in

Ketahui 10 Kota Terkaya di Indonesia

Kota terkaya di Indonesia – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki ukuran yang cukup luas dengan beragam penduduk di dalamnya. Di mana setiap satu kota dengan kota lainnya akan memiliki beberapa perbedaan yang cukup unik hingga menjadikannya sebagai identitas tersendiri.

Salah satu perbedaan yang bisa ditemukan dari setiap kota yang ada di Indonesia adalah tingkat kemakmuran masyarakat yang tinggal di kota tersebut. Secara umum, hal yang bisa menjadi tolak ukur tingkat kemakmuran dari suatu wilayah atau kota adalah dilihat dari nilai Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita di masing-masing kota.

Itu artinya, kita bisa tahu apa saja kota terkaya di Indonesia yang didapatkan dari perhitungan PDRB atau produk domestic regional bruto Kabupaten dan juga Kota di Indonesia. Perlu diketahui juga jika PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto merupakan jumlah nilai tambah bruto yang muncul dari setiap sektor perekonomian pada daerah tersebut.

Lalu, perhitungan PDRB yang dilakukan oleh BPS atau Badan Pusat Statistik telah mengikuti standar Sistem Neraca Nasional tahun 2008 yang juga telah dipublikasikan oleh PBB. Sedangkan untuk menghitung PDRB adalah dengan menjumlahkan pendapatan yang nantinya akan dibagi dengan jumlah total penduduk daerah tertentu dalam kurun waktu satu tahun.

Daftar Kota Terkaya di Indonesia

Pixabay.com/febriamar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kota terkaya di Indonesia bisa dilihat berdasarkan Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB. Nah, di bawah ini ada rangkuman daftar kota terkaya di Indonesia yang dilihat berdasarkan Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB.

1. Kediri

Kediri menjadi salah satu kota terkaya di Indonesia. Dimana kediri juga menjadi tempat perusahaan rokok terbesar di Indonesia yaitu PT Gudang Garam Tbk yang sudah berdiri sejak tahun 1958.

Keberadaan kota Kediri berada di Jawa Timur dan menjadi contributor Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB terbesar di negara Indonesia karena memiliki industri tembakau. Bukan hanya itu saja, industri tembakau yang ada di kota tersebut juga menjadi salah satu sektor unggulan yang bisa menjadikan alasan kenapa Kediri masuk ke dalam daftar kota terkaya di Indonesia.

Pada tahun 2020 lalu, kediri berhasil memiliki Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita sebesar Rp457,9 juta.

2. Botang

Kota terkaya di Indonesia yang berikutnya adalah kota Bontang. Bontang sendiri merupakan salah satu kota yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu Datang juga menjadi wilayah yang berorientasi pada sektor jasa, industri dan perdagangan.

Tak bisa dipungkiri perkembangan industri yang ada di kota Bontang, Kalimantan Timur tidak kalah dengan sektor industri yang ada di pulau Jawa. Pada tahun 2020, tercatat angka Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita di Kota bontang adalah Rp312,14 juta hingga menjadikannya masuk ke dalam daftar kota terkaya di Indonesia.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Jakarta

Bicara tentang kota terkaya di Indonesia rasanya memang tak bisa lepas dari yang namanya kota Jakarta. Dimana Jakarta Pusat adalah salah satu dari lima kota administrasi di Indonesia. Kota administrasi adalah pembagian wilayah administrasi yang ada di Indonesia dan berada di bawah provinsi.

Kota administrasi juga buka  sebagai daerah otonom. Namun kota administrasi yang dimaksud disini lebih mengarah ke pembangunan yang sesuai dengan perkembangan sosial ekonomi dan juga fisik perkotaan.

Kota Jakarta Pusat menjadi salah satu jantung dari perekonomian, pemerintahan serta perdagangan yang ada di Indonesia. Jika kita lihat, Jakarta juga menjadi salah satu kota yang di dalamnya sudah berdiri banyak perubahaan besar.

Tentunya hal tersebut tidak mengherankan jika Jakarta Pusat mampu memasuki daftar kota terkaya di Indonesia. Pada tahun 2020 lalu, BPS mencatat Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita kota Jakarta adalah sebanyak Rp753,7 juta.

Rekayasa geoteknik merupakan aplikasi rekayasa teknologi yang diterapkan kepada bumi. Buku Geoteknik Tambang Edisi Kedua Tahun 2021 pas dijadikan referensi dalam mendalami geoteknik tambang.

 

4. Cilegon

Selanjutnya, ada kota Cilegon yang juga masuk ke dalam daftar kota terkaya di Indonesia. Kota Cilegon terletak di provinsi Banten yang tercatat mampu mkendapatkan Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB mencapai Rp233,02 juta. Selain itu, kota Cilegon juga memiliki industri yang berkembang di dalamnya seperti industri pengolahan baja di PT Krakatau Steel.

5. Surabaya

Jika kita membayangkan kota metropolitan selain Jakarta, mungkin Surabaya masuk ke dalam salah satu daftarnya. Kota Surabaya juga masuk ke dalam daftar salah satu kota terkaya dan termakmur di Indonesia. Kota Surabaya sendiri memiliki peran sebagai ibukota Jawa Timur.

Selain itu, kota Surabaya juga memiliki berbagai sektor industri maupun perdagangan modern yang bisa menyokong ekonomi di kota tersebut. BPS mencatat, kota Surabaya memiliki Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita mencapai jumlah Rp190,89 juta. Dengan angka tersebut juga menjadikan Surabaya menjadi kota terunggul di Jawa Timur.

Nah, bagi Grameds yang ingin merasakan jajanan Surabaya, tapi masih bingung pilih yang mana. Tak perlu khawatir, karena di dalam buku Jajanan Kaki Lima Khas Surabaya akan memudahkan kamu dalam memilih jajanan Surabaya yang memiliki cita rasa unik.

 

6. Balikpapan

Balikpapan bukan hanya sebagai salah satu kota besar yang ada di Kalimantan Timur saja. Namun, Balikpapan juga masuk ke dalam jajaran kota terkaya yang ada di Indonesia. Sama seperti Bontang, kota Balikpapan juga memiliki sektor industri dan perdagangan yang mayoritasnya adalah minyak bumi dan gas alam.

Karena memiliki dukungan sektor industri dan perdagangan yang mumpuni, kota Balikpapan berhasil mecatata Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita sejumlah Rp155,97 juta.

7. Tarakan

Kota Tarakan juga masuk ke dalam daftar kota terkaya di Indonesia. Kota Tarakan sendiri berada di provinsi Kalimantan Utara. Kota Tarakan juga memiliki berbagai jenis industri yang bisa mendukung perekonomian kota tersebut.

Sedikit berbeda dengan kota Bontang dan Balikpapan, kota Tarakan memiliki sektor industri yang lebih berfokus terhadap perkapalan, peternakan hingga kelautan. Tercatat Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita dari kota tersebut mampu mencapai angka Rp136 juta.

8. Dumai

Selanjutnya ada kota Dumai yang terletak di provinsi Riau. Kota ini begitu terkenal karena banyak berdiri perusahaan multinasional seperti Sinarmas Group, Wilmar Group, Asian Agri, Chevron dan masih banyak lain. Kota Dumai tercatat mampu mendapatkan Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita sebesar Rp115,61 juta.

9. Makassar

Makassar adalah kota terkaya di Indonesia yang berikutnya. Makassar sendiri terletak di Sulawesi Selatan yang di dalamnya memiliki potensi akan sektor pertambangan seperti minyak dan gas. Dari data BPS tercatat Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita dari kota Makassar adalah sekitar Rp115,39 juta.

10. Batam

Kota Batam menjadi salah satu kota terkaya di Indonesia yang berikutnya. Batam sendiri berada di provinsi Kepulauan Riau dengan Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita sekitar Rp113,48 juta.

Menariknya, sektor perekonomian yang ada di kota Batam didukung dengan keberadaan industri seperti elektronik, kimia, furniture, kulit, logam dan lainnya.

Nah, itulah rangkuman informasi mengenai kota terkaya di Indonesia yang dilihat dari perhitungan Produk Domestic Regional Bruto atau PDRB per kapita di setiap wilayahnya, baik itu kota maupun provinsi.

Daftar Negara Terkaya di Asia Tenggara

Negara terkaya di wilayah Asia Tenggara memiliki jumlah kekayaan yang berbeda dengan negara-negara barat seperti Amerika dan Eropa. Hal ini karena negara di lingkup Asia, khususnya Asia Tenggara atau ASEAN kebanyakan merupakan negara berkembang.

Walaupun begitu negara di Asia Tenggara memiliki sumber daya alam dan manusia yang cukup melimpah. Tak heran jika perekonomian yang ada di negara Asia Tenggara memang tidak bisa dianggap remeh. Nah agar kalian lebih tahu lagi apa saja daftar negara terkaya di Asia Tenggara, berikut adalah penjelasannya.

1. Singapura

Meski Singapura adalah negara yang tak terlalu besar jika dibandingkan dengan Indonesia. Namun untuk perekonomian negara Singapura memang terbilang patut diacungi jempol. Singapura termasuk sebagai negara sebagai pusat perekonomian di benua Asia.

Menjadi pusat perekonomian di Asia menjadikan Singapura berhasil masuk ke dalam daftar negara terkaya di Asia tenggara. Di tahun 2021 saja, pendapatan per kapita warga Singapura terbilang cukup tinggi yaitu mencapai angka USD 59 ribu.

Liburan ke luar negeri, pastinya sangat seru, salah satu negara Asia Tenggara yang sering dijadikan tempat destinasi bagi para traveller adalah Singapura. Untuk kamu yang ingin traveling ke sana dan masih bingung mengelola budget, maka bisa menjadikan buku Budget Travelling: Singapura sebagai panduan.

 

2. Brunei Darussalam

Selanjutnya ada Brunei Darssalam yang juga menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang di dalamnya terdapat sumber daya alam yang begitu melipah. Sumber daya alam yang ada di negara tersebut lebih befokus pada minyak dan gas yang cukup besar.

Menariknya, sumber daya alam di negara Brunei Darussalam berhasil dikelola dengan cukup baik hingga menjadi komoditas ekspor utama di dalam negara tersebut. Karena hal tersebut juga menjadikan pendapatan dari negara Brunei Darussalam mampu mencapai angka USD 32 ribu per tahunnya.

Meski begitu, ketika negara tersebut hanya mengandalkan kekayaan hanya dari sumber daya alam tersebut saja, maka kemungkinan juga akan terjadi kondisi yang sangat rawan. Hal ini karena semakin lama sumber daya alam yang ada di negara tersebut kian habis, walaupun belum pasti kapan habisnya.

3. Malaysia

Malaysia juga masuk ke dalam daftar negara terkaya di wilayah Asia Tenggara. Sejak tahun 1998, Malaysia melakukan pembenahan agar bisa memulihkan perekonomian serta permasalahan krisis moneter yang ada pada tahun tersebut. Pada akhirnya negara tersebut mampu mengalami pertumbuhan perekonomian yang cukup pesat. Bahkan Malaysia berhasil mendapatkan pendapatan per kapita setiap tahunnya hingga angka USD 11 ribu.

4. Thailand

Berikutnya ada Thailand yang masuk ke dalam daftar lima negara terkaya di wilayah Asia Tenggara. Sejak krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997 lalu, Thailand secara perlahan mulai melakukan pembenahan. Perekonomian negara tersebut secara perlahan mengalami pertumbuhan sehingga mampu mencapai angka pada pendapatan per kapitanya adalah sekitar USD 7 ribu per tahunnya.

5. Indonesia

Indonesia juga masuk ke dalam daftar negara terkaya di Kawasan Asia Tenggara. Hal ini tak bisa dipungkiri lagi karena kekayaan akan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di Indonesia menjadikan perekonomian terus berjalan dan mengalami peningkatan. Bahkan dengan adanya kekayaan sumber daya tersebut, Indonesia sudah memiliki kemungkinan untuk bisa melampaui negara-negara di lingkup Asia Tenggara lainnya. Walaupun begitu ternyata angka pendapatan per kapita dari negara Indonesia hanya sekitar USD 4 ribu.

Itulah beberapa daftar negara terkaya di Kawasan Asia Tenggara yang dikutip dari berbagai sumber. Tentunya daftar di atas bisa saja berubah sesuai dengan kondisi perhitungan pendapatan per kapita di setiap negara masing-masing.

Beberapa Negara Terkaya di Kawasan Asia

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang kota terkaya di Indonesia dan negara terkaya di Kawasan Asia Tenggara. Maka penjelasan berikutnya akan berada di atas dua pembahasan sebelumnya yaitu negara terkaya di Kawasan Asia.

Jika bicara tentang negara terkaya di dunia, mungkin kalian akan langsung berfikir pada negara Amerika Serikat. Namun bagaimana jika kita bicara tentang negara terkaya di Kawasan Asia, siapa saja sih yang masuk ke dalam daftar negara terkaya di Kawasan Asia.

Agar bisa tahu siapa saja negara yang masuk ke dalam daftar negara terkaya di Asia tentunya kita membutuhkan perhitungan Produk Domestik Bruto atau PDB per kapita pada setiap negara. Perlu diketahui juga PDB per kapita merupakan jumlah pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Biasanya keberadaan dari PDB per kapita digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi yang ada di suatu negara.

Nah, di bawah ini ada beberapa negara terkaya di Kawasan Asia yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Singapura

Singapura tak hanya menjadi salah satu negara terkaya di Kawasan Asia Tenggara saja, namun Singapura juga masuk ke dalam daftar negara terkaya di Kawasan Asia. Disinyalir dari World Population Review mampu menjadi negara terkaya di Kawasan Asia dengan PDB perkapita hingga mencapai angka USD 107 ribu.

Selain itu, itu negara Singapura juga masuk ke dalam daftar negara paling ramah dalam berbisnis di dunia. Tak heran jika saat ini banyak investor yang begitu tertarik untuk menanamkan modalnya di negara tersebut karena memang Singapura memiliki iklim investasi yang cukup produktif.

2. Qatar

Qatar menjadi negara terkaya di Kawasan Asia yang memiliki sumber kekayaan secara umum berasal dari sumber daya minyak, petrokimia dan gas yang cukup melimpah. Namun jika kita lihat dari jumlah kepadatan penduduknya, Qatar hanya memiliki jumlah pendidik 2,8 juta jiwa saja.

Oleh karena itu, Qatar memiliki PDB per kapita mencapai angka USD 100 ribu. Pembangunan infrastruktur modern juga memungkikan Qatar untuk menjadi negara terkaya selama 20 tahun.

3. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab juga masuk ke dalam daftar negara terkaya yang berikutnya. Uni Emirat Arab memiliki kisaran PDB per kapita sebenar USD 74 ribu. Kekayaan negara Uni Emirat Arab sendiri berasal dari jumlah cadangan minyak yang begitu besar.

Perlu diketahui juga jika Uni Emirat Arab sebelum tahun 1950-an hanya mengandalkan sektor pertanian, perikanan dan Mutiara sebagai sumber penggerak ekonomi negara. Selain itu Uni Emirat Arab juga mengandalkan sector hidrokarbon tradisional, perdagangan, keuangan, konstruksi hingga pariwisata sebagai industri utama dari negaranya.

4. Macau

Macau masih masuk ke dalam daftar wilayah administrasi khusus China. Nama resmi dari Macau sendiri adalah Macao Special Administrative Region of the People’s Republic of China. Selain itu Macau juga kerap dijuluki sebagai Las Vegas Asia yang memiliki jumlah PDB per kapita hingga mencapai USD 64 ribu. Sedangkan untuk pendukung ekonomi di negara tersebut adalah dari sektor pariwisata seperti perjudian dan ekspor pakaian jadi.

5. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam menjadi salah satu negara yang masuk ke dalam daftar negara terkaya di lingkup Asia. Brunei Darussalam memiliki PDB per kapita sebesar USD 65 ribu per tahun. Sama dengan Qatar, Brunei Darussalam memiliki cadangan minyak dan gas yang bisa menjadi kekuatan ekonomi negara tersebut.

Itulah beberapa daftar negara terkuat di lingkup Asia. Selain itu dalam artikel ini juga ada penjelasan akan daftar negara terkaya di Asia Tenggara serta daftar kota terkaya di Asia. Sebagai catatan juga jika daftar negara atau kota di atas bisa berubah sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Jika ingin mencari buku seputar destinasi di suatu negara, maka kamu bisa mencarinya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Rujukan:

  • https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6382654/ini-10-kota-terkaya-di-indonesia-nomor-1-bukan-jakarta
  • https://www.idntimes.com/business/economy/yogama-wisnu-oktyandito/daftar-kota-terkaya-di-indonesia?page=all
  • https://www.idntimes.com/business/economy/yogama-wisnu-oktyandito/negara-terkaya-di-asia-tenggara-indonesia-urutan-berapa?page=all
  • https://www.idntimes.com/business/economy/yogama-wisnu-oktyandito/urutan-negara-terkaya-di-asia?page=all


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.