in

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan dan Keutamaannya

Doa Ketika Turun Hujan – “Huh, hujan lagi, hujan lagi. Gimana mau beraktivitas jika hujan seperti ini.” Ucap Nana menggerutu karena pagi ini hujan. “Sudah, lebih baik kamu segera mandi, sarapan, kemudian berkemas-kemas untuk berangkat ke sekolah, daripada menggerutu terus, nanti kamu terlambat, ibu sudah siapkan sarapan kesukaan kamu, dan susu hangat yang akan menemani sarapan pagimu.” Sahut ibu menenangkan Nana, sambil mengusap kepala Nana yang sedang jengkel karena hujan.

Pagi ini hujan turun lebat sekali, membuat Nana malas untuk keluar dari kamar, namun Nana harus berangkat ke sekolah pagi ini, karena hari ini bukan hari libur. Meski cemberut, Nana tetap mengikuti apa yang dikatakan oleh ibunya. Memang, jika hujan turun, rasanya enggan untuk melakukan sesuatu, aktivitas yang nyaman dilakukan adalah rebahan di kamar.

Banyak orang merasa gelisah ketika hujan turun. Contohnya Nana pada penggalan cerita di atas. Ketika ia harus berangkat ke sekolah, tiba-tiba hujan turun dengan sangat deras. Hal ini tentunya menjadi hambatan bagi banyak orang yang harus melakukan kegiatan di luar rumah, apalagi jika harus cepat-cepat atau sedang terburu-buru, bahkan mungkin dalam keadaan mendesak seperti ke sekolah, rapat, ada janji bisnis, atau lain sebagainya.

Bahkan tidak jarang, menyalahkan, menggerutu, bahkan mengumpat hujan yang turun secara tiba-tiba. Tapi, Gramedians, sesunggungnya hujan adalah merupakan salah satu anugerah Allah yang diturunkan kepada umat manusia.

Dalil dan Keutamaan Berdoa Ketika Hujan

Yang perlu kalian ketahui, Gramedians, jika hujan turun, maka salah satu hal yang selalu dianjurkan dianjurkan kepada umat Islam adalah berdoa kepada Allah.

Bukan hanya berdoa karena hujan telah turun, tetapi Rasulullah juga berpesan, agar umat manusia juga memanfaatkan hujan sebagai peristiwa penting untuk memanjatkan doa. Mengapa demikian? Karena jika kita berdoa di kala hujan, rentang waktu ini merupakan saat-saat berdoa yang paling mustajab.

Bahkan beliau juga bersabda:

“Berdoalah di waktu mustajab, yaitu ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan.”
(Lihat Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr)

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Pesan Rasulullah ini termaktub dalam hadis yang dituliskan pada Surat Al-Baqarah 2:22

??????? ?????? ?????? ????????? ???????? ????????????? ???????? ????????? ???? ??????????? ?????? ?????????? ????? ???? ???????????? ??????? ???????? ????? ??????????? ??????? ????????? ????????? ???????????

“(Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui.”

Seperti apa sih doa ketika turun hujan?

Doa ketika Turun hujan

Meski tidak mudah melakukan, namun jika kita biasakan untuk bersyukur di kala turun hujan, maka hal ini akan menjadi suatu nikmat yang tiada tara bagi umat manusia, ketika diberi anugerah saat turun hujan.

Di dalam hadits yang telah diriwayatkan oleh Aisyah, Nabi Muhammad SAW selalu mengucap syukur ketika hujan turun dengan senantiasa mengucapkan:

“Allahumma shoyyiban nafi’an”

Artinya:
“Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”

Temukan berbagai doa keseharian lainnya yang juga bisa kamu ajarkan kepada anakmu melalui buku 50 Doa Harian Anak yang dilengkapi dengan ilustrasi menarik.

tombol beli buku

Doa ketika turun hujan lebat

Meski hujan turun dengan sangat lebat, namun tidak ada salahnya jika kita yang berada di bumi ini tetap mengucap syukur, atas apapun yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Meski hujan turun sangat lebat, kita juga tetap dapat memanjatkan doa seperti ini.

“Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.”

Artinya:

“Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa ketika turun hujan disertai dengan angin

Kadang hujan turun tidak sendirian, hujan turun bisa juga disertai oleh angin dan petir, Sehingga banyak orang merasa ketakutan. Apalagi jika kita mengingat bahwa Allah pernah menjadikan hujan sebagai hukuman bagi kaum Nabi Nuh yang durhaka. Kaum Nabi Nuh tidak mau mengikuti seruan Nabi Nuh untuk menyembah Allah. Maka seketika itu, Allah menenggelamkan mereka dengan air bah.

Maka, ketika hujan disertai angin datang menerpa, Rasulullah mengajarkan kaumnya untuk berdoa memohon perlindungan pada Allah.
Berikut ini adalah bacaan doa saat hujan turun disertai dengan angin kencang:

“Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih”

Artinya:

“Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

Doa ketika turun hujan disertai dengan petir

Ketika hujan turun disertai dengan petir, membuat suasana menjadi mencekam, selain suaranya yang memekakkan telinga, petir dapat menyambar kemana-mana. Hal ini dapat membuat takut banyak orang.
Sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa, kita selalu diingatkan dan dianjurkan untuk memanjatkan doa ketika turun hujan yang disertai dengan petir.

Bacaan doa saat hujan turun disertai petir adalah sebagai berikut:

“Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya:

“Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.”

Bahkan dikisahkan melalui Surat Al-Baqarah 2:19

???? ????????? ????? ??????????? ????? ????????? ???????? ???????? ??????????? ????????????? ???? ??????????? ????? ???????????? ?????? ?????????? ????????? ???????? ???????????????

Atau seperti (orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit, yang disertai kegelapan, petir dan kilat. Mereka menyumbat telinga dengan jari-jarinya, (menghindari) suara petir itu karena takut mati. Allah meliputi orang-orang yang kafir.

Nah, Gramedians, ternyata pada saat hujan turun, benar-benar menjadi waktu berdoa yang mustajab. Semua terbukti dari apa yang sudah tertulis di atas. Sebagai manusia beriman, sudah selayaknya kita bersyukur pada Allah SWT, termasuk saat hujan datang. Manfaatkan peristiwa ini sebagai sarana memanjatkan doa dengan perasaan tenang, senang, penuh syukur, dan penuh keikhlasan.

Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk mendoakan diri sendiri, istri, anak, kerabat, handai taulan, serta semua makhluk yang ada di bumi ini. Hujan tidak hanya membawa berkah bagi manusia dan hewan saja, tetapi juga bagi tumbuhan di sekitar. Air hujan dapat menjaga kesuburan tanah, dan meresap ke dalam tanah, menjadi air tanah yang dapat dipergunakan untuk menopang kehidupan.

Grameds juga dapat menemukan berbagai doa sehari-hari lainnya mulai dari bangun tidur hingga mau tidur lagi melalu Buku Saku Ampuh Sehari-Hari yang ada dibawah ini.

tombol beli buku

Hujan adalah Ramat dari Allah SWT

Hujan merupakan rahmat dan berkah bagi semua makhluk di dunia ini. Seperti difirmankan Allah melalui Surat Al-A’raf 7:57

?????? ??????? ???????? ?????????? ???????? ?????? ?????? ???????????? ???????? ?????? ????????? ???????? ???????? ????????? ???????? ???????? ???????????? ???? ????????? ????????????? ????? ??? ????? ????????????? ????????? ???????? ??????????? ??????????? ????????????

“Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, mendahului kedatangan rahmat-Nya (hujan), sehingga apabila angin itu membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu. Kemudian Kami tumbuhkan dengan hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.”

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu juga pernah berkata, “Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam. kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Setelah itu kami mengatakan, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.”

Yazid bin Al Hadi pernah berkata, apabila air yang deras mengalir, Nabi SAW mengatakan:
“Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan Allah sebagai alat untuk bersuci,” Kemudian kami bersuci dengan air tersebut dan memuji Allah Atas nikmat ini.

Nah itulah, Gramedians, alasan mengapa kita harus berdoa kala hujan. Dan sebaiknya kita juga berdoa setiap waktu, bukan hanya pada saat hujan saja. Setelah baca tulisan ini, semoga kalian tidak lagi dengan mudah mengumpat atau marah-marah saat turun hujan, ya.

Semoga hal ini dapat menjadi sebuah pembiasaan yang baik bagi umat manusia, lebih baik berdoa, daripada marah-marah. Jika kita mau memulai berdoa dari hal kecil, contohnya ketika hujan kita tetap memanjatkan doa, maka insyaallah akan selalu mendapat berkah dan anugerah di dunia, maupun di akhirat. Salam sehat selalu, jaga tambah imunmu dengan mempertebal imanmu.

Baca juga artikel yang lain berikut ini :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika