Manajemen

Pengertian Penelitian Pengembangan, Fungsi & Cirinya

Pengertian Penelitian Pengembangan, Fungsi & Cirinya 1
Written by Tasya Talitha

Pengertian Penelitian Pengembangan, Fungsi & Cirinya – Di dunia pendidikan, organisasi, atau juga perusahaan  istilah penelitian pengembangan atau Research and Development cukup akrab di telinga. Adanya divisi ini bertujuan untuk mendapatkan data secara ilmiah, di mana data ini digunakan untuk menghasilkan, mengembangkan dan memvalidasi produk.

Penelitian pengembangan dibangun sebagai dasar konstruksi model dan teori. Kalau kita membicarakan penelitian maka biasanya yang tergambar dalam benak adalah usaha untuk memecahkan masalah untuk menemukan fakta secara terorganisir.

Sementara pengembangan merupakan usaha untuk memperluas kemampuan teoritis, konseptual, dan moral sesuai dengan kebutuhan lewat latihan dan pendidikan. Penelitian pengembangan merupakan penelitian yang bertujuan untuk pengembangan, baik itu produk ataupun roda kegiatan.

Manajemen Penelitian Pengembangan: (Research&Development)

Manajemen Penelitian Pengembangan: (Research & Development)

Beli Buku di Gramedia

Daftar Isi

Pengertian Penelitian Pengembangan

Pengertian Penelitian Pengembangan, Fungsi & Cirinya 2

Sebelum langsung membahas penelitian pengembangan kita bahas terlebih dahulu tentang penelitian.

Pengertian Penelitian

Penelitian adalah cara pengamatan atau inkuiri serta memiliki tujuan untuk menemukan jawaban permasalahan untuk proses penemuan, baik itu discovery maupun invention.

Penelitian adalah sebuah usaha untuk menemukan dan memgembangkan serta menguji sejauh mana kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah.

Penelitian merupakan  suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan dengan cara sistematis dan logis untuk mencapai sebuah tujuan. Penelitian adalah usaha untuk melakukan  merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan, mengembangkan dan menguji teori

Pengertian Penelitian menurut para ahli:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Penelitian adalah pengumpulan, pengolahan, analisis, dan  penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip.

2. Sutrisno Hadi

Menurut Sutrisno Hadi penelitian adalah kegiatan atau usaha untuk mengisi kekosongan atau kekurangan, menggali lagi lebih jauh apa yang sudah ada,  melakukan pengembangan dan perluasan serta membuktikan kebenaran sesuatu yang kebenarannya masih meragukan.

Semisal ada teori yang sepertinya tidak relevan lagi dengan kondisi terkini maka lewat penelitian kita bisa membuktikan kembali teori tersebut.

3. Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto menyatakan bahwa  penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang berdasarkan analisis secara sistematis serta konstruksi yang dikerjakan secara sistematis, metodologis,  dan konsisten dengan tujuan mencari kebenaran. Di mana kebenaran merupakan suatu manifestasi hasrat manusia untuk mengetahui apa yang sedang dihadapinya.

Jadi, kegiatan penelitian adalah kegiatan penuh perhitungan guna mencari kebenaran. Penelitian tak bisa sembarangan karena bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah sebuah teori dengan sistematis.

4. Sanapiah Faisal

Menurut Sanapiah Faisal penelitian merupakan aktivitas  yang dilakukan untuk menelaah suatu masalah.

banner-promo-gramedia

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah secara sistematis untuk mendapatkan pengetahuan baru yang selanjutnya pengetahuan baru itu dapat dipercaya kebenarannya entah tentang ilmu alam maupun ilmu sosial.

Penelitian tak selalu ilmu alam. Ilmu sosial pun juga sama sering memerlukan kegiatan penelitian. Hanya saja mungkin cara pengambilan dan pengolahan datanya yang berbeda.

5. Donald Ary

Donald Ary memiliki pendapat bahwa, penelitian merupakan sebuah penerapan dari pendekatan ilmiah dalam  suatu pengkajian masalah untuk  mendapatkan  informasi yang berguna dan mendapatkan  hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.

Lewat penelitian, kita akan memperoleh informasi yang dibutuhkan dan teruji karena dikerjakan melalui pendekatan ilmiah.

6. Tyrus Hilway

Menurut Tyrus Hillway, penelitian adalah suatu metode pembelajaran yang sifatnya mendalam di mana metode ini penuh dengan kehati-hatian dari segala bentuk fakta yang bisa dipercaya atas suatu masalah agar bisa ditemukan pemecahannya.

Melakukan penelitian tak bisa sembarangan. Perlu perhitungan yang tepat agar hasilnya tidak meleset dan dapat dipertanggung jawabkan.

BUKU PINTAR HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT Praktik Singkat Divisi Sumber Daya Manusia

BUKU PINTAR HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT Praktik Singkat Divisi Sumber Daya Manusia

Beli Buku di Gramedia
Pengertian Pengembangan

Pengembangan merupakan sebuah proses yang dapat menghasilkan pertumbuhan, kemajuan, perubahan positif atau peningkatan jumlah komponen fisik, ekonomi, lingkungan, sosial dan demografis.

Proses pengembangan mutlak dibutuhkan untuk mencapai kondisi yang lebih baik. Setiap perusahaan atau lembaga pendidikan berusaha melakukan pengembangan rutin.

Berikut ini beberapa pendapat ahli tentang pengembangan:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengembangan adalah proses, cara, perbuatan untuk mengembangkan.

2. Merriam Webster

Pengembangan merupakan tindakan, proses,  atau hasil dari pengembangan dan ide baru. Lewat pengembangan ide baru bisa ditemukan. Ide baru tersebut diharapkan lebih baik dari sebelumnya.

3. Cambridge Dictionary

Pengembangan adalah  proses di mana seseorang atau sesuatu tumbuh atau berubah dan menjadi lebih maju. Setiap manusia semestinya mengalami perkembangan. Dari tidak bisa menjadi bisa. Dari biasa saja menjadi istimewa.

4. Seels and Riches

Pengembangan adalah proses menerjemahkan atau menjabarkan spesifikasi   rancangan ke dalam  bentuk  fitur  fisik. Ketika kita akan menerjemahkan detail rancangan maka penggambarannya dalam bentuk fisik.

5. R. Wayne Mondy and Robert M.Noe

Pengembangan adalah proses pembelajaran yang sudah dimulai dari sekarang tugas saat ini dan  fokus untuk jangka panjang yang lebih.

Jadi proses pengembangan itu tidak dalam waktu singkat sehari sebulan atau setahun namun bisa jadi puluhan tahun agar sempurna. Seperti pabrik mie instan yang sudah ternama, puluhan tahun berdiro perusahaan itu berusaha terus mwngembangkan produk yang mampu diterima oleh semua kalangan di setiap jamannya.

Maka varian rasa produk baru terus diciptakan guna tetap eksis di masyarakat. Dari semula rasanya hanya ayam bawang, lalu bertambah jadi rendang, kini  bertambah rasa lagi jadi varian spaghetti dan mie korea.

6. H.Malayu S.P. Hasibuan

Pengembangan adalah  suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau jabatan lewat pendidikan dan pelatihan.

Setiap perusahaan yang menginginkan memiliki karyawan yang bermutu akan berusaha melakukan pengembangan.

Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia

Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia

Beli Buku di Gramedia
Pengertian Penelitian dan Pengembangan

Nah, jika tadi di atas pengertian penelitian dan pengembangan secara terpisah, maka bagaimana pengertian penelitian pengembangan secara bersama? Berikut pengertian penelitian pengembangan menurut para ahli.

banner-promo-gramedia

1. Borg dan Gall (1889)

Penelitian pengembangan pendidikan adalah suatu proses yang dipakai untuknmengembangkan dan menvalidasi produk pendidikan. Cara ini jelas dibutuhkan oleh setiap lembaga pendidikan atau juga perusahaan guna mendapatkan kemajuan.

2. Gay (1990)

Pengembangan penelitian adalah upaya untuk memgembangkan suatu produk yang efektif dan berbentuk bahan bahan pembelajaran, media, strategi pembelajaran, untuk digunakan di sekolah dan bukan untuk menguji teori.

Pendidikan membutuhkan produk yang bisa membantu proses pembelajaran. Lewat penelitian pengembangan harapan ini bisa dipenuhi.

3. Van Den Akker and Plomp (1993)

Penelitian pengembangan adalah pengembangan model atau prototype produk serta penyusunan saran-saran metodologi untuk perancangan dan evaluasi model atau prototype produk.

Kebutuhan akan prototype baru yang lebih baik membuat penelitian pengembangan menjadi hal yang dibutuhkan

4. Seels and Richey (1994)

Penelitian pengembangam adalah suatu analisis sistematik terhadal perancangan, pemgembangan dan evaluasi , proses dan produk pembelajaran yang harus memenuhi kriteria efektivitas, validitas, serta kepraktisan.

 5. Richey dan Klein (2007)

Penelitian pengembangan adalah proses penerjemahan spesifikasi rancangan ke dalam bentuk nyata/ fisik yang berkaitan dengan rancangan belajar sistematik, pengembangan dan evaluasi dikerjakan dengan tujuan menetapkan dasar ilmiah untuk membuat produk pembelajaran dan non pembelajaran yang baru atau model peningkatan pengembangan yang telah ada.

6. Sugiyono (2011)

Penelitian pengembangan adalah suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektifitas produk tersebut. Penelitian pengembangan yang paling umum adalah yang melibatkan situasi di mana dilakukan  pengembangan produk, kemudian ada analisis setelah itu dijelaskan. Sebagai penutup produk akhir dievaluasi.

Selain itu, ada juga tipe kedua dari penelitian pengembangan.Tipe ini lebih berfokus pada dampak produk pada pelajar atau organisasi. Ada juga  jenis studi ketiga yang lebih fokus  pada analisis umum pengembangan desain atau proses evaluasi secara utuh  atau sebagai elemen.

Perbedaan mendasar harus dibuat antara laporan penelitian pengembangan aktual (praktik) dan deskripsi desain dan model prosedur pengembangan (teori).

Meskipun sering di salah pahami, penelitian pengembangan telah banyak berkontribusi pada pertumbuhan bidang secara keseluruhan, sering berfungsi sebagai dasar untuk model konstruksi dan berteori. Nah bagaimana bisa memahami penelitian pengembangan seperti apa dari uraian lengkap penelitian pengembangan?

Fungsi Penelitian Pengembangan

Sebenarnya untuk apa kita melakukan penelitian pengembangan? Memangnya apa fungsi dari penelitian pengembangan itu? Nah, ini dia fungsi-fungsi penelitian pengembangan.

1. Memberikan pengetahuan dan wawasan yang kuat.

Penelitian pengembangan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang kuat untuk keberlangsungan kegiatan produksi. Fungsi ini jelas sangat penting dalam hal kegiatan produksi.

2. Peningkatan proses.

Melalui penelitian pemgembangan diharapkan mendapat metode yang lebih efisien untuk meningkatkan produksi. Produksi meningkat diharapkan bisa memperbesar pemasukan dari penjualan.

3. Mengatur biaya produksi.

banner-promo-gramedia

Jika biaya produksi selama ini dianggap terlalu besar  maka penelitian pengembangan bisa membantu memberikan pembiayaan baru yang diharapkan lebih murah sehingga biaya produksi bisa ditekan.

4. Mengembangkan produk dan layanan baru.

Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan akan selalu terjadi. Ketika suatu perusahaan memiliki produk yang semula laku dipasaran kemudian turun karena ada produk sangam maka perlu dikembangkan produk atau layanan baru yang bisa bersaing dengan produk lain. Disinilah fungsi penelitian pengembangan memegang peranan penting.

5. Mendeskripsikan serta memberikan data dan informasi.

Penelitian pengembangan dibutuhkan karena mampu memberikan data yang dibutuhkan beserta informasi yang memang sedang dicari. Tanpa data maka perusahaan bisa mati gaya. Pasar yang ada tidak bisa ditebak begitu saja.

6. Penghubung atau pemutus.

kesenjangan antara penelitian dasar dengan penelitian terapan. Jika sebelumnya sudah ada penelitian, maka penelitian pengembangan ini bisa jadi menghentikan penelitian sebelumnya jika dirasa tidak relevan, atau meneruskan lagi penelitian selanjutnya.

7. Menyempurnakan produk yang sudah ada.

Seiring perkembangan zaman maka kebutuhan konsumen akan barang yang dihasilkan berubah. Maka perusahaan perlu menyempurnakan produk yang sudah ada. Seperti halnya ponsel yang semula hanya berguna untuk komunikasi saja seiring perkembangan jaman perlu kemampuan lain untuk melengkapi kemampuan ponsel yang ada.

Penyempurnaan produk itu didapat dari penelitian pengembangan. Dari semula hanya untuk kinikasi, bertambah lagi untuk selfie lalu terus dilengkapi dengan memori mumpuni agar kuat dipakai aktivitas media sosial.dan aplikasi.

8. Mengembangkan suatu produk yang efektif.

Produk yang efektif akan dikejar oleh konsumen. Produk bagus menurut perusahaan tapi biasa aja di mata konsumen ya buat apa. Penelitian pengembangan berfungsi untuk menemukan suatu produk yang efektif

9. Mengembangkan dan memvalidasi produk.

Agar produk lebih berkualitas maka penelitian berfungsi untuk mengembangkan sekaligus memvalidasi produk.

10. Evaluasi produk.

Setiap kali produk baru dilempar ke pasaran maka penelitian pengembangan akan mengevaluasi produk tersebut ketika sampai di tangan konsumen. Hal ini penting untuk mendapatkan gambaran respon konsumen sebagai bahan evaluasi produk.

Manajemen Produksi

Manajemen Produksi

Beli Buku di Gramedia
Ciri-Ciri Penelitian Pengembangan

Tidak semua penelitian itu merupakan penelitian pengembangan, ini dia ciri-ciri yang ada dalam penelitian pengembangan:

1. Ada pembelajaran dari hasil penelitian untuk dikembangkan

Pada penelitian ini dilakukan kegiatan guna mencari  temuan-temuan penelitian berkaitan dengan produk  yang akan dikembangkan. Perusahaan tidak boleh puas begitu saja dengan hasil yang sudah dibuat melainkan terus dipelajari agar terus bisa melakukan pengembangan.

2. Adanya pengembangan basis produk berdasarkan temuan

Setelah melakukan penelitian akan didapatkan Temuan penelitian, dimana temuan ini akan digunakan untuk mengembangkan produk yang ada.

3. Dilakukan pengujian lapangan 

Pada penelitian pengenbangan dilakukan pengujian lapangan karena ada  pengaturan di mana produk tersebut akan digunakan selamanya  Setelah produk dilepas, kemudian diadakan uji lapangan dalam situasi senyatanya dimana produk tersebut nantinya digunakan.

4. Ada revisi untuk memperbaiki kekurangan

Dilakukan revisi pada kekurangan yang ditemukan dalam tahap uji lapangan tentu harus diperbaiki.

Setelah dilakukan uji lapangan, digelar juga  revisi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam tahap-tahap uji lapangan. Dengan demikian, hasilnya semakin lama semakin sempurna.

Ciri-Ciri Penelitian Pengembangan dalam Dunia Pendidikan

Selain dalam dunia perusahaan, penelitian pengembangan juga ada dalam dunia pendidikan. Penelitian pengembangan dalam dunia pendidikan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan

Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan

Beli Buku di Gramedia
Pemecahan masalah 

Pemecahan masalah yang dilakukan berkaitan dengan usaha inovasi atau ada penerapan teknologi dalam pembelajaran. Masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian pengembangan adalah  masalah yang real di lapangan  berkaitan dengan  upaya inovatif atau usaha menerapkan teknologi pada kegiatan pembelajaran sebagai pertanggungjawaban profesional dan komitmen peneliti terhadap pemerolehan kualitas pembelajaran.

Penelitian yang dilakukan mendukung keefektifan pencapaian kompetensi peserta didik

Ada pengembangan model, pendekatan dan metode pembelajaran serta media belajar untuk menunjang keefektifan pencapaian kompetensi peserta didik. Apapun yang disiapkan semata untuk mendukung proses pembelajaran demi mencapai kompetensi peserta didik yang maksimal.

Ada uji ahli serta uji coba lapangan dalam ruang lingkup terbatas

Produk yang dikembangkan mestilah divalidasi oleh uji ahli, dan uji coba lapangan terbatas supaya produk yang dihasilkan dapat memberikan manfaat untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Proses pengembangan, validasi, dan uji coba lapangan tersebut semestinya   dideskripsikan secara jelas dan gamblang , supaya dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. Hal ini tentu menjadi penting adanya

Ada dokumentasi dan pelaporan

Ciri penelitian pengembangan di dunia pendidikan adalah adanya dokumentasi Proses perkembangan model, pendekatan, modul, dan media pembelajaran. Pembuatan  dokumentasi ini secara rapi dan dilaporkan secara sistematis berdasarkan kaidah penulisan yang mencerminkan orisinalitas.

Orisinalitas menjadi hal penting dalam penelitian pengembangan. Orisinalitas sebenarnya ada kaitanya dengan kejujuran yang notabene berhubungan dengan moral. Pendidikan membutuhkan moral yang baik agar dapat mencetak generasi berkualitas .

Itulah pembahasan tentang penelitian pengembangan yang biasanya wajib dilakukan oleh setiap perusahaan agar dapat memberikan wawasan untuk karyawan, meningkatkan proses, mengatur biaya produksi agar lebih efisien, mengembangkan produk atau layanan baru, dan lain-lain.

Untuk menambah pemahaman lagi tentang penelitian pengembangan di suatu perusahaan, Grameds bisa mendapatkan buku-buku pilihan di www.gramedia.com. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kamu yang ingin menambah wawasan. Semoga Bermanfaat!

Penulis: Irma

Materi & Buku Terkait Manajemen Operasional

1. Buku Terkait 2. Materi Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien