in

Bahan Kain Katun Rayon: Kekurangan, Kelebihan, dan Cara Merawat

Kain katun rayon – Dewasa ini, mengetahui dan mengenal bahan-bahan untuk pembuatan kain sudah perlu dilakukan agar tak salah memilih bahan dan mendapatkan bahan-bahan yang disukai dan harganya ramah di kantong. Pada umumnya, bahan-bahan pembuatan pakaian hanya dikenal oleh para kalangan pengusaha konveksi saja, tetapi masyarakat biasa atau konsumen saat ini juga sudah mulai banyak yang mengetahui dan mengenal bahan-bahan pembuatan pakaian.

Something went wrong: cURL error 28: Operation timed out after 5001 milliseconds with 0 bytes received

Jika kita telah mengenal dan mengetahui berbagai macam jenis kain untuk membuat pakaian, maka pakaian yang dimiliki akan membuat kita nyaman. Kenyamanan dalam berpakaian dapat memudahkan kita dalam menjalani aktivitas. Salah satu bahan pakaian yang dapat membuat nyaman penggunanya adalah kain katun rayon.

Selain membuat nyaman penggunanya, kain katun rayon juga memiliki harga yang relatif murah dan mudah ditemukan di pasaran, sehingga produsen atau konsumen tidak perlu repot-repot untuk membuat pakaian dengan menggunakan bahan dasar ini.

Supaya Grameds lebih yakin untuk menggunakan bahan katun rayon, maka pembahasan tentang katun rayon akan dijelaskan lebih lanjut di dalam artikel ini. Jadi, mari kita simak artikel ini sampai habis ya.

Katun Rayon

Kain katun rayon adalah kain yang terbuat dari kombinasi antara bahan rayon dan bahan katun. Kombinasi antara kedua bahan itu menghasilkan sebuah kain yang cukup nyaman ketika digunakan dengan harga yang terjangkau. Bahan katun dan bahan rayon terbuat dari dua bahan yang berbeda, bahan katun itu sendiri terbuat dari serat kapas, sedangkan bahan rayon terbuat dari serat selulosa tumbuhan.

Di kalangan produsen atau konsumen, kain katun rayon cukup populer atau banyak diminati, sehingga akan selalu ada yang membeli kain dengan perpaduan katun dengan rayon ini. Untuk menemukan kain ini bisa dikatakan cukup mudah karena hampir di setiap pasar konveksi ada yang menjual kain ini dan harga yang ditawarkan juga ramah di kantong. Jadi, apakah kamu sudah membeli dan memiliki pakaian berbahan katun rayon?

Karakteristik Katun Rayon

Kain katun rayon ini terbuat dari bahan rayon dan bahan katun, sehingga jika dilihat secara sekilas, katun rayon akan menyerupai bahan rayon. Meskipun kain katun rayon hampir sama dengan bahan rayon, tetapi kamu bisa mengenal karakteristik dari kain katun rayon agar tak salah memilih.

Tekstur yang licin pada bahan katun rayon membuat kain ini sering disandingkan dengan bahan sutra. Kain sutra bisa dibilang sebagai salah satu kain yang kualitasnya sangat bagus dan harganya cukup mahal, sehingga kain sutera lebih sering dijual pada pasar menengah ke atas. Meskipun sering disandingkan dengan kain sutera, tetapi harga dari kain katun rayon tak semahal kain sutera.

Sudah menjadi hal umum, jika bahan katun memiliki kemampuan daya serap keringat yang tinggi. Oleh karenanya, kain katun rayon memiliki daya serap keringat tinggi juga, sehingga penggunanya akan terasa lebih adem dan lebih nyaman. Kemampuan daya serap keringat yang tinggi disebabkan karena bahan katun terbuat dari serat kapas yang diambil dari buah kapas. Tanpa adanya serat kapas, maka bahan katun yang dikenal mampu menyerap keringat dengan baik tidak akan ada di dunia fashion.

Sementara itu, bahan rayon sering dikenal dengan serat sintetis, sehingga sedikit berbeda dengan bahan katun yang berasal dari serat selulosa alam. Bahan rayon yang dijadikan sebagai bahan untuk membuat katun rayon ini ternyata di dalamnya terdapat suatu unsur kimia, seperti karbon, oksigen, dan hidrogen. Dari unsur-unsur kimia tersebut, bahan rayon tidak akan cepat kusut dan akan tampak seperti mengkilap.

Maka dari itu, kain katun rayon yang merupakan perpaduan dari bahan katun dan bahan rayon bisa dibilang memiliki karakteristik utama, yaitu dapat menyerap keringat dengan baik, tidak mudah kusut, dan warna yang cukup mengkilap. Terlebih lagi, bahan ini sangat mudah ditemukan di pasaran, sehingga kamu akan mudah untuk membeli dan memilikinya. Jadi, sudah ada rencana untuk membeli bahan katun rayon?

Bahan katun rayon yang mudah didapatkan di pasaran ini bukan hanya bisa dijadikan untuk membuat kaos saja, tetapi bisa sudah sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan, seperti gamis, blus wanita, rok wanita, dress, dan kemeja pria.

Kegunaan Katun Rayon

Di dalam dunia fashion, bahan katun rayon dapat diaplikasikan menjadi berbagai macam busana atau pelengkap dari busana. Berikut ini beberapa kegunaan bahan katun rayon di dalam dunia fashion.

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

1. Rok

Bahan katun rayon
shopee

Rok bisa dibilang dapat dijadikan sebagai salah satu pelengkap gaya wanita agar terlihat lebih modis. Bagi sebagian wanita ketika bekerja lebih suka memakai rok. Bukan hanya pada saat kerja saja, ketika ada sebuah acara pernikahan atau acara formal, tak sedikit wanita yang lebih yakin ketika menggunakan rok.

Rok adalah busana wanita yang digunakan pada bagian bawah wanita. Rok yang sering digunakan oleh para wanita ada yang menutupi seluruh bagian bawah mulai dari pinggang hingga mata kaki dan ada juga yang hanya dari pinggang hingga dengkul saja.

Rok yang biasa digunakan wanita baik itu saat kerja atau acara formal ada yang terbuat dari bahan katun rayon. Rok yang terbuat dari bahan ini saat digunakan, maka wanita itu akan terlihat lebih elegan dan lebih feminis, sehingga rasa percaya diri akan semakin bertambah. Selain itu, rok yang terbuat dari bahan ini bisa dikombinasikan dengan pakaian apapun, mulai dari pakaian formal hingga pakaian casual.

2. Gamis

Bahan katun rayon
carousell

Saat ini, perkembangan busana muslim berkembang sangat pesat, mulai dari busana muslim anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu busana muslim yang trend saat ini adalah gamis. Hampir semua orang sudah melihat busana muslim ini, baik melihat secara langsung atau melalui model-model gamis online.

Gamis adalah baju muslim panjang dan longgar sampai mata kaki yang hampir menutupi seluruh bagian tubuh. Gamis itu sendiri ada yang digunakan oleh pria dan ada juga yang digunakan oleh wanita, sehingga baju gamis kepopulerannya semakin bertambah.

Bahan untuk membuat gamis sangat beragam, sehingga kamu bisa memilihnya sesuai selera. Namun, bagi kamu yang belum tahu bahan gamis yang nyaman digunakan, maka kamu bisa memilih gamis yang terbuat dari bahan katun rayon. Gamis yang terbuat dari bahan kombinasi ini tidak akan terasa gerah ketika menggunakannya. Selain itu, gamis dari bahan katun rayon akan terlihat seperti elegan dan lebih modis karena modelnya dan warna dari kain katun rayon.

tombol beli buku

3. Dress

Bahan katun rayon
Bukalapak

Selain gamis, ada juga pakaian wanita yang berbentuk berupa terusan, sehingga menutupi hampir seluruh bagian tubuh. Dress yang digunakan oleh banyak wanita ini ternyata saat ini sedang menjadi sebuah trend karena model dan warnanya cukup banyak. Bukan hanya itu, dress juga dapat digunakan untuk acara formal dan non formal, seperti meeting, pernikahan, acara pesta, dan sebagainya.

Dress memiliki banyak sekali model, sehingga kamu bisa memilih model dress sesuai dengan kebutuhan. Beberapa model dress yang sering digunakan para wanita, seperti maxi dress, tea-length dress, knee-length dress, dan mini dress. Setiap model memiliki fungsinya masing-masing dan harganya juga bervariasi.

Begitu pun, dengan bahan dasar membuat dress juga berbagai macam, maka kamu perlu memilihnya sesuai yang disukai dan kenyamanan. Dari sekian banyak bahan yang sering dijadikan sebagai bahan membuat busana atau pelengkap busana, bahan katun rayon menjadi pilihan yang cukup baik karena bahan ini memiliki kelebihan yang dapat membuat dress tampak lebih modis.

4. Blus wanita

Bahan katun rayon
Shopee

Jika ada rok merupakan busana penutup bagian bawah wanita, maka lain halnya dengan blus yang berfungsi untuk menutup bagian atas wanita. Pada umumnya, model atau desain dari blus ini lebih sederhana dan lebih simpel. Apapun model atau desainnya, sebaiknya pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu. Perkembangan blus terus berkembang seiring dengan perkembangan pada dunia fashion.

Namun baik sebagian orang, blus ini terlihat sama dengan kemeja. Oleh karena itu, kamu perlu mengenal karakteristik blus agar tak keliru dengan kemeja. Pertama, pada bagian depan blus, kancingnya penuh. Kedua, lengan pada busana blus, biasanya seperti lengan pendek, lengan panjang, dan ada yang tidak berlengan. Ketiga, blus tidak selalu memiliki manset.

Ketika kamu memilih blus, sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan katun rayon. Hal ini dikarenakan katun rayon bisa menambahkan kenyamanan pada blus saat digunakan serta dapat menambah kesan lebih modis.

tombol beli buku

5. Kemeja dan Baju Koko

Bahan katun rayon
Shopee

Ternyata bahan katun rayon bukan hanya bisa digunakan pada busana atau pelengkap busana wanita saja, pada busana laki-laki atau lebih tepatnya pada kemeja laki-laki. Penggunaan bahan ini pada kemeja akan membuat kamu terlihat lebih modis ketika menggunakannya. Selain itu, bahan katun rayon juga dapatkan digunakan untuk membuat baju koko.

Kemeja adalah baju laki-laki yang biasanya memiliki kerah dan biasanya digunakan pada saat ada acara formal. Kemeja ini ada yang berlengan panjang dan ada yang berlengan pendek. Sedangkan baju koko adalah baju yang pada zaman dulu sering digunakan pada zaman masyarakat Tionghoa. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, baju koko sering digunakan oleh umat Islam. Baju koko ada yang berlengan panjang dan berlengan pendek.

Baik itu baju koko atau kemeja, kedua-duanya akan membuat kamu tak terasa panas ketika menggunakannya, sehingga aktivitas yang kamu lakukan dapat berjalan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan bahan katun rayon dapat menyerap keringat dengan baik. Sementara itu, bahan katun rayon dapat membuat kemeja atau baju koko tidak gampang melar, sehingga bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Itulah beberapa manfaat atau kegunaan dari bahan katun rayon. Supaya kamu lebih yakin dan tidak ragu  dalam memilih bahan katun rayon, maka kamu perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan dari bahan ini.

banner-promo-gramedia

Kekurangan Katun Rayon

Sama dengan bahan-bahan untuk membuat pakaian atau  busana lainnya. Bahan katun rayon juga memiliki kekurangan, di antaranya:

1. Tidak Mudah Kering

Dibalik kemampuan menyerap keringat dengan baik, bahan katun rayon memiliki kekurangan berupa tidak cepat kering terutama ketika kamu menjemurnya masih dalam keadaan basah sekali. Apabila pakaian atau busana berbahan katun rayon tidak mudah kering bisa menyebabkan warna dari pakain atau busana tersebut cepat memudar, sehingga kesan modisnya akan berkurang.

Oleh sebab itu, ketika kamu memiliki pakaian atau busana yang berasal dari bahan katun rayon, sebaiknya sebelum menjemur diperas terlebih dahulu dan lebih baik lagi dijemur ketika cuaca sedang panas.

tombol beli buku

2. Tidak Awet

Kekurangan berikutnya yang terdapat pada bahan katun rayon adalah tidak awet. Terlebih lagi, jika sering terkena sinar matahari secara langsung. Bukan hanya dari panas sinar matahari saja, suhu setrika yang terlalu panas dapat menyebabkan bahan katun rayon mudah rusak atau rapuh. Kain katun rayon yang mudah rapuh, maka akan mudah sobek juga. Bahkan, tak sedikit juga yang akan memunculkan jamur dan bau asam.

Pakaian atau busana dari bahan katun rayon ini, sebaiknya jangan dijemur terlalu lama apalagi dijemur dengan cahaya matahari langsung. Selain itu, ketika menyetrika bahan ini, kamu bisa menggunakan suhu setrika yang tidak begitu panas atau cenderung rendah agar keawetannya tetap terjaga.

3. Mudah Terbakar

Selain dua kekurangan itu, bahan katun rayon juga memiliki kekurangan berupa mudah terbakar, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk digunakan pada saat bekerja di tempat yang berdekatan dengan api, seperti koki. Maka dari itu, ketika menggunakan pakaian berbahan katun rayon, kamu perlu berhati-hati agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kelebihan Katun Rayon

Setelah mengetahui kelebihan dari bahan katun rayon, kamu perlu mengetahui kelebihan dari bahan katun rayon, yaitu:

1. Warna yang Mengkilap

Bahan katun rayon mempunyai kelebihan pada warna-warnanya yang mengkilap, sehingga kain katun rayon terlihat lebih indah. Selain itu, warna-warna dari bahan ini juga sangat beragam terutama pada warna-warna cerahnya, kamu akan dibuat terpesona ketika melihat warna-warna cerah pada bahan yang terbuat dari kombinasi ini.

2. Tekstur Kain Sangat Halus

Kelebihan pada bahan katun rayon berikutnya adalah tekstur kain yang halus dan licin. Oleh sebab itu, beberapa orang menjuluki kain ini seperti kain sutera. Tekstur yang halus akan mengurangi risiko gesekan yang terjadi pada kulit, sehingga iritasi kulit dapat dihindari.

3. Kemampuan Menyerap Keringat Sangat Baik

Bahan katun sangat dikenal dengan kemampuannya menyerap keringat sangat baik, sehingga bahan katun rayon dapat menyerap dengan optimal. Bagi kamu yang senang berolahraga, pakaian olahraga berbahan katun rayon dianjurkan untuk digunakan.

4. Cara Merawat yang Mudah

Banyak yang memiliki pakaian atau busana berbahan dasar kain katun rayon karena cara merawatnya cukup mudah. Bahkan, kamu bisa melakukannya sendiri, tanpa harus menggunakan mesin cuci. Jadi, jangan ragu untuk membeli kain katun rayon ini.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

Cara Merawat Katun Rayon

Agar bahan katun rayon awet dan tidak cepat rusak, maka perlu dirawat dengan baik. Di bawah ini beberapa cara merawat bahan katun rayon agar awet.

1. Periksa label pencucian agar kamu mengetahui cara mencuci yang sesuai dengan pakaian atau busana tersebut.

2. Cucilah dengan manual atau dengan tangan supaya kain tidak mudah melar. Selain itu, warna pada kain akan lebih awet.

3. Hindari menggunakan pemutih pakaian karena dapat membuat baju cepat sobek.

4. Ketika memeras baju jangan terlalu kencang agar bentuk asli dari baju tersebut tidak hilang.

5. Ketika menjemur, kamu bisa menggunakan gantungan baju agar cepat kering dan bentuk baju tetap terjaga.

6. Setrika bahan katun rayon dengan diberikan sedikit air agar tidak terlalu panas.

Kesimpulan

Apabila kamu ingin mencari dan mendapatkan bahan dengan kualitas baik dengan harga terjangkau, maka bahan katun rayon bisa menjadi pilihannya. Kombinasi antara bahan katun dengan bahan rayon menghasilkan warna kain yang mengkilap dan daya serap keringat yang baik. Kain jenis ini sudah banyak dijual pasaran, sehingga kamu akan mudah untuk mendapatkannya.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Penulis: Restu Nasik Kamaluddin

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu