in

Perjalanan Karir Im Yoona SNSD, Sang Visual Legendaris K-Pop

https://girls-generation.fandom.com/
Yoona SNSD
https://girls-generation.fandom.com/

Yoona SNSD – Hayo, siapa yang mengikuti serial drakor Big Mouth pada tahun 2022 silam? Pasti Grameds tidak asing dong dengan sosok pentingnya Ko Mi Ho selaku istri Park Chang Ho yang selalu berupaya membersihkan nama baik suaminya dari tuduhan negatif publik. Nah, banyak orang yang kaget saat mengetahui fakta bahwa Ko Mi Ho yang diperankan oleh Im Yoona ini ternyata merupakan salah satu member girl group legendaris SNSD.

Bagi penggemar K-Pop sejak baheula, pasti tahu bagaimana seluk-beluk kehidupan Yoona SNSD yang telah dikenal sebagai ‘The Queen of Visual’ di industri musik K-Pop.

Saking legendarisnya, publik dan para idol K-Pop rookie pun hingga detik ini masih mengagumi visual dari Yoona SNSD yang seolah tidak tergantikan oleh siapapun.

Ditambah lagi, Yoona SNSD jarang tersandung skandal kontroversial apapun sehingga membuatnya sering dijadikan role-model oleh banyak idol rookie.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Yoona SNSD yang sering dielu-elukan sebagai ‘Nation’s Ideal Type’ ini? Apa saja pula fakta-fakta menarik seputar Yoona SNSD yang tidak boleh dilewatkan oleh fandom SONE? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Yoona SNSD

Yoona SNSD
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Im Yoo Na
  • Nama Panggung: Yoona
  • Tanggal Lahir: 30 Mei 1990
  • Zodiak: Gemini
  • Tinggi Badan: 168 cm
  • Golongan Darah: B
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: NeungGok High School, Dongguk University
  • Masa Pelatihan: 5 tahun 11 bulan
  • Sub-unit: Girls’ Generation Oh!GG
  • Akun Instagram: @yoona__lim
  • Channel Youtube: limyoona__official

Perjalanan Karir Yoona SNSD

Yoona SNSD lahir dengan nama asli Im Yoon Ah pada 30 Mei 1990 di Seoul. Namanya dikenal sebagai salah satu member SNSD dan aktris populer yang telah membintangi deretan serial drama ternama. Keluarganya terdiri atas ayah dan seorang kakak perempuan bernama Im Yeon Jeong yang berusia 5 tahun lebih tua.

Meskipun telah menjadi idol K-Pop sekaligus selebriti ternama, Yoona tentunya tidak melupakan pendidikannya. Setelah lulus dari Daeyoung High School 2009, dirinya meneruskan berkuliah di Dongguk University pada jurusan teater dan berhasil lulus pada Februari 2015 lalu.

2002: Mengikuti Audisi SM Entertainment

Pada tahun 2002 menjadi waktu dimana Yoona mengikuti audisi pertamanya di SM Entertainment melalui SM Saturday Open Casting Audition dan berhasil diterima. Setelah itu, Yoona mulai menjalani masa pelatihan selama 5 tahun dengan belajar bernyanyi, menari, dan akting.

Sebenarnya, pihak agensi sudah merencanakan bahwa Yoona akan didebutkan sebagai aktris. Namun setelah melihat betapa luwesnya tarian Yoona, maka pihak agensi pun menariknya untuk debut bersama member SNSD lainnya.  Sebelum debut bersama SNSD, Yoona telah berulang kali tampil di MV maupun iklan komersial, salah satunya adalah MV milik TVXQ berjudul “Magic Castle” pada tahun 2004.

2007: Berhasil Debut Bersama SNSD

Yoona SNSD
https://girls-generation.fandom.com/

Setelah menjalani masa pelatihan selama kurang lebih 5 tahun 11 bulan, akhirnya Yoona berhasil debut bersama SNSD sebagai lead dancer, sub vocal, sekaligus center pada Agustus 2007. Lagu debut mereka berjudul “Into The New World” yang hingga saat ini masih sering ditampilkan kembali oleh para idol K-Pop rookie karena mereka begitu menghargai SNSD sebagai legenda di dunia K-Pop.

Tepatnya pada 5 Agustus menjadi waktu dimana Yoona bersama para member SNSD lainnya resmi debut di Inkigayo SBS dengan membawakan lagu “Into The New World”. SNSD turut merilis album studio debut yang berjudul “Girls’ Generation”.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Pada 7 Januari 2009, SNSD merilis extended-play [EP] berjudul “Gee” yang kemudian meraih peringkat nomor 1 di acara musik Music Bank SBS dan memecahkan rekor kemenangan selama 9 minggu berturut-turut. Setelah itu, lagu-lagu comeback SNSD selalu menempati posisi puncak di tangga lagu Korea maupun luar negeri.

Pada 17 Mei 2022 silam, barulah SM Entertainment menyatakan bahwa SNSD akan comeback dengan formasi lengkap yakni 8 member sekaligus sebagai peringatan ulang tahun grup ke-15.

Comeback dengan lagu “Forever 1” ini juga menjadi mengakhiri hiatus grup SNSD selama 5 tahun lamanya. Meskipun ke-8 member SNSD sering berlalu-lalang di industri hiburan Korea Selatan, tetapi saat itu mereka tidak berpromosi sebagai grup, melainkan sebagai soloist atau artist individu.

FYI, sebenarnya member SNSD itu ada 9 orang tetapi pada tahun 2015, Jessica Jung menyatakan bahwa dirinya hengkang dari grup.

2008: Debut Sebagai Aktris

Yoona SNSD
https://asianwiki.com/

Dapat dikatakan bahwa Yoona menjadi member SNSD pertama yang melebarkan karirnya di dunia akting. Di tahun yang sama setelah debutnya bersama SNSD pun, Yoona menjadi cameo di serial drama Two Outs in The Ninth Inning.

Barulah pada tahun 2008, Yoona ditunjuk untuk turun berperan dalam serial drama di saluran MBC berjudul Woman of Matchless Beauty dan kemampuan aktingnya dipuji oleh aktris veteran Bae Jong Ok. Padahal saat itu, Yoona hanya “sebatas” menjadi cameo saja.

Setelah itu, Yoona berhasil mendapatkan peran utama pertamanya dalam serial drama berjudul You Are My Destiny. Serial drama tersebut langsung melejit dengan rating sejumlah 41,5%! Yoona menganggap bahwa perannya sebagai Jang Sae Byuk dalam serial drama You Are My Destiny adalah titik baliknya dalam karir di dunia akting.

Tidak hanya itu saja, Yoona bahkan berhasil memenangkan penghargaan ‘Best New Actress’ di acara KBS Drama Awards 2008 dan Baeksang Arts Awards 45th.

Pada Maret 2012, Yoona terpilih untuk membintangi serial drama bersama Jang Geun Suk berjudul Love Rain di saluran KBS2. Serial drama tersebut bergenre fantasy-romance yang menceritakan tentang pasangan di tahun 1970-an bertemu kembali di era modern, sehingga Yoona pun harus memerankan 2 karakter.

Sayangnya, serial drama tersebut mencetak rating yang rendah, tetapi akting Yoona tetap mendapatkan ulasan positif.

Pada Desember 2013, Yoona mendapatkan peran utama untuk serial drama bergenre comedy-romance berjudul Prime Minister & I di saluran KBS2. Serial drama tersebut menceritakan tentang seorang reporter muda bernama Nam Da Jung yang jatuh cinta dengan perdana menteri.

Lagi-lagi, serial drama tersebut mendapatkan rating rendah tetapi pujian publik terhadap akting Yoona terus mengalir. Dirinya bahkan memenangkan penghargaan ‘Excellence Award’ dalam KBS Drama Awards 2013 untuk peran Nam Da Jung tersebut.

Pada April 2016, Yoona didapuk untuk debut di serial drama China berjudul God of War yang merupakan adaptasi dari novel berjudul Romance of The Three Kingdoms.

Meskipun rating serial drama tersebut adalah 2% saja, tetapi hal tersebut merupakan kesuksesan besar di industri perfilman China, mengingat populasinya yang juga besar. Menyusul kesuksesan tersebut, pada Agustus 2016, Yoona merilis mini album digital Tiongkok berjudul Blossom.

Yoona SNSD
https://asianwiki.com/

Pada September 2016, Yoona membintangi serial drama bergenre action thriller bersama aktor ternama Ji Chang Wook berjudul The K2.

Yoona mendapatkan pujian atas aktingnya karena berhasil “menantang” dirinya sendiri untuk memerankan karakter yang lebih berani. Serial drama The K2 tersebut juga meraih rating tinggi karena publik begitu menyukai chemistry antar keduanya.

2013: Dikonfirmasi Pacaran Dengan Lee Seung Gi

Yoona SNSD
https://www.koreaboo.com/

Pada September 2013, Yoona SNSD dikonfirmasi oleh agensi bahwa dirinya tengah berpacaran dengan aktor Lee Seung Gi. Media Dispatch merilis berita eksklusif mereka tentang kencan Yoona SNSD dengan Lee Seung Gi.

Lucunya, pada saat Lee Seung Gi menjadi MC di acara Strong Heart, dirinya mengakui bahwa tipe gadis idamannya adalah Yoona. Sejak itulah publik telah memperkirakan bahwa keduanya akan langgeng hingga di pelaminan. Sayangnya setelah 2 tahun menjalin hubungan, tepatnya pada Agustus 2015, keduanya mengkonfirmasi bahwa telah putus secara baik-baik.

FYI, pada 7 April 2023 silam, Lee Seung Gi diberitakan telah menikah dengan aktris Lee Da In dan acara pernikahannya dihadiri begitu banyak selebriti papan atas.

2016: Resmi Debut Solo

Yoona SNSD
https://en.wikipedia.org/

Pada Maret 2016, pihak SM Entertainment merilis pernyataan bahwa Yoona SNSD akan resmi debut solo dengan lagu berjudul “Deoksugung Stonewall Walkway” yang merupakan kolaborasi dengan band indie 10cm sekaligus proyek dari SM Station. Lagu tersebut berhasil mendapatkan peringkat ke-24 di Gaon Digital Chart.

Berhubung Yoona lebih fokus pada karirnya sebagai aktris, sehingga dirinya pun jarang comeback sebagai solois seperti member SNSD lainnya. Terhitung setelah debut resminya sebagai solois, Yoona ‘hanya’ comeback selama 3 kali saja.

Pada Mei 2019, untuk merayakan hari ulang tahunnya, Yoona pun merilis extended play [EP] untuk lagu solonya berjudul “A Walk To Remember” dan berhasil meraih album tercepat yang terjual.

2017: Debut Sebagai Aktris Layar Lebar

Yoona SNSD
https://www.soompi.com/

Pada Januari 2017, Yoona dikonfirmasi akan debut sebagai aktris layar lebar dalam film bergenre action-comedy berjudul Confidential Assignment bersama aktor-aktor legendaris seperti Hyun Bin dan Yoo Hae Jin.

Kemampuan aktingnya tersebut membuat Yoona berhasil memenangkan beberapa penghargaan seperti ‘AFA Next Generation Award’ di Asian Film Awards dan ‘Newcomer Award’ di Korean Film Shining Star Awards.

Lalu pada Juli 2019, Yoona membintangi film bergenre action-disaster berjudul Exit bersama aktor Jo Jung Suk. Film tersebut menjadi populer dan laris di kalangan penonton Korea Selatan yang telah ditonton lebih dari 9 juta penonton. Melalui film Exit tersebut, Yoona berhasil masuk dalam nominasi ‘Best Actress’ dalam acara penghargaan Blue Dragon dan Chunsa Film.

2018: Bergabung Dengan Subunit ‘Oh!GG’

Yoona SNSD
https://girls-generation.fandom.com/

Selagi Yoona turut melebarkan karirnya sebagai aktris, dirinya pun diumumkan menjadi bagian dari sub-unit kedua SNSD yakni Oh!GG bersama Taeyeon, Sunny, Yuri, dan Hyoyeon. Sub-unit debut secara resmi pada September 2018 dengan merilis single “Lil’ Touch”.

FYI, sebenarnya lagu “Lil’ Touch” ini akan diberikan sebagai lagu debut Yuri sebagai soloist, tetapi kemudian pihak agensi menyatakan bahwa lagu ini cocok dibawakan sebagai grup yakni Oh!GG.

Pada Desember 2021, sub-unit Oh!GG turut berpartisipasi dalam album musim dingin SMTown bertajuk ‘2021 Winter SMTown: SMCU Express’ dan turut hadir dalam konser online SMTown yang diadakan di awal tahun 2022.

Di tahun yang sama, Yoona juga turut menjadi member tetap untuk variety show Hyori’s Homestay season 2 sebagai pembantu. Konsep acara tersebut adalah penyanyi Lee Hyori bersama beberapa pekerjanya akan melayani para pengunjung dalam rumah homestay miliknya. Selain Yoona, ada juga Park Bogum yang turut menjadi pekerja part-time dalam homestay tersebut.

35 Fakta Menarik Seputar Yoona SNSD

https://girls-generation.fandom.com/
  1. Yoona SNSD lahir dengan nama asli Im Yoona di Seoul, Korea Selatan pada 30 Mei 1990.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah dan seorang kakak perempuan bernama Im Yeon Jeong.
  3. Yoona mengikuti audisi SM Saturday Open Casting pada tahun 2002 dan kemudian menjalani masa pelatihan selama 5 tahun sebelum akhirnya debut bersama SNSD.
  4. Sebelum debut, tepatnya pada 2005, Yoona pernah muncul di MV milik seniornya TVXQ berjudul “Magic Castle”.
  5. Di grup SNSD, Yoona bertanggung jawab atas posisi lead dancer, sub vocal, sekaligus center.
  6. Pada tahun 2007, Yoona SNSD melebarkan karirnya di dunia akting sebagai cameo untuk serial drama Two Outs In The Ninth Inning.
  7. Pada tahun 2017, akhirnya Yoona berhasil debut sebagai aktris layar lebar lewat film Confidential Assignment bersama aktor legendaris Hyun Bin.
  8. Publik sering menjuluki Yoona sebagai ‘Ratu CF’ karena sering mendapatkan proyek bintang iklan komersial alias brand ambassador. Setiap produk yang dipromosikan oleh Yoona pasti akan selalu laku terjual habis.
  9. Pada tahun 2014, Yoona didapuk sebagai duta UNICEF untuk mempromosikan  kampanye UNIHERO yang mengajak orang-orang untuk menjadi pahlawan bagi anak-anak di seluruh dunia.
  10. Pada tahun 2019, Yoona turut ditunjuk sebagai ‘Korea Tourism Organization’ oleh pihak  Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.
  11. Pada tahun 2013, Yoona dikonfirmasi tengah menjalani hubungan dengan aktor Lee Seung Gi. Dua tahun kemudian, keduanya menyatakan telah mengakhiri hubungan secara baik-baik.
  12. Yoona bertanggung jawab sebagai leader di sub unit Girls’ Generation: Oh!GG.
  13. Yoona SNSD menjadi idol K-Pop pertama yang menjadi brand ambassador brand kosmetik terkenal Innisfree.
  14. Yoona memiliki kebiasaan makan sereal sebelum tidur. Dirinya juga sering makan snack saat tengah malam dan dijuluki sebagai ‘SNSD’s queen of Midnight Snacking’ oleh para penggemarnya.
  15. Saat masih awal-awal debut, Yoona selalu bertugas mencuci piring di dorm SNSD.
  16. Saat menjalani masa pelatihan di SM Entertainment, seharusnya Yoona akan didebutkan sebagai aktris. Namun tariannya begitu luwes sehingga dirinya ditarik sebagai member SNSD.
  17. Yoona SNSD berhasil menggaet banyak penggemar dari kalangan ibu-ibu muda dan nenek-nenek setelah tampil di serial drama You Are My Destiny pada tahun 2008.
  18. Dari para member SNSD, Yoona memiliki penggemar paling banyak berasal dari kalangan selebriti pria.
  19. Yoona mengaku bahwa jika tidak menjadi seorang penyanyi, dirinya memilih bekerja sebagai koki karena suka memasak.
  20. Yoona juga mengaku bahwa dirinya lebih percaya diri ketika menari dan berakting daripada bernyanyi.
  21. Yoona telah merilis single solo pertamanya berjudul “When The Wind” pada tahun 2017 lewat SM Station.
  22. Pada Desember 2019 silam, Yoona berhasil mencapai tingkat menengah (intermediate level) pada bahasa Mandarin.
  23. Warna favorit: ungu dan biru
  24. Hobi: menonton film dan mendengarkan musik.
  25. Hingga detik ini, Yoona SNSD masih dianggap sebagai salah satu idol K-Pop tercantik.
  26. Bersama dengan juniornya di agensi yang sama, Irene RED VELVET, keduanya dijuluki sebagai ‘Korean Emma Watson’.
  27. Sebenarnya, Yoona adalah member SNSD yang sering makan tetapi tubuhnya tidak mudah gemuk. Hal ini sering membuat iri para member SNSD lainnya.
  28. Dari seluruh member SNSD, Yoona adalah member paling populer.
  29. Menurut Yoona sendiri, bagian tubuhnya yang paling cantik adalah matanya.
  30. Tipe idolanya adalah Kimura Takuya, seorang penyanyi idol asal Jepang.
  31. Menurut Hyoyeon, walaupun Yoona terlihat begitu pendiam dan sulit didekati, tetapi justru dirinya adalah salah satu member SNSD yang paling ramah.
  32. Yoona selalu mendapatkan banyak suara untuk polling online sebagai member SNSD paling populer di Korea, Jepang, dan Taiwan.
  33. Banyak idol K-Pop pria, selebriti, komedian, hingga atlet memilih Yoona sebagai tipe wanita idaman mereka.
  34. Yoona dikenal sebagai selebriti yang peduli dengan stafnya. Hal tersebut terbukti dengan seringnya Yoona membagikan vitamin kepada para staf serial drama Love Rain.
  35. Para member HIGHLIGHT, Jay Park, dan solois Jo Kwon pernah terang-terangan memilih Yoona sebagai tipe gadis idamannya.

Demikian pembahasan seputar Yoona SNSD, semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kalian, Grameds. 

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Nah, Grameds ingin tahu lebih banyak seputar K-pop lewat buku? Tenang, gramedia.com memiliki beberapa rekomendasi buku terkait, apa saja rekomendasinya? Simak rekomendasi bukunya di bawah ini, ya. 

6 Rekomendasi Buku Terkait

1. The Ultimate History of Girls’ Generation

Memiliki anggota yang cukup banyak yaitu, 8 anggota, SNSD memiliki citranya sendiri dan kekhasan dalam menampilkan setiap lagu-lagunya. Bahkan beberapa waktu lalu, SNSD juga mendapatkan pujian dari netizen Korea, karena penampilan mereka dinilai sangat profesional dan unik.

Bahkan, sampai sekarang posisi Girls’ Generation sebagai girlband papan atas Korea masih belum tergusur lho. Wih keren banget yah! BTW kalian penasaran dan mau tahu alasannya? Yuk, buka dulu The Ultimate History of Girls’ Generation yang bahas tuntas perjalanan karir mereka dari awal hingga mencapai satu dekade ini!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 512 / 693
  • Belum
    18% 128 / 693
  • Masukkan keranjang
    7% 53 / 693

2. Girls’ Generation

Girls’ Generation menjadi terkenal di awal karir mereka dengan lagu-lagu seperti “Into the New World” dan “Kissing You,” tetapi baru pada tahun 2009 mereka mendapatkan popularitas besar di Korea Selatan dengan single mereka “Gee.” yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan.

Dalam lima tahun, grup ini telah menjual total 4,4 juta album dan 30 juta single digital. Popularitas besar mereka di Korea Selatan membuat mereka mendapatkan gelar ‘Penyanyi Bangsa’ dan ‘Grup Gadis Bangsa’. Jurnal lainnya menyebut grup tersebut sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai girl grup pertama dalam sejarah yang masuk dalam daftar tersebut. Forbes juga menobatkan grup Korea Selatan sebagai ‘Penghibur Paling Berpengaruh’ tahun 2011.

3. Play With Super Junior

Siapa sih yang enggak tahu Super Junior? Grup legendaris dengan julukan “The King of Hallyu Wave” ini berkontribusi besar dalam menyebarkan virus Kpop ke seluruh dunia. Lagu-lagu hit mereka seperti “Sorry Sorry”, “Bonamana”, dan “Mr Simple” jadi lagu-lagu sepanjang masa yang super populer dan sukses menarik perhatian publik yang awalnya belum kenal sama K-pop. Dan sampai saat ini, Super Junior masih menunjukkan eksistensi mereka yang luar biasa di dunia hiburan.

Yuk, ikuti perjalanan Super Junior hingga sukses seperti sekarang! Dijamin kalian para K-popers semakin jatuh cinta deh! Ada bonus poster Oppa-Oppa juga, lho. So, are you ready “PLAY with Super Junior”?

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 512 / 693
  • Belum
    18% 128 / 693
  • Masukkan keranjang
    7% 53 / 693

4. The Perfect Red Velvet

Eiits, jangan salah ya, Red Velvet disini bukan nama kue lho! Red Velvet adalah group persembahan SM Entertainment yang saat ini lagi naik daun. Red Velvet adalah grup yang punya dua sisi berbeda dalam musik mereka. Group ini digawangi oleh lima cewek cantik, Irene, Seulgi, Wendy, Joy dan Yeri. Red Velvet punya konsep unik perpaduan dua kakak seperguruannya, Girls Generation yang girly dan f(x) yang edgy. Perlahan tapi pasti, Red Velvet semakin mantap menaiki tangga ke puncak popularitas di panggung K-pop yang kompetitif.

Yuk simak lebih lanjut bagaimana perjuangan Red Velvet hingga akhirnya mampu memborong banyak penghargaan di bidang musik, serta menjadi salah satu girl group papan atas yang aktif di panggung K-pop melalui buku ini!

5. Be My Aespa!

Sebagai “anak bungsu” dari SM Entertainment, AESPA juga berhasil mendongkrak industri musik K-Pop sama seperti para seniornya, sebut saja ada S.E.S, Girl’s Generation, Super Junior, EXO, dan NCT. Adik seperguruan Girl’s Generation, f(x), dan Red Velvet ini memang jadi pusat perhatian penggemar K-pop di seluruh dunia, bahkan sebelum mereka melakukan debut resmi.

Para anggota AESPA sering banget menjadi topik diskusi panas dan tren di berbagai komunitas daring Korea Selatan. Baru dua bulan debut, AESPA langsung memboyong dua penghargaan Rookie of the Year alias pendatang baru terbaik dari dua ajang penghargaan bergengsi plus satu trofi kemenangan di program musik dengan lagu debut mereka “Black Mamba”. Gak hanya itu, video musik “Black Mamba” juga memecahkan rekor sebagai video musik debut grup K-pop dengan waktu tercepat meraih 100 juta view di YouTube.

Wow banget dong! Jadi, siapa sih sebenarnya aespa kenapa mereka bisa populer dalam waktu singkat? Buku Be MY aespa! akan mengulik siapa mereka, let’s check it out!

6. SuperM: The Avengers of K-Pop

The Avengers of K-Pop? Ini bukan kisah tentang para superhero dengan kekuatan ajaibnya, melainkan ini adalah awal mula dari cerita ‘mereka,’ SuperM. Kisah 7 cowok tampan dengan tarian dan suara merdu mereka, yang mampu menghipnotis para kaum hawa. Ibarat para superhero yang memiliki cerita dan filmnya sendiri sebelum bergabung di “Avengers,” begitu pun para anggota SuperM.

Para 7 cowok tampan di SuperM terdiri dari; Baekhyun, Kai, Lucas, Mark Lee, Taemin, Taeyong, dan Ten. Mereka pun masih tergabung dalam grup asli mereka di bawah SM Entertainment yaitu EXO, NCT, SHINEE, dan Wavy, namun mereka juga mempunyai misi khusus. Sebuah misi untuk mengibarkan bendera “SuperM” ke penjuru dunia.

Jadi, apa sajakah ‘kekuatan’ yang dimiliki oleh SuperM ini? Lalu, kenapa mereka diberi julukan “The Avengers of K-Pop” oleh banyak orang? Dan mampukah mereka membawa nama “SuperM” terbang jauh dan menaklukan dunia? Mari temukan jawabannya di sini!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 512 / 693
  • Belum
    18% 128 / 693
  • Masukkan keranjang
    7% 53 / 693

Sumber:

https://kpopping.com/profiles/idol/Yoona

https://en.kepoper.com/

https://kprofiles.com/yoona-profile-facts/

https://en.wikipedia.org/wiki/Im_Yoon-ah

https://girls-generation.fandom.com/wiki/Yoona

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.