in

Bahan Hyget : Karakteristik, Foto, Perawatan & Harganya

Bahan Hyget – Setelah kebutuhan sandang dan pangan terpenuhi, maka kebutuhan manusia yang harus terpenuhi selanjutnya adalah sandang atau pakaian yang digunakan dalam beraktivitas. Setiap manusia akan memilih dan memakai pakaian sesuai dengan disukainnya dan sesuai dengan keperluannya.

Selain itu, bahan-bahan untuk membuat pakaian sangat banyak, mulai dari yang murah hingga harga yang cukup mahal dan dari yang kualitas rendah hingga kualitas bagus.

Setiap bahan untuk membuat pakaian pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sehingga kamu bisa menyelesaikannya sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan. Tidak hanya itu, dalam memilih bahan pakaian, kamu juga perlu mengenal karakteristik dari bahan itu sendiri, sehingga bisa menghasilkan pakaian dengan maksimal.

Bagi kamu yang bingung ingin membuat pakaian, tetapi tidak tahu bahan yang digunakan, maka kamu bisa memilih bahan hyget. Bahan hyget sangat cocok dijadikan sebagai bahan pakaian. Terlebih lagi, harga dari bahan ini, tidak begitu mahal, sehingga banyak yang menggunakan bahan hyget untuk membuat pakaian terutama bagi para pengusaha konveksi yang pangsa pasarnya menengah ke bawah.

Grameds yang ingin mengenal lebih lanjut tentang bahan hyget ini, bisa menyimak informasi lengkap di bawah ini.

Bahan Hyget

Bahan hyget adalah bahan yang terbuat dari gabungan antara bahan katun dan bahan polyester serta sering digunakan untuk membuat kaos. Pada dasarnya, bahan hyget ini termasuk bahan pakaian dengan harga yang cukup murah. Namun, biarpun harganya yang tergolong murah, bukan berarti kualitas dari bahan ini menjadi tidak berkualitas.

Banyak sekali industri konveksi yang memiliki target pasar menengah ke pasar menggunakan bahan hyget ini karena bahannya yang cukup murah. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin memulai usaha konveksi bisa menggunakan bahan hyget ini.

Harga yang murah ini bisa dibilang sebagai salah satu keunggulan dari bahan ini karena dengan harga murah banyak sekali pembeli yang membeli bahan ini. Selain itu, bahan hyget juga dikenal dengan jenis kain cukup tipis bila dibandingkan dengan bahan-bahan kaos lainnya, seperti bahan combed, carded, dan lain-lain.

Berkembangnya model pakaian, maka penggunaan bahan hyget juga ikut berkembang, mulai dari untuk membuat jilbab, hingga sebagai pelapis rok. Meskipun berkembang, tetapi penggunaan bahan hyget ini lebih sering digunakan untuk dijadikan untuk membuat kaos.

Seiring dengan perkembangan dunia konveksi, bahan hyget juga ikut berkembang, sehingga dapat memilih dan mendapatkan bahan dengan mudah dan sesuai dengan pilihan. Namun, sebelum memilih bahan hyget, sebaiknya kamu mengenali karakteristik dari bahan hyget.

Karakteristik Bahan Hyget

Mengenal karakteristik dari bahan hyget perlu diketahui oleh pengguna dari bahan hyget, baik itu pengusaha pakaian dengan bahan hyget atau pembeli pakaian itu sendiri. Jika sudah mengenal karakteristik bahan hyget, maka kita tidak akan kecewa setelah mendapatkannya. Pada umumnya bahan hyget ini digunakan pada kaos-kaos, seperti kaos partai, kaos sebuah event, jilbab, hingga tak jarang dijadikan sebagai bahan untuk membuat bendera.

Penggunaan bahan hyget yang sering digunakan sebagai bahan dari pembuatan kaos partai atau kaos sebuah event karena harga dari bahan hyget ini cukup terjangkau. Harga yang terjangkau itulah yang dapat mengurangi pengeluaran dari suatu acara kampanye atau adanya sebuah event. Terlebih lagi, bagi sebuah acara atau event yang memiliki keterbatasan biaya.

Ketika kamu membeli kaos dengan bahan hyget, sebaiknya jangan terlalu berharap jika kaos dengan bahan ini mampu menyerap dengan baik. Bahan hyget sudah dikenal dengan kualitasnya yang kurang dalam menyerap keringat, sehingga ketika dalam cuaca yang cukup panas, keringat akan di badan akan mengalir terus. Bahan hyget tidak dapat menyerap keringat dengan baik karena tidak terbuat dari 100 persen bahan katun.

Karakteristik berikutnya yang perlu kamu ketahui dari bahan hyget adalah tidak mudah kusut dan jika dilihat akan tampak seperti mengkilap. Kain hyget bisa terlihat mengkilap karena bahannya yang terlalu tipis, sehingga kamu akan terasa cepat panas atau gerah ketika menggunakan kaos berbahan hyget. Dengan bahan yang tipis ini, kamu akan mudah untuk mengeringkannya, sehingga tak perlu khawatir kalau akan kehabisan stok pakaian.

Dibalik bahan hyget yang cukup panas ketika digunakan, ternyata kain ini memiliki satu keistimewaan yaitu kainnya tidak mudah kusut. Oleh karena itu, ketika kamu menggunakan pakaian berbahan hyget, maka tidak perlu repot-repot untuk menyetrikanya agar terlihat lebih rapi.

banner-promo-gramedia

Setelah mengenal karakteristik dari bahan hyget, rasanya belum lengkap jika tidak mengenal jenis-jenis dari bahan hyget. Kamu akan mudah untuk memilih jenis kain hyget seperti apa yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan pakaian.

Jenis Bahan Hyget

Bagi kamu yang belum mengenal atau mengetahui jenis bahan hyget, maka bisa simak jenis-jenis bahan hyget sebagai berikut.

1. Hyget Biasa

Bahan hyget

Jenis bahan hyget yang pertama adalah hyget biasa. Jenis hyget ini sering digunakan pada kaos partai saat yang sering diberikan pada masa-masa kampanye. Bahan dari jenis hyget biasa ini sangat tipis bila dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya.

Pada umumnya, bahan hyget biasa lebih sering berwarna cerah dan dipadukan dengan warna lain, seperti putih dan kuning, putih dan merah, putih dan biru, putih dan hijau, dan lain-lain.

Bukan hanya lebih tipis dari jenis bahan hyget lainnya, jenis hyget ini juga tidak mampu menyerap keringat dengan maksimal dan sangat panas ketika digunakan. Oleh karena itu, tak ketika menggunakan kaos dengan bahan hyget, kamu akan terlihat seperti mandi keringat terutama ketika berada di cuaca yang panas.

Kain yang cukup tipis, tidak mampu menyerap keringat dengan maksima, dan panas saat dipakai. Ketiga hal itu bisa dibilang kekurangan dari bahan hyget “biasa” ini, sehingga harga dari kain ini cukup murah. Kamu yang ingin melaksanakan sebuah event bisa menggunakan kaos berbahan hyget “biasa” agar tak perlu mengeluarkan biaya atau budget yang cukup banyak.

tombol beli buku

2. Hyget Super

Bahan hyget

Jenis bahan hyget yang kedua adalah hyget super. Dari nama jenisnya saja sudah ada “super”, maka bisa diartikan jika jenis bahan hyget ini kualitasnya di atas dari hyget “biasa”. Kualitas yang lebih baik dari hyget “biasa” membuat harganya lebih mahal. Memang harganya lebih mahal, tetapi kamu mendapatkan kualitas yang lebih baik, sehingga cukup nyaman ketika dipakai.

Hyget super memiliki ketebalan kain yang cukup tebal bila dibandingkan dengan hyget “biasa”. Bukan hanya itu, kerapatan pada jenis kain ini cukup rapat, sehingga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan hijab instan. Selain itu, model-model hijab dengan jenis kain hyget “super” cukup banyak yang bisa membuat pembeli bingung memilihnya.

Hijab instan yang terbuat dari kain hyget “super” harganya cukup terjangkau daripada hijab instan berbahan lainnya. Namun, dibalik harga yang terjangkau itu, ternyata hijab dengan bahan baku jenis kain ini, terasa cukup panas ketika digunakan terutama saat pada cuaca yang sangat terik.

tombol beli buku

3. Hyget Balon

Bahan hyget

Jenis bahan hyget yang ketiga adalah hyget balon. Jenis kain ini bisa dibilang kualitasnya lebih baik dari bahan hyget “biasa”. Perbedaan kualitas itu bisa kita lihat pada saat memegangnya. Kain hyget balon ini memiliki tekstur yang lembut dan cukup adem ketika digunakan. Sudah ada banyak sekali pakaian-pakaian yang menggunakan hyget balon ini.

Meskipun sudah banyak merek-merek yang menggunakan bahan hyget serena, tetapi harga dari jenis kain terbilang cukup murah, sehingga biasa digunakan pada kaos-kaos tim olahraga, digunakan sebagai bahan untuk kaos tiruan atau KW. Biasanya kaos-kaos tiruan itu berupa meniru suatu tim sepakbola, basket, bulu tangkis, dan lain-lain.

Perpaduan dari bahan katun dan bahan polyester membuat hyget balon cukup mudah untuk menyerap keringat. Jenis kain ini memang dapat menyerap keringat, tetapi tidak bisa maksimal, sehingga ada beberapa olahragawan yang merasa tidak begitu nyaman. Namun, harganya yang cukup terjangkau membuat bahan hyget ini sering dijadikan sebagai kaos tim olahraga.

4. Hyget Serena

Bahan hyget

banner-promo-gramedia

Jenis bahan hyget yang keempat adalah hyget serena. Dari ketiga jenis kain hyget sebelumnya bisa dikatakan bahwa jenis kain hyget ini adalah yang terbaik. Dapat dikatakan menjadi yang terbaik karena mempunyai tekstur kain yang lebih lentur dan lebih padat dari jenis kain hyget lainnya. Tekstur kain yang cukup padat ini tidak akan mudah tembus pandang, sehingga saat digunakan tidak begitu panas.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika kain hyget memang dikenal dengan kemampuan menyerap keringat yang kurang baik, tetapi pada jenis kain ini bisa dibilang cukup baik. Perbedaan kualitas pada jenis-jenis kain hyget “biasa”, kain hyget “super”, dan kain hyget “balon” membuat jenis kain ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis-jenis bahan hyget lainnya.

Ketika olahraga pasti akan mengeluarkan keringat yang cukup banyak, jika keringat tidak diserap oleh kaos, maka olahragawan akan terganggu. Kemampuan untuk menyerap keringat membuat jenis bahan baku ini lebih sering digunakan sebagai kaos olahraga. Apabila kamu memiliki sebuah tim olahraga, sebaiknya buatlah kaos dengan bahan baku kain hyget serena agar tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

tombol beli buku

Kekurangan Bahan Hyget

Bagi kamu yang ingin memiliki bahan hyget, sebaiknya kenali dulu kekurangan dari bahan untuk membuat kaos dan jilbab ini. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa kekurangan dari bahan hyget.

1. Sangat Panas Saat Digunakan

Bagi kamu yang ingin menggunakan kaos atau jilbab dengan bahan hyget, sebaiknya jangan terlalu sering digunakan apalagi pada saat cuaca sedang terik. Hal ini dikarenakan bahan atau kain hyget ini mempunyai kekurangan berupa sangat panas ketika digunakan. Apabila kaos atau hijab berbahan hyget ini digunakan pada cuaca yang terik akan mengganggu aktivitas kamu, sehingga aktivitas yang dilakukan pada hari itu menjadi tidak maksimal.

2. Tidak Dapat Menyerap Keringat dengan Maksimal

Selain panas, bahan hyget juga dikenal dengan kekurangan yaitu tidak mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga penggunanya akan merasa kurang nyaman karena banyak keringat yang keluar. Terlebih lagi saat berolahraga menggunakan kaos berbahan hyget, pasti akan terasa seperti mandi keringat. Kekurangan ini bukan tanpa alasan, karena bahan hyget tidak terbuat dari 100 persen bahan katun.

3. Bahan yang Sangat Tipis

Bahan hyget sangat dikenal dengan ketipisannya, sehingga kurang mampu menahan panas dengan baik. Dengan kata lain, ketika kamu menggunakan kaos atau jilbab yang menggunakan bahan hyget akan terasa panas. Namun, dalam beberapa jenis kain hyget, ternyata ada yang memiliki bahan yang sedikit tebal, seperti bahan hyget serena dan bahan hyget balon. Maka dari itu, bahan hyget, jarang sekali digunakan pada kaos-kaos yang dijual distro.

Kelebihan Bahan Hyget

Dibalik kekurangan, bahan hyget mempunyai beberapa kelebihan di antaranya:

1. Mudah Ditemukan di Pasaran

Jika kamu ingin membuat kaos atau kerudung, baik itu dalam jumlah yang besar atau kecil, bahan hyget bisa menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan kain hyget sangat dikenal dengan mudah dicari di pasaran, sehingga tidak perlu pusing-pusing untuk mendapatkan bahan ini. Kain yang mudah didapatkan ini akan memudahkan kamu untuk menyelesaikan kaos atau jilbab yang akan dibuat.

tombol beli buku

2. Tidak Mudah Kusut

Bagi sebagian orang menyetrika pakaian memang sedikit malas, sehingga pakaian tersebut tak disetrika. Apabila kamu seperti itu, maka bisa menggunakan kaos atau jilbab berbahan hyget karena kain hyget ini tidak mudah kusut walau habis dicuci sekalipun. Hal ini menjadi kelebihan dari bahan hyget.

3. Harga yang Cukup Murah

banner-promo-gramedia

Kelebihan dari bahan hyget yang terakhir adalah harganya cukup terjangkau bila dibandingkan dengan bahan lainnya, seperti polyester atau cotton combed. Apabila kamu ingin membuat kaos dengan biaya terjangkau, maka kain hyget inilah yang cocok. Terlebih lagi pada beberapa jenis kain hyget ada yang cukup nyaman ketika digunakan, sehingga kamu bisa mendapatkan kualitas yang cukup bagus dengan harga yang terjangkau.

Perawatan Bahan Hyget

Semua bahan kaos atau jilbab yang terbuat dari kain hyget harus dilakukan perawatan dengan baik agar kualitas dari kain hyget tetap terjaga, sehingga kamu bisa menggunakannya lebih lama lagi. Cara merawat bahan hyget sebagai berikut:

1. Cara Mencuci

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika merawat kaos atau jilbab berbahan hyget adalah cara mencucinya. Warna pada bahan hyget bisa dibilang sangat awet atau tidak mudah luntur, sehingga ketika mencucinya jangan terlalu banyak memberikan deterjen.

Selain itu, jika terdapat noda pada bahan hyget, sebaiknya jangan disikat karena bisa merusakan bahan hyget, kamu cukup menguceknya saja. Hal ini perlu dilakukan karena bahan hyget sangat dikenal dengan bahan yang cukup tipis.

2. Cara Menjemur

Setelah mencuci, hal kedua yang perlu diperhatikan ketika merawat bahan hyget adalah cara menjemurnya. Dalam menjemur bahan hyget, kamu tidak perlu memerlukan banyak matahari saja atau bisa dikatakan hanya diangin-anginkan saja pakaian atau jilbab akan mudah kering. Jadi, ketika cuaca mendung kamu tidak perlu khawatir kalau bahan hyget tidak kering.

3. Cara Menyetrika

Hal ketiga yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin merawat bahan hyget adalah cara menyetrika. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika bahan hyget tidak mudah kusut, sehingga ketika menyetrika, kamu hanya perlu memberikan pelicin pakaian saja dan setrika pada bagian pelicin yang terkena pelicin pakaian atau seluruh bagian pakaian saja.

tombol beli buku

Harga Kain Hyget

Kalau soal harga memang bahan hyget ini terkenal sangat murah bila dibandingkan dengan bahan-bahan untuk membuat kaos lainnya. Harga yang murah ini banyak sekali diincar oleh banyak orang khususnya bagi produsen kaos dalam jumlah yang cukup banyak.

Adapun harga dari bahan hyget ini berkisar 5000 rupiah hingga 15 ribu rupiah per meternya, murah sekali bukan? Namun, harga dari bahan hyget pada beberapa daerah berbeda karena tempat pembeliannya berbeda. Kamu juga bisa membeli bahan ini dengan cara per roll, per meter, atau per kilogram.

Kesimpulan

Bahan hyget adalah salah bahan dalam bentuk kain yang sering digunakan untuk membuat kaos atau jilbab apalagi bahan ini sangat dikenal harganya yang sangat murah, sehingga banyak sekali yang menggunakannya. Bahan hyget memiliki beberapa jenis, jenis yang semakin baik, maka harganya akan semakin mahal atau saat ini dikenal dengan istilah “ada harga, ada barang”. Jadi, apakah kamu sudah memiliki kaos atau jilbab yang terbuat dari bahan hyget?

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu