in ,

11 Negara Islam Terbesar di Dunia Beserta Jumlah Populasinya

unsplash.com

Negara Islam Terbesar di Dunia – Grameds mungkin belum mengetahui bahwa faktanya, terdapat setidaknya 10.000 agama di dunia ini? Data tersebut didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Michigan tahun 2005 silam. Bahkan, disebutkan bahwa mayoritas dari agama-agama tersebut merupakan agama lokal yang terdapat di sebuah wilayah.

Meskipun demikian, hanya ada beberapa agama yang memiliki pemeluk sampai dengan miliaran orang di dunia. Beberapa agama tersebut adalah Agama Kristen, Agama Hindu dan tentunya, Agama Islam. Agama Islam sendiri merupakan agama terbesar kedua di dunia setelah Agama Kristen.

Statistik tahun 2020 dari Pusat Riset Pew yang berasal dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa saat ini terdapat setidaknya 1.9 miliar umat muslim di seluruh dunia. Tandanya, 24.9% dari total populasi dunia, yang saat ini berada di angka 7.75 miliar per tahun 2022, menganut Agama Islam.

Negara Islam Terbesar di Dunia

Dengan ini, mungkin ada sebagian dari Grameds yang bertanya-tanya, seberapa banyak negara yang memiliki mayoritas penganut Agama Islam di dunia? Negara mana saja di dunia ini yang masuk ke dalam kategori negara Islam terbesar di dunia?

Pada artikel kali ini, kita akan menjawab pertanyaan kedua yang sudah dikemukakan di paragraf sebelumnya, yakni negara Islam terbesar di dunia. Lebih spesifik, kita akan membahas 11 negara dengan populasi umat muslim terbanyak dibandingkan dengan negara-negara lain.

Kita akan membahas negara-negara ini mulai dari negara dengan umat muslim paling sedikit sampai dengan yang paling banyak. Meskipun demikian, dikarenakan negara-negara yang akan kita bahas nantinya merupakan negara Islam terbesar di dunia, jumlah populasi muslim mereka tentunya amat banyak.

Selain itu, kita juga akan membahas sedikit mengenai aliran Agama Islam yang paling banyak dianut oleh negara-negara ini, populasi umat Muslim dengan populasi negara secara keseluruhan, kondisi perekonomian mereka, serta beberapa informasi penting lainnya.

1. Irak

Negara Islam Terbesar di Dunia
Wikipedia
  • Populasi Negara: 40 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 39 juta jiwa

Irak seperti yang mungkin sudah diketahui oleh sebagian besar dari Grameds adalah salah satu negara Islam terbesar di dunia. Sebagai informasi, Irak merupakan salah satu dari sejumlah negara Islam dengan persentase umat Muslim terbesar di dunia.

Persentase umat Muslim di Irak mencapai 99%. Grameds bisa melihat jumlah populasi negara Irak dengan populasi umat Muslim yang berada di negara tersebut. Aliran Agama Islam yang paling mendominasi di Irak adalah Aliran Agama Islam Syiah, dilanjutkan dengan Aliran Agama Islam Sunni.

Perekonomian di Irak cukup bergantung kepada sektor agrikulturnya. Sektor perminyakan juga memegang peran penting di Irak. Negara ini sempat terlibat dengan beberapa peperangan dengan Amerika Serikat, menjadikan Irak sebagai salah satu negara dengan paling banyak konflik di dunia.

2. Sudan

Negara Islam Terbesar di Dunia
Wikipedia
  • Populasi Negara: 48 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 44 juta jiwa

Negara dengan populasi umat Muslim terbanyak kedua yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Negara Sudan. Negara yang satu ini terletak di wilayah timur laut Benua Afrika, dan diketahui merupakan salah satu dari sekian banyak negara di Afrika yang mayoritas penduduknya memeluk Agama Islam.

Grameds bisa melihat di atas bahwa berdasarkan jumlah populasi keseluruhan Sudan dengan populasi umat Islam di Sudan, persentase penduduk yang memeluk Agama Islam mencapai sekitar 91%, merupakan satu persentase umat Muslim tertinggi di dunia.

Mungkin sebagian dari Grameds sudah pernah mendengar bahwa kebanyakan negara di Afrika merupakan negara-negara miskin. Anggapan tersebut juga berlaku untuk Sudan. Selain ekonominya yang kurang baik, Sudan juga diketahui memiliki populasi penduduk yang mengalami malnutrisi dan kesulitan mendapat asupan gizi cukup.

3. Ethiopia

Negara Islam Terbesar di Dunia
Wikipedia
  • Populasi Negara: 113 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 48 juta jiwa

Pada dasarnya, Ethiopia bukan merupakan negara Islam. Mayoritas penduduknya justru merupakan umat Kristen, di mana totalnya mencapai sekitar 76 juta jiwa per tahun 2016. Meskipun demikian, Agama Islam merupakan agama kedua terbesar di negara yang terletak di Benua Afrika ini.

Menurut data yang beredar tahun 2016 silam, sebanyak 31.3% populasi Ethiopia merupakan umat Muslim. Jumlah yang sudah disebutkan di atas bisa saja sudah berubah memasuki tahun 2022 ini, mengingat data mengenai populasi agama terus menerus berubah setiap tahunnya, sehingga data yang diambil belum tentu sesuai dengan data yang ada sekarang.

Ethiopia sendiri sudah sejak lama diketahui sebagai negara termiskin di dunia. Meskipun demikian, Ethiopia juga menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat di dunia. Hanya saja, kestabilan ekonomi yang dimiliki oleh negara ini belumlah mencapai titik optimal, sehingga masih sering ditemukan kesenjangan sosial di antara warganya.

4. Turki

Negara Islam Terbesar di Dunia
Wikipedia
  • Populasi Negara: 84 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 75 juta jiwa – 79 juta jiwa

Sebagai informasi, Turki merupakan satu-satunya negara yang termasuk ke dalam Benua Eropa di dalam daftar negara Islam terbesar di dunia. Hal ini disebabkan karena Turki memiliki sejarah yang cukup panjang dengan Agama Islam. Agama Islam sendiri diketahui masuk ke Negara Turki pada abad ke-7.

Di Turki, hampir seluruh populasi yang baru lahir sudah didaftarkan masuk ke Agama Islam. Mereka yang tidak lagi beragama Islam bisa saja memang lahir dari keluarga dengan kepercayaan lain atau memilih untuk pindah agama ketika mereka sudah memasuki usia dewasa.

Mayoritas umat Muslim di Turki mengikuti kepercayaan Agama Islam Sunni. Beberapa sumber menunjukkan kalau sekitar 90% pemeluk Agama Islam di Turki menganut kepercayaan tersebut. Sisanya mengikuti kepercayaan Islam lain seperti Agama Islam Syiah atau Agama Islam Alevi.

5. Iran

Negara Islam Terbesar di Dunia
Wikipedia
  • Populasi Negara: 86 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 82 juta jiwa

Sebagian besar dari Grameds seharusnya sudah mengetahui bahwa Iran merupakan salah satu dari sekian banyak negara dengan mayoritas umat Muslim di dunia. Perbandingan populasi keseluruhan dengan populasi umat Muslim di Iran seharusnya sudah cukup sebagai gambaran bahwa Iran memang merupakan negara Islam.

Terlebih, ada juga data yang mengungkapkan kalau 99% populasi di Iran memeluk Agama Islam. Tandanya, seharusnya ada 85 juta jiwa yang merupakan umat Muslim di negara tersebut. Sementara jumlah di atas menunjukan bahwa hanya ada sekitar 95.3% penduduk Iran yang menganut Agama Islam, sementara sisanya merupakan umat agama lain.

Data menunjukkan sebanyak 95% atau mayoritas umat Muslim di Iran menganut aliran Agama Islam Syiah. Selebihnya segelintir umat Muslim lainnya diketahui mengikuti beberapa aliran Islam lainnya seperti Agama Islam Sunni atau Agama Islam Sufi.

6. Mesir

Negara Islam Terbesar di Dunia
Wikipedia
  • Populasi Negara: 107 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 87,5 juta jiwa

Selanjutnya, kita akan membahas negara Mesir, yang juga merupakan salah satu negara Islam di dunia. Tercatat bahwa setidaknya, umat Muslim di Mesir mencapai sekitar 80% sampai dengan 90% populasi dari negara yang terletak di pesisir Sungai Nil tersebut.

Jika demikian, jumlah populasi umat Muslim di Mesir bisa bertambah lebih banyak lagi, yakni mencapai sekitar 96 juta jiwa. Banyaknya umat Muslim di Mesir mungkin terbilang cukup wajar, mengingat beberapa Nabi seperti Nabi Yusuf dan Nabi Musa sempat bersinggah di sana dan menyebarkan ajaran Allah SWT.

Dikarenakan sejarah mereka yang cukup panjang serta banyaknya peninggalan dari masa lampau, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor terbesar yang menyokong perekonomian di Mesir. Meskipun demikian, perekonomian di Mesir masih membuat mereka masuk ke dalam kategori negara berkembang, karena masih banyak kesenjangan yang ada di negara ini.

7. Nigeria

Negara Islam Terbesar di Dunia
Wikipedia
  • Populasi Negara: 218 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 117 juta jiwa

Sejatinya, Nigeria juga bukan termasuk ke negara Islam. Beberapa sumber berbeda menunjukkan bahwa selain Agama Islam, Agama Kristen merupakan agama terbesar lain di negara tersebut. Meskipun demikian, mayoritas menyatakan bahwa agama terbesar di Nigeria adalah Agama Islam.

Sebesar 53.5% penduduk Nigeria merupakan umat Muslim. Sementara itu, 46% populasi Nigeria atau sekitar 100 juta jiwa menganut beberapa aliran Agama Kristen. Sementara sisanya merupakan orang-orang yang menganut kepercayaan tradisional di negara tersebut atau tidak memiliki kepercayaan sama sekali.

Di antara sejumlah negara di Benua Afrika lainnya, Nigeria merupakan salah satu negara dengan perekonomian yang cukup baik. Setelah mengalami kesulitan ekonomi akibat adanya korupsi, ketidak piawaian dalam mengurus sumber daya manusia (SDM) dan faktor lainnya, ekonomi di Nigeria perlahan bisa tumbuh dengan baik.

8. Bangladesh

Wikipedia
  • Populasi Negara: 165 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 153 juta jiwa

Karena lokasinya yang berdekatan dengan India yang memiliki populasi umat Hindu terbesar di dunia, wajar saja jika ada sebagian dari Grameds berpikir kalau Bangladesh mendapatkan pengaruh dari negara tersebut sehingga mayoritas penduduk mereka justru memeluk Agama Hindu.

Faktanya, mayoritas populasi Bangladesh justru memeluk Agama Islam. Berdasarkan jumlah populasi Negara Bangladesh dengan populasi umat Muslim yang dipunyai negara tersebut menunjukkan bahwa sekitar 91.4% populasi Bangladesh merupakan umat Muslim, sementara sisanya menganut kepercayaan lain.

Dahulu, Bangladesh sempat masuk ke dalam kategori negara termiskin di dunia, tepatnya pada tahun 1971 pasca kemerdekaan mereka. Saat ini, pertumbuhan ekonomi di Bangladesh merupakan salah satu yang terbaik di Asia Selatan, bahkan menyamai India.

9. India

Wikipedia
  • Populasi Negara: 1.3 miliar juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 209 juta jiwa

Mungkin yang tidak Grameds sangka dari artikel ini adalah fakta bahwa India merupakan negara dengan populasi umat Muslim terbanyak di dunia. Padahal, seperti yang kita ketahui India justru merupakan negara yang mayoritas penduduknya menganut Agama Hindu.

Hal ini tidak lepas dari faktor banyaknya penduduk yang ada di India. Sebagai gambaran, hampir 19% populasi di dunia berasal dari India. Jadi, cukup wajar untuk melihat fakta bahwa meskipun India merupakan negara dengan mayoritas pemeluk Agama Hindu, kita masih bisa menemukan ratusan jiwa yang merupakan umat Muslim.

Tandanya, sekitar 15.2% populasi di India beragama Islam. Mayoritas dari mereka memiliki kepercayaan Agama Islam Syiah dan tersebar di berbagai wilayah di India. Meskipun demikian, dikarenakan sifat mereka sebagai minoritas, umat Muslim di India dikabarkan kerap mendapatkan perlakuan diskriminatif dari kaum mayoritas.

10. Pakistan

Wikipedia
  • Populasi Negara: 242 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 230 juta jiwa

Negara Islam terbesar kedua di dunia adalah Pakistan. Negara ini diketahui sekitar 96% populasinya merupakan umat Muslim. Meskipun begitu, masih ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa populasi umat Muslim di Pakistan hanya berada di angka 90%.

Terlepas dari fakta mana yang benar, populasi penduduk Pakistan yang cukup banyak membuat negara ini cukup banyak memiliki umat Muslim. Terlebih, persebaran Agama Islam di Pakistan sudah dimulai sejak abad ke-6, di mana saat itu penguasa asal Arab Saudi bernama Muhammad ibn Qasim datang untuk menguasai wilayah Pakistan dan membawa ajaran Agama Islam.

Diketahui mayoritas umat Muslim di Pakistan mengikuti aliran Agama Islam Sunni, yang mana jumlahnya mencapai 85% dari seluruh penduduk beragama Islam. Agama Islam Syiah menjadi aliran yang paling banyak diikuti selanjutnya, mencapai 12% dari total umat Muslim di Pakistan.

11. Indonesia

Wikipedia
  • Populasi Negara: 277 juta jiwa
  • Populasi Umat Muslim: 240 juta jiwa

Sejak lama, Indonesia merupakan negara Islam di dunia, di mana 86.7% dari populasinya memeluk Agama Islam. Grameds pasti sudah mempelajari sejarah panjang persebaran Agama Islam di Indonesia dalam mata pelajaran sejarah. Persebaran Agama Islam itulah yang menjadikan Indonesia memiliki amat banyak umat Muslim..

Faktor lain dari banyaknya umat Muslim di Indonesia juga tentunya karena jumlah penduduk kita yang juga cukup banyak.Terbukti, Indonesia merupakan negara keempat dengan jumlah populasi terbanyak di dunia, di bawah Cina, India dan Amerika Serikat.

Selebihnya, tidak banyak yang bisa disampaikan mengenai Indonesia. Grameds tentunya sudah mengetahui atau mendapatkan informasi seputar Tanah Air dari berbagai macam sumber, mulai dari sejarah, suku dan budaya, infrastruktur, ekonomi sampai dengan politik.

Kesimpulan

Dengan demikian, berakhir sudah artikel dengan topik utama negara Islam terbesar di dunia. Dengan ini, Grameds bisa menyimpulkan bahwa Indonesia merupakan negara Islam terbesar di dunia, dengan total populasi sebanyak 240 juta jiwa ditemukan memeluk Agama Islam.

Meskipun fakta bahwa Indonesia memiliki umat Muslim paling banyak di dunia, kita bukanlah negara Islam seutuhnya. Grameds pasti sudah mengetahui bahwa selain Agama Islam, Indonesia juga memiliki sejumlah negara lain yang diakui oleh pemerintahnya, seperti Agama Kristen, Agama Hindu, Agama Budha dan Agama Kong Hu Chu.

Untuk itu, meskipun Agama Islam menjadi mayoritas di negara ini, sudah sepatutnya kita menghormati keberadaan agama lain. Ingat, Indonesia memiliki sila pertama dari Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan yang maha esa”. Alangkah baiknya jika Grameds berusaha semaksimal mungkin untuk selalu menerapkan sila pertama dimana pun kalian berada.

Rekomendasi Buku Terkait

Sebagai penutup, kami mempunyai beberapa buku yang bisa direkomendasikan untuk memperdalam pengetahuan mengenai Agama Islam. Buku-buku rekomendasi ini di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Ensiklopedia Aqidah Agama Islam Edisi Bahasa Indonesia

2. Ensiklopedia Sahabat Rasulullah

3. Ensiklopedia Al-Qur`an dan Hadis Per Tema

Grameds bisa menemukan buku-buku yang sudah kami rekomendasikan di atas di situs kami yaitu gramedia.com. Kami, Gramedia, selaku #SahabatTanpaBatas akan selalu berusaha semaksimal mungkin menyajikan bahan bacaan terbaik untuk para pembaca. Harapannya, kalian bisa mendapatkan berbagai macam ilmu, informasi dan juga wawasan bermanfaat #LebihDenganMembaca. Semoga kalian bisa semakin rajin membaca, Grameds!

Penulis: M. Adrianto S.

BACA JUGA:

  1. Tokoh Ilmuwan Islam (Muslim) yang Berpengaruh
  2. Best Seller Buku Agama Islam (Terbaru Oktober 2022)
  3. Rekomendasi Ensiklopedia Islam Terbaru Oktober 2022
  4. Buku Sejarah Agama Islam & Peradaban Islam
  5. Rekomendasi Buku Islami untuk Panduan Hijrah Menuju Lebih Baik 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda