in

Bahan Twiscone: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan twiscone – Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Karena digunakan untuk melindungi tubuh dari panas, hujan, dingin, hingga dari pandangan lawan jenis yang bukan muhrim. Indonesia sendiri memiliki dua musim, yakni musim panas dan musim hujan.

Ketika musim hujan tiba, maka cuaca akan berubah menjadi sangat dingin. Pada keadaan tersebut, manusia cenderung membutuhkan jenis pakaian yang hangat untuk melindungi tubuh dari suhu dingin.

Ada pilihan pakaian yang cocok digunakan untuk kondisi cuaca dingin, diantaranya pakaian berbahan Fleece dan pakaian berbahan Twiscone. Nah, untuk topik kali ini akan mengulas mengenai bahan Twiscone yang dikenal sebagai bahan yang tebal dan terbuat dari serat alami dan sintetis.

Pembahasan secara komprehensif kali ini terkait apa itu bahan twiscone, kelebihan, kekurangan, jenis, cara merawat, hingga karakteristiknya akan membuat kalian lebih memahami terkait bahan yang cukup populer ini.

Nah, sudah tidak sabar lagi bukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai bahan Twiscone? Maka simak pada pembahasan di bawah ini, ya! Selamat membaca!

Apa Itu Bahan Twiscone?

Sebenarnya nama asli dari bahan ini adalah ‘Twistcone’. Namun orang Indonesia telah terbiasa menyederhanakan dan menyebut bahan ini dengan ‘Twiscone’. Twiscone adalah salah satu bahan kain populer yang telah banyak digunakan untuk memproduksi berbagai jenis busana. Pada umumnya, pakaian untuk kaum perempuan lah yang paling banyak menggunakan bahan Twiscone ini.

Bahan Twiscone memiliki kemiripan dengan bahan sifon jika dilihat dari segi serat bahan dan juga teksturnya. Tetapi pada dasarnya, kedua bahan tersebut adalah berbeda. Bahan Twiscone memiliki bobot yang lebih berat dan teksturnya lebih tebal dibandingkan bahan sifon.

Bahan Twiscone dibuat menggunakan serat alami maupun sintetis yang dipelintir (di-twist) hingga serat-seratnya saling rapat dan kuat. Metode pembuatan bahan Twiscone sama seperti metode penenunan sederhana.

Bahan Twiscone telah ada dan dikenal sejak jaman dahulu. Hanya saja pada jaman dahulu, proses pembuatannya tidak menggunakan mesin namun melalui proses tenun secara manual.

Akibat perkembangan teknologi, pada akhirnya telah ditemukan mesin canggih yang dapat membuat kain dari bahan Twiscone dengan kualitas bagus dan waktu pembuatan yang relatif singkat.

Pakaian-pakaian yang menggunakan bahan Twiscone adalah blazer, jaket, shawl, gamis, hijab, celana, dan lainnya. Pakaian dari bahan Twiscone biasanya hadir dalam pilihan warna-warna gelap sehingga membuat pakaian tidak mudah menerawang. Namun kelemahannya yaitu tidak mudah menyerap keringat sehingga cukup panas ketika dikenakan.

Ciri dan Karakteristik Bahan Twiscone

Tiap bahan tekstil tentu memiliki ciri khusus dan keistimewaan masing-masing. Dan jika ingin mengenal lebih dalam tentang bahan Twiscone, maka kalian harus menyimak pembahasan di bawah ini tentang karakteristik bahan Twiscone agar dapat membedakannya dengan bahan tekstil lainnya. Silahkan disimak dan dipahami, ya!

1. Memiliki Tekstur Licin dan Tipis

Secara sekilas jika dipandang dari kejauhan, bahan Twiscone cenderung memiliki permukaan yang mengkilap. Dan ketika permukaan kainnya diraba, akan terasa licin dan tidak terlalu tebal. Meskipun bahan Twiscone jauh lebih tebal dibandingkan bahan lain yang serupa (bahan sifon), namun bahan Twiscone tetap lebih tipis daripada bahan Fleece.

Oleh karena itu, bahan Twiscone lebih dipilih untuk membuat pakaian hangat yang ringan seperti blazer, vest, atau shawl. Sedangkan pakaian hangat tebal yang sangat cocok digunakan pada cuaca yang sangat dingin seperti hoodie dan jaket lebih memilih menggunakan bahan Fleece.

banner-promo-gramedia

2. Hangat, Halus, dan Flowy

Bahan Twiscone memiliki sifat hangat, tebal, serta halus. Sehingga selain cocok digunakan untuk membuat pakaian-pakaian hangat, bahan Twiscone ini juga cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan kaos oblong. Karena bahan Twiscone tidak setebal Fleece, maka bahan ini juga memiliki sifat flowy dan banyak digunakan untuk menciptakan gamis-gamis syar’i.

3. Memiliki Tekstur yang Rapat

Melalui proses produksi dengan mesin canggih dan teknik seperti menenun, membuat bahan Twiscone memiliki tekstur kain yang rapat dan kuat. Hal ini membuat bahan Twiscone tidak mudah menerawang sehingga banyak dipakai untuk produksi kerudung agar kepala dan rambut tertutup dengan sempurna.

4. Tidak Mudah Melar dan Rusak

Masih berhubungan dengan karakteristik bahan Twiscone sebelumnya yaitu teksturnya yang rapat, menjadikan bahan ini tidak mudah melar dan rusak. Jalinan tiap-tiap serat kain yang rapat membuat pakaian dengan bahan ini tidak akan melar meskipun telah berulang kali dicuci, diperas, dijemur, dan digunakan dalam beraktivitas.

Karena tidak mudah melar dan berubah bentuk, otomatis pakaian dari bahan Twiscone memiliki umur penggunaan yang lebih panjang, atau istilah lainnya adalah tidak cepat rusak dan robek. Dengan menggunakan pakaian dari bahan Twiscone yang tahan lama, akan lebih menghemat pengeluaran (budget) untuk membeli pakaian baru.

5. Sulit Untuk Menyerap Keringat

Karakteristik lain dari bahan Twiscone yang dapat pula digolongkan sebagai kekurangan adalah sulit untuk menyerap keringat. Kain yang sulit menyerap keringat biasanya lebih panas dan gerah ketika dikenakan. Apabila dikenakan pada cuaca sejuk dan dingin mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun apabila dipakai pada kondisi cuaca cukup panas, tentu tidak akan nyaman karena membuat badan terus berkeringat. Karakteristik ini juga membuat pakaian bahan Twiscone kurang cocok bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

6. Tidak Gampang Bau

Masih berkaitan dengan karakteristik bahan Twiscone yang telah disebutkan sebelumnya, yakni sulit menyerap keringat, maka karakteristik selanjutnya tentu saja tidak mudah berbau. Ketika cuaca cukup panas dan badan kalian berkeringat, maka keringat tersebut akan tetap menempel pada tubuh kalian karena tidak terserap oleh serat kain bahan Twiscone.

Sehingga dengan karakteristik seperti ini, bahan Twiscone cocok digunakan sebagai material dasar pembuatan pakaian untuk bepergian jauh. Karena ketika bepergian jauh mungkin kalian tidak membawa begitu banyak pakaian karena keterbatasan space penyimpanan pada koper. Oleh karena itu, memakai pakaian dari bahan Twiscone yang tidak mudah berbau memudahkan kalian untuk menggunakan pakaian tersebut berulang kali atau seharian tanpa takut pakaian menjadi bau.

7. Tidak Memerlukan Furing

Imbas dari struktur bahan Twiscone yang rapat dan kuat adalah kainnya tidak mudah menerawang. Sehingga pakaian yang terbuat dari bahan Twiscone tak membutuhkan tambahan lapisan furing pada bagian dalamnya. Hal ini membuat pakaian kalian akan terasa lebih ringan dan nyaman.

8. Fleksibel Dalam Penggunaannya

Bahan Twiscone dapat dikreasikan menjadi berbagai pilihan mode pakaian. Mulai dari untuk jaket, blazer, shawl, hingga pakaian yang digunakan sehari-hari seperti kemeja, celana, gamis, dan hijab. Bahan Twiscone juga hadir dalam bervariasi warna dan motif.

Rekomendasi Buku Terkait Bahan Twiscone

Seri Pelajaran Menjahit Metode “WIDA” Cepat, Tepat, Praktis Pola Dasar dan Peca

tombol beli buku

POLA DASAR Ada berbagai macam metode pembuatan pola busana wanita. Salah satunya adalah Metode Wida. Metode ini disusun oleh Sriyati, pengajar pola busana dengan pengalaman mengajar selama bertahun-tahun. Melalui Metode Wida, pemula yang ingin mempelajari pembuatan pola busana akan menjadi lebih bersemangat, karena langkah pembuatannya yang sederhana dan mudah dimengerti. Seri pertama Metode Wida ini membahas pembuatan pola paling mendasar dari bagian atas busana wanita. Mulai dari pola dasar hingga pecah pola untuk dikembangkan menjdi aneka busana yang enak dikenakan dan apik dilihat. Setiap pola dilengkapi dengan langkah pembuatan yang praktis namun rinci. Buku ini layak dimiliki siapa pun yang ingin mempelajari pembuatan pola busana wanita dan siap mengembangkan kemampuan ke arah yang lebih luas.

 

Pintar Mejahit Lengkap Busana Anak dan Wanita

tombol beli buku

Buku ini akan membuat pengalaman Anda menjahit semakin bertambah. Disajikan lengkap beragam pilihan model baju anak dan wanita yang dengan mudah dibuat. Dijelaskan dengan lengkap step by step, mulai dari teknik dasar, pembuatan pola, mengukur, hingga merancang bahan.

Seri Pintar Menjahit

tombol beli buku

Tuntutan dan perkembangan jaman membuat busana juga menjadi salah satu bagian dari gaya hidup dan status sosial seseorang. Tidak salah bila kemudian busana berkembang menjadi berbagai macam model, dan model tersebut mampu menciptakan tren tersendiri. Dalam buku ini ditampilkan mulai dari mengenal asal usul busana, pengenalan alat, pengenalan teknik dasar, pengenalan cara membuat pola, dan masih banyak Iainnya. Tidak hanya untuk wanita, tapi juga untuk pria dan anak-anak. Mulai dari rok, blouse, celana wanita, kemeja pria, celana pria, dan busana anak-anak. Buku ini sangat tepat dijadikan panduan bagi Anda yang ingin belajar dan mendalarni teknik menjahit.

Kelebihan Bahan Twiscone

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki bahan Twiscone sehingga menjadi nilai tambah serta primadona bagi sebagian besar pengusaha tekstil dan fashion designer. Pada pembahasan selanjutnya akan mengulik tentang keunggulan dan kelebihan bahan Twiscone. Terus simak, ya! Agar kalian mendapatkan wawasan baru.

banner-promo-gramedia

1. Tekstur Bahan Twiscone Lembut, Jatuh, dan Ringan

Pakaian yang diidamkan oleh semua orang adalah yang nyaman digunakan, bukan? Sedangkan pakaian yang nyaman digunakan adalah memiliki tekstur lembut dan ringan. Apabila kalian memilih menggunakan pakaian dari bahan Twiscone, maka kalian akan betah menggunakannya seharian karena bahan ini terasa lembut dan juga flowy ketika dikenakan.

2. Tidak Cepat Kotor

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa karakteristik bahan Twiscone diantaranya tidak mudah melar dan rusak. Maka selain itu, bahan ini juga tidak cepat kotor karena memiliki permukaan kain yang licin sehingga kotoran tidak mudah menempel.

Kelebihan ini memudahkan kalian yang memiliki aktivitas penuh di outdoor atau selalu aktif bergerak. Karena sifat yang tidak mudah kotor membuat kalian bebas beraktivitas dan bergerak seharian tanpa takut baju menjadi penuh noda atau berbekas keringat.

3. Tidak Menerawang

Kelebihan lain dari bahan Twiscone yaitu tidak menerawang. Serat kain yang dimiliki bahan Twiscone cukup padat sehingga menyebabkan pakaian dari bahan ini tidak akan menerawang meskipun dilihat di bawah sinar matahari sekalipun. Itulah mengapa bahan Twiscone banyak digunakan sebagai material utama pembuatan gamis syar’i. Karena Muslimah tidak perlu takut dan cemas bahwa pakaiannya akan menerawang ketika dikenakan di bawah sorot lampu yang terang.

4. Tidak Mudah Kusut

Kalian memiliki aktivitas segudang dan terkadang terburu-buru untuk mengenakan pakaian sehingga tidak sempat menyetrika? Maka pakaian dari bahan Twiscone adalah pilihan tepat. Hadir dengan kelebihan tidak mudah kusut sehingga bisa langsung dipakai setelah dicuci tanpa harus disetrika. Sangat membantu dan menghemat waktu, bukan?

5. Tidak Memerlukan Perawatan Khusus

Pakaian dari bahan Twiscone hanya membutuhkan perawatan sederhana seperti halnya pakaian pada umumnya. Khusus mengenai tips dan trik merawat pakaian berbahan Twiscone akan dijelaskan pada bagian selanjutnya, ya!

Kekurangan Bahan Twiscone

Bahan Twiscone tidaklah sempurna. Karena bahan ini sejatinya diciptakan oleh manusia sehingga juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut akan dijelaskan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh bahan Twiscone.

1. Serat Kain Memiliki Sirkulasi Udara yang Buruk

Kalian sudah tahu bukan bahwa bahan Twiscone memiliki serat kain yang padat dan rapat. Selain menghadirkan kelebihan yaitu kain tidak mudah menerawang, ternyata sifat tersebut memiliki kekurangan. Serat kain yang rapat membuat sirkulasi udara pada kain sangat buruk. Hal itulah yang menyebabkan bahan Twiscone tidak mudah menyerap keringat.

2. Kurang Cocok Dikenakan Pada Daerah Panas

Cuaca yang ada di Indonesia cenderung panas karena berada pada daerah khatulistiwa. Udara sejuk dan cuaca dingin di Indonesia hanya dimiliki di daerah dan kota tertentu saja, seperti daerah pegunungan. Lantas bagi masyarakat yang bermukim di dataran rendah mereka akan tidak nyaman saat mengenakan pakaian tebal dan panas untuk keseharian.

Dengan sifat tak mudah menyerap keringat itulah mengapa pakaian dari bahan Twiscone tak cocok untuk dikenakan oleh masyarakat pada daerah dataran rendah yang panas. Berlaku juga bagi masyarakat yang memiliki begitu banyak aktivitas dan pekerjaan di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung. Sungguh sangat tidak nyaman ketika mengenakan pakaian yang mudah terasa panas.

3. Tekstur Kain Tipis

Jika dibandingkan dengan berbagai jenis bahan kain lainnya, maka bahan Twiscone masih tergolong dalam kelompok bahan yang tipis. Dan bagi sebagian pemilik usaha tekstil, bahan baku kain yang tipis merupakan sebuah kelemahan. Tetapi jika dibandingkan dengan bahan sifon, maka bahan Twiscone memiliki ketebalan yang lebih unggul.

Jenis Bahan Twiscone

Sejujurnya bahan Twiscone tidak memiliki beragam jenis. Bahan ini biasanya dikelompokkan menjadi dua jenis saja, yaitu bahan Twiscone serat alami dan bahan Twiscone serat sintetis. Untuk selengkapnya akan dibahas pada penjelasan di bawah ini.

Bahan Twiscone Serat Alami

Seperti halnya bahan katun, bahan Twiscone serat alami terbuat dari untaian serat kapas yang ditenun menjadi helaian kain yang tampak licin dan tipis. Perbedaannya dari bahan katun adalah serat kain yang dimiliki bahan Twiscone lebih rapat dan padat.

Bahan Twiscone Serat Sintetis

banner-promo-gramedia

Selanjutnya terdapat jenis sintetis dari bahan Twiscone. Jenis ini terbuat dari bermacam-macam senyawa kimia yang dicampurkan hingga membentuk serat-serat benang halus. Serat-serat benang tersebut selanjutnya akan melewati proses yang sama seperti bahan Twiscone serat alami, yaitu penenunan hingga menghasilkan lembaran kain bahan Twiscone.

Cara Merawat Pakaian dari Bahan Twiscone

Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan merawat pakaian bahan Twiscone tidaklah rumit. Namun, tentu saja dibutuhkan perawatan yang maksimal agar pakaian tersebut tidak mudah rusak dan tahan lama untuk dikenakan hingga bertahun-tahun. Berikut akan dijabarkan beberapa tips dan trik dalam merawat pakaian berbahan Twiscone.

1. Hindari Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Lebih baik untuk mencuci pakaian berbahan Twiscone secara manual dengan menggunakan tangan. Karena mesin cuci akan membuat serat kain dari pakaian Twiscone menjadi cepat longgar dan melar. Namun apabila kalian terpaksa untuk mencuci menggunakan mesin cuci, maka usahakan untuk menggunakan putaran yang sedang.

Ketika sedang mencuci pakaian berbahan Twiscone pun jangan sampai mengucek secara berlebihan. Kalian harus menguceknya secara lembut, ringan, dan perlahan. Ketika selesai mencuci pun, peraslah pakaian dengan perlahan saja, jangan terlalu kuat.

2. Jemur Pakaian Secara Terbalik

Menjemur pakaian dari bahan Twiscone yang benar adalah bagian dalam pakaian yang menghadap langsung ke matahari. Hal ini untuk menghindari warna pakaian yang bisa memudar.

3. Jemur Pakaian Pada Tempat yang Teduh

Jangan menjemur pakaian dari bahan Twiscone langsung di bawah terik matahari. Hal tersebut dapat membuat warna pakaian cepat memudar. Oleh karena itu, jemurlah pada tempat yang teduh namun tidak lembab atau hanya diangin-anginkan saja.

4. Hindari Menyetrika dengan Suhu Tinggi

Sebaiknya kalian menyetrika pakaian kalian yang terbuat dari bahan Twiscone dengan suhu rendah hingga sedang. Hindari menggunakan suhu yang paling panas agar pakaian tidak cepat melar karena serat kainnya menjadi longgar dan tidak rapat.

Kegunaan Bahan Twiscone

Bahan Twiscone sangatlah serbaguna. Produk-produk bahan twiscone sangat beragam sekali sehingga bahan ini tidak akan terdengar asing bagi pecinta fashion, pengusaha tekstil, ataupun fashion designers. Berikut disebutkan produk-produk yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan Twiscone.

1. Hijab
2. Blazer
3. Shawl
4. Gamis Syar’i
5. Kemeja
6. Dress
7. Jaket
8. Celana
9. Dan lain sebagainya

Nah, cukup sampai di sini pembahasan tentang bahan Twiscone. Kalian telah mengetahui secara detail mulai dari pengertian bahan Twiscone, karakteristik, ciri, jenis, kelebihan, kekurangan, cara merawat, hingga produk-produk apa saja yang menggunakan bahan Twiscone sebagai bahan bakunya. Jangan lupa baca dan ikuti terus artikel-artikel terbaru Gramedia karena akan ada topik menarik lainnya dan up to date yang akan dibahas. Sampai jumpa!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah