in

Bahan Polyester: Pengertian, Karakteristik, Hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Dark blue fabric texture background, detail of silk or linen pattern.

Keyword: Bahan polyester

Bahan Polyester: Pengertian, Karakteristik, Hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Semakin berkembangnya zaman, tentunya diimbangi dengan kemajuan-kemajuan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan manusia. Tak terkecuali pada aspek busana atau fashion.

Para anak muda saat ini menghabiskan hampir seharian penuh hanya untuk bermain gadget terutama untuk sosial media. Sosial media sendiri telah melahirkan begitu banyak influencers yang kesehariannya banyak dicontoh oleh generasi sekarang.

Tak terkecuali gaya busana para influencers banyak yang mencuri perhatian dan menjadi kiblat anak muda dalam memadupadankan busana mereka. Kesempatan ini banyak dilirik oleh pengusaha fashion demi menciptakan produk busana yang cocok dengan trend dan dapat menarik perhatian calon customers.

Wadah promosi mereka juga bisa dengan mudah dilakukan melalui endorsement kepada influencers di sosial media yang memiliki begitu banyak followers.

Apakah kalian sudah memiliki bayangan tentang betapa menggiurkan dan menjanjikannya dunia bisnis fashion di era seperti saat ini?

Namun, untuk memulai terjun di dunia fashion tidaklah semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan kepekaan terhadap kondisi market dan trend yang sedang bertumbuh saat ini. Pun juga diperlukan ilmu dan wawasan yang cukup mengenai dunia fashion.

Untuk mempelajari dunia fashion, dapat dimulai dengan mengetahui dan membedakan jenis kain sebagai bahan baku dasar sebuah busana. Jenis kain sejatinya bervariatif sekali. Mulai dari kain katun, kain linen, kain denim, kain wolfis, kain polyester, dan jenis lainnya.

Melalui artikel kali ini akan dibahas secara khusus mengenai bahan kain Polyester yang sering digunakan untuk membuat hijab, gamis, kemeja, dan lainnya. Selamat membaca dan simak penjelasan selengkapnya tentang bahan Polyester pada ulasan di bawah ini, ya!

Apa Itu Bahan Polyester?

Perlu diketahui bahwa bahan polyester adalah salah satu pilihan kain yang paling populer digunakan dalam mode busana, desain, ataupun sekadar untuk hiasan interior ruangan. Namun, bagi mereka yang tidak begitu paham tentang dunia busana, mungkin memberikan stigma bahwa bahan polyester adalah bahan yang buruk karena merupakan buatan manusia.

Bahan ini bukan berasal dari alam seperti sutra, katun, atau wol. Meskipun berasal dari buatan manusia, tetapi tentu saja tidak membuat serta merta bahan polyester tidak bagus untuk digunakan dalam memproduksi busana atau pakaian.

Pengertian dari polyester adalah istilah umum untuk setiap kain atau tekstil yang dibuat dengan menggunakan benang atau serat polyester. Serat polyester diciptakan dengan mengombinasikan senyawa kimia (Etilen Glikol dan Asam Tereftalat) dengan Polyethylene Terephthalate (PET). Bahan baku pembuatan polyester terdengar begitu ilmiah, bukan? Namun, tahukah kalian jika pada dasarnya polyester adalah sejenis plastik.

Meskipun mungkin kalian masih terasa kurang familiar dengan istilah polyester, tetapi kalian pasti sering menggunakan produknya. polyester kerap kali digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian. Tidak hanya pakaian, bahan ini pun digunakan dalam proses pembuatan sprei, karpet, sofa, tali makrame, dan selimut.

banner-promo-gramedia

Apabila kalian mencoba melihat sekilas pada tag merek dari pakaian kalian, maka kalian dapat melihat komposisi bahan sekaligus kadar dari bahan tersebut. Bahan polyester sering digunakan sebagai campuran yang dikombinasikan dengan bahan alami untuk membuat pakaian.

Sekadar informasi, bahan polyester pertama kali ditemukan pada tahun 1941 oleh ahli kimia asal Inggris, yaitu John Rex Whinfield dan Tennant Dickson. Selanjutnya bahan ini semakin populer sekitar tahun 1970-an berkat kalimat iklan “serat ajaib yang dapat dipakai berturut-turut selama 68 hari tanpa disetrika dan masih terlihat rapi”.

Tipe Bahan Polyester

Bahan polyester terbagi menjadi tiga tipe utama yang paling sering digunakan. Simak pada penjelasan di bawah ini mengenai ketiga tipe tersebut, ya!

1. PET (Polyethylene Terephthalate)

PET (Polyethylene Terephthalate)
Crumpled wrapped plastic bag texture

Polyester jenis PET (sumber: iStock Photo)

Tipe PET dari polyester adalah yang paling populer dan umum digunakan. Sesungguhnya tipe ini tidak hanya ditemukan dalam bahan dasar pakaian, tetapi juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan botol air mineral, botol susu plastik, botol minuman bersoda, dan botol sekali pakai lainnya.

Butiran PET
Plastic granules in a measuring container and test tubes in the laboratory. Plastic pellets. Dyes for plastic, polypropylene, polyethylene

Butiran PET (sumber: iStock Photo)

Kalian pasti mengira bahwa bahan polyester tipe PET adalah tipe yang tidak ramah lingkungan, bukan? Namun, ternyata bahan ini dapat didaur ulang, loh! Karena sebelum digunakan untuk membuat kain ataupun produk lainnya, tipe ini terlebih dahulu divakum dengan menggunakan suhu tinggi di dalam ruang hampa udara.

2. PCDT (poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene)

PCDT (poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene)
Dark blue fabric texture background, detail of silk or linen pattern.

Polyester jenis PCDT (sumber: iStock Photo)

Ciri khas dari tipe bahan PCDT adalah elastis dan lentur. Oleh karena itu, tipe PCDT ini sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tirai jendela atau sejenis penutup furniture lainnya. PCDT terbuat dari hasil campuran zat asam dengan bahan kimia lainnya, termasuk jenis senyawa poly-1,4-cyclohexylene-dimethylene.

3. Benang Sintetis

Benang Sintetis
A various colors of sewing thread roll on an isolated white background. Selective focus on foreground.

Benang sintetis (sumber: iStock Photo)

Sesuai namanya, tentu saja tipe ini terbuat dari benang sintetis seperti filamen, benang pintal, dan nilon. Kain yang berasal dari bahan polyester tipe ini sangat menyerupai kain dengan bahan dasar alami (contoh adalah kapas). Hal tersebut dikarenakan dalam proses pembuatan pakaian menggunakan benang sintetis, terdapat proses “memutar benang” agar serat atau benang dapat menjadi satu untaian.

 

Jenis-Jenis Bahan Polyester

Selain terbagi menjadi beberapa tipe, bahan polyester juga diklasifikasikan menjadi 4 jenis, yaitu bahan Lacoste CVC Pique, PE, Woven, dan Lacoste PE Pique.

1. Bahan Lacoste CVC Pique

Bahan Lacoste CVC PiquePolyester bahan Lacoste CVC Pique atau polycotton (sumber: iStock Photo)

Bahan Lacoste CVC Pique terbuat dari campuran polyester dan katun. Selain itu, jenis bahan ini juga tahan lama dan tidak cepat rusak.

 

2. Bahan PE

Bahan PE
Blue polyester sports towel

Polyester bahan PE (sumber: iStock Photo)

Keunikan dari jenis bahan ini adalah 100% terbuat dari polyester tanpa campuran apapun. Bahan PE kerap digunakan untuk memproduksi pakaian secara massal dikarenakan biaya produksi terhadap bahan ini jauh lebih terjangkau dibandingkan bahan katun.

3. Bahan Lacoste PE Pique

Bahan Lacoste PE Pique
green webbing braid with button clasp on a background of light gray fabric, closeup

Polyester bahan Lacoste PE Pique (sumber: iStock Photo)

Kalian tentunya sudah sangat mengenal pakaian model polo, bukan? Masing-masing dari kalian pasti setidaknya memiliki satu pakaian polo di lemari. Ternyata pakaian model polo menggunakan bahan Lacoste PE Pique ini. Ciri khas dari jenis bahan ini yaitu memiliki lubang pori-pori yang berukuran sama pada permukaan bahannya.

banner-promo-gramedia

4. Bahan Woven

Bahan Woven
Fabric composition and washing instructions label on white shirt

Polyester bahan woven  (sumber: iStock Photo)

Bahan Woven adalah bahan dengan permukaan yang terlihat kasar jika dibandingkan dengan ketiga jenis bahan lainnya. Namun, apabila kalian merabanya, ternyata bahan Woven ini memiliki permukaan yang terasa halus. Pada umumnya, bahan ini digunakan untuk label baju.

Karakteristik Bahan Polyester

Tentunya masing-masing bahan baik yang bersifat alami maupun sintetis memiliki karakteristik masing-masing. Bahan-bahan tersebut bersifat unik dan memiliki ciri khas. Begitu pun dengan bahan polyester. Pada pembahasan berikut ini akan disebutkan karakteristik dari bahan polyester. Silakan disimak!

1. Awet dan tahan lama

Polyester termasuk jenis bahan yang awet serta tahan lama. Karakteristik tersebut menjadikan bahan polyester tahan terhadap berbagai jenis bahan kimia, diantaranya yaitu acid. Alasan itulah yang melandasi mengapa polyester kerap kali digunakan sebagai campuran bahan untuk berbagai kebutuhan, seperti pakaian, sofa, dan lainnya.

2. Tidak mudah kusut

Keunikan lain dari bahan polyester yang sebenarnya juga dapat dikategorikan sebagai kelebihan yaitu tidak mudah kusut dan meregang (bolong). Bahan ini juga tahan terhadap kerutan dan lecet.

3. Kuat tetapi ringan

Serat yang digunakan untuk membuat bahan polyester sangat kuat, tetapi sangat ringan.

4. Mudah dicampurkan dengan banyak warna

Bahan polyester mudah dicampur dengan warna (diwarnai) sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian yang kerap kali memiliki variasi warna guna menarik calon pembeli.

5. Bentuk  kain tidak mudah berubah

Kain yang menggunakan bahan polyester dapat mempertahankan bentuknya dengan sangat baik.

6. Perawatan yang sangat mudah

Kain atau pakaian yang terbuat dari bahan polyester sangat mudah untuk dirawat. Perawatannya dapat dilakukan hanya dengan dicuci dan dikeringkan di rumah. Sehingga siapapun bisa melakukannya.

7. Mudah dikeringkan

Kain polyester sangat mudah kering. Dengan kata lain, kain dari bahan polyester menjadi pilihan yang tepat sebagai bahan untuk pakaian luar ruangan atau ketika cuaca sedang dingin.

 

Rekomendasi Buku Menjahit

Yuk Jahit Baju Sendiri - Cardigan Kimono
Yuk Jahit Baju Sendiri – Cardigan Kimono

tombol beli buku

ntuk menambah gaya tampilan berbusana salah satunya kita bisa kenakan outer. Salah satu outer yang bisa kita kenakan adalah cardigan. Cardigan yaitu semacam jacket yang terbuka di bagian depan. Bisa diberi kancing bisa tidak. Model dan warnanya beraneka ragam. Cardigan sangat fleksibel, bisa dikenakan siapa saja berbagai usia, dan cocok untuk dalam kesempatan formal maupun nonformal. Cardigan kimono adalah cardigan berbentuk huruf ‘T’ mirip seperti kimono Jepang. Orang yang mengenakan cardigan kimono akan tampak fashionable. Dan bagaimana kalau kali ini Anda membuat dan menjahitnya sendiri? Iya, kenapa tidak? Ternyata mudah dan cepat! Bahannya mudah didapat dan tidak mahal, bisa Anda pilih yang Anda suka baik jenis bahan, motif, dan warnanya. pembuatannya juga begitu simpel dan tidak memakan banyak waktu, hanya memerlukan waktu 1 jam saja sejak memotong kain hingga menjahitnya. Jika tidak punya mesin jahit, jahit tangan pun jadi. Bahkan bagi para pemula yang belum pernah menjahit baju sendiri akan bisa melakukannya. Keren khan? Di buku ini tersaji sekitar 13 model cardigan kimono, masing-masing dilengkapi dengan ilustrasi skema pola, cara memotong kainnya sesuai model dan cara menjahitnya. Ukurannya All size bisa dikenakan untuk semua ukuran dari yang ukuran badan ‘S’ sampai ‘4 L’.

 

Yuk Jahit Baju Sendiri: Rok Midi & Maxi
Yuk Jahit Baju Sendiri: Rok Midi & Maxi

tombol beli buku

ok adalah bagian busana khususnya busana wanita mulai dari batas pinggang ke bawah sampai panjang yang diinginkan. Rok dikenakan oleh wanita sebagai pasangan blus atasan. Ada aneka macam rok berdasarkan ukuran panjangnya. Dua diantaranya adalah rok midi dan maxi. Rok midi, adalah rok dengan ukuran panjang sampai pertengahan betis, sedang rok maxi, adalah rok dengan ukuran panjang sampai mata kaki. Busana yang satu ini, tidak pernah lekang oleh zaman dan menjadi salah satu item favorit pencinta fashion. Rok midi dan maxi keduanya akan memberikan aura keanggunan bagi si pemakai. Tinggi badan si pemakai bukan masalah, yang penting pilihlah kain yang tepat, warna dan motif cocok dengan atasannya, juga pemilihan sepatu yang pas menjadi kunci tampil cantik anggun dengan rok midi dan maxi. Kali ini bagaimana jika Anda membuat sendiri rok panjang idaman? Kenapa tidak, ternyata sangat simpel, cepat, dan mudah. Buku seri Yuk Membuat Baju Sendiri ini, menyajikan tutorial membuat berbagai macam model rok midi dan maxi. Kini Anda bisa mengenakan rok model ekslusif buatan sendiri.

banner-promo-gramedia

 

Seri Yuk Jahit Baju Sendiri: Aneka Blus Tunik
Seri Yuk Jahit Baju Sendiri: Aneka Blus Tunik

tombol beli buku

Blus tunik adalah pakain longgar yang nyaman dipakai. Bisa berlengan atau tanpa lengan, dan panjangnya sampai di pinggul atau hingga lutut. Buku Seri Yuk Jahit Baju Sendiri- Aneka Blus Tunik ini menampilkan lebih dari 11 model blus tunik, yang masing-masing dilengkapi dengan diagram atau bagan serta tutorial cara pembuatannya yang mudah dan praktis.

 

Kelebihan Bahan Polyester

Meskipun bahan polyester sejatinya terbuat dari senyawa kimia, tetapi tentu saja bahan ini tidak kalah dengan bahan alami seperti wol atau katun. Lalu, apa saja kelebihan dari bahan polyester sehingga menjadikannya populer? Yuk, simak pada penjelasan di bawah ini!

1. Tidak Cepat Rusak (Awet)

Bahan polyester memiliki serat yang kuat dan kokoh. Kelebihan bahan polyester tersebut menjadikan produknya dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama bahkan hingga bertahun-tahun.

2. Anti Kuman dan Bakteri 

Karena terbuat dari senyawa kimia, bahan polyester tahan akan kuman dan bakteri. Sehingga kalian tidak perlu khawatir mengalami gatal-gatal atau alergi apabila menggunakan pakaian dari bahan polyester. Hal ini dikarenakan bahan polyester sudah aman dari bakteri dan kuman.

3. Tahan Air

Kalian memiliki pakaian favorit dari bahan polyester dan ingin menggunakan pakaian tersebut berulang kali? Jangan khawatir! Salah satu kelebihan lainnya dari polyester yaitu cepat kering. Sehingga apabila pakaian polyester kalian dicuci, tentu saja tidak perlu menunggu terlalu lama agar pakaian tersebut kering.

Selain cepat kering ketika dicuci, bahan polyester juga tahan air karena mudah menyerap panas. Oleh sebab itu, beberapa barang atau produk yang digunakan untuk keperluan outdoor, contohnya payung, tenda, jaket parka, hingga jas hujan diciptakan menggunakan bahan polyester sebagai bahan utamanya.

4. Tidak Mudah Kusut

Kalian termasuk orang yang aktif bergerak sehingga pakaian yang kalian kenakan cepat kusut? Pakaian dari bahan polyester adalah pilihan yang tepat. Bahan polyester memiliki kelebihan tidak mudah berkerut walaupun sudah digunakan seharian penuh dan tertekuk-tekuk.

Bahan ini juga anti melar, lho! Maka dari itu, bahan polyester sangat populer digunakan sebagai bahan utama pembuatan pakaian. Terutama pakaian yang cocok untuk suasana santai atau digunakan sehari-hari.

Kekurangan Bahan Polyester

Di setiap ada kelebihan, disitu pasti ada kekurangan. Ya, memang tidak ada yang sempurna di alam semesta ini. Tentu saja begitu pula dengan bahan polyester. Di balik kepopulerannya, bahan ini menyimpan beberapa kekurangan. Penasaran? Yuk, simak uraian di bawah ini!

1. Serat Polyester Tidak Memiliki Sirkulasi Udara yang Bagus (unbreathable)

Dikarenakan polyester tergolong bahan yang kuat dan awet, maka bahan ini memiliki tekstur serat yang rapat. Hal tersebut membuat penggunanya sering kali merasa tidak nyaman saat memakainya.

Hal ini dikarenakan, bahan polyester sangat mudah lembap dan kurang mampu menyerap keringat berlebih. Ditambah lagi, bahan ini terbuat dari senyawa kimia yang mungkin bagi sebagian orang dengan kulit sensitif akan rentan terhadap iritasi.

2. Bahan Polyester Mudah Terbakar

Senyawa kimia yang digunakan sebagai bahan baku dari pembuatan serat polyester adalah senyawa kimia yang sama persis digunakan dalam pembuatan plastik. Oleh karena itu, bahan polyester memiliki kekurangan yaitu sangat mudah terbakar.

Oleh karena itu, jangan coba-coba mendekatkan pakaian atau barang apapun yang memiliki kandungan polyester ke api yang sedang menyala. Hal ini bisa mengakibatkan kejadian yang fatal, yaitu terbakar.

Untuk mengimbangi kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh bahan polyester, banyak produsen pakaian tidak hanya menjadikan polyester sebagai satu-satunya komposisi untuk membuat pakaian.

Bahan polyester dicampur dengan bahan lain yang lebih alami seperti katun guna menciptakan perpaduan yang pas agar tercipta pakaian terbaik. Hasil kombinasi tersebut akan menciptakan jenis pakaian dengan karakteristik yang unggul seperti awet, tahan lama, tidak mudah terbakar, mudah menyerap keringat, mudah kering, dan lain sebagainya.

Salah satu produk bahan terbaik hasil kombinasi polyester adalah Polycotton. Polycotton terbuat dari campuran bahan polyester dengan bahan alami katun (cotton). Polycotton memiliki karakteristik tekstur yang rapat, fleksibel, tetapi dingin karena mudah menyerap keringat. Oleh sebab itulah mengapa bahan Polycotton sering dipakai sebagai bahan utama untuk pembuatan pakaian oleh brand-brand fashion yang besar dan terkenal.

Tentu saja bahan Polycotton sebagai inovasi penggabungan polyester dan katun memiliki kelebihan yang lebih banyak dibandingkan dengan bahan polyester sendiri. Beberapa kelebihan dari Polycotton yaitu memiliki tekstur kain yang halus, permukaan kain dingin dan lembut, mudah menyerap keringat, ringan, menyerap panas sehingga mudah kering, awet dan tahan lama, seratnya rapat dan kecil, anti kuman dan bakteri, anti kusut, tidak mudah robek, mudah dalam perawatannya (dapat dicuci menggunakan tangan), mudah didapatkan, dan yang terakhir adalah bersifat flowy (bahannya jatuh apabila dikenakan).

Produk dan Barang yang Menggunakan Bahan Polyester

Berikut akan disebutkan beberapa barang dan produk populer yang dalam pembuatannya menggunakan bahan polyester.

  1. Pakaian
  2. Sportswear
  3. Mantel
  4. Keperluan tempat tidur, seperti seprai, selimut, dan sleeping bag
  5. Alas kaki
  6. Tas
  7. Payung
  8. Tenda untuk berkemah
  9. Benang jahit
  10. Perabotan dengan tekstur lembut, seperti gorden, sofa atau karpet

Kenapa Memilih Polyester?

Apakah kalian penasaran mengapa bahan polyester menjadi salah satu bahan tekstil yang populer? Sejak berpuluh-puluh tahun silam, bahan kain jenis polyester telah menempati bilik tersendiri di hati pemilik usaha fashion.

Salah satu alasannya karena serat polyester bersifat thermoplastic atau heat-sensitive (peka terhadap panas). Ini berarti kain dengan komposisi 100% polyester dapat diinovasikan dengan model pleats serta dapat dipotong dengan menggunakan laser. Polyester juga sangat tahan noda sehingga mudah dan cepat untuk dibersihkan.

Pakaian yang terbuat dari bahan polyester cenderung licin dan hampir sangat halus ketika disentuh. Oleh karena itu, bahan ini sangat disukai penjahit karena memudahkan mereka dalam membuat pola dan desain.

Nah, sampai di sini kalian sudah paham bukan mengenai seluk beluk dari bahan polyester? Mulai dari pengertiannya, sejarah, karakteristik, jenis, bahan, kelebihan, kekurangan, hingga produk-produk yang menggunakan polyester dalam komposisinya.

Tak lupa pula terdapat penjelasan singkat terkait polycotton yang merupakan inovasi campuran bahan polyester dengan bahan katun. Semoga dengan membaca hingga tuntas artikel ini kalian memiliki wawasan baru di dunia fashion terutama terkait bahan baku dalam pembuatan pakaian yaitu polyester, ya! Jangan lupa ikuti terus artikel-artikel yang diterbitkan Gramedia karena akan ada topik menarik dan up to date yang akan dibahas. Sampai jumpa.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy