in

13 Rekomendasi Film Kartun Terbaru 2023

Film kartun terbaru – Menonton film animasi atau kartun tak pernah salah, baik anak-anak maupun orang dewasa, pasti gemar menonton film kartun. Film kartun dengan gambar yang menarik dan berwarna-warni, ditambah dengan jalan cerita yang sederhana dan penuh makna, memiliki daya tarik tersendiri yang tak lekang oleh waktu. Ditambah lagi, film kartun pasti memiliki pesan moral yang dapat menjadi pembelajaran bagi pembaca.

Banyaknya peminat film kartun membuat para produser film tak pernah absen untuk memproduksi film kartun setiap tahunnya. Pada tahun 2023 sendiri, sudah banyak film kartun yang mengantri untuk rilis. Baik itu film baru, maupun film sekuel yang melanjutkan kisah film yang dinanti-nantikan.

Bagi kalian para pecinta film, terutama film kartun, jangan lewatkan untuk menonton film-film berikut yang akan dirilis sepanjang tahun ini. Simak daftarnya di bawah ini!

13 Rekomendasi Film Kartun Tahun 2023

1. Doraemon: Nobita’s Sky Utopia

Sumber: imdb.com

Siapa yang tak kenal film kartun legendaris yang satu ini? Yang menampilkan robot kucing dari abad ke-22 yang setia membantu seorang bocah lelaki yang kikuk dan ceroboh. Doraemon: Nobita’s Sky Utopia akan menjadi seri layar lebar Doraemon yang ke-42. Doraemon: Nobita’s Sky Utopia pastinya akan membuat para penonton terkejut dengan menampilkan dunia fantasi baru yang mengagumkan.

Tidak hanya itu saja, selain Doraemon, Nobita, Giant, Suneo, dan Shizuka, akan hadir dua karakter baru dalam film ini, yaitu Marimba dan Hanna. Marimba dan Hanna adalah penduduk di suatu negeri bernama Paradipia. Marimba merupakan sosok dengan karakter petualang yang memiliki keinginan untuk mengungkap rahasia dari Paradipia. Sedangkan, Hanna adalah seorang murid di sekolah Paradipia.

Hanna nantinya akan berperan memandu Doraemon, Nobita, dan kawan-kawan untuk berpetualang di Paradipia. Selain itu, akan hadir juga Sonya, robot kucing seperti Doraemon. Film Doraemon: Nobita’s Sky Utopia direncanakan akan mulai tayang pada 3 Maret 2023.y

2. MUMMIES 

Sumber: imdb.com

Film kartun selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah MUMMIES. MUMMIES adalah sebuah film animasi petualangan yang dirilis oleh distributor film ternama, Warner Bros. Film ini disutradarai oleh Juan Jesus Garcia Galocha yang berasal dari Spanyol.

Film ini akan mengisahkan tentang petualangan menyenangkan dari tiga mumi Mesir yang tinggal di sebuah kota rahasia bawah tanah dan tersembunyi, yang berlokasi di Mesir kuno. Ketiga mumi tersebut akan melewati serangkaian peristiwa yang tak menguntungkan, yang membuat mereka bisa berakhir di London dan memulai perjalanan aneh dan lucu untuk mencari sebuah cincin tua. Film ini rencana akan dirilis pada 31 Maret 2023.

3. The Amazing Maurice

Sumber: imdb.com

The Architecture of Love | Di balik Pena

Grameds mungkin sudah tak asing dengan judul film ini. Film ini memang mengadaptasi The Amazing Maurice and His Educated Rodents karya Terry Pratchett, sebagai film kartun terbaru tahun ini. Film animasi ini diadaptasi oleh penulis Terry Rossio, Aladdin dan Shrek.

Film yang dibuat oleh Red Star Animation di Inggris dan Studio Rakete di Jerman ini sangat cocok ditonton oleh anak-anak. The Amazing Maurice akan mengikuti perjalanan Maurice, seekor kucing jalanan berwarna oranye yang merupakan penipu ulung. Maurice berteman dengan sekelompok tikus. Film ini seharusnya sudah dirilis sejak awal tahun 2023, tetapi ditunda.

4. The Super Mario Bros Movie

Sumber: imdb.com

Film kartun rekomendasi selanjutnya adalah salah satu kartun paling legendaris, The Super Mario Bros. Film kartun komedi petualangan ini diproduksi oleh Illumination yang bekerja sama dengan Nintendo. Film ini menjadi film adaptasi ketiga dari waralaba video game, Super Mario. Pengisi suara untuk film ini, antara lain Chris Pratt sebagai pengisi suara Mario, dan beberapa selebriti lainnya seperti Charlie Day, Anya Taylor Joy, Jack Black, dan Keegan-Michael Key.

Film ini mengisahkan tentang Mario dan Luigi yang tinggal di New York City. Hingga pada suatu hari, mereka masuk ke sebuah film video game, dan menemukan misteri ayah mereka yang hilang serta kura-kura yang juga sudah lama hilang. Sementara itu, kura-kura raksasa bernama Bowser yang merupakan Raja Koopa tengah berusaha mendapatkan 120 kekuatan Bintang untuk memperoleh akses ke Yoshi.

Sedangkan, Donkey Kong mencoba untuk mengerjai Mario dan Luigi. Di sisi lain, Bowser junior juga sedang dalam keadaan koma, ia masih hidup berkat didukung berbagai benda. Dan dalam petualangan ini, Mario dan Luigi mencoba untuk pergi ke kastil. Dalam trailer film ini, ditampilkan pendekatan terhadap karakter yang akan menghidupkan kembali dunia kerajaan jamur, yang sebelumnya belum pernah ada.

Trailer pertama The Super Mario Bros Movie bisa Anda tonton di kanal YouTube Illumination. Dari trailernya saja, sudah terlihat detail dan visual film yang sangat mengagumkan. Film ini dijadwalkan akan rilis pada 7 April 2023. Jangan sampai kelewatan ya, Grameds.

5. Spider-Man: Across the Spider-Verse

Sumber: marvel.com

Spider-Man: Across the Spider-Verse disutradarai oleh Joaquim Do Santos yang populer atas karya penyutradaraannya dalam serial animasi Avatar: The Last Airbender. Ia menggarap film ini bersama dengan Kemp Powers dan Justin K. Thompos. Spider-Man: Across the Spider-Verse menjadi sekuel kedua dari film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018).

Sekuel ini akan menyajikan kisah yang lebih besar dalam meningkatkan standar artistik visualnya sendiri, serta memajukan kisah Miles Morales (Shameik Moore) dengan lebih menarik. Spider-Man: Across the Spider-Verse akan mengikuti petualangan Miles Morales (Spider-Man) yang kembali bertemu dengan Gwen Stacy (Spider-Woman/ Hailee Steinfeld).

Miles Morales melintasi multiverse dengan Gwen Stacy/Spider-Woman (Hailee Steinfeld) terlempar ke multiverse lain, yang menjadi tempat di mana para Spider-Man dari berbagai alam semesta hadir. Miles Morales menjelajahi multiverse lain bersama dengan Gwen Stacy dan tim baru Spider-People.

Tentunya, di sana mereka menemukan musuh yang menjadi ancaman baru bagi alam semesta. Maka itu, para Spider-People harus menyatukan kekuatan untuk melawan penjahat yang kuat. Film ini dijadwalkan akan dirilis pada 2 Juni 2023.

6. ELEMENTAL 

Sumber: imdb.com

Film kartun selanjutnya yang dinantikan pada tahun 2023 ini adalah ELEMENTAL. Film yang direncanakan akan tayang pada tanggal 16 Juni 2023 ini merupakan film animasi produksi Disney. Tentunya, film garapan Disney tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Film ini berlatar di sebuah dunia fantasi, di mana makhluk hidup berbentuk elemen yang berbeda-beda,  yaitu air, api, tanah, dan udara. Meskipun berasal dari elemen yang berbeda, makhluk hidup dari keempat elemen tersebut hidup berdampingan dengan damai. Di sebuah kota di dunia Elemental, hidup dua karakter bernama Ember dan Wade.

Ember merupakan elemen api, sedangkan Wade adalah elemen air. Namun, pertemuan keduanya membuat Ember dan Wade jatuh cinta satu sama lain. Tetapi, perbedaan elemen keduanya menghadirkan tantangan baru untuk bersatu dan memperjuangkan cintanya. Film ELEMENTAL ini akan menampilkan sudut pandang dari kedua tokoh utama tersebut.

7. How Do You Live?

Sumber: imdb.com

How Do You Live? adalab film kartun Jepang yang diproduksi oleh Studio Ghibli dan ditulis oleh Hayao Miyazaki. Banyak dari Grameds yang mungkin sudah mengetahui bahwa Studio Ghibli menjadi salah satu studio animasi Jepang yang populer dan melegenda bagi para penggemar film animasi Jepang. Karya yang dihasilkan Studio Ghibli selalu bisa membuat penonton kagum, di antaranya yang paling populer adalah My Neighbour Totoro, Spirited Away, Howl’s Moving Castle, dan masih banyak lainnya.

Begitupun pula dengan Hayao Miyazaki, yang dikenal sebagai sutradara dan animator ternama di Jepang. Setelah sepuluh tahun lamanya hiatus dari dunia perfilman, akhirnya Hayao Miyazaki melahirkan film baru lagi. Karyanya ditunggu-tunggu para penonton, setelah film terakhirnya yang berjudul The Wind Rises sukses menjadi film yang dikagumi banyak orang.

Film How Do You Live? akan menyajikan kisah luar biasa yang mengeksplorasi makna kehidupan dalam format animasi tradisional ala Studio Ghibli. Film ini telah direncanakan sejak tahun 2017, dan diharapkan selesai pada sekitar tahun 2021 atau 2022. Namun, akibat seluruh animator masih dalam proses menggambar semuanya dengan tangan, ditambah dengan adanya pandemi Covid-19, jadwal perilisan film ini diubah menjadi 14 Juli 2023.

8. Nimona

Sumber: IMDb

Film Nimona digarap oleh Nick Bruno dan Troy Quane. Mereka berdua adalah tim sutradara dan animator ternama Amerika yang sudah menyutradai film komedi animasi populer, Spies in Disguise (2019). Film Nimona sudah diumumkan sejak tahun 2015 oleh 20th Century Animation untuk menjadi film animasi produksi Blue Sky Studios selanjutnya.

Pada mulanya, film ini akan rilis di awal tahun 2020, tetapi ditunda beberapa kali dan juga sempat dibatalkan, karena Disney menutup perusahaan Blue Sky Studios pada April 2021. Lalu, pada 11 April 2022, Annapurna Pictures akhirnya menghidupkan kembali ini bersama dengan DNEG Animation yang mengambil alih produksi, sehingga film Nimona bisa segera tayang di Netflix pada tahun 2023 ini.

Film ini akan dibintangi oleh Chloe Grace Moretz, Eugene Lee Yang, dan Riz Ahmed. Film animasi ini diadaptasi dari novel grafis karya ND Stevenson yang mengisahkan tentang seorang ksatria yang dijebak. Ksatria ini dituduh melakukan tindak kejahatan yang sebetulnya tidak ia lakukan.

Dan, Nimona menjadi orang yang dapat membuktikan bahwa ksatria tersebut tidak bersalah. Nimona sendiri adalah remaja yang memiliki kemampuan untuk berubah bentuk, termasuk menjadi monster yang diburu oleh manusia. Kisah ini berlatar belakang di dunia tekno abad pertengahan, yang ceritanya mengangkat isu tentang label yang diberikan oleh orang lain, dan menolak untuk ditentukan oleh siapapun.

9. 10 Lives

Sumber: imdb.com

Film 10 Lives mengadaptasi filosofi reinkarnasi, yang diterapkan pada hewan dengan cara yang mudah dipahami, baik oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Film 10 Lives mengangkat kisah tentang seekor kucing bernama Beckett yang telah mengambil sembilan nyawanya begitu saja. Pada saat karakter utama itu kehilangan nyawa terakhirnya secara ceroboh, ia mengajukan permohonan.

Beckett akhirnya mendapatkan seluruh hidupnya dan kembali ke bumi.  Namun, hal yang tak diketahui Beckett adalah bahwa setiap kehidupan baru itu akan datang dalam bentuk yang berbeda. Film 10 Lives dijadwalkan akan rilis pada Agustus 2023 mendatang.

10. TROLLS 3 

Sumber: imdb.com

Setelah sukses dengan film pertama dan kedua yang berjudul Trolls dan Trolls World Tour, Dreamworks kembali melanjutkan kisah petualangan Princess Poppy, Branch, dan kawan-kawannya dalam film TROLLS 3.

TROLLS akan menayangkan kembali sekuel ketiganya yang berjudul Trolls World Tour pada 17 November mendatang. Film animasi-musikal ini dijamin akan berhasil membuat penggemarnya kagum akan alur cerita, musik, komedi, dan pesan moralnya, sama seperti kedua film sebelumnya.

11. Chicken Run: Dawn of the Nugget

Sumber: IMDb

Setelah lebih dari dua dekade tidak hadir di layar kaca, karakter-karakter dari film Chicken Run akan kembali tampil dalam film sekuelnya yang bertajuk Chicken Run: Dawn of the Nugget. Film ini direncanakan akan dirilis di Netflix pada tahun 2023.

Bagi yang belum tau, Chicken Run merupakan film stop-motion tahun 2000 yang sangat populer. Film animasi ini diproduksi menggunakan mainan asli yang direkam menggunakan kamera. Objek mainan dalam film ini dipindahkan dan digerakkan sedemikian rupa secara manual sesuai gerakan yang dibutuhkan.

Selanjutnya, setiap gambar yang ada direkam fan digabungkan seolah-olah objek tersebut bergerak atau hidup. Chicken Run: Dawn of the Nugget akan digarap oleh StudioCanal bersama dengan Aardman Animations.

12. Wish

Sumber: IMDb

Wish merupakan film produksi Walt Disney Animation Studios yang rencananya akan dirilis pada 22 November 2023. Film Wish disutradarai oleh Chris Buck, yang dikenal berkat karya penyutradaraannya dalam film animasi Tarzan dan Frozen. Film ini akan dibintangi oleh Ariana DeBose dan Alan Tudyk sebagai pengisi suara tokoh utama.

Film Wish mengikuti perjalanan Putri Asha (Ariana DeBose), seorang gadis dari Kerajaan Kosas, kerajaan magis yang bertemu dengan sebuah bintang harapan yang membawanya ke petualangan besar. Putri Asha merupakan seseorang yang optimis, mempunyai kecerdasan tajam, dan sangat peduli dengan sekitarnya. Putri Asha akan berpetualang bersama kambingnya yang bernama Valentino, sambil dikelilingi oleh bintang-bintang melalui berbagai dunia demi membantu menyelamatkan rakyatnya.

13. Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem

Sumber: imdb.com

Akhirnya, pahlawan super kura-kura kesayangan kita semua akan kembali dengan petualangan barunya. Film terbaru Teenage Mutant Ninja Turtle: Mutant Mayhem direncanakan akan dirilis di tahun ini. Film ini akan menampilkan kembali Leonardo, Donatello, Michelangelo, dan Raphael ke layar lebar.

Sampai saat ini, belum ada bocoran atau cuplikan dari film ini. Namun, ada beberapa info yang mengatakan bahwa film ini akan memiliki estetik animasi 2D yang keren. Pasalnya, film ini akan digarap oleh dua studio animasi, yakni Mikros Image dan Cinesite yang telah berpengalaman membuat film animasi anak-anak kelas dunia.

Wah, dari sedikit penjelasan di atas saja, sudah terlihat betapa menariknya semua film animasi yang akan tayang pada tahun 2023 ini. Pastinya membuat kita gak sabar untuk menontonnya nanti! Jadi, Grameds nungguin film apa, nih?

Grameds, itu dia 13 film kartun yang akan tayang pada tahun 2023 ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa saksikan film kartun di atas jika sudah rilis, ya!

Jika ingin mencari buku kartun, maka kalian bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://hot.detik.com/movie/d-6521733/5-film-animasi-paling-ditunggu-2023
  • https://www.kapanlagi.com/showbiz/film/internasional/6-film-animasi-rekomendasi-tahun-2023-yang-wajib-masuk-daftar-list-tontonan-a839e3.html
  • https://lampung.idntimes.com/hype/entertainment/rohmah-mustaurida/film-animasi-tayang-2023-mulai-disney-sampai-dreamworks-studios?page=all
  • https://www.pinhome.id/blog/film-animasi-terbaru/#10_Lives

Rekomendasi Buku Terkait

Disney Pixar: Turning Red

 

Apa yang akan Anda lakukan bila Anda bisa berubah menjadi seekor panda merah raksasa? Hal ini yang dipikirkan oleh Mai setelah terbangun dan menemukan dirinya berubah menjadi sosok panda merah besar yang penuh bulu. Bagaimana kehidupan Mai bisa berlangsung normal lagi? Ayo kita cari tahu bersama dengan membaca buku ini!

Serial Komik: Warkop DKI Kartun

Warung Kopi atau yang lebih dikenal dengan singkatan Warkop merupakan grup lawak yang dibentuk oleh Nanu (Nanu Moeljono), Rudy (Rudy Badil), Dono (Wahjoe Sardono), Kasino (Kasino Hadiwibowo) dan Indro (Indrodjojo Kusumonegoro).

Dalam buku ini, CHIPS beraksi kembali. Trio Dono, Kasino, dan Indro kembali terlibat dalam berbagai kasus yang menantang dan menggelitik. Kekacauan konyol apalagi yang akan mereka buat? Langsung saja cek sendiri isi ceritanya, ya!

Disney Princess: Belle Dan Pesta Kostum

Sayap Barat di kastel Beast adalah tempat terlarang yang menyeramkan. Namun, setelah mantra yang membelenggu kastel itu dipatahkan, Belle ingin menjadikan Sayap Barat kembali menjadi tempat yang penuh kegembiraan lagi. Dengan penuh semangat, Belle dan Pangeran beserta pegawai-pegawai kastel membersihkan dan menata kembali Sayap Barat.

Banyak kejutan mereka temukan saat melakukannya. Mulai dari penemuan harta karun menakjubkan, gudang bawah tanah yang penuh dengan alat musik, dan kamar rahasia berisi sesuatu yang berperan penting dalam pesta kostum yang akan diselenggarakan Belle untuk merayakan pembukaan kembali Sayap Barat!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.