in

Tiba-Tiba Banyak Semut Di Rumah, Kira-Kira Ada Pertanda Apa Ya?

Ada gula, ada semut. Eh, tapi ini bukan membahas tentang peribahasanya ya, Grameds. Mungkin beberapa dari kita, termasuk Gramin, sedang mengeluhkan tentang munculnya banyak semut di rumah. Kemunculan makhluk-makhluk kecil ini terkadang membuat kesal karena makanan-minuman yang kita simpan rasanya jadi tidak aman lagi?

Dibalik kekesalan kita terhadap semut, ternyata muncul banyak semut di rumah ini menjadi pertanda akan adanya sesuatu yang datang, lho! Baik itu hal baik maupun buruk. Penasaran ‘kan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!?

 

Penyebab Umum Banyak Semut di Rumah

Sebelum mengetahui apa pertanda dari banyak semut di rumah, Grameds wajib tahu dulu nih tentang penyebab umum munculnya semut-semut tersebut di rumah kamu. Yuk, kita cari tahu dulu apa saja penyebabnya!

1. Ketersediaan Makanan

Penyebab pertama tentunya semut tertarik dengan makanan-makanan yang kamu simpan di tempat terbuka. Ketika kamu menyimpan makanan maupun minuman manis secara sembarangan di tempat terbuka, semut akan berbondong-bondong mengerubungi makanan tersebut. Pasti pernah mengalaminya ‘kan?

Tak hanya makanan atau minuman yang terbuka, semut juga akan mengerubungi tumpahan minuman manis yang tidak dibersihkan. Selain itu, tempat sampah di rumahmu juga sebaiknya tertutup rapat kalau tidak ingin disemuti!?

 

2. Kelembapan dan Sumber Air

Kedua, periksalah apakah ada tempat-tempat lembab di lingkungan rumahmu. Faktanya, semut membutuhkan air sebagai salah satu faktor pendukung hidupnya. Oleh karena itu, mereka sangat tertarik untuk menempati tempat-tempat lembab yang dekat dengan sumber air juga?

 

3. Lingkungan yang Hangat

Selain lingkungan yang lembab, semut juga membutuhkan lingkungan yang hangat. Sebagai hewan yang lebih aktif pada suhu yang lebih hangat, lingkungan ini berfungsi sebagai tempat bersarang dan berkembang biak mereka lho, Grameds! Misalnya saja, dekat peralatan elektronik, celah-celah dinding, maupun dekat pemanas ruangan.

 

4. Akses yang Mudah

Jika Grameds sering memperhatikan, rombongan semut biasanya masuk ke dalam rumah melalui celah-celah kecil, seperti retakan maupun lubang. Celah-celah ini bisa berupa celah di jendela dan pintu, retakan dinding dan lantai, ataupun lubang ventilasi udara.

 

5. Koloni yang Terdekat

Penyebab banyak semut di rumah terakhir, besar kemungkinannya ada koloni semut besar di lingkungan rumah kamu? Hal ini akan menarik semut-semut lain untuk datang ke dalam rumah. Tempat persembunyian koloni besar ini cukup variatif, umumnya di taman, bawah tanah, maupun pohon atau semak-semak terdekat.

 

Pertanda Adanya Banyak Semut di Rumah 

(Sumber foto: www.pexels.com)

Walaupun dianggap remeh, kehadiran semut-semut kecil di rumahmu ini sering dikaitkan dengan hal yang berbau mitos lho, Grameds! Berikut ini Gramin sajikan sebanyak tujuh pertanda dari banyak semut di rumah dari segi mitosnya!

1. Rezeki Datang

Banyak semut di rumah ditandai sebagai pertanda yang sangat baik! Bagaimana tidak, orang meyakini ini sebagai pertanda bahwa mereka akan mendapatkan rezeki atau kemakmuran dalam waktu yang singkat.

 

2. Ramalan Cuaca

Kedua, semut bisa dianggap sebagai salah satu alat peramal cuaca. Beberapa kebudayaan percaya bahwa semut yang berkerumun di satu tempat menjadi pertanda adanya perubahan cuaca secara mendadak.

 

3. Kesejahteraan Keluarga

Sebagai simbol kesejahteraan serta keluarga yang harmonis, kehadiran banyak semut di rumah dijadikan pertanda bahwa keluarga tersebut akan hidup secara damai dan harmonis.

 

4. Kedatangan Tamu

Kemudian, rombongan semut menjadi pertanda bahwa pemilik rumah akan kedatangan tamu. Apalagi jika semut tersebut berkerumun di area dekat pintu atau jendela rumah sobat Grameds.

 

5. Perlindungan dari Roh Halus

Percaya, nggak? Semut juga dianggap sebagai makhluk yang akan melindungi Grameds dari roh-roh jahat yang ingin mengganggu kamu? Dengan adanya ini, kamu dan keluarga akan tercegah dari hal-hal gaib yang tidak diinginkan.

 

6. Penanda Musibah

Walaupun sebagian besar menganggap banyak semut di rumah sebagai pertanda baik, ada juga yang percaya bahwa kehadiran semut menjadi pertanda adanya musibah. Semakin banyak jumlah semut tersebut, semakin besar peluang terjadinya musibah akan menimpa pemilik rumahnya.

 

Baca juga: 8 Jenis Semut Beserta Cara Mengusirnya!

Beberapa Cara Mudah Mengusir Semut dari Rumah

Di samping beberapa pertanda di atas, kedatangan semut dalam jumlah banyak pasti akan mengganggu kita. Untuk itu, penting bagi Grameds untuk mengetahui bagaimana cara efektif mengusir banyak semut di rumah. Inilah beberapa langkah-langkah yang perlu kamu lakukan!

1. Membersihkan Sisa Makanan

Pertama, bersihkan meja dan lantai di dapur yang terkena sisa-sisa makanan. Simpanlah berbagai makanan dengan wadah kedap udara dengan rapat supaya tidak akan kemasukan semut. Usahakan juga untuk membuang sampah dalam keadaan tertutup rapat ya, Grameds!

 

2. Menggunakan Bahan Alami

Kamu bisa menggunakan bahan alami sebagai obat pengusir semut di rumah. Ada beberapa bau yang disebut efektif untuk mengusir semut, beberapanya adalah cuka, lemon, serta bubuk kayu manis? Semprot atau taburkan bahan-bahan dapur ini di area yang sekiranya sering dilewati semut? Dengan begini, rumah kamu bisa bebas semut, deh!

 

3. Memanfaatkan Bahan Kimia

Jika bahan-bahan alami di atas masih kurang ampuh untuk mengusir banyak semut di rumah, pakailah bahan-bahan kimia yang sudah ada. Kamu bisa memilih apakah ingin menggunakan insektisida khusus semut, kapur anti semut, hingga gel umpan semut.

 

4. Menutup Akses Masuk Semut

Mencegah lebih baik dibandingkan mengobati. Selain menggunakan alat-alat di atas, pastikan juga untuk menutup akses masuk semut. Tutuplah retakan dan celah yang ada  dan pasanglah penyaring di jendela serta pintu. Selain itu, jagalah juga kebersihan lingkungan rumahmu ya Grameds.

 

5. Menggunakan Jasa Profesional

Punya budget berlebih dan rasanya mager untuk mengurus banyak semut di rumah? Kamu bisa gunakan jasa profesional, lho, Grameds? Konsultasikan masalah semut ini dengan ahlinya dan pakailah layanan pembasmi hama yang sudah dipercaya banyak orang.

 

6. Pencegahan Jangka Panjang

Untuk mencegah semut datang dalam jangka panjang, buatlah jadwal rutin untuk membersihkan rumah, terutama di area dapur atau ruang makan. Periksa juga apakah terdapat kebocoran air untuk mencegah datangnya semut ke dalam rumah sobat Grameds!

 

Baca juga: 23 Cara Mengusir Semut yang Paling Ampuh dan Tips-Nya!

 

Rekomendasi Buku tentang Semut

(Sumber foto: www.pexels.com)

Dibanding susah-susah mencari cara mengusir banyak semut di rumah, mending Grameds manfaatkan saja koloni semut tersebut menjadi ladang cuan!??

Bingung caranya? Budidaya semut adalah kuncinya! Inilah beberapa rekomendasi buku tentang budidaya semut yang jadi rekomendasi Gramin. Check this out!?

1. Mendulang Uang dari Semut Rangrang

Mendulang Uang dari Semut Rangrang

Siapa tak kenal semut rangrang Semut yang gigitannya. Ini menghasilkan kroto atau telur semut yang merupakan salah satu pakan burung yang paling bergizi dan disukai oleh burung-burung kicauan. Kroto juga dibutuhkan oleh para pemancing karena terbukti ampuh sebagai campuran umpan untuk mengail ikan. Tak hanya itu, semut rangrang juga berperan sebagai pengendali hama tanaman atau pohon buah yang andal. Anda tak perlu repot menggunakan pestisida jika koloni semut ini tersebar dikebun buah Anda.

STOP berburu sarang rangrang Selain merusak lingkungan, hasilnya juga tidak maksimal. Memang, harga kroto atau telur semut rangrang senantiasa stabil, tapi apa yang akan Anda jual apabila sarang rangrang di alam semakin sulit dicari Dibandingkan bersusah payah memburu di alam, menangkarkan sarang rangrang jauh lebih efisien dan memberikan keuntungan berkalikali lipat, terutama ketika sedang tidak musim kroto sehingga harga jualnya melonjak tinggi.

Di sinilah Anda dapat mempelajari secara lengkap mengenai langkah-langkah praktis menangkarkan semut rangrang, memanen kroto, dan berbisnis kroto. Para penangkar yang berbagi tip dalam buku ini membuktikan bahwa menangkarkan semut yang satu ini bukan sesuatu yang mustahil. Semut rangrang memang serangga liar yang suka berpindah-pindah tempat, tetapi mereka memiliki daya adaptasi yang tinggi. Penangkaran semut rangrang jelas memiliki banyak keunggulan dibandingkan pembudidayaan hewan lain.

2. Buku Pintar Budi Daya Semut Jepang

Buku Pintar Budi Daya Semut Jepang

Semut jepang. Pernah mendengar jenis serangga dari famili Formicidae ini? Memang, jenis semut yang satu ini belum begitu populer di tengah-tengah masyarakat kita. Namun, tahukah Anda jika semut ini memiliki khasiat luar biasa dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit? Berdasarkan khasiatnya itulah, semut jepang banyak diburu orang sehingga budidaya semut jepang bisa menjadi salah satu usaha yang dapat Anda lirik. Pertanyaannya, bagaimana cara membudidayakan semut jepang?

Sekitar enam puluh persen isi buku ini membahas tentang khasiat ajaib dari semut jepang sebagai obat segala penyakit. Sedangkan sisanya membahas mengenai seluk beluk semut jepang, cara budidayanya, dan kisah sukses pembudidaya semut jepang.

Pengetahuan tentang semut jepang sampai saat ini masih sangat minim. Bukan karena sulitnya mencari semut jepang, tetapi karena panduan yang komprehensif mengenai semut jepang dan cara budidayanya sangat sulit ditemukan. Selam penelusuran, penulis hampir tidak menemukan satupun referensi buku yang mengupas tentang semut jepang. Karena itu, penulis berharap buku ini dapat menjadi langkah awal bagi lahirnya buku-buku yang sejenis kelak.

Buku ini menguraikan secara ringkas dan jelas teknik pembudidayaan semut jepang, mulai dari tahap persiapan, pembelian bibit, pemeliharaan, hingga pemanenan. Sebagai tambahan, di dalam buku ini juga disajikan informasi mengenai resep atau aturan pengkonsumsian semut jepang untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Jadi, tunggu apa lagi? Ambil buku ini dan mulailah membudidayakan semut jepang!

3. Cara Mudah Dan Cepat Sukses Agribisnis Semut Rangrang+cd(FC)

Cara Mudah Dan Cepat Sukses Agribisnis Semut Rangrang+cd(FC)

button cek gramedia com

Buku ini akan memandu anda dari hasil praktik peternak langsung dengan cara yang mudah dan cepat agar sukses agribisnis semut rangrang. Antara lain menjelaskan prospek dan teknik budi daya semut rangrang penghasil kroto dengan 3 metode sekaligus yaitu metode alam, rak penangkaran sampai metode terbaru (semi alam); mulai dari teknik mengunduh bibit di alam sampai masuk ke toples penangkaran, teknik membuat bibit sendiri, dan teknik perawatan semut rangrang sampai masa panen yang produktif. Dilengkapi dengan tip menghadapi kendala dalam budi daya semut rangrang dan CD tutorial mulai dari persiapan budi daya sampai panen yang cocok untuk pemula maupun profesional.

 

Kesimpulan

Walaupun pertanda-pertanda ini tidak memiliki bukti secara ilmiah, masih banyak orang yang percaya dengan hal ini, lho, Grameds! Kalau kamu, percaya atau nggak nih? Apapun itu, ternyata mengusir banyak semut di rumah tidak sesulit yang kita bayangkan. Bahkan beberapa bahan alami yang biasa ada di dapur juga bisa kita manfaatkan.

Nah, untuk sobat Grameds semua yang tertarik untuk memanfaatkan banyak semut di rumah sebagai ladang usaha. Yuk, pertimbangkan untuk mendapatkan buku-buku terkait budidaya semut di atas. Beruntungnya, kamu cukup kunjungi website utama kita di Gramedia.com!

Selain budidaya semut, Grameds juga bisa mencari panduan terkait budidaya hewan-hewan lain. Mempermudah hidup sekali bukan? Tanpa perlu waktu lama, segera kunjungi tautan ini! ?

 

Penulis: Ivory Ayeisha Namira



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 56 / 62
  • Tidak
    9% 9% 6 / 62


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu