in

Bahan Jersey: Jenis-Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Bahan Jersey – Perkembangan yang terjadi dalam dunia fashion memang tak bisa dihindari, sehingga bahan dasar pembuatan pakaian atau busana akan terus berkembang. Perkembangan itu berdasarkan minat konsumen akan kebutuhan pakaian atau busana yang nyaman dipakai, hingga harga dari kain itu sendiri.

Pada dasarnya pakaian atau busana yang sering kita pakai pada acara formal atau non formal terbuat dari berbagai macam jenis kain. Setiap kain itu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga ketika ingin membelinya kita juga perlu mengenal karakteristik dari kain itu dan jangan lupa untuk mengecek harganya, apakah sesuai dengan kantong kita atau tidak.

Alangkah baiknya, ketika memilih pakaian atau busana kamu perlu melihat lokasi tempat tinggal. Jangan sampai kamu tinggal di daerah yang cukup panas, tetapi menggunakan pakaian yang berbahan tipis, sehingga kenyamanan dalam beraktivitas akan terganggu. Ketika kamu tinggal di daerah yang cukup terik, maka sebaiknya menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat cukup baik.

Dari sekian banyak jenis kain yang cocok untuk digunakan pada daerah yang cukup panas, kamu bisa memilih dan menjadikan bahan jersey untuk membuat pakaian atau busana. Hal ini dikarenakan bahan jersey memiliki daya serap keringat yang cukup baik. Bahan jersey sering digunakan pada busana muslim atau pakaian olahraga terutama dalam sebuah tim olahraga, seperti futsal.

Kamu ingin mengenal bahan jersey lebih lanjut lagi agar lebih yakin untuk menggunakannya? Simak artikel ini sampai habis Grameds.

Bahan Jersey

Pemilihan kain sudah menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam dunia fashion karena kain akan menentukan kualitas dari pakaian yang akan dibuat. Kain yang digunakan pada pembuatan pakaian sangat banyak, mulai dari yang nyaman saat digunakan hingga yang tidak begitu nyaman saat digunakan. Selain itu, setiap orang menyukai kain-kain yang berbeda-beda. Salah satu kain yang sering digunakan dalam dunia fashion bahan jersey. Bahan yang satu ini sering digunakan untuk membuat pakaian muslim atau pakaian olahraga.

Bahan jersey itu sendiri berasal dari sebuah pulau yang letaknya ada di antara negara Perancis dan negara Inggris, pulau itu bernama Jersey, sehingga nama bahan itu hingga saat ini dikenal dengan bahan jersey. Pada awal kemunculannya, bahan ini terbuat dari benang wol, tetapi seiring dengan perkembangan zaman, bahan jersey bisa dikatakan sebagai salah jenis kain rajut yang sering digunakan pada dunia konveksi. Saat ini, bahan yang berasal dari pulau Jersey lebih sering dibuat menggunakan kombinasi antara sintetis dan serat katun.

Bahan jersey bisa dibilang memiliki tampilan yang cukup wah, karena teksturnya yang cukup tebal, halus, dan tidak berbulu. Selain itu, bahan jersey bisa menjadi lebih elegan ketika digunakan karena kain ini bisa mengikuti bentuk tubuh dari penggunanya. Namun, bagi kamu yang tidak suka memperlihatkan bentuk tubuh, sebaiknya pilih kain jersey yang berukuran lebih tebal dan lebih besar.

Karakteristik Bahan Jersey

Tekstur dari bahan jersey ini dikenal cukup lembut dan elastis, sehingga tak salah jika banyak orang yang memilih untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan pakaian muslim atau pakaian olahraga. Bahan yang mudah merenggang ini dikenal dengan istilah cotton stretch. Bukan hanya itu, banyaknya orang yang menggunakan bahan ini karena ketika sudah jadi dalam bentuk pakaian akan menambah kenyamanan bagi penggunanya.

Kain yang dikenal dengan kemampuan menyerap yang cukup baik ini ternyata memiliki banyak sekali variasi warna yang akan membuat kamu bingung warna apa yang cocok. Tidak hanya itu, bahan jersey juga memiliki banyak sekali variasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Namun, ketika membeli pakaian atau busana berbahan jersey, kamu harus memerhatikan kualitas dari setiap jenisnya. Semakin bagus jenis bahan jersey, maka semakin mahal harga dari bahan jersey.

Meskipun bahan jersey dikenal karena teksturnya yang cukup tebal, tetapi pakaian atau busana yang terbuat dari bahan jersey sangat pas digunakan pada daerah yang memiliki suhu yang cukup panas. Dengan memakai pakaian atau busana tersebut, maka tubuh akan terasa lebih dingin dan kamu lebih nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Ketebalan pada bahan jersey sangat bervariasi, mulai dari kain yang cukup tebal, hingga kain yang lebih tipis. Pada umumnya, kedua jenis kain tersebut kegunaannya akan berbeda, kain yang cukup tebal biasa digunakan untuk membuat busana muslim. Sedangkan kain jersey yang tipis lebih sering digunakan untuk membuat kerudung.

Jenis-Jenis Bahan Jersey

Setelah mengenal bahan jersey, kini kamu perlu mengenal jenis-jenis bahan jersey agar tak salah memilih bahan jersey. Berikut ini jenis-jenis bahan jersey.

1. Jersey Drifit

Bahan jersey

Jenis bahan jersey yang pertama adalah jersey drifit. Jenis jersey drifit bisa dibilang sebagai jenis bahan jersey yang terbuat dari kombinasi yang cukup banyak. Kombinasi bahan yang digunakan dalam pembuatan jersey drifit berupa nilon, campuran katu, dan serat polyester. Maka dari itu, jersey drifit ketika digunakan penggunanya akan terasa adem.

banner-promo-gramedia

Bahan jersey drifit biasanya digunakan pada kaos-kaos olahraga, seperti kaos sepak bola, kaos bulutangkis, dan lain-lain. Apalagi warna dari jenis kain ini cukup beragam, sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak menemukan warna yang tidak cocok.

Di pasaran, jenis kain ini masih dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis ori dan jenis lokal. Dari kedua jenis itu, masyarakat Indonesia lebih sering memilih jenis yang ori karena tekstur kainnya lebih halus dan warnanya lebih mengkilap bila dibandingkan dengan jenis yang lokal.

2. Spandek Jersey

Bahan jersey

Jenis bahan jersey yang kedua adalah jersey spandek. Jenis bahan ini lebih dikenal dengan dengan spandek ITY atau terkadang ada sebagian orang menyebut bahan ini berupa spandek jersey Korea. Menurut beberapa sumber, spandek jersey ini paling laris di pasaran, sehingga kamu tak begitu sulit mencari jenis bahan ini.

Kain spandek jersey ini sangat dikenal dengan kain yang memiliki permukaan seperti keset, tetapi serat dari kain jenis ini terbilang cukup halus, sehingga nyaman ketika digunakan. Sementara itu, kain dari spandek jersey mempunyai tekstur yang cukup halus atau tidak begitu kasar. Namun, bagi kamu yang suka warna kain yang cerah, maka kain spandek kurang cocok karena rata-rata jenis kain ini warnanya tidak mengkilap atau cenderung ke warna soft.

3. High Twist

Bahan jersey

Jenis bahan jersey yang ketiga adalah high twist. Jika spandek jersey memiliki warna yang kurang mengkilap atau cenderung lembut, maka lain halnya dengan jenis jersey high twist yang memiliki berbagai jenis warna terutama warna-warna cerah. Bahkan, variasi warna tersebut kurang lebih sekitar 20-30 varian warna. Selain itu, rajutan dari jenis kain ini terbilang cukup mengkilap.

Jenis kain ini memang mengkilap, tetapi ketika digunakan akan terasa sedikit panas karena terbuat dari polyester. Oleh karenanya, harga dari jenis kain ini tergolong cukup murah. Jenis kain ini memiliki lebar kira-kira 180 cm dan berat pada kain ini berkisar 120 gsm hingga 140 gsm. Di Indonesia, sudah cukup banyak merek-merek ternama yang menggunakan jenis kain jersey high twist, seperti Jet Black, Maxi Style, Staff, Serasi, Caravelle, Tiger, dan lain-lain.

Pada umumnya, jersey high twist terdapat dua jenis, yaitu kaos dan tenun. Bahan jersey high twist yang berjenis kaos biasanya akan mudah melar. Sedangkan bahan jersey high twist yang berjenis tenun tidak melar, sehingga sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat jas atau blazer.

4. Jersey Stella

Bahan jersey

Jenis bahan jersey yang keempat adalah jersey stella. Jenis jersey ini bisa dibilang kualitasnya ada satu tingkat di bawah jersey spandek Korea atau jersey spandek ITY. Berat dari jersey stella berkisar 210 gsm, hingga 220 gsm dan lebar dari jenis kain ini kira-kira 160 cm sampai 180 cm. Oleh sebab itu, ketika kamu memilih jenis jersey ini, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan agar tak banyak kain yang terbuang.

Jersey stella juga dikenal dengan kualitasnya yang sangat bagus, sehingga harga dari jenis kain ini juga cukup mahal. Maka dari itu, jersey stella lebih sering dijual pada pangsa pasar menengah ke atas, sehingga bagi para pedagang terkadang menyebutnya sebagai jersey super.

Harga yang cukup mahal sebanding dengan kualitasnya, seperti bahannya tidak mudah panas atau cenderung adem, tekstur dari kainnya cukup lembut dan jatuh. Apabila dibandingkan dengan spandek ITY cenderung lebih licin dan jika dilihat secara sekilas akan terlihat seperti kaos.

5. Jersey Serena

Bahan jersey

Jenis bahan jersey yang kelima adalah jersey serena. Pada bahan jersey serena, kamu akan merasakan permukaan kain yang sangat lembut. Bukan hanya lembut saja, tetapi jenis kain ini juga dikenal cukup padat dan memiliki berat sekitar 0,21 kilogram meter persegi. Bahkan, jenis jersey serena bisa dikatakan hampir mendekati kualitas kain yang digunakan oleh merek terkenal, seperti Adidas dan Nike.

Bahan yang lembut dan mampu menyerap dengan baik membuat jenis kain ini sering digunakan untuk membuat kaos atau seragam olahraga. Jersey serena juga dikenal sebagai kain yang cukup elastis, sehingga ketika berolahraga tidak perlu takut pakaian yang digunakan sobek. Meskipun, jenis kain ini cukup tebal, tetapi ketika dijemur akan mudah kering.

banner-promo-gramedia

6. Jersey Etiway

Bahan jersey

Jenis bahan jersey yang keenam adalah jersey etiway. Pada dasarnya jenis jersey etiway termasuk ke dalam jenis jersey high twist. Kamu bisa membedakan kedua jenis itu dengan cara melihat lebar dan menimbang beratnya. Jenis bahan jersey etiway memiliki lebar berkisar 180 cm dengan berat kira-kira 210 gsm.

Setelah dapat membedakannya dari jersey high twist, kini kamu bisa mengenali ciri-ciri dari jenis kain ini. Bahan jersey etiway sangat dikenal dengan warnanya yang cukup mengkilap dan teksturnya bahan jatuh. Selain itu, serat rajutan dari jenis kain ini bisa dibilang tidak begitu rapi, tetapi ketika digunakan akan terasa tidak begitu panas.

7. Jersey Crepe

Bahan jersey

Jenis bahan jersey yang ketujuh adalah jersey crepe. Apabila kamu mengetahui bagaimana tekstur kulit jeruk, maka seperti itulah tekstur dari jersey crepe ini. Maka dari itu, bagi sebagian orang mengatakan bahwa jersey crepe memiliki tekstur yang cukup unik bila dibandingkan dengan jenis bahan jersey lainnya.

Jenis kain yang hampir mirip dengan tekstur jeruk ini biasanya akan dijadikan sebagai bahan untuk membuat busana muslim, seperti gamis, jilbab, hijab, dan lain-lain. Apabila kamu ingin membuat busana muslim, maka jenis kain ini bisa masuk ke dalam pilihan kamu.

8. Jersey Paragon

Bahan jersey

Jenis bahan jersey yang kedelapan adalah jersey paragon. Jenis bahan jersey ini memiliki tingkat keelastisan yang tidak begitu tinggi, sehingga tidak akan membentuk lekukan tubuh. Selain itu, jenis jersey ini juga terasa lebih hangat. Oleh sebab itu, harga dari jenis kain ini sangat murah dibandingkan dengan jenis-jenis bahan jersey lainnya.

9. Jersey Rayon

Bahan jersey

Jenis bahan jersey yang kesembilan adalah jersey rayon. Pada bahan jersey ini juga dikenal dengan sebutan spandek rayon. Jenis kain ini sangat cocok dijadikan sebagai pakaian olahraga karena kemampuannya dalam menyerap keringat cukup baik. Terlebih lagi kamu akan nyaman ketika menggunakannya karena teksturnya yang lembut dan lentur.

Bagi sebagian pengusaha konveksi akan memburu jenis kain ini. Hal ini dikarenakan harganya yang cukup murah, tetapi kualitas yang didapatkan cukup membuat wah.

10. Jersey Scarlet and Serly

Bahan jersey

banner-promo-gramedia

Jenis bahan jersey yang terakhir adalah jersey scarlet and sherly. Harga dari bahan jersey ini terbilang cukup terjangkau, sehingga tidak akan menguras kantong. Pada dasarnya, jenis jersey ini sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat busana muslim, seperti gamis. Dengan harga yang relatif terjangkau, kamu mendapatkan kualitas yang memukau.

Bahan jersey scarlet and serly ini memiliki warna yang relatif gelap atau kurang terang. Serat kain dari jenis kain ini cukup renggang dan tidak teratur serta pada bagian permukaan kain akan terlihat kasar. Berat yang dimiliki oleh jenis kain ini bisa dibilang hampir sama dengan jenis bahan jersey pada umumnya sekitar 140 gsm hingga 210 gsm.

Kekurangan Bahan Jersey

Beberapa kekurangan dari bahan jersey yang perlu kamu ketahuia, yaitu:

1. Gampang Membentuk Lekukan Tubuh

Bagi sebagian orang bahan jersey tidak cocok untuk dirinya karena bahan jersey memiliki kekurangan berupa mudah sekali membentuk lekukan tubuh. Terlebih lagi bagi para muslimah akan menghindari penggunaan bahan jersey ini pada busana muslim yang digunakannya.

2. Seratnya Tipis

Serat dari bahan jersey bisa dibilang cukup tipis, sehingga bagi sebagian orang akan kurang nyaman ketika menggunakannya. Pada umumnya bahan jersey yang memiliki serat tipis terdapat pada bahan jersey yang berkualitas standar.

3. Mudah Rusak Ketika Sering Disetrika

Apabila kamu memiliki pakaian atau busana yang berbahan jersey, sebaiknya jangan keseringan disetrika karena akan membuat bahan ini menjadi cepat rusak. Oleh sebab itu, kamu bisa menyetrikanya ketika bahan jersey sudah terlihat sangat kusut atau berantakan.

4. Beberapa Jenis Bahan Jersey Cukup Berat

Ketebalan bahan jersey sangat bervariasi, ada yang tidak begitu tebal hingga ada yang sangat tebal. Jenis bahan jersey yang sangat tebal membuat penggunanya akan terasa berat, sehingga akan mengganggu kenyamanan dari pengguna tersebut.

Kelebihan Bahan Jersey 

Bahan jersey ini juga memiliki kelebihan di antaranya:

1. Warnanya yang Sangat Beragam

Bahan jersey mempunyai warna yang sangat beragam, mulai dari warna cerah hingga warna gelap. Banyaknya jenis warna ini merupakan kelebihan dari bahan jersey, sehingga konsumen akan senang karena dapat memilih warna yang disukainya.

2. Tidak Mudah Kusut

Bahan jersey memiliki kelebihan tidak mudah kusut, sehingga tidak perlu menyetrikanya terlalu sering. Kamu bisa langsung memakainya tanpa perlu memikirkan harus disetrika terlebih dahulu atau tidak. Kelebihan ini hampir sama dengan bahan hyget.

3. Mudah Menyerap Keringat

Kelebihan berikutnya yang terdapat pada bahan jersey adalah mudah menyerap keringat. Kemampuan ini sangat membuat nyaman penggunanya terutama bagi mereka yang sedang melakukan olahraga.

4. Tekstur Kainnya Elastis atau Fleksibel

Bahan jersey memiliki tekstur kain yang cukup elastis, sehingga ketika digunakan akan seperti pas pada tubuh kita. Maka dari itu, bahan jersey sering digunakan pada pakaian olahraga karena kita bisa bergerak dengan bebas.

5. Mudah Kering

Pada umumnya, ketebalan pada bahan jersey cukup tebal, tetapi ternyata bahan jersey sangat cepat kering. Jadi, apabila kamu menggunakan pakaian berbahan jersey, maka waktu dan tenaga kamu tidak banyak dihabiskan.

Kesimpulan 

Bahan jersey ini memiliki banyak sekali jenis, hampir setiap jenisnya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat busana muslim atau pakaian olahraga. Hal ini dikarenakan hampir semua bahan jersey memiliki tingkat elastis yang cukup tinggi dan mampu menyerap keringat dengan baik. Terlebih mayoritas dari jenis jersey harganya tidak begitu mahal, maka kantong kamu tidak akan terkuras dengan cepat.

 

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Penulis: Restu Nasik Kamaluddin

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu