in , ,

Apa itu Weton? Fungsi, Beserta Arti dan Hasil Perhitungannya

Sumber: Pixabay

Apa itu weton – Suku Jawa bisa dibilang sebagai suku paling besar yang ada di Indonesia jika dilihat berdasarkan data Sensus Penduduk BPS 2010. Dimana penduduk dari suku Jawa bisa mencapai 40,22 persen dari total seluruh penduduk Indonesia.

Selain memiliki jumlah penduduk yang terbilang cukup besar, suku Jawa juga banyak dikenal kaya akan adat istiadat beserta dengan kebudayaannya. Salah satu kebudayaan yang bisa dibilang melekat dari suku Jawa adalah keberadaan neptu Jawa dan weton.

Weton sendiri memiliki peranan penting dalam segala aspek kehidupan masyarakat suku Jawa. Dimana weton kerap dikaitkan erat dengan neptu. Meski begitu, masih banyak orang yang tak begitu mengerti apa itu neptu dan apa itu weton.

Sampai saat ini, baik neptu maupun weton masih kerap digunakan oleh masyarakat Jawa dalam melakukan perhitungan berbagai macam hal. Misalnya, dari perhitungan neptu dan weton untuk mengetahui pekerjaan yang cocok untuk seseorang, perjodohan, tanggal pernikahan, sifat seseorang hingga kapan waktu terbaik untuk proses pembangunan rumah.

Masih banyak hal menarik dari weton maupun neptu. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tentang weton ataupun neptu, bisa banget nih membaca ulasan yang ada di dalam artikel ini.

Pengertian Weton

apa itu weton
Sumber: regional.kompas.com

Istilah weton mungkin tidak asing bagi kita semua khususnya orang jawa. Meski begitu, kebanyakan orang hanya tahu istilahnya saja tanpa tahu arti dari weton yang sebenarnya. Beberapa orang menyebut weton merupakan hari lahir. Namun, jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, erton adalah hari lahir seseorang dengan pasarannya seperti Legi, Paing, Pon, Wage dan Kliwon.

Dalam budaya Jawa, weton tak hanya sekadar hari lahir saja, tetapi weton bisa dibilang sebagai penanggalan maupun perhitungan hari lahir dari seseorang yang kerap juga dijadikan sebagai sebuah patokan yang akhirnya merujuk pada ramalan tertentu.

Menurut kepercayaan Jawa, weton bisa berkaitan dengan ramalan peristiwa tertentu. Dimana ramalan tersebut dapat ditelaah melalui siklus hari dalam kalender tradisional.

Selain itu, weton juga dipercaya memiliki keterkaitan dengan karakter seseorang. Itu artinya, watak dan perilaku seseorang bisa dilihat dari hari lahir mereka.

Fungsi Weton

apa itu weton
Sumber: Pixabay

Dalam budaya Jawa, weton tak hanya diartikan sebagai hari lahir saja, tetapi pada rumus perhitungan tertentu, weton juga memiliki fungsi sebagai bentuk ramalan. Selain itu, weton juga dipercaya memiliki fungsi-fungsi khusus di dalamnya.

Bagi orang Jawa beberapa fungsi dari weton memang sudah tidak asing lagi. Namun jika Anda memang belum tahu apa itu fungsi weton, maka penjelasan di bawah ini bisa membantu Anda.

1. Menentukan Hari Pernikahan

Dahulu kala, ketika akan ada pasangan dari suku Jawa yang akan menikah, maka untuk bisa menentukan tanggal baik acara pernikahan dilangsungkan tak bisa secara sembarang. Ada perhitungan khusus yang melibatkan weton dari masing-masing calon pengantin. Biasanya, proses perhitungan weton khusus untuk acara pernikahan akan dilakukan oleh sesepuh atau orang yang memahami ilmu perhitungan weton.

Selain hari dan tanggal, ada juga jam untuk prosesi akad pernikahan yang menggunakan perhitungan khusus. Dari penjelasan ini bisa diketahui jika keberadaan weton bagi orang Jawa memang begitu penting.

2. Membantu Menentukan Hari Puasa Weton

Orang Jawa memiliki kepercayaan ketika ada weton yang diulang, maka akan lebih baik pihak yang bersangkutan melakukan puasa. Puasa weton ini dilakukan setiap hari kelahiran pihak yang bersangkutan tiba. Itu artinya puasa tersebut akan dilakukan secara berulang setiap lima minggu sekali. Tata cara yang digunakan untuk menjalankan puasa weton juga sama dengan puasa dalam ajaran agama Islam. Namun, hanya dilakukan pada saat weton kelahiran pihak yang bersangkutan saja.

https://www.gramedia.com/products/kitab-primbon-jawa-serbaguna-tetap-relevan-sepanjang-masa?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kitab-primbon-jawa-serbaguna-tetap-relevan-sepanjang-masa?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Dipercaya Mampu Menentukan Nasib Seseorang

Orang Jawa memiliki kepercayaan jika weton akan bisa memberikan dampak pada nasib seseorang. Oleh karena itu, ada beberapa pantangan yang diterapkan. Misalnya, ketika seseorang memiliki weton Minggu Kliwon, maka mereka tak boleh menikah dengan seseorang yang memiliki weton Senin Kliwon.
Hal ini karena ketika perhitungan nashi dilakukan, jumlah weton kedua pihak yang bersangkutan akan memberikan suatu kecelakaan pada pernikahan yang akan dilakukan. Selain itu, weton juga dipercaya memberikan rezeki kepada pemiliknya.

4. Menentukan Hari Penting Bagi Seseorang

Selain tiga hal yang dijelaskan sebelumnya, weton juga ada hubungannya terhadap hari penting bagi seseorang. Dimana hari ini juga ada hitungannya sendiri yang di dalamnya ada aspek weton. Misalnya adalah hari pembangunan rumah, hari pindahan rumah atau biasa disebut sebagai slup-slupan jika di Jawa atau bahkan terkadang hari keluar dari rumah sakit juga bisa didasarkan dari weton.

4. Mengetahui Watak dan Perilaku Seseorang

Dalam budaya Jawa, weton juga kerap dipercayai sebagai salah satu cara untuk bisa tahu bagaimana karakter atau watak yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini bisa dilakukan oleh orang yang mempelajari secara penuh akan perputaran kalender tradisional.

Nah, itulah beberapa fungsi dari weton. Meski semua berdasarkan kepercayaan kuno, tetapi keberadaan dari weton memang sangat penting bagi tradisi suku Jawa. Bahkan, sampai saat ini semua hal yang berhubungan dengan weton masih dijaga dengan baik hingga diturunkan dari generasi ke generasi.

Namun, percaya atau tidaknya terhadap perhitungan weton juga termasuk hak dari setiap individu yang ada.

Tabel Neptu Jawa Dan Cara Dalam Menentukan Weton

apa itu weton
Sumber: Gramedia.com

Dilihat dari tabel di atas, masing-masing hari serta pasaran memiliki nilai yang berbeda-beda. Lalu, cara menghitung weton adalah dengan metode penjumlahan nilai hari lahir dengan nilai pasaran pemiliknya. Nah untuk lebih jelasnya, baca ulasannya di bawah ini.

Cara menghitung weton yang pertama adalah dengan menggunakan neptu hari dan pasaran Jawa. Dapat dilihat pada tabel neptu tersebut, Anda bisa melihat dengan cermat jika setiap hari dan juga pasaran Jawa memiliki nilai yang berbeda.

Dalam hal ini, cara mudah menghitung weton dalam menjumlahkan nilai dari hari dan juga pasaran yang dimiliki oleh weton kelahiran. Sebagai contohnya adalah ketika Anda lahir pada hari Sabtu dengan pasaran Jawa adalah Kliwon, maka arti weton tersebut adalah Sabtu Kliwon.

Untuk bisa menghitung jumlah netonya, Anda bisa mencoba menjumlahkan nilai 9 yaitu dari jumlah neptu lahir satu dengan nilai 8 yaitu pasaran Jawa Kliwon. Sehingga akan ada nilai 9+8 dengan jumlah neptu weton seseorang yang lahir pada hari Sabtu Kliwon adalah 17.

Dari jumlah tersebut, Anda bisa mengetahui watak yang dimiliki oleh seseorang, perhitungan keberuntungan dan bagaimana cara mendapatkan suatu kesuksesan serta cara menghitung kecocokan pasangan.

Selain menjumlahkan nilai, perhitungan weton Jawa juga bisa dilakukan dengan dasar bulan serta tahun Jawanya. Neptu jawa untuk bulan dan tahun akan digunakan untuk memperkirakan jatuhnya musim hujan, musim tanam, musim kemarau, hama penyakit pada tanaman tertentu, tangkapan ikan, jumlah panen dan lain sebagainya.

Jika kita perhatikan sebenarnya bulan yang ada pada kalender Jawa tidak jauh berbeda dengan bulan yang ada di dalam kalender Islam. Sedangkan untuk nama tahun pada kalender Jawa terdiri dari 8 jenis yang berbeda.

Pada kebudayaan Jawa, kalender Jawa akan berganti tahun pada jangkauan waktu satu windu sekali. Oleh karena itu, pada setiap 8 tahun sekali, nama tahun pada kalender Jawa juga akan berubah sesuai dengan urutan seperti Alip, Ehe, Jimawal, Je, Dal, Be, Wawu dan yang terakhir adalah tahun Jim Akhir. Nah untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca tabel yang ada di bawah ini.

apa itu weton
Sumber: Gramedia.com

Dari tabel di atas, Anda bisa menghitung weton dengan neptu bulan dan juga tahun jawa yang dimiliki oleh seseorang. Sebagai contohnya adalah ketika seseorang lahir pada bulan Ruwah dan tahun Wawu, maka penjumlahan nilai yang dilakukan adalah nilai 4 yang ada pada bulan Ruwah dan 6 yang ada pada tahun Wawu yang menghasilkan nilai 10.

https://www.gramedia.com/products/menguak-rahasia-ramalan-jayabaya-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/menguak-rahasia-ramalan-jayabaya-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Arti Dari Hasil Perhitungan Neptu Weton dan Juga Jodoh

Setelah Anda tahu bagaimana cara menghitung neptu weton, tentunya Anda akan mendapatkan angka-angka tertentu yang bisa berguna untuk mengetahui banyak hal. Misalnya tentang hari keberuntungan, watak hingga jodoh.

Perhitungan neptu weton memang lebih banyak digunakan untuk acara pernikahan atau perjodohan. Dengan adanya neptu weton, maka kedua calon pengantin akan bisa melihat kecocokan satu sama lain atau bahkan bisa mendapatkan gambaran waktu terbaik untuk melakukan pernikahan tersebut digelar.

Nah arti dari perhitungan neptu Jawa adalah sebagai berikut ini.

Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Hasil perhitungan neptu weton pegat memberikan sebuah arti yang berhubungan dengan pasangan termasuk ke dalam kategori cukup rawan. Menurut primbon Jawa, pegat memberikan suatu kemungkinan antara Anda dengan pasangan akan mendapatkan masalah di kehidupan yang dijalani bersama.

Ratu (2, 11, 20, 29)

Hasil perhitungan neptu weton ratu pada angka 2, 11, 20 ataupun 20 memberikan sebuah arti yang begitu menguntungkan. Menurut primbon Jawa, pemilik neptu weton ratu akan mendapatkan pasangan atau jodoh sejati. Anda yang memiliki weton tersebut akan mendapatkan kondisi hubungan yang cukup romantis, bahkan hingga bisa menjadikan banyak iri akan keharmonisan hubungan yang sedang dijalani.

Jodoh (3, 12, 21, 30)

Perhitungan neptu weton jodoh bisa dibilang sebagai perhitungan yang banyak diinginkan oleh setiap pasangan. Pasalnya angka pada neptu tersebut bisa memberikan suatu arti yang positif terhadap jalinan hubungan yang sedang dijalankan.

Jika Anda memiliki neptu weton jodoh, maka jalinan hubungan yang sedang dijalani akan bisa bertahan lama, langgeng dan harmonis, khususnya bagi yang sudah berumah tangga. Sedangkan bagi yang belum berumah tangga akan segera mendapatkan jodoh dalam waktu dekat hingga akhirnya melangkah ke arah yang lebih serius seperti pernikahan.

Topo (4, 13, 22, 31)

Jika Anda memiliki neptu weton topo, sebaiknya sedikit waspada. Hal ini karena menurut primbon Jawa neptu weton tersebut memberikan sebuah gambaran jika pada awal kehidupan berumah tangga mungkin akan ada permasalahan yang dihadapi.

Tinari (5, 14, 23, 32)

Neptu weton tinari bisa dibilang akan memberikan kabar baik bagi para pemiliknya. Oleh karena itu jika Anda memiliki neptu weton tinari ini tak perlu khawatir atau setidaknya bisa lebih terang lho. Sebab kebahagiaan dalam rumah tangga akan didapatkan oleh Anda dan pasangan termasuk soal kemudahan dalam mencari rejeki.

https://www.gramedia.com/products/mencari-ratu-adil-menurut-ramalan-jayabaya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mencari-ratu-adil-menurut-ramalan-jayabaya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Padu (6, 15, 24, 33)

Jika dalam bahasa Jawa, kata padu memberikan suatu arti perdebatan atau bisa menjadi ciri pada hubungan yang buruk. Sesuai dengan namanya, jumlah neptu weton padu akan memberikan sebuah indikasi akan kemungkinan hal buruk pada kehidupan rumah tangga. Meski begitu jika memang Anda memiliki jumlah neptu weton tersebut tak perlu khawatir. Hal ini karena kesulitan tersebut tak akan berakhir ke perpisahan atau perceraian.

Sujanan (7, 16, 25, 34)

Bagi Anda yang memiliki hasil perhitungan neptu weton sujana sebaiknya harus lebih waspada dan berhati-hati. Menurut primbon Jawa, hasil perhitungan neptu ini akan memberikan sebuah makna ancaman hingga pertengkaran besar terhadap rumah tangga. Biasanya, akan berkaitan dengan adanya unsur perselingkuhan.

Pesthi (8, 17, 26, 35)

Hasil perhitungan neptu weton pasthi ternyata membawa kabar baik pada rumah tangga. Kerukunan dan keharmonisan dengan pasangan akan dimiliki oleh neptu weton pasthi. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki jumlah perhitungan neptu weton pesthi akan bisa lebih tenang soal kehidupan rumah tangga karena adanya kerukunan dan keharmonisa.

Weton dan Watak Menurut Penafsiran Primbon Jawa

apa itu weton
Sumber: Kompas.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika weton juga bisa memberikan gambaran akan watak yang dimiliki oleh seseorang. Nah, dalam ulasan yang ada di bawah ini akan menjelaskan seputar watak dari setiap weton berdasarkan primbon Jawa.

Neptu Weton 7, Pendito Kang Lelaku

Karakter utama dari pemilik weton ini adalah seneng nglencer atau jika diartikan adalah senang bepergian jauh. Dimana pemilik weton ini tak akan bisa berdiam diri dalam kurun waktu lama pada satu tempat saja. Intinya mereka akan lebih suka berpindah tempat, baik itu dengan tujuan rekreasi semata atau mungkin yang berhubungan dengan pekerjaan.

Mereka juga disebut sebagai sosok pemalas dan sulit berkomunikasi dengan baik. Selasa wage adalah pemilik neptu weton ini.

Neptu Weton 8, Lakune Geni

Weton ini akan memberikan suatu gambaran sebagai karakter cilik kaitane dan gede pungkasane. Bisa diartikan jika pemiliknya cenderung memiliki sifat meledak-ledak dan kerap menimbulkan pertengkaran di sekitarnya. Pemilik neptu weton ini biasanya akan lahir pada selasa legi dan senin wage.

Neptu Weton 9, Lakune Angin

Watak dari neptu weton ini adalah gampang dielus pikirane atau bisa diartikan sebagai sosok yang mudah dipengaruhi oleh orang lain dan tak memiliki pendirian yang kuat. Mereka biasanya lahir pada senin legi dan minggu wage yang juga terkenal akan kelincahannya dan konon katanya kebal akan serangan santet.

Neptu Weton 10, Pendito Mbangun Teki

Pemilik weton ini biasanya akan lebih dikenal sebagai sosok gelem nuturi wong tapi gak gelem dituturi atau jika diartikan adalah sebagai pribadi yang cerdas dan tak mudah tersinggung dalam pergaulannya.

Neptu Weton 11, Lakune Setan

Mereka yang lahir pada neptu weton ini sangat tidak cocok jadi pemimpin. Hal ini karena mereka adalah sosok yang plin plan dan sulit untuk bisa menentukan pilihan.

Penutup

Itulah beberapa neptu weton dengan gambaran watak masing-masing menurut primbon Jawa. Sebenarnya masih ada neptu weton lainnya yang juga memberikan arti tersendiri.

Penjelasan di atas hanyalah sebagai bentuk penambah wawasan, percaya atau tidaknya adalah hak dari setiap pembaca.

Jika ingin mencari buku tentang berbagai macam buku tentang ramalan, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Sumber:

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi