in

8 Tips Agar Tidak Sahur Kesiangan Dengan Mudah Dan Berkah

Tips Agar Tidak Sahur Kesiangan Dengan Mudah Dan Berkah – Bagi sebagian besar seorang muslim yang sedang atau ingin menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, bangun sahur pada waktunya sering kali menjadi tantangan tersendiri. Hal biasanya juga mengakibatkan waktu untuk sahur tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Dengan waktu yang terbatas, tentu Kamu akan makan dan minum lebih terburu-buru.

Bangun sahur kesiangan atau ketika sudah mendekati waktu imsak bisa jadi membuat Kita hanya meminum air putih saja untuk bekal seharian puasa. Bahkan, tidak sedikit juga orang yang bangun kesiangan hingga melewatkan waktu untuk sahur.

Terkadang bangun untuk sahur dapat dilakukan dengan mudah bagi sebagian orang, misalnya dengan mengandalkan alarm ponsel atau suara orang yang sedang mengaji di masjid. Namun, ada beberapa orang yang memiliki kendala untuk bangun sahur. Terlebih lagi, pada saat kondisi tubuh sedang kelelahan sehingga membutuhkan istirahat yang cukup.

Selain karena faktor kondisi tubuh, bangun sahur kesiangan juga bisa disebabkan karena kebiasaan begadang sampai larut malam. Tidur yang terlambat akan sangat berpotensi untuk membuat Kita bangun sahur kesiangan. Orang yang biasanya terjaga di malam hari ini akan menghabiskan waktu puasanya untuk tidur. Hal ini tentu tidak efektif bagi sebagian orang yang harus tetap beraktivitas di pagi hari.

Kesulitan untuk bangun sahur tepat waktu sesungguhnya bukan sebuah masalah yang besar. Bagi Kamu yang sudah berkeluarga atau tinggal serumah dengan anggota keluarga yang lain, pasti akan lebih mudah untuk saling membangunkan ketika waktu sahur. Hanya saja, bagi sebagian orang yang tinggal seorang diri, tentu harus dapat bangun secara mandiri.

Nah, artikel ini akan memberikan tips khusus buat Kamu agar terhindar dari yang namanya sahur kesiangan. Berikut ini adalah beberapa tips dari gramedia yang dapat Kamu praktikkan agar waktu sahurnya lebih memuaskan.

1. Tidur Lebih Awal

Tips agar tidak bangun sahur kesiangan pertama yang bisa Kamu lakukan adalah dengan tidur lebih awal. Cara ini dapat dipastikan sebagai cara yang paling ampuh bagi Kamu yang memiliki kebiasaan untuk sulit bangun di waktu sahur. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa terlambat tidur akan sangat mungkin menjadi seseorang terlambat juga pada saat bangun. Hal ini dikarenakan tubuh secara alamiah membutuhkan waktu untuk beristirahat atau tidur.

Dengan mengubah kebiasaan begadang menjadi kebiasaan tidur lebih awal, tentu akan sangat memudahkan Kamu untuk bangun sahur tepat pada waktunya. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Kamu dapatkan dengan tidur lebih awal, seperti dapat sahur dengan maksimal dan membuat tubuh lebih sehat ketika menjalankan ibadah puasa. Selain itu, tidur lebih awal dapat memberikan kesempatan untuk tubuh beristirahat dengan cukup.

Waktu untuk tidur awal yang paling efektif tentu adalah sebelum pukul 12 malam. Pada saat Kamu tidur pukul 10 malam dan bangun sahur pada pukul 3 dini hari, maka tubuh Kamu akan memiliki waktu untuk istirahat selama sekitar 5 jam. Hal ini tentu efektif untuk membuat Kamu bangun sahur tepat waktu dan tidak kesiangan. Tidak hanya itu, apabila Kamu melakukan kebiasaan ini selama beberapa hari, Kamu bisa mendapatkan kondisi tubuh yang lebih segar ketika bangun sahur.

2. Meletakkan Alarm Ponsel di Tempat yang Jauh

Tips agar tidak bangun sahur kesiangan kedua yang dapat Kamu lakukan yaitu dengan menyiapkan alarm di tempat yang jauh dari tempat tidurmu. Cara bangun sahur sangat beragam, salah satu yang biasa dilakukan banyak orang adalah dengan menyalakan alarm melalui ponsel atau jam yang diletakkan jauh dari tempat tidur. Kamu dapat mengatur alarm pada pukul 3 dini hari atau dapat Kamu sesuaikan dengan waktu sahur yang diinginkan.

Menempatkan alarm ponsel di tempat yang jauh dari tempat tidur dapat membuat Kamu memiliki usaha lebih untuk mematikannya. Dengan berpindah dari tempat tidur, Kamu akan menjadi lebih segar dan sadar untuk melakukan sahur.

Kamu dapat meletakkan ponsel di ruang sebelah atau meja kamar, intinya berada jauh dari tempat tidurmu. Pada saat alarm berdering, Kamu akan secara otomatis bergerak dan berpindah dari tempat tidur untuk mematikan alarm ponsel.

3. Makan Secukupnya Ketika Berbuka Dan Setelah Berbuka

Tips agar tidak bangun sahur kesiangan ketiga yang dapat Kamu terapkan adalah dengan melakukan pembatasan makan pada saat berbuka. Dengan menghindari makan terlalu banyak saat berbuka puasa, banyak orang yang dapat lebih cepat bangun dibandingkan orang yang terlalu banyak makan. Konsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan seimbang sudah cukup untuk mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Tips agar Kamu tidak berlebihan dalam berbuka yaitu dengan menghindari makanan penutup pada saat berbuka dengan lebih mengutamakan konsumsi air putih. Dengan mengonsumsi air putih dapat lebih membuat tubuh terasa kenyang, sehingga keseimbangan karbohidrat dalam tubuh dapat terjaga.

Kondisi perut yang terlalu kenyang pada saat berbuka puasa dapat membuat tubuh bekerja lebih berat dalam mencerna makanan. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan munculnya rasa kembung dan begah pada perut ketika malam tengah malam maupun saat memasuki waktu tidur.

Kondisi tersebut mengakibatkan tidur menjadi tidak berkualitas, sehingga dapat membuat tubuh menjadi malas untuk bergerak pada saat bangun dari tidur. Salah satu penyebab yang paling sering dialami bangun sahur kesiangan tentunya adalah makan berlebihan ketika berbuka puasa. Oleh karena itu, alangkah baiknya makan secukupnya ketika berbuka puasa, sehingga pada saat sahur perut sudah lapar kembali.

4. Hindari Minuman Yang Mengandung Kafein Sebelum Tidur

Tips agar tidak bangun sahur kesiangan keempat yang dapat Kamu lakukan adalah dengan menghindari minuman kafein menjelang tidur. Kopi memang sangat nikmat untuk dinikmati, terlebih lagi pada saat selesai menjalankan berbagai amalan di bulan Ramadhan. Waktu sehabis berbuka menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mengonsumsi dan menikmati secangkir kopi. Hal ini tentu dilatarbelakangi oleh tidak baiknya mengonsumsi kopi pada saat sahur.

Namun, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein sehabis salat tarawih atau menjelang tidur juga dapat menyebabkan seorang muslim bisa telat bangun sahur. Hal ini tentu dikarenakan minuman yang mengandung kafein dapat mengakibatkan seseorang bisa mengalami kesulitan tidur. Dampak yang ditimbulkan tentunya adalah rasa ngantuk yang luar biasa pada saat memasuki waktu untuk sahur.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Apabila Kamu ingin tepat waktu pada saat bangun sahur, maka hal yang perlu Kamu lakukan adalah menghindari minuman yang mengandung kafein dan meningkatkan kualitas tidur. Minuman yang mengandung kafein dapat membuatmu bangun sahur kesiangan. Pada akhirnya, Kamu akan melewatkan salah satu sunnah dalam menjalankan puasa, yaitu melaksanakan sahur.

5. Olahraga Secara Teratur

Tips agar tidak bangun sahur kesiangan kelima yang dapat Kamu terapkan adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Banyak orang telah membuktikan bahwa olahraga secara teratur merupakan salah satu tips untuk bangun sahur dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan olahraga secara teratur dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, sehingga mampu meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, olahraga juga dapat membuat seseorang memiliki sistem pernapasan yang lebih lancar. Hal ini tentu lebih optimal dalam merelaksasi tubuh dan sangat dianjurkan walaupun menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan.

Olahraga tidak harus berat, Kamu hanya perlu menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur setiap hari. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan Ramadhan yaitu sebelum berbuka puasa atau sesudah berbuka puasa. Contoh olahraga yang dapat Kamu lakukan ketika berpuasa yaitu seperti bersepeda sebelum berbuka puasa atau olahraga jalan cepat setelah berbuka puasa.

Selain itu olahraga tersebut, Kamu juga dapat mencoba melakukan peregangan ringan di rumah. Apabila Kamu dapat melakukan olahraga secara teratur setiap hari, maka tidak mungkin, Kamu dapat memiliki energi yang cukup untuk tubuh sehingga meningkatkan tidur yang berkualitas dan bangun sahur menjadi lebih segar.

6. Mengurangi Penggunaan Smartphone

Tips agar tidak bangun sahur kesiangan keenam yang dapat Kamu lakukan yaitu dengan mengurangi penggunaan ponsel atau smartphone. Sebagian orang yang sebagian besar menggunakan ponsel atau smartphone akan cenderung mengalami kesulitan dalam tidur. Hal ini menjadikan seseorang pada akhirnya membuat lebih mudah terjaga dan sangat sulit untuk memejamkan mata.

Dengan menggunakan ponsel atau smartphone, ada banyak sekali manfaat yang bisa Kamu dapatkan. Namun, tidak menutup kemungkinan ada banyak sekali masalah yang muncul apabila penggunaannya sudah dilakukan secara berlebihan.

Nah, bagi Kamu yang ingin bangun sahur tepat waktu, Kamu dapat menghindari ponsel atau smartphone sebelum tidur. Hal ini diyakini dapat lebih meningkatkan kualitas tidur seseorang karena membiarkan mata dan otak untuk beristirahat. Meskipun susah bagi Kamu yang sudah terbiasa menggunakan ponsel sebagai pengantar tidur. Puasa tentunya kesempatan yang baik untuk melakukan sebuah perubahan dalam diri manusia.

7. Membuat Suasana Yang Hangat Dalam Keluarga

Tips agar tidak bangun sahur kesiangan ketujuh yang dapat Kamu lakukan yaitu dengan menjadikan suasana yang hangat untuk keluarga. Salah satu tips bagi Kamu yang kesusahan untuk bangun sahur tentunya adalah dengan memiliki dorongan kebahagiaan, terlebih lagi adalah keluarga. Dengan menjadikan sahur yang ramai dan bahagia, akan sangat berpotensi untuk membuat Kamu dan seluruh keluarga menjadi lebih bersemangat dalam melaksanakan sahur.

Apabila Kamu terbangun lebih dulu, Kamu dapat membangunkan anggota keluargamu yang lain. Dengan begitu, Kamu telah membuat suasana hangat pada keluargamu ketika sedang melaksanakan sahur. Waktu kebersamaan dengan keluarga menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan.

8. Menyiapkan Menu Favorit Untuk Sahur

Tips agar tidak bangun sahur kesiangan terakhir yang dapat Kamu lakukan adalah dengan menyiapkan menu favorit untuk sahur. Dengan menyiapkan terlebih dahulu menu sahur sebelum tidur, Kamu akan memiliki alasan untuk bangun lebih bersemangat. Tentu dengan catatan sebagian besar tips di atas telah Kamu lakukan dengan benar.

Misalnya, Kamu adalah pecinta nasi ayam, maka sebelum menjelang waktu untuk tidur, Kamu dapat membeli dulu semangkuk nasi ayam di warung kesukaanmu untuk menu sahur esok pagi. Menu sahur yang menggugah selera tentu akan memberikan semangat bangun lebih cepat daripada menu sahur yang biasa saja.

Dari 8 tips yang telah dibagikan tersebut, semua akan terasa berat apabila tidak dilakukan dengan niat yang ikhlas. Oleh karena itu, pada dasarnya sahur adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Alhasil, tips agar tidak bangun sahur kesiangan adalah dengan menata niat menjadi ikhlas. Semoga Bermanfaat!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam