudah mampu mengukir namanya di tingkat internasional di usia muda. Meski memiliki keterbatasan pada pendengarannya, Rafi Ridwan justru punya semangat juang tinggi hingga mendapatkan berbagai macam prestasi pada waktu usia 9 tahun.

10. Nancy Go

Desainer Baju Terkenal di Indonesia
Sumber: Good News From Indonesia

Nancy Go juga menjadi salah satu desainer asal Indonesia yang karyanya sudah begitu banyak dikenal di tingkat internasional. Nancy Go sudah memiliki merk tas pribadi dengan nama Bagteria pada tahun 2000.

Tak tanggung-tanggung, tas buatan Nancy Go juga sudah kerap digunakan oleh para tokoh ternama dalam lingkup internasional. Beberapa tokoj papan atas yang pernah menggunakan tas karya Nancy Go adalah Emma Thompson, Paris Hilton, Audrey Tautou, Blake Lively, dan Putri Zara Phillips.

11. Sabbatha Rahzuardi

Sumber: Femina

Masih dalam lingkup desainer tas, ada nama Sabbatha Rahzuardi yang karyanya juga sudah mendunia. Sabbatha Rahzuardi mampu membuat sebuah brand pribadi dengan nama Sabbatha.

Salah satu ciri khas dari tas merk Sabbatha adalah adanya batu permata dan perak Bali. Beberapa selebritis dalam negeri yang pernah menenteng tas buatan Sabbatha Rahzuardi adalah Anggun dan Melly Goeslaw.

Sedangkan selebritis luar negeri yang pernah menggunakan tas karya Sabbatha Rahzuardi, misalnya Katie Holmes juga Julia Roberts. Baik di dalam negeri maupun luar negeri, kita bisa menemukan tas Sabbatha.

12. Fahrani Empel

Sumber: Grid

Fahrani Empel tidak hanya dikenal sebagai model dan artis, tapi ia juga seorang desainer kacamata. Pada tahun 2011 lalu, Fahrani Empel mendirikan Cast Eyewear. Menariknya beberapa selebritis papan atas seperti Dakota Fanning, Tyra Banks, Lady Gaga, Rihanna, dan Cara Delevingne sudah pernah menggunakan kacamata buatan Fahrani Empel.

13. Tities Sapoetra

Sumber: Kompas.com

Karya-karya indah dari Tities Sapoetra sudah pernah mejeng di pagelaran bergengsi seperti Jakarta Fashion Week, hingga Fashion Division Paris Fashion Show Spring Summer 2019 . Ciri khas dari busana karya Tities Sapoetra adalah adanya potongan-potongan tak biasa sehingga terlihat begitu berbeda dari yang lainnya.

14. Risa Maharani

Sumber: Kompas.com

Nama dan karya Risa Maharani sudah pernah dipamerkan di Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST). desainer muda ini juga mampu meraih juara Modest Young Designer Competition (MYDC) 2019.

Risa Maharani juga sudah terlibat di ajang bergengsi internasional seperti La Mode Sur La Seine à Paris, Prancis. Menariknya lagi Risa Maharani juga sudah memiliki label pribadi yang diberi nama RISA.

Wow, keren-keren ya, Grameds, desainer asal Indonesia ini! Dengan segala kisah hidup yang melatarbelakanginya, mereka mampu berkarya hingga diakui dunia internasional. Jika Grameds tertarik dengan informasi seputar desain dan fashion, kamu bisa mendapatkan buku-bukunya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk kamu.

Penulis: Hendrik



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda