in

Daftar 17 Patung Tertinggi di Dunia, GWK Jadi Salah Satunya!

Patung tertinggi di dunia – Kalau bicara tentang karya seni, pastinya sih akan sangat banyak. Tidak hanya itu, hampir setiap negara memiliki karya seni yang unik, salah satu karya seni yang bisa kita temui di beberapa negara adalah patung.

Patung sendiri merupakan benda tiga dimensi hasil karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Patung bisa dibentuk sedemikian rupa menyerupai hewan atau sosok manusia.

Tujuan diciptakannya patung ialah untuk menghasilkan karya seni yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, patung biasanya dibuat dengan menggunakan bahan yang tahan lama dan harganya tentu mahal, seperti dari perunggu dan berbagai jenis batu seperti marmer, granit, dan kapur.

Bahkan, patung juga bisa dibuat dari bahan berharga seperti perak, jade, gading, dan emas. Selain itu, beberapa bahan lain yang dapat dijadikan patung adalah keramik, logam, dan kayu.

Grameds pasti pernah menjumpai patung di berbagai tempat umum, seperti taman kota, pusat perbelanjaan, dan tempat bersejarah. Penempatan patung di sejumlah tempat tersebut memiliki tujuan yang berbeda, sesuai dengan fungsi patung itu sendiri.

Macam-Macam Fungsi Patung

Sumber: Pixabay.com/Ronile

1. Patung Monumen

Patung ini dibuat dengan tujuan untuk mengenang atau memperingati kejadian dan peristiwa bersejarah, atau jasa seorang pahlawan di masa lampau. Patung monumen biasa berbentuk sosok pahlawan yang menjadi menginisiasi suatu gerakan perjuangan. Patung monumen biasa ditemukan di tempat-tempat bersejarah.

2. Patung Dekorasi

Sesuai dengan namanya, patung ini dibuat dengan tujuan sebagai dekorasi atau menghias area bangunan, lingkungan taman, dan lain sebagainya. Patung dekorasi biasanya berbentuk hewan dan ditemukan di tempat umum.

3. Patung Kerajinan 

Patung yang satu ini dibuat dengan tujuan ekonomi, yakni untuk dijual oleh para pengrajin atau pematung. Patung kerajinan biasa didapatkan di toko-toko seni, dan beberapa juga bisa berdasarkan permintaan pelanggan.

4. Patung Seni 

Patung seni dibuat dengan tujuan murni menjadikan patung tersebut sebagai karya seni. Hal ini didasarkan pada tujuan menghasilkan benda estetik yang bisa dinikmati bentuk, cerita, dan pesan di dalamnya. Anda bisa menemukan patung seni di museum.

5. Patung Arsitektur 

Patung arsitektur dibuat dengan tujuan untuk menunjang sebuah konstruksi bangunan, juga menambah nilai estetika atau keindahan bangunan. Biasanya, patung ini diukir di konstruksi pilar bangunan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

6. Patung Religi

Patung religi dibuat dengan tujuan untuk sarana ibadah. Patung ini memiliki makna religius bagi umat beragama tertentu. Patung religi menggambarkan tokoh yang berpengaruh dalam agama tersebut.

Kerap kali, kita menemukan patung yang sangat besar, hingga melebihi bangunan-bangunan yang ada di sekitarnya. Terdapat sejumlah patung tertinggi yang telah dikurasi di seluruh dunia. Pada artikel kali ini, kita akan mengenal 17 patung tertinggi dari berbagai negara.

Ini adalah kisah tentang Patung Dewi Kwan Im yang sangat suci, yang diperebutkan oleh para nikouw untuk bersemedi dan menenangkan diri dari segala kehidupan duniawi. Patung yang berdiri di tengah empang ini dipercaya dapat mendatangkan suasana yang membahagiakan. Penasaran akan ceritanya? Yuk langsung saja dapatkan buku ini sekarang!

 

17 Patung Tertinggi di Dunia

Daftar patung tertinggi di bawah ini mempunyai tinggi minimal 30 meter, yang menjadi asumsi ketinggian dari Colossus of Rhodes. Ketinggian dalam daftar ini diukur dari dasar patung hingga bagian puncak dari patung, tetapi taj termasuk ketinggian penyangga dasar dan alas tumpuan lainnya ataupun tiang, menara atau struktur lainnya yang memanjang lebih tinggi dari bagian tertinggi di patung tersebut.

Definisi patung dalam daftar ini merupakan patung yang berdiri sendiri, bukan seperti relief, yang mewakili satu atau lebih bentuk orang atau binatang (baik nyata ataupun mitos), secara keseluruhan bentuk tubuh atau sebagian saja. Patung yang masuk dalam daftar ini telah memenuhi seluruh kriteria yang dijelaskan di atas.

1. The Statue of Unity

Sumber: Pixabay.com/sarangib

Patung paling tinggi di dunia saat ini adalah The Statue of Unity atau Patung Persatuan yang berada di Gujarat, India. Patung ini diresmikan oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi di Kevadia, di negara bagian barat Gujarat, India, pada 31 Oktober 2018, yang bertepatan dengan hari kelahiran Patel yang ke-143.

The Statue of Unity didedikasikan untuk Sardar Vallabhbhai Patel, yang merupakan menteri dalam negeri pertama India. Vallabhbhai Patel menjadi salah satu pemimpin terkemuka dari gerakan kemerdekaan di India; tokoh patriotik; dan bapak pendiri India.

Patung ini berlokasi di sebuah pulau yang berada di sebuah sungai, yang menghadap ke Bendungan Narmada atau yang disebut sebagai bendungan Sardar Sarovar, dekat Rajpipla, sekitar 100 km di bagian tenggara kota Vadodara.

Patung Persatuan ini memiliki tinggi sekitar 182 meter atau 597 kaki, dan tinggi total mencapai 240 meter. Monumen The Statue of Unity dan sekitarnya menempati lahan dengan luas lebih dari 2 hektar, dan dikelilingi oleh danau buatan seluas 12 km Persegi.

Patung Persatuan dirancang oleh Ram V. Sutar, seorang pematung asal India, dan dibangun oleh Larsen & Toubro. Mereka menerima kontrak sebesar ?2.989 crore atau sekitar 420 juta USD untuk biaya desain, konstruksi, dan pemeliharaan pada Oktober 2014. Pembangunan patung ini dimulai pada 31 Oktober 2014, dan selesai pada pertengahan Oktober 2018.

2. Spring Temple Buddha Statue

Sumber: Pexels.com/Marstion

Patung Spring Temple Buddha dibangun pada tahun 2008 berlokasi di Henan, Tiongkok. Patung tertinggi kedua di dunia ini dibangun pada masa Dinasti Tang. Patung ini menjadi salah satu patung yang terkenal di China, yang dibuat untuk didedikasikan kepada Dewa Buddha.

Patung yang terbuat dari tembaga ini memiliki tinggi sekitar 153 meter, dan tinggi total 208 meter. Pada patung ini, terdapat lonceng perunggu dengan berat 116 ton, yang disebut sebagai lonceng keberuntungan.

3. Laykyun Sekkya Buddha

Patung Laykyun Sekkya Buddha yang memiliki tinggi sekitar 115,8 meter ini berlokasi di Khatakan Taung, Myanmar. Patung ini memiliki total tinggi mencapai 129,2 meter. Patung yang dibangun pada 21 Februari 2008 ini dinobatkan patung tertinggi ketiga di dunia. Patung ini memiliki 31 tingkat yang melambangkan 31 siklus hidup atau bidang keberadaan.

4. Ushiku Daibutsu

Sumber: Pexels.comKen Sawai

Patung tertinggi keempat di dunia ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dan tinggi total mencapai 120 meter atau 390 kaki, termasuk pondasi 10 m (33 kaki) dan platform lotus setinggi 10 meter. Ushiku Daibutsu adalah patung yang terletak di Ushiku, Ibaraki, Jepang.

Patung yang dibangun pada tahun 1993 ini memiliki bagian singgasana teratai. Patung ini sering juga disebut sebagai Patung Buddha Amitabha, dengan keberadaan taman bunga yang indah di sekelilingnya.

Patung ini memegang rekor patung tertinggi dari tahun 1993 hingga 2008. Pada 2018, patung ini menjadi salah satu dari lima patung tertinggi di dunia. Jika mengunjungi patung ini, Anda akan menemukan sebuah lift yang bisa membawa pengunjung naik ke lantai observasi pada ketinggian 85 m atau 279 kaki.

Patung ini terbuat dari perunggu, dan dibangun untuk memperingati kelahiran Shinran, pendiri J?do Shinsh? atau “Mazhab Tanah Murni Sejati” dari Buddhisme.

5. Sendai Daikannon

Sumber: Pexels.com/Min An

Patung Sendai Daikannon berlokasi di Sendai, Jepang. Patung ini memiliki ketinggian 100 meter dengan bagian dalam patung memiliki 12 lapis struktur bangunan dengan 108 patung Buddha di dalamnya yang dilengkapi dengan berbagai ekspresi. Ketika berada di patung ini, maka pengunjung bisa melihat keindahan panorama kota dan Samudera Pasifik dari jendela di lantai atas.

6. Guishan Guanyin 

Patung Guishan Guanyin yang berlokasi di Ningxiang, Hunan, China memiliki ketinggian 99 meter. Patung ini memiliki 11 kepala yang dipercaya dapat mendengarkan keinginan banyak orang. Selain itu, patung ini juga memiliki ribuan tangan yang dipercaya akan melindungi seluruh makhluk hidup. Patung Guishan Guanyin juga dilengkapi dengan banyak mata yang dipercaya akan membuat orang yang percaya bisa selalu sadar dan terjaga.

7. Peter the Great Statue

Sumber: Pexels

https://images.pexels.com/photos/10879010/pexels-photo-10879010.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=1&w=500

Patung Peter the Great Statue berada di Moskow, Rusia dan memiliki tinggi sekitar 98 meter. Walaupun termasuk sebagai salah satu patung tertinggi di dunia, tetapi patung ini beberapa kali masuk ke dalam kategori patung paling jelek di dunia. Patung ini didedikasikan bagi pemimpin dan kaisar, Peter the Great. Peter sendiri merupakan pemimpin yang berpengaruh dan dikenal karena memodernisasi Rusia.

Buku Sejarah Dunia Lengkap: Dari Manusia Pertama Hingga Perang Dunia Kedua akan memaparkan berbagai informasi yang ingin Anda ketahui mengenai sejarah dunia, mulai dari masa paling awal di mana manusia pertama hidup hingga pada proses pembentukan peradaban. Buku ini juga turut merangkum Perang Dunia yang terjadi dalam penjelasan yang mudah dipahami. Sejumlah teori juga ikut disertakan untuk memperdalam pengetahuan Anda.

 

8. Patung Buddha Agung Thailand

Sumber: Pexels.com/icon0.com

Patung Buddha Agung Thailand berlokasi di Ang Thong, Thailand dan memiliki ketinggian 92 meter. Patung ini dikenal juga sebagai The Great Buddha of Thailand. Banyak orang yang percaya ketika berdoa dan menyentuh tangan patung Buddha raksasa ini, maka mereka yang memohon akan mendapatkan berkah.

9. Patung Dai Kannon of Kita

Patung Dai Kannon of Kita atau yang juga disebut sebagai Avalokitesvara berwarna putih dengan memiliki total 20 lantai, dan lift di dalamnya. Patung ini berlokasi di Hokkaido, Jepang dan memiliki ketinggian 88 meter. Selain itu, di lokasi patung itu juga terdapat kuil di areanya dan mempunyai tempat untuk melihat pemandangan yang indah. Patung ini adalah patung yang melambangkan kasih sayang.

10. The Motherland Calls (Ibu Pertiwi Memanggil)

Sumber: Pixabay.com/Alexfas

Patung The Motherland Calls atau yang dalam bahasa aslinya merupakan Rodina-Mat’ Zovyot! berlokasi di Volgograd, Rusia dan memiliki ketinggian 85 meter atau 279 kaki. Patung ini merupakan patung wanita terbesar di dunia yang menggambarkan seorang wanita sedang seperti menggunakan kekuatannya memanggil putra dan putrinya untuk memerangi musuh.

Patung ini dibangun untuk menghormati para pahlawan Stalingrad dan menunjukkan 200 hari pertempuran Stalingard. Patung Ibu Pertiwi Memanggil menjadi pusat serangkaian monumen “Para Pahlawan Pertempuran Stalingrad”. Patung ini dirancang oleh pematung Yevgeny Vuchetich bersama insinyur struktural Nikolai Nikitin. Patung ini sempat dinyatakan sebagai patung tertinggi di dunia pada tahun 1967.

Patung The Motherland Calls tersebut adalah patung tertinggi di Eropa dan patung tertinggi dari seorang wanita di dunia.

11. The Awaji Kannon 

Patung Awaji Kannon berlokasi di Hyogo, Jepang, dan memiliki ketinggian hingga 100 meter. Patung yang elegan dan raksasa ini terdiri dari bangunan alas lima tingkat yang memiliki restoran, museum, dan kuil. Patung besar ini merupakan milik pemerintah Jepang. Di lantai 6 bangunan ini, terdapat sebuah gedung observasi. Patung ini dibangun oleh Toyokichi Okunai, seorang pengusaha real estate Jepang.

12. Grand Buddha Ling Shan

Patung ini memiliki tinggi hingga 88 meter dan berlokasi di Binhu, Wuxi, Jiangsu, China.  Patung besar Buddha ini dipahat dari perunggu. Tubuh Buddha setinggi 79 m dari atas hingga ujung kaki berdiri di atas alas teratai setinggi 9 meter. Struktur raksasa didedikasikan untuk Buddha Gautama. Patung tersebut merupakan patung Buddha terbesar yang terbuat dari perunggu.

13. Guanyin of Nanshan

Patung Guanyin of Nanshan berlokasi di Sanya, Hainan, Tiongkok, dan memiliki ketinggian mencapai 108 meter. Daya tarik utama dari salah satu patung tertinggi di dunia, yakni patung Dewi Pengasih 3 sisi. Karya seni yang menakjubkan ini memiliki kuil utama di areanya yang dikelilingi oleh pantai yang menakjubkan, dan sumber daya laut yang indah, yang menjadikannya objek wisata yang luar biasa.

14. Bronze Statue of Dizang

Bronze Statue of Dizang berlokasi di Qingyang, China dan memiliki total tinggi 99 meter. Patung ini terletak di Gunung Jiuhua yang menjadi salah satu gunung Buddha paling suci di Tiongkok. Patung perunggu Ksitigarbha Bodhisattva ini dipercaya menghidupkan kembali lingkungan sekitarnya dengan ketenangan.

15. Garuda Wisnu Kencana

Sumber: Pexels.com/Try Putro Utomo

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park) atau yang sering disebut sebagai GWK merupakan sebuah taman wisata budaya di bagian selatan pulau Bali, Indonesia. Taman wisata ini berlokasi di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, sekitar 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali.

Di taman wisata tersebut berdiri megah sebuah maskot Bali, yaitu patung Garuda Wisnu Kencana yang menggambarkan sosok Dewa Wisnu, yang menunggangi seekor Garuda bernama Vahana. Menurut Mitologi Hindu, Dewa Wisnu memilih Garuda untuk memperoleh Amrita, ramuan kehidupan. Dan sebagai imbalannya, Garuda meminta ibunya yang diperbudak dibebaskan.

Patung tinggi ini diukir dari kuningan, tembaga, baja, dan beton. Tinggi patung Garuda Wisnu Kencana adalah 75 meter, dengan tinggi total mencapai 122 meter. Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu karya seni raksasa di Indonesia yang mengagumkan.

16. Konfusius Gunung Ni

Patung Konfusius Gunung Ni berlokasi di Nishan (Gunung Ni), Qufu, Shandong, China. Patung ini memiliki ketinggian 72 m atau setara dengan 236 kaki, dan diresmikan pada tahun 2016. Menurut legenda, Gunung Ni merupakan tempat lahir Kanisius dan juga tempatnya ditinggalkan selama satu periode oleh sang ibu. Selamat ditinggalkan Konfusius dirawat oleh harimau dan elang.

17. Buddha Raksasa Leshan

Buddha Raksasa Leshan merupakan patung Buddha Maitreya yang sedang duduk. Patung ini berlokasi di timur Kota Leshan, Provinsi Sichuan, China. Patung Buddha Raksasa Leshan dibuat pada abad ke-8 (tahun 713 Masehi), dan selesai pada tahun 803 Masehi. Patung ini dipahat di pinggir sebuah bukit, tepatnya di pertemuan tiga sungai.

Ketiga sungai itu, yakni Sungai Min, Sungai Dadu, dan Sungai Qingyi. Patung ini memiliki tinggi 71 meter dan menjadi patung Buddha terbesar di dunia. Detail dari patung ini dapat dilihat dari bagian 1.021 sanggul yang terletak di rambut Sang Buddha. Sistem arsitektur pembuangan air patung ini tersebar di bagian kepala, tangan, belakang telinga, dan pakaian.

Hal ini membuat patung Leshan tetap kering dan tidak mudah rusak. Patung ini dibuat pada zaman Dinasti Tang atas inisiasi dari seorang biksu bernama Hai Tong. Patung Leshan sempat dijadikan salah satu dari Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1996.

Setelah membaca artikel tentang patung tertinggi di dunia, dapat diketahui bahwa patung menjadi simbol sejarah. Bagi Grameds yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dunia, buku Sejarah Ringkas Terbaik Dunia Kuno Empat Benua karya Anisa Septianingrum ini bisa menjadi media pembelajaran yang tepat.

Buku ini menjelaskan secara ringkas sejarah peradaban kuno dari empat benua, sebagai pegangan pembelajar bagi para pemula untuk bisa menarik benang merah corak kebudayaan seluruh benua.

 

Nah, itu dia daftar 17 patung tertinggi di dunia. Apakah Grameds sudah pernah mengunjungi patung-patung tersebut? Patung mana yang ingin kalian lihat secara langsung?

Grameds, sekian artikel tentang patung tertinggi di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan memberikan manfaat bagi Anda. Bagi Grameds yang ingin memperdalam pengetahuan tentang patung dan sejarah, kalian bisa belajar dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com. Yuk dapatkan bukunya sekarang!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Patung
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_patung_tertinggi
  • https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/21/073100565/15-patung-tertinggi-di-dunia-salah-satunya-ada-di-indonesia?page=4


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.